Quiz: Apakah Anda Mengenal Asuransi Jiwa?

Apakah Anda mengenal asuransi jiwa? Asuransi jiwa adalah salah satu kebutuhan perlindungan terutama bagi mereka yang sudah memiliki tanggungan. Sebelum memiliki asuransi jiwa, mari kenali istilah-istilah yang sering digunakan dalam asuransi jiwa.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Istilah-istilah Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu bentuk perlindungan yang dibutuhkan terutama bagi mereka yang sudah menikah dan memiliki tanggungan. Selain itu asuransi jiwa juga dibutuhkan oleh orang-orang yang memiliki tanggungjawab seperti utang jangka panjang. Misalnya jika mengambil KPR, kredit kendaraan bermotor, utang modal usaha, dan utang lainnya.

Ada 2 jenis asuransi jiwa yang dapat Anda gunakan yaitu asuransi jiwa tradisional dan asuransi jiwa unitlink. Kedua produk tersebut ditawarkan oleh puluhan bahkan mungkin ratusan perusahaan asuransi. Karena begitu banyaknya pilihan, Anda harus menjadi calon nasabah yang cerdas. Dengan begitu ketika ditawarkan pilihan produk, Anda tahu produk mana yang sesuai dan tidak sesuai dengan kebutuhan Anda.

Quiz Apakah Anda Mengenal Asuransi Jiwa 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Jiwa Unitlink, Sebenarnya Menguntungkan Nasabah atau Tidak?]

 

Pertama-tama, Anda harus mengenal bagaimana cara kerja asuransi jiwa yang akan Anda beli. Mulai dari bagaimana cara membelinya, apa saja biaya yang dibayar, apa manfaat yang didapatkan, dan informasi lainnya. Di dalam seluruh proses tersebut seringkali terdapat istilah-istilah yang jarang Anda dengar sehari-hari. Anda perlu mengenal istilah-istilah tersebut agar tidak bingung ketika menemukannya dalam proses membeli dan memiliki asuransi jiwa.

Berikut adalah beberapa istilah dalam asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui sebelum memiliki asuransi jiwa:

 

#1 Premi

Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih asuransi adalah berapa besar premi yang harus dibayarkan. Premi merupakan iuran atau biaya yang dibayarkan secara berkala oleh tertanggung asuransi. Dalam asuransi jiwa biasanya premi dibayarkan setiap bulan. Jika premi yang dibayarkan terlalu mahal, dalam artian tidak sepadan dengan manfaat yang didapatkan maka sebaiknya Anda mencari produk asuransi jiwa lain.

Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini 7 Keajaiban Asuransi Jiwa yang Perlu Anda Ketahui]

 

#2 Uang Pertanggungan

Istilah untuk manfaat utama yang didapatkan dari asuransi jiwa adalah uang pertanggungan. Uang pertanggungan ini akan dicairkan jika pemilik asuransi jiwa meninggal dunia dan memenuhi persyaratan perjanjian asuransi yang telah disetujui di awal. Misalnya jika seseorang memiliki asuransi jiwa dengan uang pertanggungan sebesar Rp1 miliar maka uang pertanggungan tersebut akan diberikan dalam bentuk uang tunai kepada keluarga yang ditinggalkan ketika ia meninggal dunia.

 

#3 Agen Asuransi

Perusahaan asuransi memiliki tenaga pemasar yang menjual produk-produk asuransinya kepada masyarakat. Tenaga pemasar asuransi ini biasanya disebut agen asuransi. Anda bisa menanyakan berbagai detail mengenai produk asuransi jiwa ketika akan membeli maupun setelah membeli asuransi jiwa Anda.

 

#4 Klaim

Setelah memutuskan untuk membeli asuransi jiwa, Anda memiliki hak untuk berbagai manfaat yang dijanjikan dalam perjanjian asuransi jiwa. Ketika Anda berhak mengambil sebuah manfaat sebagai bentuk kompensasi dari sebuah kejadian maka disebut klaim asuransi. Misalnya jika seorang pemegang asuransi jiwa meninggal dunia, keluarga yang memenuhi persyaratan berhak mengklaim manfaat yang dijanjikan dari asuransi jiwa tersebut.

 

#5 Unitlink                         

Unitlink adalah salah satu jenis asuransi jiwa. Berbeda dengan asuransi jiwa tradisional, asuransi jiwa unitlink memiliki unsur investasi di dalamnya. Namun bukan berarti asuransi jiwa unitlink ditujukan untuk berinvestasi. Asuransi jiwa unitlink memiliki perlindungan yang serupa dengan asuransi tradisional, perbedaannya sebagian dari premi yang Anda bayarkan dikelola dalam produk investasi. Keuntungan dari investasi tersebut diharapkan dapat meringankan pembayaran premi asuransi. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai asuransi jiwa unitlink Anda dapat membaca artikel berikut ini:

Untung Ruginya Membeli Asuransi Unitlink - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Untung Ruginya Membeli Asuransi Unitlink]

 

#6 Polis

Ketika memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi jiwa, Anda harus membuat surat perjanjian bersama perusahaan asuransi terkait. Surat perjanjian asuransi ini disebut polis. Di dalam polis terdapat seluruh hak dan kewajiban Anda dan perusahaan asuransi. Setiap hal yang terkait dengan asuransi jiwa tersebut akan diatur di dalam polis asuransi jiwa yang ditandatangani bersama dengan pihak perusahaan asuransi.

 

#7 Tertanggung

Tertanggung adalah istilah bagi orang yang memiliki asuransi jiwa. Misalnya Pak Aldi membeli asuransi jiwa dari perusahaan asuransi XYZ, maka Pak Aldi dapat disebut sebagai tertanggung.

 

#8 Ahli Waris

Ketika seorang tertanggung asuransi jiwa meninggal dunia maka ada pihak keluarga yang akan menerima manfaat uang pertanggungan maupun manfaat lainnya seperti nilai tunai jika ada. Keluarga atau pihak yang berhak menerima manfaat ini disebut ahli waris.

Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Asuransi Jiwa Kurang Bermanfaat Kalau Proteksinya Kekecilan, Begini Cara Menghitung Uang Pertanggungan]

 

#9 Risiko

Dalam setiap asuransi sebenarnya yang Anda beli adalah perlindungan terhadap risiko. Setiap hari semua orang dihadapkan dengan risiko atau ketidakpastian dalam hidup. Hal yang dimaksud dengan risiko disini bisa berbentuk kecelakaan, penyakit, dan risiko lainnya yang mungkin dihadapi seseorang setiap hari dalam hidupnya. Besarnya premi terhadap manfaat yang diberikan asuransi kepada satu orang kepada orang lainnya dapat berbeda karena perusahaan asuransi menilai risiko setiap orang. Seorang karyawan kantoran tentu memiliki risiko pekerjaan yang berbeda dengan karyawan yang bekerja di lapangan.

 

#10 SPAJ

Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) adalah formulir yang harus Anda isi ketika ingin membeli asuransi jiwa. Surat ini berisi data pribadi, data ahli waris, serta riwayat kesehatan Anda. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai SPAJ Anda dapat membaca artikel berikut ini:

Mengenal SPAJ - Surat Permintaan Asuransi Jiwa - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Mengenal SPAJ – Surat Permintaan Asuransi Jiwa]

 

Sudah sejauh mana pengetahuan Anda mengenai istilah-istilah dalam asuransi jiwa tersebut? Mari buktikan dengan mengisi teka-teki silang mengenai istilah dalam asuransi jiwa berikut ini:

 

Quiz: Apakah Anda Mengenal Asuransi Jiwa?

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Jiwa – https://goo.gl/ptr57N dan https://goo.gl/fufwsw

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Stacia E. H. Sitohang CFP®
Stacia Edina Hasiana Sitohang, S.Mn, CFP® adalah perencana keuangan independen yang bersertifikasi (Nomor 1700 0001). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Business Management dengan konsentrasi Finance, School of Business and Management, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Memiliki ketertarikan dan pengalaman di bidang Personal Finance dan Entrepreneurship.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download