Apa pentingnya asuransi kesehatan? Nah, tahun baru ini jangan lupa untuk mempertimbangkan asuransi kesehatan di resolusi Anda.

Pasalnya, tak ada yang tahu kondisi kesehatan Anda tahun ini kan. Makanya, yuk simak alasan dari Finansialku, seberapa pentingnya asuransi kesehatan dalam resolusi keuangan Anda. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa Pentingnya Asuransi Kesehatan?

Banyak yang berpikir bahwa membayar premi asuransi kesehatan rasanya seperti membuang-buang uang. Wajar jika Anda pun berpikir seperti itu karena manfaatnya tidak terasa sekarang.

Biasanya, yang memahami bahwa asuransi kesehatan itu penting adalah orang yang sudah pernah dirawat dan melihat bill-nya atau Anda menemani orangtua atau keluarga di rumah sakit dan melihat billĀ­-nya.

Yang tidak pernah mengalami hal itu biasanya belum mengerti pentingnya asuransi kesehatan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020 (1)

[Baca Juga: Selain Pensiun, 3 Masalah Keuangan Ini Harus Diwaspadai Pria Usia 50-an]

 

Namun, musibah bisa datang tiba-tiba tanpa kita duga. Umur pun tak ada yang tahu. Semakin bertambahnya usia, kesehatan semakin menurun. Hal ini berdampak pula pada penghasilan Anda.

Jika sakit, Anda tak bisa bekerja. Otomatis, pendapatan berkurang. Sementara itu, biaya kesehatan terus meningkat. Kematian pun adalah hal yang pasti akan kita hadapi. Dengan kenyataan logis seperti itu, apa Anda masih berpikir bahwa asuransi kesehatan tidak penting?

Sebelum mengambil kesimpulan, Anda perlu memahami piramida perencanaan keuangan terlebih dahulu.

Piramida-Perencanaan-Keuangan-Finansialku

Piramida Perencanaan Keuangan Finansialku, Prioritaskan Keamanan Keuangan

 

Seperti yang dapat kita lihat di piramida, asuransi dilambangkan dengan payung. Payung melindungi kita dari hujan atau panas matahari terik.

Itulah asuransi kesehatan yang melindungi kita saat butuh biaya rumah sakit yang semakin tinggi. Memang, manfaatnya tidak kita rasakan sekarang. Namun, di masa depan.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020 (2)

[Baca Juga: URGENT! Polusi Udara Jakarta: Tambah Dana Darurat Atau Premi Asuransi?]

 

Jika terjadi kerugian finansial karena kita sakit dan opname, sakit kritis dan tidak bisa bekerja atau meninggal dunia, maka kerugian-kerugian finansial di-cover oleh perusahaan asuransi. Jangan sampai ketika musibah datang, Anda pusing pinjam sana-sini saat seharusnya Anda fokus pada diri.

 

Manfaat Asuransi Kesehatan Untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Demi menjalani kehidupan yang tenang dari masalah finansial, ada baiknya Anda memahami manfaat asuransi kesehatan berikut ini:

 

#1 Asuransi Melindungi Kita dari Masalah di Masa yang Akan Datang

Kita tidak akan tahu kondisi finansial di masa yang akan datang. Selama ikut program asuransi, maka selama itu pula Anda akan mendapatkan proteksi. Ini berarti pihak asuransi akan membiayai hidup atau sakit Anda jika Anda mengalami sakit atau bahkan meninggal dunia.

Coba bayangkan. Misalnya saja Anda sakit. Keuangan pun sedang tidak stabil. Lalu bagaimana Anda bisa membayar biaya rumah sakit?

Jika membeli asuransi kesehatan, tentunya Anda akan terhindar dari masalah tersebut. Anda pun bisa fokus dengan pemulihan kesehatan Anda.

 

#2 Asuransi Membantu Kita Mengelola Keuangan

Memiliki asuransi kesehatan membuat kita menjadi disiplin. Pasalnya, kita belajar untuk menyisihkan uang untuk membayar premi asuransi yang ditagihkan setiap bulannya. Awalnya, ini pasti terasa berat. Namun, lama-kelamaan Anda akan terbiasa.

 

#3 Asuransi Bisa digunakan sebagai Tabungan dan Investasi

Pernah dengar produk asuransi bernama unit link? Produk unit link ini memiliki fitur proteksi sebagai asuransi dan investasi.

Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020 (3)

[Baca Juga: How to Choose The Best Personal and Family Health Insurance]

 

Seperti kata pepatah, sambil menyelam minum air. Dengan adanya produk unit link ini maka premi tersebut bisa memberikan imbal balik hasil investasi yang menarik.

 

#4 Meminimalisasi Kerugian

Jika memiliki asuransi kesehatan, Anda akan nyaman dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Pasalnya, asuransi dapat dijadikan sebagai jaminan perlindungan untuk masa depan. Misalnya, jika terjadi kecelakaan, Anda bisa memanfaatkan asuransi tanpa harus mengeluarkan uang dari dompet Anda.

 

Jangan Tunda Ikut Program Asuransi

Jika Anda sudah mengetahui manfaat asuransi, segeralah ikut program asuransi. Semakin bertambah usiamu, semakin besar juga uang yang harus Anda bayar per bulannya.

Dalam memilih asuransi, Anda perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Banyak sekali produk asuransi, sehingga Anda pasti bingung.

Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan perencana keuangan Finansialku. Anda bisa berkonsultasi lewat aplikasi Finansialku. Hanya dengan Rp350 ribu per tahun, Anda bisa berlangganan menggunakan aplikasi ini.

Selain berkonsultasi, Anda pun bisa mengelola keuangan Anda dengan berbagai fitur yang ditawarkan aplikasi Finansialku. Salah satunya fitur Asuransi.

 

Nah, penting bukan asuransi kesehatan itu? Finansialku juga punya 5 TIPS BIJAK dalam Memilih Asuransi Jiwa untuk Karyawan (Meski Sudah RESIGN) Anda bisa langsung tonton videonya dibawah ini.

 

Itu dia manfaat asuransi kesehatan. Penting sekali, kan? Untuk itu jangan lupa memasukkan asuransi kesehatan pada resolusi keuanganmu tahun ini. Akan lebih baik juga jika Anda share artikel ini. Siapa tahu ada rekan atau kerabat yang membutuhkannya.

 

Sumber Referensi:

  • Sri Wiyanti. 29 Maret 2016. Pentingnya Asuransi Dalam Perencanaan Keuangan. Merdeka.com – https://bit.ly/2ta6tAY

 

Sumber Gambar:

  • Pentingnya Asuransi Kesehatan (1) – https://bit.ly/389NtRX
  • Pentingnya Asuransi Kesehatan (2) – https://bit.ly/3895gZC
  • Pentingnya Asuransi Kesehatan (3) – https://bit.ly/38cM1ys