Selain premi murah dan klaim cepat, sebenarnya, masih banyak kriteria asuransi kesehatan yang harus Anda pertimbangkan.

Artikel ini akan membahas beberapa kriteria tersebut agar Anda dapat memilih asuransi kesehatan yang terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Kriteria Memilih Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah hal yang harus Anda siapkan sejak dini. Bertambahnya biaya pengobatan serta penyakit yang bisa datang kapan saja adalah beberapa alasan pentingnya asuransi kesehatan di hidup Anda.

Namun, meningkatnya kebutuhan akan asuransi kesehatan juga disertai dengan pilihan produk asuransi kesehatan yang semakin banyak. Pertimbangan yang matang harus dilakukan untuk memilih sebuah produk asuransi.

Selain Premi Murah dan Klaim Cepat 02 Asuransi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Kriteria Asuransi Kesehatan yang Bagus? Ketahui Sebelum Anda Membeli]

 

Hal mendasar yang diincar oleh setiap klien asuransi adalah premi yang murah dan proses klaim yang cepat. Premi murah otomatis meringankan beban finansial.

Selain itu, proses klaim yang cepat akan memudahkan klien. Tetapi, selain premi dan klaim, ternyata masih banyak kriteria lain yang seharusnya dijadikan pertimbangan dalam memilih asuransi kesehatan.

Di bawah ini adalah beberapa contoh kriteria tersebut.

 

#1 Kebutuhan Asuransi Kesehatan

Untuk memilih asuransi kesehatan yang terbaik, Anda harus mengetahui betul apa yang menjadi kebutuhan Anda. Hal ini adalah hal yang paling fundamental dan paling penting.

Produk asuransi kesehatan sangatlah beragam, ada yang menawarkan fasilitas sesuai dengan tingkatan kamar inap, ada pula yang menawarkan perlindungan berdasarkan jenis penyakit.

Untuk itu, Anda harus mengetahui dan memahami kebutuhan Anda. Memberikan perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga adalah hal yang harus Anda lakukan.

Tetapi memilih sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang paling efektif yang dapat membantu Anda memaksimalkan perlindungan tersebut.

Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Status Single Perlu Memiliki Asuransi Jiwa dan Asuransi Kesehatan?]

 

#2 Produk Asuransi

Walaupun premi murah adalah incaran, tetapi, Anda tetap harus membandingkan premi tersebut dengan manfaat yang Anda dapatkan. Pahami dengan jelas mengapa produk tersebut memiliki premi yang murah.

Selain itu, secara garis besar, produk asuransi dapat dibagi menjadi dua, asuransi unitlink (memiliki manfaat investasi) dan asuransi kesehatan murni.

Pada asuransi unitlink, sebagian premi yang Anda salurkan akan digunakan sebagai investasi.

Ini berarti manfaat yang Anda dapatkan pada asuransi kesehatan murni akan lebih besar dibandingkan asuransi kesehatan unitlink.

Tetapi, bukan berarti asuransi kesehatan murni pasti lebih baik dibandingkan asuransi kesehatan unitlink.

Anda harus menyesuaikan jenis asuransi kesehatan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

Jika memang premi untuk asuransi berbasis investasi melebihi kemampuan Anda, maka sebaiknya Anda memilih asuransi kesehatan murni dan sebaliknya.

 

#3 Cakupan Rumah Sakit

Biasanya perusahaan asuransi akan bekerja sama dengan beberapa rumah sakit untuk mempermudah penanganan klien mereka.

Dengan kerja sama ini, perusahaan asuransi mempermudah klien untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan.

Sederhananya, semakin banyak rumah sakit rekanan yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut, semakin mudah pula Anda mendapatkan pelayanan kesehatan.

Pilihlah jenis produk asuransi yang memiliki rekanan rumah sakit yang luas serta dapat digunakan di mana saja, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Dengan cara ini, Anda dapat menerima pelayanan kesehatan yang terbaik.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#4 Sistem Klaim Asuransi

Menurut sistem klaimnya, asuransi terbagi menjadi 2 jenis, cashless dan reimburse. Pada sistem asuransi kesehatan cashless, klien tidak memerlukan uang tunai untuk membayar biaya perawatan.

Klien asuransi hanya perlu menunjukkan dan memberikan sebuah kartu yang masih dalam masa aktif untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Berbeda dengan sistem cashless, pada sistem asuransi kesehatan reimburse, klien harus membayar biaya perawatan terlebih dahulu.

Setelah itu, baru Anda dapat mengurus dan mengajukan penggantian uang ke pihak asuransi.

Masing-masing sistem ini memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Karena itu, harus disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.

Alasan Punya Asuransi Kesehatan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Antara Asuransi Kesehatan Reimburse dan Asuransi Kesehatan Cashless]

 

#5 Manfaat yang Didapat

Terdapat beberapa manfaat ekstra yang didapatkan dari sebuah asuransi kesehatan. Misalnya, manfaat investasi.

Pahami dengan jelas apakah produk asuransi Anda mendapatkan manfaat tersebut. Selain itu, manfaat dari masing-masing produk asuransi kesehatan berbeda.

Ada yang tidak melindungi Anda dari beberapa jenis penyakit, ada pula yang hanya memberikan perlindungan untuk kamar inap tanpa obat-obatan atau tindakan medis lainnya.

Mengetahui manfaat yang didapat dan membandingkan manfaat tersebut serta menyesuaikan manfaat dengan kebutuhan adalah cara yang tepat untuk memilih asuransi kesehatan dengan baik.

 

#6 Batas Manfaat yang Diterima

Kriteria berikutnya dalam memilih asuransi kesehatan yang terbaik adalah batas manfaat dari asuransi kesehatan.

Ada beberapa asuransi kesehatan yang memberikan batas berdasarkan masing-masing tindakan medis yang Anda dapatkan.

Ada pula yang memberikan batas dalam limit gabungan. Tentu masing-masing manfaat ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.

Dengan memilih jenis yang sesuai dengan kondisi Anda, maka Anda akan memaksimalkan manfaat dari asuransi.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#7 Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Tentu Anda ingin mempercayakan uang Anda dan kesehatan Anda di perusahaan yang memiliki reputasi baik.

Kredibilitas sebuah perusahaan asuransi dapat dilihat dari pengalaman mereka menangani proses klaim dan jasa yang mereka tawarkan.

Tidak semua produk asuransi dengan premi murah dan manfaat lengkap adalah yang terbaik. Perusahaan asuransi tersebut bisa jadi perusahaan yang hanya mengatasnamakan asuransi untuk melakukan tindakan kejahatan.

Oleh karena itu, selalu pilih perusahaan asuransi yang telah memiliki reputasi yang baik. Selain itu, Anda dapat bertanya kepada teman atau saudara mengenai asuransi yang mereka miliki.

Alasan Punya Asuransi Kesehatan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Benar Supaya Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan]

 

#8 Agen Asuransi

Agen asuransi adalah jembatan antara klien dengan perusahaan asuransi. Mengapa agen asuransi berhubungan dengan kriteria asuransi kesehatan? Karena agen asuransi juga bertindak sebagai sumber informasi Anda.

Jika agen asuransi pelit informasi dan kelihatan tidak memahami dengan jelas produk yang mereka tawarkan, sebaiknya Anda memilih agen asuransi atau memilih produk asuransi lainnya.

Selain menunjukkan kurangnya pelatihan mengenai produk asuransi, agen asuransi yang buruk juga dapat menunjukkan profesionalisme perusahaan asuransi yang masih kurang.

Jangan Tergesa-gesa, Fikirkan Hal Berikut Sebelum Memilih Asuransi Kesehatan 02 Pelayanan Rumah Sakit - Finansialku

[Baca Juga: Pedoman Jitu Memiliki Asuransi Kesehatan yang Sesuai Kebutuhan]

 

Selalu Bandingkan Beberapa Produk

Jangan hanya terpaku pada satu perusahaan asuransi saja. Perusahaan yang berbeda akan menawarkan manfaat dan fasilitas yang berbeda pula.

Untuk itu, Anda harus jeli membandingkan produk, mulai dari premi bulanan, jenis perawatan kesehatan, sistem klaim hingga manfaat lainnya.

 

 Apakah Anda memiliki asuransi kesehatan? Jika ya, pertimbangan apa saja yang Anda lakukan sebelum memilih asuransi tersebut?

Jika belum, maka lindungi diri Anda sejak dini agar terhindar dari kerugian finansial yang lebih besar.

 

Sumber Referensi:

  • Karinta Ariani Setiaputri. 5 Tips Cerdas Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat. Hellosehat.com – https://goo.gl/jBwrGJ
  • Made Ari Yuliati. 10 Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Baik. Duniakaryawan.com – https://goo.gl/RNrKcR

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://goo.gl/cYVrqs
  • Asuransi 2 – https://goo.gl/5QK3Ev