Asuransi kesehatan merupakan sebuah perlindungan yang dapat Anda berikan bagi diri sendiri maupun keluarga dari risiko kesehatan.

Artikel ini akan memberikan cara pilih asuransi kesehatan agar Anda terhindar dari penipuan asuransi kesehatan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Cara Pilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan sebuah tiket agar Anda terhindar dari risiko kerugian yang terjadi akibat masalah kesehatan.

Dengan adanya asuransi kesehatan, seluruh biaya perawatan dan pengobatan pada saat risiko kesehatan terjadi dapat ditanggung.

Namun tidak berarti asuransi kesehatan akan selalu menguntungkan. Kurang cermatnya Anda dalam memilih asuransi kesehatan serta minimnya informasi mengenai sebuah produk asuransi kesehatan akan membuat Anda merasakan kerugian.

Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Benar Supaya Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan 02

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020]

 

Selain itu, tidak sedikit pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang hanya fokus pada keuntungan diri sendiri yang memakai wajah “asuransi kesehatan” padahal penipuan.

Agar Anda terhindar dari asuransi kesehatan yang abal-abal, dan dapat memaksimalkan keuntungan dari asuransi, maka sebaiknya Anda memilih asuransi kesehatan dengan benar.

Di bawah ini adalah beberapa tahapan agar Anda dapat memilih asuransi dengan tepat.

 

#1 Mengetahui Kebutuhan Anda

Langkah pertama untuk memilih asuransi kesehatan dengan tepat adalah dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan Anda. Tergantung pada usia, kebiasaan, pekerjaan, dan gaya hidup, setiap orang pasti memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda.

Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Benar Supaya Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan 03

[Baca Juga: Quiz: Tips Memilih dan Membeli Asuransi Kesehatan yang Tepat]

 

Setiap produk asuransi akan menawarkan premi dan manfaat yang berbeda. Misalnya, jika Anda lebih sering bepergian ke luar negeri, Anda dapat memilih produk asuransi yang menawarkan fasilitas kesehatan di luar negeri.

Produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan akan lebih berguna dibandingkan produk asuransi yang memiliki segala manfaat namun tidak sesuai dengan kebutuhan.

 

#2 Sesuai dengan Kemampuan Anda

Banyak yang beranggapan bahwa semakin mahal sebuah produk asuransi kesehatan akan semakin berguna. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya benar. Sebuah produk asuransi akan menjadi mahal apabila risiko yang ditanggung semakin banyak.

Namun tidak menutup kemungkinan dengan risiko yang sama terdapat asuransi lain dengan harga yang lebih rendah.

Selain itu, mungkin Anda tidak membutuhkan pertanggungan akan risiko tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kemampuan Anda. Jangan sampai asuransi kesehatan yang awalnya untuk menghindari risiko menjadi senjata balik ke keuangan Anda.

 

#3 Membandingkan Beberapa Produk Asuransi

Setiap produk asuransi memiliki manfaat yang berbeda, hal ini dikarenakan beberapa alasan. Yang pertama adalah setiap perusahaan asuransi pasti akan memberikan penawaran produk yang paling menggiurkan agar klien memilih produk mereka.

Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Benar Supaya Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan 04

[Baca Juga: 5 Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless yang Akan Kamu Dapatkan]

 

Yang kedua, keragaman produk ini diutamakan untuk dapat memenuhi seluruh kebutuhan setiap konsumen mengingat setiap konsumen memiliki latar belakang yang berbeda.

Oleh karena itu, untuk dapat memilih produk asuransi terbaik, Anda harus membandingkan beberapa produk asuransi. Mulai dari besarnya premi, luasnya manfaat hingga ketentuan dan syarat pengajuan klaim adalah faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan.

 

#4 Pilih Sistem Klaim Asuransi yang Terbaik

Secara umum, terdapat 3 jenis pembayaran klaim asuransi kesehatan, yaitu:

  • Cashless: seperti namanya, sistem ini tidak memerlukan uang tunai. Biaya perawatan baik rawat inap maupun rawat jalan Anda hanya perlu dibayar dengan menunjukkan kartu asuransi kesehatan kepada pihak rumah sakit.
  • Reimbursement: sistem ini mengharuskan klien untuk membayar perawatan dengan menanggung biaya medis dari uang pribadi dahulu, kemudian biaya yang sudah dikeluarkan dapat ditagih ke perusahaan dengan melampirkan kuitansi pembayaran.

  • Santunan: Pembayaran dilakukan dengan memberi santunan setiap harinya kepada klien selama masa perawatan di rumah sakit. Besar santunan yang akan Anda dapatkan telah disepakati oleh kedua belah pihak dalam peraturan asuransi.

 

Sesuaikan pilihan klaim pembayaran asuransi kesehatan dengan kebutuhan Anda.

Biasanya sistem cashless akan lebih dipilih karena mudah dan efisien waktu. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa tidak ada biaya tambahan atau ketentuan lainnya.

 

#5 Pilih Perusahaan Kredibel

Kredibilitas perusahaan asuransi sangatlah penting. Anggaplah asuransi kesehatan sebagai kunci rumah Anda, tentu Anda tidak akan sembarang mempercayakan kunci rumah Anda dipegang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Mulailah dari usia perusahaan, pelayanan yang ditawarkan seperti tenaga ahli, agen asuransi, sehatnya kondisi keuangan serta rekam jejak perusahaan tersebut.

Anda dapat mencari informasi mengenai perusahaan asuransi melalui situs resminya. Anda juga dapat menanyakan informasi lebih lanjut dari teman atau saudara yang pernah menjadi klien mereka.

 

#6 Mengetahui Mitra Rumah Sakit

Salah satu organisasi yang berhubungan erat dengan asuransi kesehatan adalah mitra rumah sakit.

Semakin banyak mitra rumah sakit sebuah perusahaan asuransi tentu menunjukkan bahwa perusahaan asuransi tersebut terpercaya dan memiliki kerja sama yang baik.

Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Benar Supaya Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan 05

[Baca Juga: Inilah Jenis-jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu]

 

Anda dapat mencari tahu daftar rekanan rumah sakit melalui situs resmi perusahaan asuransi atau menanyakan langsung kepada agen asuransi yang terkait.

Pastikan pula lokasi dan fasilitas yang ditawarkan oleh rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Apakah cukup dekat dengan tempat tinggal atau tempat kerja Anda? Apakah rumah sakit memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Sudah download aplikasi Finansialku? Yuk download di Google Play dan App Store!                            

 

Setelah membaca artikel ini diharapkan Anda mengerti dan lebih memahami cara memilih asuransi kesehatan dengan benar. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Aufi Ramadhania Pasha. 28 Agustus 2018. Waspada Penipuan! Ini 5 Cara Cerdas Pilih Asuransi Kesehatan yang Tepat. – https://bit.ly/2PrVV8z

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 01 – https://bit.ly/2TgoTue
  • Asuransi 02 – https://bit.ly/2vAMPiL
  • Asuransi 03 – https://bit.ly/3ckxCD4
  • Asuransi 04 – https://bit.ly/2TiE2Lx
  • Asuransi 05 – https://bit.ly/38fj18V