Polusi udara Jakarta semakin parah! Apakah Anda akan menambah dana darurat atau menambah premi asuransi kesehatan?

Simak ulasan berikut ini dan tentukan pilihan Anda! Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Jakarta Menduduki Peringkat Pertama Sedunia Polusi Udara

Dilansir dari Kompas.com, DKI Jakarta menempati urutan pertama kota dengan kualitas udara terburuk di dunia pada Senin (29/7/2019) pagi, berdasarkan informasi dari situs AirVisual.

AirVisual merupakan situs penyedia peta polusi daring harian kota-kota besar di dunia.

Pada pukul 09.38 WIB, kualitas udara Jakarta tercatat 183 kategori tidak sehat dengan parameter PM2.5 konsentrasi 117,3 ug/m3 berdasarkan US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara.

 

Gugatan Warga Negara (Citizen Lawsuit)

Hal ini membuat Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta, Greenpeace Indonesia, dan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jakarta menggugat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga Presiden karena kualitas udara Jakarta yang buruk.

Gugatan warga negara atau citizen lawsuit dilayangkan kepada 7 tergugat, diantaranya Presiden RI, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Menteri Kesehatan, Menteri Dalam Negeri, Gubernur DKI Jakarta, serta turut tergugat Gubernur Jawa Barat, dan Gubernur Banten dengan register perkara nomor: 374/PDT.G/LH/2019/PN.JKT.PST.

URGENT! Polusi Udara Jakarta Tambah Dana Darurat Atau Premi Asuransi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Mengatur Keuangan dengan Benar? Jika Anda Saat Ini Berusia 20-an Akhir, Maka Seharusnya Anda Sudah Melakukan Ini]

 

Komentar Presiden Jokowi Terkait Polusi Udara Jakarta

Menanggapi gugatan warga tentang polusi udara di Jakarta yang semakin parah, Presiden Joko Widodo meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memperbanyak transportasi umum yang menggunakan tenaga listrik dan mengupayakan untuk memaksa para warganya menggunakan transportasi umum.

Presiden Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (1/8/2019), mengungkapkan:

“Ya mestinya sudah dimulai. Kita harus mulai segera paling tidak transportasi umum, bus-bus. Nanti akan saya juga sampaikan ke Gubernur, bus-bus listrik, taksi listrik. Sepeda motor yang kita sudah bisa produksi, mulai listrik.”

 

Polusi Udara Faktor Pemicu Kanker Paru-paru

Dilansir dari Hellosehat.com, polusi atau pencemaran udara merupakan masalah utama dari kesehatan lingkungan sedunia.

Sebuah studi kajian milik Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2013 menyimpulkan, polusi udara merupakan penyebab kanker bagi manusia. Terutama kanker paru-paru.

Data WHO menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang di dunia menghirup udara yang sudah sangat tercemar polutan.

Bronkitis 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Pihak Asuransi Meng-Cover Penyakit Bronkitis?]

 

Tambah Dana Darurat atau Tambah Premi Asuransi Kesehatan?

Menanggapi polusi udara di Jakarta yang sudah semakin parah, para warga Jakarta tentu harus mewaspadai berbagai macam penyakit pernapasan yang ditimbulkan, bukan?

Menurut Anda, apakah yang perlu dilakukan?

 

URGENT! Polusi Udara Jakarta Tambah Dana Darurat Atau Premi Asuransi 03 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Paham! Jenis-jenis Asuransi Kesehatan yang Perlu Kamu Tahu]

 

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa dana darurat sangat penting untuk disiapkan sebagai langkah preventif untuk meminimalkan risiko musibah yang terjadi sewaktu-waktu, salah satu kasusnya jika kita terkena sakit tertentu yang membuat kita tidak dapat bekerja dan membutuhkan biaya pengobatan yang cukup besar.

Dengan adanya dana darurat, setidaknya kita akan mengalami ketenangan finansial dan menghindarkan kita dari berbagai masalah finansial seperti lilitan utang.

 

Tambah Dana Darurat

Ayo segera siapkan dana darurat sekarang juga jika Anda belum mempersiapkannya.

Belum tahu berapa besaran dana darurat yang harus disiapkan? Mari siapkan dana darurat dengan Aplikasi Finansialku yang dapat Anda unduh secara gratis dari Google Play Store.

Jika Aplikasi Finansialku sudah ter-install di smartphone Anda, ikuti langkah berikut ini untuk menyiapkan dana darurat:

  1. Buka menu Aplikasi Rekeningku kemudian pilih menu “Rencana Keuangan”.
  2. Klik tanda + pada bagian kanan bawah untuk menambahkan Rencana Keuangan.
  3. Pilih Dana Darurat.
  4. Masukkan pengeluaran bulanan: besarnya pengeluaran Anda setiap bulan
  5. Pilih status perkawinan saat ini: lajang, menikah (belum punya anak), menikah dan memiliki anak.

Karyawan Milenial Siapkan Dana Darurat 07 Aplikasi 2 - Finansialku

 

CONTOH:

  • Pengeluaran bulanan = Rp15.000.000
  • Status Perkawinan = Lajang
  • Dana Darurat yang dibutuhkan = Rp90.000.000

 

Jika Anda ingin menjadi akun premium Aplikasi Finansialku, Anda bisa menggunakan kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk 1 tahun.

Dengan aplikasi Finansialku yang premium, Anda akan mendapatkan online course GRATIS tentang perencana keuangan serta Anda bisa menggunakan menu Tanya Jawab langsung ke perencana keuangan profesional.

 

Tambah Asuransi Kesehatan

Jika saat ini kasusnya adalah terjadinya polusi udara yang membuat kita rentan terhadap penyakit pernapasan, tentu dana darurat saja tidaklah cukup.

Menambah premi asuransi juga bisa menjadi salah satu langkah preventif untuk meningkatkan fasilitas kesehatan yang diterima jika sewaktu-waktu tubuh kita terserang penyakit dan membutuhkan dana untuk pengobatan yang dapat di-cover oleh pihak asuransi pilihan kita.

Jika Anda merasa perlu untuk menambah premi asuransi kesehatan, setidaknya Anda perlu berkonsultasi dengan agen asuransi pilihan Anda dan juga penasihat keuangan pribadi Anda tentang kebutuhan tersebut.

Penasihat keuangan biasanya akan memberikan informasi terkait besarnya nominal tambahan dana premi yang dapat Anda keluarkan sesuai dengan kekuatan finansial Anda.

Jika Anda belum memiliki penasihat keuangan pribadi, Anda dapat mengandalkan Perencana Keuangan Finansialku dengan berlangganan Aplikasi Finansialku akun PREMIUM.

 

Siapkan Dana Darurat & Tambah Premi Asuransi Kesehatan

Jika Anda memiliki dana lebih, lakukan langkah antisipasi dengan menambah dana darurat dan premi asuransi kesehatan untuk meminimalkan keadaan darurat di masa mendatang.

Jangan tunggu nanti, siapkan segera dananya dan nikmati ketenangan finansial!

 

Sudahkah Anda menyiapkan dana darurat dan premi asuransi kesehatan? Menurut Anda, manakah yang jadi prioritas Anda jika Anda adalah warga Jakarta yang sedang menghadapi polusi udara yang semakin memburuk?

Anda dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan, termasuk informasi berharga pada artikel ini!

 

Sumber Referensi:

  • Ari Saputra. 1 Agustus 2019. Massa Bermasker Hadiri Sidang Gugatan Polusi Udara Jakarta. News.detik.com – https://bit.ly/2YAcfpd
  • Ryana Aryadita Umasugi. 1 Agustus 2019. Sidang Perdana Gugatan Polusi Udara Jakarta Digelar Hari Ini. Kompas.com – https://bit.ly/2YzM328
  • Admin. 1 Agustus 2019. Komentar Jokowi soal Polusi di Jakarta. Nasional.kompas.com – https://bit.ly/2GAaxhB
  • Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran & Kerusakan Lingkungan. Indeks Standard Pencemaran Udara (Ispu) Propinsi Dki Jakarta (Update Terakhir Tanggal 01-08-2019 15:00:00). Iku.menlhk.go.id – https://bit.ly/2LTwRam
  • Yopi Makdori. 10 Juli 2019. HEADLINE: Jakarta Masuk Daftar Kota dengan Polusi Udara Terburuk Dunia, Solusinya? Liputan6.com – https://bit.ly/2K6wmay
  • Adinda Rudystina. Dampak Buruk Pencemaran Udara untuk Kesehatan Bukan Cuma Kanker. Hellosehat.com – https://bit.ly/2yuOeVX

 

Sumber Gambar:

  • Polusi Udara Jakarta 01 – https://bit.ly/2ZosY09
  • Citizen Lawsuit – https://bit.ly/2SZZ1Rm
  • Polusi Udara Jakarta 02 – https://bit.ly/32YksHc