Kenali 7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah Di Indonesia Serta Cara Pilihnya!

Apakah Anda sudah mengetahui asuransi mobil terbaik dan murah di Indonesia? Bagaimana cara memilihnya?

Mari, langsung aja simak pembahasan mengenai asuransi berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Mobil

Sekarang ini sudah sangat banyak orang yang memiliki mobil. Kendaraan ini sudah bukan merupakan barang mewah lagi. Banyak orang memilih mobil sebagai sarana mobilitas mereka.

Apalagi dengan adanya pembayaran secara cicilan, tentunya akan semakin menambah jumlah pemilik mobil. Dengan meningkatnya pengendara mobil, maka risiko juga tentunya akan meningkat.

Terdapat berbagai risiko yang terjadi pada mobil Anda, misalnya dicuri orang, ditabrak oleh pengendara lain, menabrak pengendara lain, dan sebagainya.

Segala risiko bisa terjadi di jalanan. Mungkin tidak semua risiko disebabkan oleh diri kita sendiri, namun juga bisa disebabkan oleh orang lain.

Oleh karena itu, Anda perlu memiliki asuransi mobil. Dengan memiliki asuransi mobil, maka Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang dapat membantu Anda.

Manfaat-manfaat tersebut seperti terhindar dari kerugian saat terjadi kecelakaan, terhindar dari kerugian ketika mobil dicuri, dan sebagainya.

Kenali 7 Asuransi Mobil 02 Asuransi 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil Baru atau Kredit Mobil Bekas?]

 

Tentunya, layanan atau manfaat tersebut tidak Anda dapatkan secara gratis. Anda juga perlu membayar biaya bulanan atau premi sesuai dengan layanan asuransi yang Anda pilih.

Biaya asuransi mobil biasanya tergolong mahal. Namun, Anda tidak perlu kuatir.

Ternyata sekarang sudah ada berbagai asuransi mobil yang terbaik dan murah yang bisa Anda jadikan pilihan. Mari simak kelanjutan artikel berikut ya untuk mengetahuinya.

Kredit Mobil Baru 02 Asuransi Mobil 2 - Finansialku

 [Baca Juga: Kredit Mobil Baru? Ini Dia Tips Memilih Asuransi Mobil Baru!]

 

2 Jenis Asuransi Mobil

Sebelum membahas asuransi-asuransi mobil apa saja yang terbaik dan murah, Anda perlu mengetahui jenis-jenis asuransi terlebih dahulu. Pada dasarnya terdapat 2 jenis asuransi mobil.

 

#1 Total Lost Only (TLO)

Jenis asuransi mobil Total Lost Only (TLO) merupakan asuransi yang memberikan jaminan ketika kendaraan Anda hilang karena dicuri.

Selain itu, jenis asuransi ini juga memberikan jaminan ketika terjadi kerusakan pada kendaraan Anda dengan nilai perbaikan sama dengan atau lebih dari 75% dari harga kendaraan saat itu.

Sehingga, apabila kerusakan kendaraan yang Anda alami kurang dari 75% maka Anda tidak dapat mengajukan klaim. Atau kalau Anda mengajukan klaim maka akan ditolak karena tidak memenuhi persyaratan pengajuan klaim.

Misalnya, jika harga mobil yang Anda miliki adalah Rp100 juta dan biaya kerusakan Anda mencapai Rp80 juta maka biaya perbaikan dapat di cover oleh pihak asuransi.

Namun, jika biaya perbaikan mobil Anda hanya mencapai Rp65 juta, maka Anda tidak dapat mengajukan klaim asuransi.

Tata Cara dan Prosedur Klaim Asuransi Mobil Supaya Tidak Ditolak 01 Kecelakaan - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Kredit Mobil Murah Dengan DP Ringan]

 

#2 All Risk

Berbeda dengan jenis asuransi Total Lost Only (TLO), jenis asuransi all risk akan memberikan perlindungan serta pembiayaan secara penuh ketika mobil Anda mengalami kerusakan besar dan juga kecil.

Bahkan jenis asuransi all risk ini juga memberikan perlindungan ketika mobil Anda hilang dicuri, tapi tentunya dengan syarat-syarat tertentu.

Dengan segala bentuk pelayanan dan perlindungan yang diberikan, maka biaya premi yang harus dibayarkan setiap bulannya lebih tinggi jika dibandingkan dengan biaya premi asuransi jenis Total Lost Only (TLO).

 

7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah di Indonesia

Karena asuransi mobil sangat penting dan diperlukan maka kali ini Finansialku akan berbagi mengenai apa saja asuransi mobil yang terbaik dan murah di Indonesia.

Berikut telah dirangkum 7 asuransi terbaik dan murah di Indonesia.

 

#1 Jasarahaja Putera

Asuransi Jasaraharja Putera tentunya sudah tidak asing lagi didengar kan? Asuransi Jasarahaja Putera merupakan asuransi mobil terbaik yang paling diminati.

Hal itu dikarenakan asuransi Jasaraharja Putera menawarkan biaya premi yang tergolong lebih murah jika dibandingkan dengan perusahaan asuransi lainnya.

Asuransi Jasaraharja Putera menyediakan 2 jenis asuransi yaitu Total Lost Only (TLO) dan all risk yang dapat Anda pilih.

Selain itu, asuransi ini sudah aja sejak tahun 1993 dan memiliki 27 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jadi, asuransi ini dapat dikatakan sudah terpercaya.  Tidak heran jika asuransi ini dikatakan sebagai asuransi mobil terbaik di Indonesia.

 

#2 Sinar Mas

Salah satu produk unggulan dari asuransi mobil Sinar Mas adalah Simasnet.

Keuntungan dari asuransi Simasnet adalah Anda bisa melakukan klaim langsung ke bengkel yang bekerjasama atau ditunjuk oleh Sinar Mas ketika mobil Anda mengalami kerusakan.

Keuntungan lainnya adalah, asuransi tersebut juga menyediakan fasilitas cicilan 0% untuk pengguna kartu kredit BCA serta memberikan layanan 24 jam kepada semua pelanggan Simasnet.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#3 Allianz

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan asuransi Allianz kan? Asuransi ini memang sudah diakui dunia. Allianz memiliki produk asuransi mobil yaitu Asuransi Allianz Mobilku.

Asuransi Allianz Mobilku menyediakan 3 paket komprehensif yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Yang pertama adalah Allianz Mobilku Grand yang memberikan perlindungan terhadap kerusakan atau pencurian.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Kedua adalah Allianz Mobilku ECO yang memberikan premi yang ekonomis, sedangkan yang terakhir adalah Allianz Mobilku Suka-suka yang memberikan paket sesuai dengan keinginan kita.

Selain itu, untuk pengajuan klaim juga sangat mudah. Anda tidak perlu datang ke kantor Allianz. Anda bisa mengajukan klaim hanya melalui situs layanan Allianz. Sangat mudah kan?

Pindah Asuransi Mobil 03 Asuransi 3 - Finansialku

 [Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas?]

 

#4 Garda Oto

Jenis asuransi yang ditawarkan oleh Garda Oto bervariasi. Ada asuransi TPO dan all risk yang dapat melindungi mobil Anda dari bencana alam yang dapat menyebabkan mobil Anda mengalami kerusakan yang parah.

Tentu saja asuransi ini juga sudah cukup terpercaya, karena Garda Oto sudah meraih penghargaan sebagai asuransi mobil dari salah satu lembaga survei Indonesia pada tahun 2013.

 

#5 Adira

Salah satu produk asuransi terbaik Adaira adalah Autocilin Auto Insurance.

Asuransi tersebut memberikan berbagai manfaat untuk Anda antara lain, menyediakan fasilitas mobil derek, kemudahan proses klaim, serta premi yang terjangkau.

Asuransi ini menawarkan asuransi jenis all risk dan Total Lost Only (TLO).

Pengajuan klaim juga sangat mudah, Anda bisa langsung menelpon pihak Adira saja, maka pihak Adira akan datang untuk mengantar jemput mobil Anda ke bengkel.

 

#6 AXA Auto Insurance

Asuransi AXA Auto Insurance memberikan perlindungan jika Anda kehilangan kunci kendaraan Anda hingga kerugian total jika mobil Anda kecelakaan ataupun dicuri.

Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pertanggungjawaban hukum dari pihak ketiga. AXA Auto Insurance menawarkan 4 pilihan paket yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan dana yang Anda miliki.

 

#7 ACA Otomate

Salah satu layanan unik yang disediakan oleh ACA Otomate adalah ACA Otomate akan memberikan Anda layanan mobil pengganti ketika mobil Anda sedang diperbaiki di bengkel.

Jadi, Anda tetap bisa beraktivitas seperti biasa menggunakan mobil tersebut. Selain itu, juga terdapat layanan road side assistance yang akan membantu Anda memperbaiki mobil yang rusak secara langsung di lokasi.

 

Miliki Asuransi Mobil Anda Segera

Setelah mengetahui berbagai manfaat, serta jenis-jenis asuransi, maka Anda telah mengetahui betapa pentingnya memiliki asuransi mobil.

Dari 7 asuransi terbaik dan murah yang telah dirangkum, Anda dapat memilih asuransi yang paling cocok dengan Anda. Tentunya terdapat kelemahan dan kelebihan dari setiap asuransi yang ada.

Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menyesuaikan biaya premi dengan dana yang Anda miliki juga ya!

 

Jadi, asuransi mobil yang mana yang akan Anda pilih? Tuliskan tanggapan dan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada keluarga dan teman-teman Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Zavier Saffradika. 2015. 7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah di Indonesia 2019. Otomaniac.com – https://goo.gl/CfuyYb
  • Admin. 7 Asuransi Mobil Terbaik dan Murah di Indonesia Februari 2019. Semisena.com – https://goo.gl/aUW3Dv
  • Merna Arini Nurizzati. 18 September 2018. 7 Pilihan Asuransi Mobil Terbaik 2018 dan Tips Memilih yang Tepat. Halomoney.co.id – https://goo.gl/URYbj8

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi 1 – https://goo.gl/Ew416J
  • Asuransi 2 – https://goo.gl/SzXjFr

About the Author:

Virtina Thionita
Virtina Thionita adalah seorang mahasiswa President University, jurusan Business Administration dengan konsentrasi Wealth Planning. Memiliki ketertarikan di bidang perencanaan keuangan, investasi, dan entrepreneur.

Leave A Comment