Antara Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless

Sistem klaim yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi dapat dirangkum menjadi 2 jenis, cashless dan reimburse. Apa perbedaan antara asuransi kesehatan reimburse dan asuransi kesehatan cashless?

Pada artikel ini, Finansialku akan membahas kedua jenis sistem ini, mulai dari perbedaan hingga kekurangan dan kelebihan masing-masing jenis klaim.

Yuk simak penjelasan selengkapnya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Kesehatan Cashless dan Reimburse

Asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis perlindungan yang sepantasnya dimiliki oleh setiap orang untuk terhindar dari risiko kerugian finansial.

Sebelum memilih asuransi yang tepat untuk Anda, banyak faktor yang harus dipertimbangkan.

Salah satu faktor yang dapat menjadi pertimbangan adalah klaim asuransi. Kebanyakan perusahaan asuransi memberikan 2 jenis pilihan klaim, cashless dan reimburse.

Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Asuransi Kesehatan Cashless? Apakah Bermanfaat?]

 

Kedua sistem ini berbeda di cara pembayaran biaya rumah sakit serta cara pengembalian uang yang akan didapatkan.

Sistem cashless, berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang pribadi (tanpa uang tunai), sedangkan reimburse adalah sistem yang mana Anda harus terlebih dahulu memakai uang pribadi, dan kemudian uang tersebut diganti oleh perusahaan asuransi.

Sebelum membahasnya lebih jauh, hal yang harus Anda ingat bahwa setiap asuransi tentu memiliki premi dengan jumlah yang berbeda-beda.

Premi harus senantiasa Anda bayarkan di setiap bulannya dalam periode tertentu.

Jangan sampai Anda lupa membayar premi, karena jika tidak dilakukan, maka Anda akan dianggap tidak aktif dan menghentikan asuransi yang sudah melindungimu.

Ada baiknya, alokasikan selalu uang untuk premi asuransi kesehatan dan tulis di daftar anggaran tiap bulannya.

Jika Anda tidak ingin lupa, maka gunakanlah aplikasi Finansialku. Terdapat fitur “Anggaran” yang dapat membantu kamu dalam mencatat anggaran.

Miliki aplikasinya dengan mengunduh melalui Google Play Store atau registrasi terlebih dahulu melalui PC.

Tunggu apalagi? Yuk mulai dari sekarang!

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Perbedaan Asuransi Kesehatan Cashless dan Reimburse

Salah satu perbedaan yang paling mendasar dari kedua sistem klaim ini adalah cara pembayaran biaya rumah sakit.

Pada asuransi sistem kesehatan cashless, Anda akan diberikan sebuah kartu. Pada kartu ini akan terisi data pribadi serta nomor asuransi dan nama perusahaan asuransi.

Kartu ini kemudian akan berfungsi layaknya kartu debit. Jika Anda membutuhkan perawatan rumah sakit, Anda hanya perlu mengunjungi rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

Sesampainya Anda di rumah sakit, Anda harus memberikan kartu asuransi tersebut. Rumah sakit rekanan tersebut akan mengecek validasi kartu.

Jika masih aktif maka pihak rumah sakit akan langsung melakukan tindakan berdasarkan kebutuhan perawatan Anda.

 

Seluruh biaya yang memang sesuai dengan polis asuransi akan terbayar dengan kartu tersebut, atau dengan kata lain perawatan Anda gratis. Namun sistem pembayaran dengan reimburse berbeda.

Pada sistem reimburse, Anda dapat mencari rumah sakit yang sesuai dengan kebutuhan Anda (terdekat, terbesar, atau terlengkap). Sesampainya Anda di rumah sakit, Anda harus mengikuti prosedur layaknya pasien non asuransi.

Namun, setelah Anda keluar dari rumah sakit dan seluruh biaya telah Anda bayar, Anda dapat melakukan klaim. Proses klaim ini membutuhkan dokumen serta bukti pembayaran yang Anda lakukan.

Setelah disetujui, maka Anda akan menerima uang Anda kembali setelah beberapa waktu.

Sistem reimburse ini tergolong sistem yang sudah lama sedangkan sistem cashless tergolong sistem yang lebih modern.

 

Kelebihan Asuransi Kesehatan Cashless

Berikut adalah beberapa kelebihan asuransi kesehatan jenis cashless:

 

#1 Proses Klaim Lebih Mudah dan Sederhana

Dengan sistem klaim cashless, Anda hanya perlu menunjukkan kartu asuransi Anda di awal masa berobat.

Anda hanya perlu memastikan bahwa kartu Anda masih pada masa aktif. Ini berarti, Anda tidak perlu melalui proses klaim yang berlika-liku.

Hal ini berbeda dengan sistem reimburse yang mana Anda harus menyertakan beberapa dokumen seperti dokumen yang menyangkut dengan administrasi perawatan dan seluruh bukti bayar.

Alasan Punya Asuransi Kesehatan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Alasan Mengapa Asuransi Kesehatan Cashless Baik Untuk Keluarga Anda]

 

#2 Tidak Perlu Memiliki Uang Tunai

Berbeda dengan sistem reimburse, pada sistem cashless, Anda tidak perlu pusing memikirkan biaya rumah sakit karena seluruh biaya akan dibayar oleh perusahaan asuransi melalui kartu asuransi Anda.

Jika pada masa darurat dan genting, Anda hanya perlu datang ke rumah sakit, menunjukkan kartu asuransi tanpa harus mengurus proses administrasi dan lain sebagainya.

Anda pun tidak perlu membayar uang deposit seperti yang diharuskan di beberapa rumah sakit.

Tentu biaya yang dibayar akan sesuai dengan perlindungan kesehatan yang ada di dalam polis.

Selain itu, batas perlindungan yang telah ditetapkan oleh perusahaan asuransi tetap berlaku dan jika biaya Anda melebihi plafon manfaat, maka Anda harus menggantinya sendiri.

 

Kelebihan Asuransi Kesehatan Reimburse

Berikut adalah beberapa keuntungan memiliki asuransi kesehatan dengan cara klaim reimburse:

 

#1 Pilihan Rumah Sakit yang Lebih Banyak

Polis asuransi dengan sistem reimburse biasanya diterima di hampir semua rumah sakit, di daerah maupun di kota besar.

Hal ini dikarenakan Anda membayar seluruh biaya perawatan dengan uang pribadi terlebih dahulu dan kemudian digantikan oleh perusahaan asuransi.

Memiliki pilihan rumah sakit yang banyak cukup menguntungkan karena Anda tidak perlu repot mencari rumah sakit rekanan.

Pada sistem cashless, Anda hanya dapat memilih beberapa rumah sakit rekanan yang menerima pembayaran dengan sistem tersebut. Biasanya rumah sakit tersebut harus sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi.

 

#2 Pengajuan Klaim Ganda

Klaim ganda bukan berarti Anda dapat menerima dua kali penggantian biaya rumah sakit.

Klaim ganda atau yang juga dikenal dengan nama dobel klaim adalah sistem klaim di mana Anda dapat melakukan klaim di dua perusahaan asuransi yang berbeda.

Misalnya Anda memiliki polis asuransi kesehatan di perusahaan asuransi A dan B, maka Anda mencoba mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi B atas biaya yang tidak digantikan oleh perusahaan asuransi A.

Selain itu, asuransi yang diberikan oleh tempat Anda bekerja dan asuransi pribadi juga dapat diberlakukan sistem dobel klaim.

Jangan Tergesa-gesa, Fikirkan Hal Berikut Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Tergesa-gesa, Pikirkan Hal Berikut Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan]

 

Klaim kedua yang dilakukan adalah klaim atas penggantian biaya yang tidak dicakup dalam klaim asuransi pertama. Klaim ganda ini hanya dapat dilakukan jika keduanya memiliki sistem klaim reimburse.

Untuk melakukan klaim, dibutuhkan dokumen serta kuitansi dari rumah sakit. Pada sistem cashless, dokumen tersebut langsung dikirim ke perusahaan asuransi oleh pihak rumah sakit.

 

#3 Premi yang Lebih Murah

Biasanya, premi yang dipatok oleh asuransi kesehatan cashless akan lebih mahal dibandingkan pada asuransi kesehatan reimburse. Alasannya, asuransi kesehatan cashless dinilai lebih fleksibel dan praktis.

Dalam hal plafon manfaat, keduanya tidak akan terlalu jauh berbeda. Sistemnya tetap sama, jika Anda ingin manfaat yang lebih besar maka premi yang perlu Anda bayar akan lebih besar.

Jika Anda hanya membutuhkan manfaat yang tidak terlalu besar, maka Anda dapat membayar premi yang lebih murah.

 

Pilih Jenis Asuransi yang Paling Sesuai

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa baik jenis klaim cashless dan reimburse memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Sebelum Anda memilih salah satu jenis asuransi tersebut, pastikan bahwa Anda telah mengetahui seluruh prosedur klaim dan cara menggunakan manfaat asuransi tersebut.

Bagaimana dengan Anda? Apa jenis asuransi kesehatan yang Anda pilih?

Ingat! Asuransi kesehatan adalah perlindungan yang harus disesuaikan kebutuhan dan keperluannya dengan kondisi dan kemampuan Anda sendiri.

Oleh karena itu, cermatlah dalam memilih asuransi kesehatan yang tepat.

 

Apa pendapat Anda mengenai kedua jenis asuransi tersebut? Mana yang menjadi pilihan Anda? Bagikan pendapat dan komentar Anda melalui kolom di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Merna Arini Nurizzati. 25 Juli 2017. 5 Perbedaan Klaim Cashless dan Reimburse Asuransi Kesehatan. Kreditgogo.com – https://goo.gl/r8vHhE
  • Katrina Ariani Setiaputri. Klaim Asuransi Cashless vs Reimburse, Apa Bedanya? Hellosehat.com – https://goo.gl/r9pCzP

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless 1 – https://goo.gl/VN5chM
  • Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless 2 – https://goo.gl/FbpuhH

About the Author:

Ellen Chandra
Ellen Chandra, B. Sc, B. Econ, adalah seorang penulis freelance dengan fokus pada bidang finansial dan gaya hidup. Ellen Chandra menyelesaikan studi di jurusan Financial Mathematics dari universitas Xian Jiatong Liverpool

Leave A Comment