Apakah Anda mau kredit mobil baru? Masih bingung memilih asuransi mobil baru Anda?

Mari simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips memilih asuransi mobil baru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi untuk Mobil Baru

Memiliki mobil merupakan dambaan semua orang. Sekarang mobil tidak menjadi barang yang mewah lagi. Mobil lebih dikategorikan dalam kebutuhan sekunder sebagai alat transportasi.

Harga mobil sekarang ini juga banyak yang sudah terjangkau. Mobil sangat membantu seseorang yang memiliki mobilitas tinggi.

Tidak hanya itu, mobil juga dapat membantu orang dalam kegiatan sehari-hari seperti menjemput anak di sekolah, belanja ke mall, pergi ke kantor, dan lain-lain.

Jika Anda memiliki uang yang cukup, Anda bisa membeli mobil dengan tunai ataupun kredit mobil baru. Namun bagaimana jika mau memiliki mobil tapi uangnya terbatas? Apakah bisa?

Tenang saja, dengan uang yang terbatas tetap bisa memiliki mobil kok. Salah satu pilihannya adalah dengan mencari yang bekas.

Kredit Mobil Baru 02 Asuransi Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana]

 

Mobil bekas bisa dibeli dengan kredit ataupun tunai. Tentunya, mobil bekas akan jauh lebih murah harganya daripada mobil baru. Uang muka mobil bekas lebih rendah serta cicilannya juga lebih sedikit jika dibandingkan dengan kredit mobil baru.

Jika nantinya mobil bekas tersebut dijual maka rata-rata harga mobil bekas tidak akan jatuh jauh dari mobil baru kok.

Apalagi mobil bukan merupakan sebuah investasi. Mobil pasti akan mengalami depresiasi atau penurunan harga. Oleh karena itu, mobil bekas bisa menjadi sebuah pilihan yang menarik.

Ini Rahasianya Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Sesuai Kebutuhan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pilih Mana, Kredit Mobil Baru atau Kredit Mobil Bekas?]

 

Namun, pilihan ada di tangan Anda. Anda yang menentukan apakah Anda mau kredit mobil baru atau kredit mobil bekas.

Lalu, hal apa yang perlu dipertimbangkan lagi ketika membeli kredit mobil? Salah satu jawabannya adalah asuransi kendaraan.

Ketika memilih untuk melakukan kredit mobil, maka sudah dapat dipastikan wajib dilindungi oleh asuransi kendaraan.

Asuransi kendaraan bermaksud untuk melindungi mobil yang selama kredit masih menjadi milik leasing atau bank. Walaupun yang membayar preminya adalah nasabah.

Namun, sebenarnya apakah biaya premi asuransi yang didapatkan bisa lebih hemat lagi? Untuk mengetahui jawabannya, mari simak tips memilih asuransi kredit mobil berikut ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Tips Memilih Asuransi Mobil

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi tips-tips memilih asuransi mobil baru. Berikut tips memilih asuransi mobil baru.

 

#1 Jangan Mudah Tergiur dengan Iming-Iming Paket Kredit Mobil yang Ditawarkan

Paket yang ditawarkan untuk kredit mobil nampaknya sangat menggiurkan. Anda juga tidak perlu repot-repot memilih asuransi untuk kredit mobil Anda.

Misalnya bunga nol persen, yang merupakan strategi marketing dari perusahaan. Tetapi bisa saja sebenarnya ada biaya lain yang dinaikkan.

Namun Anda perlu mengetahui bahwa biasanya asuransi yang ada dalam paket kredit mobil pasti lebih mahal jika dibandingkan dengan mendatangi langsung perusahaan asuransi.

Termasuk juga biaya-biaya asuransi all risk lainnya di tahun pertama. Beban biaya asuransi pada tahun pertama tersebut bisa saja diakumulasikan di tahun kedua masa kredit. Jadi, bayar asuransi di tahun kedua besarnya dua kali lipat.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Mencari Informasi dari Beberapa Perusahaan Asuransi

Anda harus rajin-rajin untuk mencari informasi ke beberapa perusahaan asuransi.

Dari pencarian informasi, maka Anda dapat memilih perusahaan asuransi mana yang menyediakan rate lebih rendah. Dengan rate yang lebih rendah, tentunya Anda akan lebih hemat.

 

#3 Memilih Jenis Risiko yang Ditanggung Asuransi

Pada dasarnya terdapat 2 jenis risiko yang ditanggung oleh asuransi yaitu jenis Total Lost Obly (TLO) dan all risk. Jenis risiko Total Lost Only (TLO) ratenya lebih kecil dari pada all risk.

Bahkan perbandingan ratenya cukup jauh. Untuk rate TLO yaitu 0,8% sedangkan untuk rate all risk 1,3-3%. Besaran rate dihitung dari nilai mobil.

Namun, hal penting yang perlu Anda pahami adalah TLO hanya menjamin kerugian apabila mobil mengalami kerusakan di atas 75% karena kecelakaan parah, hilang akibat dicuri, ataupun karena hal lainnya.

 

Sedangkan untuk kerusakan minor tidak ada penggantian. Tapi, seharusnya kerusakan minor yang tidak ditanggung bukan menjadi masalah yang besar karena kerusakan minor biasanya masih bisa ditanggung sendiri.

Apalagi untuk mobil baru, tentunya jarang sekali terjadi kerusakan minor. Tapi sayang, pada umumnya perusahaan leasing tidak mau jika nasabahnya mengambil asuransi TLO.

Hal tersebut dikarenakan mobil yang dikreditkan tersebut masih berstatus milik aset leasing selama kredit mobil tersebut belum lunas.

Ini Rahasianya Memilih Asuransi Kendaraan Bermotor Sesuai Kebutuhan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja yang Harus Kamu Tahu Mengenai Kredit Mobil Bekas?]

 

#4 Mencari Sendiri Perusahaan Asuransi yang Menawarkan Jenis All Risk

Seperti yang telah disebutkan pada tips ke-3 bahwa biasanya perusahaan leasing tidak mau jika nasabahnya mengambil asuransi TLO. Namun, Anda tidak perlu putus asa karena masih ada cara lain untuk Anda berhemat.

Cara tersebut adalah dengan mencari sendiri perusahaan asuransi yang menawarkan jenis all risk.

Namun, keputusan ini juga sangat tergantung pada kebijakan leasing. Karena biasanya leasing mewajibkan nasabahnya untuk mengambil kredit satu paket dengan asuransi yang ditawarkan.

Hal yang bisa Anda coba lakukan adalah dengan bernegosiasi. Misalnya dengan meminta pihak leasing untuk memberikan daftar perlindungan apa saya yang termasuk dalam asuransi all risk tersebut.

Kemungkinan besar terdapat tambahan perluasan jaminan seperti banjir, sabotase, kerusuhan dan lain-lain.

Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Hal untuk Bebas Utang Kartu Kredit]

 

Dengan begitu, maka premi asuransi yang ditanggung menjadi besar. Dapat diasumsikan premi murni asuransi all risk mencapai 2,5% dari harga kendaraan. Kemudian ditambah lagi dengan biaya perluasan jaminan.

Contoh rincian premi asuransi kredit mobil dengan harga mobil sebesar Rp250 juta. Berikut rincian bayar preminya.

  • Premi murni 2,5% Rp6.250.000
  • Jaminan banjir 0,35% Rp875.000
  • Kerusuhan 0,35% Rp875.000
  • Sabotase 0,15% Rp375.000
  • Total Premi Rp8.375.000

 

Itulah jumlah premi yang harus dibayar setiap tahunnya. Baik ada kecelakaan atau tidak Anda tetap wajib membayarnya.

Jika ada kecelakaan, biasanya tidak sampai sebesar itu habisnya. Apalagi, kalau mengajukan claim di asuransi biasanya juga dikenakan biaya tambahan dari perusahaan asuransi tersebut.

Paling tidak besaran biaya asuransi tersebut sudah Anda ketahui sejak awal sebelum akad kredit mobil dilakukan. Hal tersebut dapat Anda pertimbangkan dalam memilih leasing yang tepat.

Siapa tahu masih ada perusahaan leasing lainnya yang menawarkan kredit dengan bunga dan biaya asuransi yang lebih rendah.

Kerugian Membeli Asuransi Kendaraan TLO Untuk Mobil Baru 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Kredit Mobil Murah Dengan DP Ringan]

 

Bisa Kredit Mobil Baru dengan Biaya Terjangkau

Setelah mengetahui tips memilih asuransi mobil, tentunya Anda dapat menentukan asuransi seperti apa yang paling cocok untuk kredit mobil Anda.

Jangan malas untuk mencari perusahaan leasing dan asuransi yang menawarkan biaya dan bunga yang rendah. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih menghemat biaya kredit mobil Anda terutama pada biaya asuransinya.

 

Sudahkah Anda siap memulai kredit mobil baru Anda? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga dapat membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Bunga D. Kusuma. 5 Oktober 2016. Pengin Kredit Mobil tapi Asuransinya Pilih Paket atau Cari Sendiri Ya. Moneysmart.id – https://goo.gl/Nm9p6v

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Mobil 1 – https://goo.gl/7xU5Yf
  • Asuransi Mobil 2 – https://goo.gl/R9L9iu