Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana

Apakah bisa beli kue di China pakai cicilan kartu kredit? atau membeli kebutuhan sehari-hari lainnya seperti hamburger dan lipstik menggunakan kartu kredit?

Mau tahu apa jawabannya? Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menggunakan Cicilan Kartu Kredit di China

Biasanya cicilan kartu kredit digunakan untuk cicilan barang yang harganya cukup mahal seperti cicilan rumah, mobil, motor, dan lain-lain. Namun, bagi para generasi milenial di China tidak demikian.

Para generasi milenial di China menggunakan cicilan kartu kredit bukan hanya untuk barang-barang mahal saja. Ternyata mereka menggunakan cicilan kartu kredit untuk kebutuhan sehari-hari juga.

Bahkan mereka membeli tiket bioskop, hamburger, hingga kue dengan menggunakan cicilan kartu kredit. Kok bisa ya?

Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun Begini Perilaku Milenial Di Sana 02 Generasi Milenial - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Kebiasaan dan Cara Investasi dari Generasi Milenial?]

 

Berdasarkan kutipan dari South China Morning Post, pembayaran dengan kredit yang tumbuh pesat di China disebabkan oleh harga properti yang sangat tinggi di negara tersebut.

Sehingga, hal itu membuat sebagian orang menggunakan seluruh penghasilannya untuk membayar kebutuhan properti mereka.

Oleh sebab itu, hanya terdapat sedikit sisa uang yang bisa digunakan untuk belanja kebutuhan lainnya.

Ternyata perilaku milenial di China sangat mengherankan lho. Mereka menggunakan cicilan kartu kredit 3 tahun untuk membeli kue. Sepotong kue kecil di China bisa dicicil dengan harga 0,46 yuan (Rp996) per bulan selama 3 tahun.

Tidak hanya itu, ternyata juga ada lipstik yang bisa dicicil dengan harga 1,93 yuan (Rp4.226) per bulan selama 2 tahun lho.

Mungkin bagi Anda cukup terdengar aneh ya? Namun ternyata ini fakta.

Bahkan pembelian kebutuhan sehari-hari menggunakan kartu kredit juga merupakan hal yang lazim lho bagi kaum milenial disana.

Namun, apa ya yang menyebabkan mereka menggunakan cicilan kartu kredit untuk hal-hal sederhana semacam itu? Apakah Anda penasaran?

Hal itu dikarenakan kaum milenial di China memiliki penghasilan yang lebih rendah. Sehingga, bisnis kredit mikro pun berkembang dengan pesat di China.

Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun Begini Perilaku Milenial Di Sana 03 gadget - Finansialku

[Baca Juga: Millennials, Kurangi Jajan Kopi Jika Kamu Ingin Sukses Keuangan!]

 

Salah satu bisnis kredit mikro di China adalah Lexin Fintech.

Lexin Fintech didirikan pada tahun 2013. Lexin mengoperasikan toko online Fenqile. Toko tersebut menawarkan berbagai jenis produk seperti ponsel, komputer, kosmetik, bahkan makanan ringan bisa dibeli dengan kredit mikro.

Rupanya, membayar barang dengan cicilan telah menjadi suatu kebiasaan di kalangan generasi muda di China. Kaum milenial yang lahir setelah tahun 1990 cenderung memilih untuk membayar dengan cicilan.

Mereka tertarik membayar dengan cicilan karena mereka sangat tertarik untuk mencoba hal-hal yang unik dan inovatif namun mereka tidak memiliki uang yang cukup.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tapi, walaupun demikian kaum milenial di China tetap sangat optimis dan tidak pantang menyerah untuk masa depan mereka. Wah, menarik sekali ya. Mereka sangat bersemangat untuk menyambut masa depan mereka.

Bagaimana dengan Anda apakah Anda juga bersemangat menyambut masa depan Anda?

Hal menarik lainnya, ternyata yang tertarik dengan tren cicilan di China hanya generasi muda saja lho.

Generasi yang lebih tua di China ternyata malah anti dalam meminjam uang. Apalagi meminjam uang untuk hal-hal kecil seperti membeli kebutuhan sehari-hari, membeli kue, dan lain-lain.

Para generasi yang lebih tua di China hanya meminjam uang atau melakukan cicilan kredit untuk membeli barang-barang yang mahal saja. Misalnya mereka menggunakan cicilan untuk membeli rumah, mobil, motor, dan pembelian barang mahal lainnya.

Kalau begitu, generasi lebih tua di China mirip dengan orang-orang di Indonesia ya dimana kebanyakan dari mereka hanya menggunakan kredit cicilan untuk barang-barang mahal saja.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Kalau generasi lebih tua di China begitu, lalu kenapa kaum muda di China tetap menyukai kredit ya? Ternyata kaum muda di China menggunakan cicilan kredit untuk konsumsi harian dikarenakan kemudahannya.

Seperti generasi milenial pada umumnya, sekarang ini mereka tidak bisa lepas dari gadget. Bangun tidur yang dicari gadget, mau tidur juga gadget. Sekarang semua serba gadget.

Ternyata hal inilah yang membuat kaum milenial di China lebih memilih untuk menggunakan cicilan kredit. Mereka bisa melakukan pembayaran hanya melalui ponsel mereka saja.

Mereka tidak perlu pergi kemana-mana untuk melakukan pembayaran. Ya bisa dibilang kaum milenial cukup mager ya.

Berdasarkan data, ditunjukkan bahwa per Juni 2018, Fenqile sudah memiliki 29,2 juta pengguna yang terdaftar. Dan ternyata 95% konsumennya berusia dibawah 30 tahun.

Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun Begini Perilaku Milenial Di Sana 04 Orang tua - Finansialku

[Baca Juga: Beginilah Cara Meningkatkan Hubungan Dengan Milenial]

 

Menggunakan cicilan kartu kredit sebenarnya sah-sah saja asalkan bisa  membayar tagihannya tepat waktu. Jangan sampai nanti mendapatkan denda atau penalti atas keterlambatan pembayaran.

Oh ya sebagai tips tambahan, Finansialku akan membagikan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika mencicil barang menggunakan kartu kredit.

 

5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Menggunakan Cicilan Kartu Kredit

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum Anda mencicil barang menggunakan kartu kredit.

 

#1 Bunga Cicilan

Kartu kredit dengan bunga cicilan 0% bisa dijadikan pilihan Anda. Namun, tentunya bunga cicilan yang ditawarkan kartu kredit tidak semua 0%, ada yang 1% hingga 3%. Oleh karena itu, sebelum Anda menggunakan cicilan kartu kredit Anda perlu memerhatikan bunga cicilannya terlebih dahulu.

 

#2 Besarnya Limit

Anda harus mengetahui besar limit kartu kredit Anda. Tentunya, Anda harus memastikan bahwa limit kartu kredit Anda dapat memenuhi kebutuhan Anda untuk mencegah over limit.

 

#3 Metode Pemotongan Limit

Terdapat 2 mekanisme pemotongan limit pada kartu kredit. Pertama, bank akan memotong limit kartu sesuai dengan harga produk yang Anda beli. Kedua, bank akan menambahkan limit sejalan dengan pembayaran cicilan yang dilakukan.

Untuk mengetahui mekanisme pemotongan limit yang mana yang diterapkan di kartu kredit Anda, Anda bisa menanyakannya pada bank penerbit kartu kredit Anda.

Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun Begini Perilaku Milenial Di Sana 05 Pemotongan Limit - Finansialku

[Baca Juga: Begini Lho Versi Mencapai Kebebasan Keuangan untuk Milenial]

 

#4 Mekanisme Cicilan

Biasanya, nominal cicilan akan dimasukkan bersamaan dengan tagihan transaksi lainnya. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa Anda bisa membayar tagihan kartu kredit tersebut.

 

#5 Periode Cicilan

Anda perlu memilih jangka waktu cicilan yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Biasanya penerbit kartu kredit akan menawarkan berbagai periode cicilan mulai dari 3 hingga 12 bulan.

 

Cicilan Kartu Kredit

Penggunaan kartu kredit di China yang sangat tinggi menjadikan cicilan kartu kredit sebagai penggunaan yang lazim. Bahkan, anak-anak generasi milenial sudah menggunakan cicilan kartu kredit.

Tidak hanya menggunakan cicilan kartu kredit untuk barang-barang yang mahal saja, ternyata barang-barang yang cukup murah seperti kue pun di beli menggunakan cicilan kartu kredit. Namun, tetap terdapat beberapa hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan cicilan kartu kredit ya.

Jadi apakah Anda tertarik untuk melakukan kredit cicilan seperti yang dilakukan kaum milenial di China? Barang apa yang ingin Anda kreditkan? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda sehingga semakin banyak orang yang mengetahui fakta unik ini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Sakina Rakhma Diah Setiawan. 27 September 2018. Intip Perilaku Milenial di China, Beli Kue Dicicil Tiga Tahun. Kompas.com – https://goo.gl/PPp2eu
  • Reny Widya Astari. 26 November 2015. 5 Hal Penting Sebelum Mencicil Barang dengan Kartu Kredit. Kreditgogo.com – https://goo.gl/BtwVpH

 

Sumber Gambar:

  • Kartu Kredit – https://goo.gl/9XoWYW
  • Generasi Milenial – https://goo.gl/rTiqjZ
  • Gadget – https://goo.gl/oC1qcU
  • Orang Tua – https://goo.gl/p4eB42
  • Pemotongan Limit – https://goo.gl/Cd9hTV
Summary
Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana
Article Name
Beli Kue di China Pakai Cicilan Kartu Kredit 3 Tahun? Begini Perilaku Milenial Di Sana
Description
Apakah bisa beli kue di China pakai cicilan kartu kredit? atau membeli kebutuhan sehari-hari lainnya seperti hamburger dan lipstik menggunakan kartu kredit?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo

About the Author:

Virtina Thionita
Virtina Thionita adalah seorang mahasiswa President University, jurusan Business Administration dengan konsentrasi Wealth Planning. Memiliki ketertarikan di bidang perencanaan keuangan, investasi, dan entrepreneur.

Leave A Comment