Masih muda dan prima, emang penting ya asuransi kesehatan untuk fresh graduate?

Ketahui jawabannya dalam artikel berikut biar nggak menyesal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

5 Alasan PENTING Asuransi Kesehatan Untuk Fresh Graduate DIPERLUKAN

Hallo buat kamu yang baru fresh graduate! Welcome to real world (dunia kerja)! Sebagai fresh graduate, kamu punya semangat juang yang tinggi, kondisi tubuh yang prima, mimpi dan cita-cita yang tinggi.

Ini adalah momentum yang tepat untuk kamu membangun pondasi yang benar untuk keuangan kamu.

Bagi Fresh Graduate, biasanya pendapatan awal-awal kerja masih relatif rendah. Jika hidup single dan tidak ada tanggungan, maka gaji tersebut biasanya cukup untuk biaya hidup sehari-hari.

Cara Pilih Asuransi Kesehatan yang Benar Supaya Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan 05

[Baca Juga: VIDEO: Fresh Graduate & Professional, Mau Financial Freedom?]

 

Namun ketika kamu bekerja dan bisa menghasilkan pendapatan, maka waktu dan kesehatan adalah dua aset yang perlu kamu kelola dengan baik.

Karena dengan mengelola waktu dan kesehatan, kamu bisa bekerja dan menghasilkan uang yang dapat membantu kamu untuk mewujudkan mimpi-mimpi kamu.

Tetapi ketika kamu sakit, waktu produktif kamu akan tersita dan kamu tidak bisa bekerja dengan baik.

Selain itu sakit juga membutuhkan biaya perawatan dan pengobatan yang jumlahnya akan menguras gaji fresh graduate.

Namun sayangnya, tingkat kesadaran fresh graduate akan asuransi kesehatan masih rendah.

Menurut survei yang dilakukan oleh The Harris Poll, sebuah lembaga survei dari Amerika Serikat yang melakukan survei mengenai asuransi dan angkatan kerja, 1 dari 5 orang usia 18-36 tahun tidak memiliki asuransi kesehatan karena menganggap premi asuransi mahal.

Bahkan, survei yang sama yang dilakukan oleh InsuranceQuote.com, sebuah website keuangan terkemuka menyatakan, kelompok umur 18-29 tahun kebanyakan tidak memiliki asuransi kesehatan tapi lebih memilih asuransi lain seperti asuransi mobil.

Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Membeli Asuransi Kesehatan Tambahan 03 Ketahui Manfaat - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Asuransi Kesehatan Dalam Resolusi Keuangan 2020]

 

Sebelum mengemukakan alasan mengapa asuransi penting buat fresh graduate, kenali yuk apa itu asuransi.

Asuransi kesehatan berdasarkan jenis perawatannya dibagi menjadi dua.

  • Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat inap akan mengcover biaya rumah sakit, obat, layanan laboratorium, layanan dokter, layanan darurat hingga biaya persalinan.

  • Asuransi Rawat Jalan

Asuransi jenis ini hanya akan menanggung biaya perawatan yang bersifat mencegah seperti konsultasi dokter dan lain sebagainya.

Berdasarkan dampak finansial, biaya untuk rawat inap akan jauh lebih besar daripada biaya rawat jalan.

Oleh karena itu perusahaan asuransi kesehatan swasta akan lebih menawarkan asuransi untuk manfaat rawat inap sebagai perlindungan untuk kesehatan pada masyarakat.

 

Menerapkan pola hidup sehat dan berpikir positif memang penting dan merupakan tindakan preventif untuk menjaga kesehatan.

Tetapi asuransi kesehatan sangatlah penting karena merupakan manajemen risiko jika terjadi kamu sampai terkena risiko sakit dan melindungi kamu dari dampaknya secara keuangan.

Dengan demikian walaupun sakit, paling tidak kondisi keuanganmu tidak ikut-ikutan sakit.

Nah, kenapa sih fresh graduate harus punya asuransi kesehatan? Berikut ini alasannya:

 

#1 Kenaikan Biaya Perawatan Kesehatan di Indonesia Setiap Tahunnya

Berdasarkan artikel CNN Indonesia (Juni 2019), biaya untuk mengobati penyakit di Indonesia naik sebesar 12,6% dibandingkan tahun 2018.

Peningkatan ini lebih tinggi dibandingkan negara-negara di Asia, seperti Malaysia yang naik sebesar 12,5%, Singapura 9,1%, dan rata-rata negara lain di Asia naik sekitar 10%.

Berdasarkan survei Honestdocs, sebanyak 61% masyarakat Indonesia masih membayar perawatan kesehatan dari kantong sendiri.

Kenaikan biaya perawatan kesehatan ini tentunya akan dapat membebani keuangan pribadi. Terlebih lagi bagi fresh graduate.

 

#2 Memiliki Asuransi Kesehatan Sejak Muda Lebih Menguntungkan

Karena muda, tubuh kamu masih sehat dan risiko terkena penyakit lebih rendah daripada orang tua. Secara logika sepertinya kamu akan lebih jarang menggunakan klaim asuransi. Setuju!

Namun logika itulah juga yang menyebabkan mengapa premi asuransi kesehatan untuk usia muda jauh lebih murah dibandingkan dengan usia yang lebih tua.

Meskipun muda dan sehat, kamu tetap perlu asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah sebuah proteksi dan bukan bertujuan untuk mencari keuntungan.

Jika Anda Single, Lebih Penting Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa Apa Manfaatnya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Tips Memilih dan Membeli Asuransi Kesehatan yang Tepat]

 

Ilustrasinya, asuransi adalah seperti ban cadangan. Tidak ada yang membeli kendaraan baru dengan tujuan untuk menggunakan ban cadangan kendaraan baru tersebut.

Ban cadangan baru akan digunakan dalam kondisi dibutuhkan yaitu ban utama kempes. Walaupun ban cadangan tidak diharapkan untuk digunakan, namun keberadaannya diperlukan.

Asuransi kesehatan pun demikian. Kita tidak mengharapkan datangnya penyakit sehingga klaim asuransi kesehatan tidak diharapkan terjadi, namun sekalipun penyakit itu datang kita sudah punya persiapan yaitu asuransi kesehatan.

 

#3 Tekanan Kerja Picu Tingkat Stress

Tuntutan kerja saat ini semakin tinggi, sehingga seringkali memicu kita untuk bekerja hingga larut dan lupa beristirahat.

Tekanan kerja yang tinggi tanpa diimbangi oleh pola istirahat yang cukup dapat memicu berbagai penyakit.

Tentu menjaga kesehatan pikiran dan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi sangatlah penting.

Dengan proteksi kesehatan, kamu akan tetap merasa aman sekalipun terjadi risiko atas kesehatan.

 

#4 Gaya Hidup Tidak Sehat

Pola makan tidak sehat, kurangnya olahraga dan physical activity, serta kebiasaan begadang dalam jangka panjang akan berpengaruh pada kualitas kesehatan.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI, 60% kematian di Indonesia disebabkan oleh Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, penyakit jantung, kanker, gangguan ginjal dan lain-lain.

kenapa-perlu-memiliki-asuransi-kesehatan-sejak-usia-muda-finansialku

[Baca Juga: Cara Pilih Asuransi Agar Terhindar Penipuan Asuransi Kesehatan]

 

Selain mencegah penyakit tersebut dengan pola hidup sehat kita juga dapat melindungi diri dan anggota keluarga yang kita sayang melalui asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan akan mengurangi kekhawatiran soal biaya perawatan kesehatan sehingga dapat fokus untuk pemulihan diri agar bisa kembali fit seperti sedia kala.

 

#5 Mengcover Keterbatasan Asuransi Kantor dan BPJS Kesehatan

Meskipun kamu sudah mendapatkan asuransi dari kantor atau pun mengikuti BPJS kesehatan, plafond asuransi kesehatan tersebut belum tentu cukup untuk mengcover biaya perawatan kesehatan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu punya satu lagi asuransi kesehatan yang memperbolehkan untuk double claim.

Sehingga asuransi kesehatan tambahan ini bisa melengkapi keterbatasan asuransi kantor dan BPJS Kesehatan yang kamu miliki.

 

Berkonsultasilah dengan Perencana Keuangan

Setiap orang memiliki kondisi kesehatan, kondisi keuangan, dan tujuan keuangan yang berbeda-beda.

Informasi mengenai produk asuransi yang beredar di pasaran pun sangat beragam dan mungkin sulit untuk dipahami mana produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Sebagai fresh graduate, kamu juga mungkin memiliki keterbatasan budget untuk premi asuransi kesehatanmu. Jika ini menjadi permasalahanmu, silakan berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku.

Tim Perencana Keuangan Finansialku merupakan perencana keuangan tersertifikasi yang berpengalaman untuk membantu pengelolaan keuangan individu.

Segeralah berkonsultasi dengan para Perencana Keuangan tersertifikasi Finansialku.

Download Aplikasi Finansialku sekarang juga di Google Play Store atau Apple Apps Store dan dapatkan akses Premium seluruh fiturnya Gratis selama 30 hari.

Kamu bisa gunakan fitur Konsultasi Keuangan untuk konsultasi dengan Tim Perencana Keuangan kami.

Untuk upgrade lebih ekonomis, kamu bisa upgrade aplikasi Finansialku-mu dengan kode SHIERLY10.

 

Kesimpulan

Asuransi kesehatan diperlukan untuk fresh graduate. Meskipun masih muda, risiko kesehatan bisa terjadi pada siapa saja.

Menjaga kesehatan dan memiliki pikiran yang positif merupakan hal yang sangat penting. Tetapi memiliki asuransi kesehatan juga merupakan manajemen risiko untuk kesehatan kamu dan juga keuangan kamu.

 

Itulah pentingnya asuransi kesehatan untuk fresh graduate. Layaknya ban cadangan yang dimiliki setiap mobil, asuransi pun sepenting itu. Jangan sampai terlambat mengambil asuransi kesehatan ya.

Jika kamu ingin mengetahui lebih lanjut mengenai asuransi, kamu bisa klik link berikut untuk membeli audiobook asuransi kesehatan dari Finansialku.

Bagikan artikel informatif ini pada sesama fresh graduate ya! Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Honestdocs. 1 Juni 2019. Membedah Cara Masyarakat Indonesia Membiayai Kesehatan. CNN Indonesia – http://bit.ly/32Tnywp
  • Mia Chitra Dinisari. 10 Agustus 2018. Ini Alasan Fresh Graduate Harus Punya Asuransi. Lifestyle.bisnis.com – http://bit.ly/2IhKHiT