Timbang Dulu Kerugian dan Keuntungan Memulai Bisnis Saat Kuliah

Menjadi mahasiswa dengan penghasilan akan memberikan kebanggaan tersendiri. Apakah Anda sudah tahu cara memulai bisnis saat kuliah?

Sebagai mahasiswa yang mampu memiliki penghasilan sendiri, tentu saja membuat Anda tidak menyulitkan orang tua dan dapat memiliki tabungan untuk banyak hal.

Anda juga akan mengerti bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya. Namun, ada banyak hal juga yang menjadi pertimbangan sebelumnya.

Pertimbangan apa saja yang harus dipikirkan saat hendak memulai bisnis ketika sedang kuliah?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kesempatan Besar Dalam Dunia Perkuliahan

Sebagai seorang mahasiswa, Anda akan memiliki banyak peluang selama kuliah di universitas, seperti kerja magang atau diminta untuk bergabung di organisasi-organisasi.

Dan Anda sebagai mahasiswa tentunya harus bisa memanfaatkan berbagai peluang tersebut untuk mendapatkan pengalaman dan keuntungan, selama Anda memiliki waktu luang.

Karena, hampir sebagian besar perusahaan akan mengutamakan untuk mencari pelamar dengan pengalaman kerja, daripada pelamar dengan gelar tanpa pengalaman kerja.

Banyak peluang lain yang akan Anda dapatkan seperti bertemu dengan berbagai macam tipe orang dengan berbagai latar belakang dan kesuksesan dalam bisnis masing-masing.

Memulai Bisnis Saat Kuliah 02 Bisnis 2 - Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Ini Rahasia dan Kiat Memulai Bisnis Saat Kuliah]

 

Anda juga akan memperoleh banyak relasi jika Anda aktif dalam mencari informasi saat Anda berada di universitas.

Anda sebagai mahasiswa juga akan mendapat banyak informasi mengenai peluang kerja atau kursus pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak-pihak perusahaan.

Sebenarnya, ini juga merupakan cara perusahaan mencari sumber daya yang terbaik untuk direkrut ke perusahaan mereka. Program ini juga akan membuat Anda memiliki pengalaman dan berpikir seperti pola pikir pengusaha.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Memanfaatkan Peluang dengan Berbagai Ide Kreatif

Ada begitu banyak peluang yang dapat dikembangkan ketika Anda berada di universitas, termasuk memulai bisnis pribadi Anda. Karena Anda tidak harus menunggu untuk lulus terlebih dahulu baru memulai bisnis.

Mungkin Anda akan banyak berpikir mengenai hal seperti takut untuk memulai, tetapi Anda harus mempunyai keinginan dan konsistensi kuat untuk memulai bisnis pribadi Anda.

Terutama mengenai jenis bisnis apa yang cocok dengan Anda dan peluang karier ke depannya.

 

Selain itu, sebagai seorang pengusaha, Anda juga harus memiliki pemahaman mengenai banyak keterampilan seperti manajemen, pemasaran, desain, dan lain sebagainya.

Karena Anda tidak bisa begitu saja menyewa banyak orang untuk membantu bisnis yang masih Anda rintis, kecuali jika Anda memiliki rekan yang memang sejak awal sudah terlibat dalam proses terciptanya bisnis itu.

Memulai Bisnis Saat Kuliah 03a Bisnis 3 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Pertimbangkan dengan Matang Apapun Sebelum Memulai Bisnis

Banyak hal yang akan Anda dapatkan saat Anda memulai berbisnis pada saat Anda berada di universitas. Anda dapat menerapkan ilmu yang Anda dapatkan saat di kelas dalam praktik secara langsung di lapangan bisnis.

Anda juga akan mendapat kesempatan untuk mewujudkan impian memiliki banyak tabungan dan akan sukses bahkan sebelum Anda lulus.

Yang tentunya hal itu akan membahagiakan orang tua Anda dan tentunya menambah daftar emas dalam portofolio Anda.

Namun, Anda perlu memperhatikan banyak hal secara cermat sebelum memulai bisnis, seperti hal-hal berikut.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#1 Kepemilikan Tunggal Atau Kemitraan

Hal utama dan paling penting sebelum memulai bisnis adalah memikirkan mengenai bentuk bisnis Anda. Bisnis seperti apa yang akan Anda buat?

Apakah Anda akan menjadi pemilik bisnis tersebut secara tunggal? Atau Anda akan mengajukan kerjasama dengan dengan orang lain?

Jika Anda memilih untuk menjadi pemilik tunggal, maka Anda dapat memperoleh semua keuntungan untuk Anda dan dapat menjalankan bisnis sesuai dengan apa yang Anda harapkan.

 

Namun, hal ini akan berisiko tinggi ketika perusahaan Anda mengalami kerugian, yang artinya Anda harus menanggung seluruh kerugian beserta utangnya sekali.

Rencanakan dengan baik apa yang akan Anda mulai, temukan orang-orang yang siap bekerja keras bersama Anda dalam meniti karir.

Buatlah susunan ide yang menarik dan kreatif dengan cara yang realistis, lalu presentasikanlah kepada para investor yang mungkin akan tertarik dengan presentasi Anda. Lalu jika mereka menyukainya, lanjutkan.

Pada saat Anda lulus dari universitas, maka Anda akan disebut sebagai pebisnis.

Memulai Bisnis Saat Kuliah 04a Bisnis 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Cerdas Karyawan Memulai Bisnis Tanpa Mengabaikan Pekerjaan Utama]

 

#2 Peluang untuk Melakukan Sesuatu yang Penting Bagi Anda

Anda sebagai mahasiswa mungkin akan melakukan apapun untuk memenuhi kebutuhan, tanpa menghiraukan hal itu sesuai dengan minat dan bakat Anda atau tidak.

Setelah segala kebutuhan untuk biaya pendidikan yang tinggi, Anda akan memerlukan pemasukan. Dan memiliki bisnis sendiri akan membuat Anda memiliki kebebasan dalam mengerjakan apa yang Anda bisa dan minati.

Namun, memulai bisnis sendiri juga memiliki tantangan modal awal yang cukup meresahkan. Sehingga Anda dapat memulai bisnis tanpa memutuskan pekerjaan paruh waktu Anda sebelumnya.

Anda dapat menerima pemasukan yang lebih untuk segera mengembangkan bisnis Anda.

Memulai Bisnis Saat Kuliah 05a Bisnis 5 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Sederhana Dalam Memulai Usaha Modal Kecil]

 

#3 Dedikasi sebagai Mahasiswa dan Pebisnis

Jangan memulai bisnis hanya karena ingin coba-coba, karena Anda akan kehilangan banyak biaya kesempatan apabila Anda melakukannya dengan tidak serius.

Seorang pengusaha harusnya memiliki dedikasi terhadap bisnis yang ia punya. Anda juga tidak akan mempekerjakan banyak orang yang akan mengerjakan segala pekerjaan kasar dalam rintisan bisnis Anda.

Namun, hal ini akan menjadi sebuah kesempatan bagi Anda untuk terus mengembangkan bisnis yang Anda mulai dari bawah.

Karena semakin berkembang perusahaan Anda, akan ada banyak orang yang Anda pekerjakan, maka Anda tidak akan lagi mengerjakan pekerjaan kasar seperti demikian.

Memulai Bisnis Saat Kuliah 06 Bisnis 6 - Finansialku

[Baca Juga: Kata-kata Bijak Jocko Willink: Mulailah Melakukannya]

 

#4 Kepemimpinan

Sosok pebisnis, apalagi seorang pemilik yang tengah merintis usahanya, maka harus bertanggung jawab secara penuh atas semua bisnisnya.

Dengan begitu, hal ini menunjukkan bahwa Anda haruslah mengoptimalkan diri sebagai seorang pemimpin. Selain itu, Anda juga dapat mengasah kemampuan Anda sebagai pemimpin, karena tanpa sikap tersebut, bisnis Anda akan jatuh.

Kepemimpinan berarti banyak hal, bukan hanya soal mengatur tim, tetapi juga mengambil tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan yang tidak diinginkan siapapun di saat pekerjaan itu justru haruslah dilakukan demi kelangsungan perusahaan Anda.

 

Mahasiswa Pebisnis Banyak yang Sukses

Apapun risiko yang akan Anda terima, atau segala keuntungan yang kemungkinan akan Anda dapatkan, berani memulai sesuatu yang Anda butuhkan dan minati dengan kepemimpinan serta dedikasi adalah hal yang bagus.

Anda akan mendapatkan banyak pengalaman baik dalam hal baik maupun buruk. Tetapi semua pengalaman itu akan membantu Anda untuk berkembang dan maju.

 

Apakah Anda siap dengan segala risiko dan tantangan yang akan Anda hadapi ketika Anda memulai bisnis pada saat masih di bangku kuliah?

Jangan fokus pada uang untuk memulai sebuah bisnis, karena Anda dapat menemukan banyak hal saat tidak fokus pada uang. Semoga berhasil!

 

Sumber Referensi:

  • Kurtis Brase. 19 September 2018. The Advantages and Disadvantages of Starting a Business in College. Addicted2success.com – https://goo.gl/TVq42P

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 1 – https://goo.gl/R2fGVb
  • Bisnis 2 – https://goo.gl/25qubk

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment