Terdapat 2 jenis asuransi yang berlaku di Indonesia, asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless. Lalu, apa saja keuntungan asuransi kesehatan cashless?

Pada artikel kali ini, Finansialku akan membahas mengenai definisi dan manfaat asuransi kesehatan cashless yang mulai mendapatkan perhatian dari masyarakat Indonesia.

Simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Asuransi Kesehatan Cashless

Di Indonesia, terdapat 2 jenis manfaat dari asuransi kesehatan dari segi pengembalian klaim, antara lain asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless.

Asuransi kesehatan reimburse adalah asuransi kesehatan di mana nasabah harus membayar terlebih dahulu biaya rumah sakit yang timbul ketika dirawat di rumah sakit.

Setelah nasabah pulang dari rumah sakit, biaya-biaya tersebut baru dapat diklaim ke pihak asuransi dengan sistem reimburse.

Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless 02 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Paham! Jenis-jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu]

 

Berbeda dengan reimburse, sesuai dengan namanya, pada asuransi kesehatan cashless, Anda tidak perlu menggunakan ‘uang tunai’.

Ini berarti nasabah tidak perlu membayar terlebih dahulu. Biasanya nasabah akan diberikan kartu asuransi pada saat penandatanganan kontrak.

Ketika harus dirawat di rumah sakit, nasabah hanya perlu menunjukkan kartu kesehatan tersebut dan tidak perlu membayarkan uang muka lagi.

Dengan maksud ini, pihak perusahaan asuransilah yang akan membayarkan terlebih dahulu biaya rumah sakitnya.

Namun apabila keseluruhan biaya rumah sakit melebihi uang pertanggungan asuransi kesehatan cashless tersebut, maka nasabah harus membayar selisih biaya tersebut.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless yang Berlaku

Tentu dilihat dari definisinya saja, asuransi kesehatan cashless menawarkan manfaat yang sangat mudah.

Namun ternyata, terdapat beberapa manfaat lain juga keuntungan asuransi kesehatan cashless. Berikut adalah beberapa manfaat tersebut:

 

#1 Tidak Perlu Sedia Dana

Reimbursement berarti pengembalian dana. Artinya, Anda harus mengeluarkan uang terlebih dahulu untuk mendapatkan perawatan atau pengobatan di rumah sakit.

Setelah mengeluarkan dana pribadi, untuk mendapatkan penggantian biaya, Anda pun harus mengisi formulir klaim dan melengkapi berkas yang diperlukan.

Ini berarti Anda harus menghabiskan waktu dan membutuhkan dana tabungan untuk mengganti biaya tersebut.

Sedangkan dengan sistem cashless, Anda hanya perlu memberikan kartu asuransi pada bagian administrasi rumah sakit.

Selanjutnya pihak rumah sakit akan menggesek kartu tersebut untuk mengecek manfaat. Sebelum pulang, kartu akan digesek kembali untuk transaksi.

Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan dan pengobatan selama masih dalam plafon yang berlaku.

Ini artinya Anda tidak perlu sedia dana talangan untuk mendapatkan layanan kesehatan.

Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless Apakah Bermanfaat 02 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Premi Murah dan Klaim Cepat, Apa Saja Kriteria Pilih Asuransi Kesehatan?]

 

#2 Sangat Berguna pada Kondisi Darurat

Pikirkan kondisi darurat di mana Anda membutuhkan penanganan kesehatan secepatnya.

Misalnya di saat sedang berlibur di kota kecil di mana akses ke ATM sulit ditemukan, atau saldo di rekening tidak mencukupi.

Pada kondisi inilah asuransi kesehatan cashless akan memudahkan Anda. Tanpa perlu membayar uang muka atau uang jaminan, Anda bisa langsung menikmati layanan kesehatan.

Oleh karena itu, penting untuk memilih asuransi kesehatan yang memiliki cakupan manfaat dan rumah sakit yang cukup luas sehingga Anda dapat terlindungi ke mana pun Anda berada.

 

 

#3 Proses Cepat dan Mudah

Seperti yang telah disebutkan di atas, dalam sistem reimbursement, Anda diharuskan untuk mengisi atau melengkapi dokumen tertentu agar perusahaan asuransi mengganti biaya yang Anda keluarkan.

Dokumen tersebut di antaranya:

  • Formulir Klaim.
  • Nota Pembayaran Rumah Sakit Atau Kuitansi Asli.
  • Rincian Biaya.
  • Hasil Medis Pendukung Diagnosis.
  • Resep.
  • Fotokopi Identitas Diri.

 

Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless 01 - Finansialku

[Baca Juga: Antara Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless]

 

Pembayaran santunan atas klaim yang diajukan memerlukan waktu beberapa hari setelah dokumen lengkap.

Penyedia asuransi kesehatan juga mungkin melakukan verifikasi dengan pihak rumah sakit atau dokter, sehingga pencairan dana menjadi lebih lama.

Seluruh proses mulai dari menyiapkan dokumen pendukung, pengadaan survei hingga pencairan dana klaim pasti menyita waktu.

Berbeda dengan asuransi kesehatan cashless yang prosesnya lebih mudah dan cepat.

Anda hanya perlu menggesek kartu asuransi di awal pendaftaran dan saat bertransaksi.

Setelah pulang ke rumah, Anda tidak dipusingkan mengisi formulir klaim atau menyiapkan dokumen lainnya.

 

#4 Manfaat Perlindungan Lebih Lengkap

Asuransi kesehatan cashless biasanya memberikan manfaat perlindungan terhadap penggantian biaya sakit dengan lebih lengkap daripada asuransi kesehatan reimburse.

Manfaat asuransi kesehatan reimburse biasanya hanya mengganti biaya kamar per hari, biaya operasi dan obat-obatan.

Sedangkan manfaat perlindungan asuransi kesehatan cashless biasanya hampir mencakup semuanya.

Dengan asuransi kesehatan cashless, Anda akan di cover mulai dari biaya kamar, obat-obatan, biaya dokter, operasi, biaya yang terjadi sebelum rawat inap dan biaya setelah rawat inap, biaya kemoterapi, rawat jalan kecelakaan dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, ketika Anda memiliki asuransi kesehatan cashless maka dapat dipastikan Anda terlindungi seluruhnya pada saat harus dirawat di rumah sakit.

Anda hanya perlu membayar kelebihan biaya apabila Anda menggunakan kamar diatas manfaat yang Anda ambil atau biaya obat-obatan yang melebihi pertanggungan.

 

#5 Manfaat Penggantian Lebih Besar

Selain memberikan manfaat perlindungan yang lebih lengkap. Asuransi kesehatan cashless juga memberikan manfaat penggantian yang lebih besar daripada asuransi kesehatan biasa.

Tentu saja dengan manfaat perlindungan yang lebih lengkap dan manfaat penggantian yang lebih besar membuat biaya premi asuransi kesehatan cashless akan lebih mahal daripada asuransi kesehatan yang biasa (reimburse saja).

Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless 02 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Utama Kamu Harus Punya Asuransi Kesehatan Sedini Mungkin]

 

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Asuransi Kesehatan Cashless

Untuk dapat memaksimalkan manfaat dan keuntungan asuransi kesehatan cashless, Anda harus memastikan beberapa hal di bawah ini, mulai dari:

 

#1 Klinik atau Rumah Sakit Rekanan

Agar klaim asuransi Anda tidak ditolak, pastikan klinik atau rumah sakit bekerja sama dengan penyedia asuransi kesehatan.

Untuk itu, pilihlah asuransi kesehatan yang memiliki banyak rekanan di seluruh Indonesia.

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan 04 Ketahui Kebutuhan - Finansialku

 [Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

#2 Ketentuan Polis Asuransi Kesehatan

 Polis asuransi kesehatan mungkin memiliki beberapa pengecualian yang bersifat permanen maupun sementara.

Pengecualian tersebut merupakan kondisi di mana biaya kesehatan tidak ditanggung.

Pengecualian permanen di antaranya perawatan rumah sakit dan pembedahan yang diakibatkan perang, tugas militer, upaya bunuh diri, kegiatan atau olahraga berbahaya, keterlibatan tertanggung dalam penerbangan non komersial, tindakan kriminal yang dilakukan oleh tertanggung, mabuk, penggunaan obat-obatan terlarang, dan sebagainya.

Sedangkan pengecualian sementara misalnya periode masa tunggu (waiting period), baik masa tunggu untuk kondisi medis yang sudah ada sebelumnya (pre-existing condition) maupun untuk penyakit kritis (critical illness).

 

#3 Plafon Manfaat

Setiap produk asuransi kesehatan memiliki plafon yang berbeda. Jika Anda melebihi biaya plafon, maka Anda harus membayar selisihnya dengan perhitungan sesuai dengan ketentuan perusahaan asuransi.

Untuk menghindari pembayaran biaya yang terlalu besar, maka sebaiknya Anda mengetahui plafon manfaat asuransi Anda dan menyesuaikan pilihan pengobatan dan perawatan sesuai dengan plafon tersebut.

Apakah Status Single Perlu Asuransi 03 Asuransi Kesehatan - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Tergesa-gesa, Pikirkan Hal Berikut Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan]

 

#4 Dokumen Pendukung

Meski asuransi kesehatan cashless memudahkan Anda saat bertransaksi, pastikan Anda tetap membawa dokumen pendukung.

Dokumen tersebut di antaranya KTP, kartu keluarga, buku pemeriksaan, atau hasil laboratorium demi memudahkan Anda mendapatkan layanan kesehatan terbaik.

 

Lindungi Diri dan Keluarga Anda

Asuransi kesehatan sangatlah penting untuk perlindungan diri dan keluarga dari kerugian finansial yang mungkin terjadi akibat risiko.

Oleh karena miliki asuransi kesehatan sejak dini dan pilih yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Oh iya, jangan hanya fokus pada asuransi yang melindungi kesehatan Anda saja, kondisi keuangan Anda pun harus turut diperhatikan.

Ada baiknya untuk rutin melakukan cek kesehatan finansial Anda sebelum mengalokasikan dana Anda untuk memenuhi kebutuhan

Jika ingin mudah, manfaatkan fitur Financial Health Check Up dari aplikasi Finansialku saja.

Untuk langkah-langkahnya jangan bingung, berikut ini video tutorial singkatnya yang telah dipersiapkan oleh Finansialku:

 

Bagaimana? Mudah bukan?

Manfaatkan pula fitur lainnya yang telah disediakan dalam aplikasi Finansialku. Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Nah, jika ingin jauh lebih memahami mengenai perencanaan keuangan, dapatkan pengetahuannya melalui buku yang telah ditulis oleh CEO sekaligus CFP ternama dari Finansialku.

Ingin memiliki bukunya? Jangan lupa klik di bawah ini ya!

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

Klik Di Sini!

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda menjadi mengerti kemudahan dan keuntungan asuransi kesehatan cashless.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Keuntungan Memiliki Asuransi Kesehatan Cashless. Cigna.co.id – https://bit.ly/2B0vi2N

 

Sumber Gambar:

  • Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless 1 – http://bit.ly/2OZoLO3
  • Keuntungan Asuransi Kesehatan Cashless 2 – http://bit.ly/31s8uDJ