Mau tahu bagaimana rahasia mencapai kebebasan keuangan untuk milenial? Ada berbagai cara mencapai kebebasan keuangan untuk milenial.

Simak artikel Finansialku untuk penjelasan lebih lanjut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mencapai Kebebasan Keuangan untuk Milenial

Generasi milenial cenderung memikirkan masa untuk sekarang saja. Mereka bahkan punya motto YOLO (You Only Live Once) yang berarti hidup hanya sekali.

Motto tersebut dapat membahayakan keuangan generasi milenial. Mereka akan cenderung berfoya-foya dan tidak memikirkan masa depan, apalagi untuk pensiun.

Begini Lho Versi Mencapai Kebebasan Keuangan untuk Milenial 02 - Finansialku

[Baca Juga: Apa itu Kebebasan Keuangan?]

 

Mereka hanya mau enaknya saja. Mereka bersifat sangat konsumtif, seperti membeli baju, tas, dan untuk gaya hidup lainnya.

Dengan perilaku konsumtif tersebut, memungkinkan generasi milenial untuk memiliki pengeluaran lebih besar dari pendapatannya yang dikenal dengan peribahasa “besar pasak dari pada tiang”.

Lalu apakah generasi milenial bisa mencapai kebebasan keuangan?

Eitss kalau kamu adalah generasi milenial, jangan berkecil hati dulu ya. Finansialku.com akan berbagi cara mencapai bebas keuangan untuk generasi milenial.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

6 Versi Mencapai Kebebasan Keuangan untuk Milenial

Berikut Finansialku akan berbagi cara mencapai kebebasan keuangan untuk milenial. Terdapat 6 cara mencapai kebebasan keuangan untuk milenial. Check it out!

 

#1 Tidak Memiliki Utang

Hal pertama yang harus dilakukan oleh generasi milenial untuk mencapai kebebasan finansial adalah dengan tidak memiliki utang.

Mengapa? Karena bagaimana bisa mencapai kebebasan keuangan jika kamu masih memiliki utang.

Tentunya, kamu harus memenuhi kewajiban membayar utang tersebut dulu ya.

 

#2 Menabung

Dari sejak sekolah, generasi milenial diminta untuk menabung sejak dini.

Menabung menjadi hal yang tidak asing bagi generasi milenial. Namun, dengan kehidupan generasi milenial zaman now yang cenderung konsumtif, mereka mulai kehilangan kebiasaan menabung ini.

Oleh karena itu, generasi milenial dapat mengikuti kebudayaan menabung seperti dulu untuk mencapai kebebasan keuangan.

 

#3 Berinvestasi

Selain menabung, generasi milenial juga bisa berinvestasi. Generasi milenial harus mau mengenal produk-produk investasi. Produk-produk investasi tersebut dapat menjadi kendaraan yang bisa membantu untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Investasi ini juga merupakan salah satu sumber pendapatan pasif lho guys.

Ada berbagai produk investasi yang bisa dipakai oleh generasi milenial.

Ada investasi saham, reksa dana, logam mulia, deposito, obligasi dan investasi lain sebagainya. Apalagi sekarang zaman sudah canggih.

Sudah banyak investasi yang bisa dilakukan secara online seperti saham, reksa dana, bahkan sekarang logam mulia pun bisa dibeli secara online. Wah sungguh menarik bukan?

Apakah Anda Tahu Bagaimana Investasi untuk Milenial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mencapai Kebebasan Keuangan yang Dapat Saya Lakukan?]

 

Untuk pemula kamu bisa mencoba investasi reksa dana. Reksa dana merupakan investasi yang cukup mudah, aman serta terjangkau. Di reksa dana, uang kamu akan dikelola oleh manajer investasi. Jadi, manajer investasi tersebut yang akan mengalokasikan uang kamu.

Jika kamu berminat buat belajar investasi reksa dana lebih lanjut, maka kamu bisa download ebook reksa dana yang sudah disiapkan oleh Finansialku.com

 

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Jika kamu tertarik untuk berinvestasi saham, kamu bisa membuka akun sekuritas terlebih dahulu. Sekarang banyak sekuritas yang sudah go online (online trading) seperti IndoPremier, Philip Sekuritas, Lautadhana, dan lain-lain.

Untuk lebih detailnya kamu bisa download ebook investasi saham untuk pemula dari Finansialku ya, gratis lho!

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

#4 Pendapatan Pasif  dari “House Hacking”

Tahukah kamu apa itu pendapatan pasif? Secara sederhana pendapatan pasif berarti uang yang bekerja untuk kamu, bukan kamu yang bekerja untuk uang lho guys.

Tentunya, pendapatan pasif jadi dambaan semua orang, termasuk kamu kan guys? Kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan “house hacking”.

Apa itu house hacking? Simplenya house hacking berarti expenses kamu dibayarin oleh orang lain. Misalnya, kamu yang punya rumah. Kamu tinggal dengan teman kamu. Kemudian, teman kamu akan membayar beban sewa.

Nah, beban sewa itulah yang dapat membantumu membiayai biaya hidup pengeluaran kamu seperti air, listrik, dan sebagainya. Sisa uangnya dapat kamu gunakan untuk hal lainya seperti untuk liburan.

Jadi, kamu tidak perlu memikirkan biaya hidup kamu. Wah enak banget kan?

Para Milenial, Milikilah 10 Mindset Seorang Pemenang untuk Mencapai Impianmu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hey, Mau Tahu Rahasia Cepat Kaya Raya Di Usia Muda?]

 

Selain itu, untuk tambahannya kamu bisa coba beli property lainnya secara dicicil, sehingga kamu bisa mendapatkan pendapatan pasif di masa yang akan datang.

Kamu juga tidak perlu khawatir karena sekarang rumah bisa dicicil dengan biaya yang sangat minim kok. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

 

#5 Mengelola Keuangan

Pengelolaan keuangan yang baik sangat diperlukan untuk bisa mencapai kebebasan keuangan.

Generasi milenial harus dapat menentukan prioritas keuangannya. Kamu bisa mengelola keuangan kamu sedini mungkin. Dengan mengatur keuangan, kamu bisa lebih bijak menggunakan uang.

Kamu juga bisa membuat anggaran pengeluaran bulanan kamu. Hal itu sangat membantu kamu untuk bisa mengontrol pengeluaran kamu.

Oh ya, kamu bisa menggunakan Aplikasi Finansialku untuk mengatur keuangan kamu lho guys. Kamu bisa download di Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Ada juga tambahan trik buat kamu generasi milenial yang sulit mengatur keuangan.

Kamu bisa membuka beberapa rekening. Kamu bisa membagi-bagi uang kamu ke beberapa rekening tabungan agar lebih mudah. Misalnya, memisahkan antara untuk kebutuhan sehari-hari  dengan tabungan, dan lain-lain.

Karena di sekolah tidak mengajarkan tentang mengelola keuangan pribadi. Oleh karena itu, perlu inisiatif untuk belajar mengelola keuangan sendiri. Good luck guys!

Para Milenial, Jangan Sampai Anda Merusak Dana Pensiun Orangtua 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Dongeng Pendek: Belajar Keuangan dari 3 Babi Kecil dan Serigala]

 

#6 Menjadi Entrepreneur

Generasi milenial dikenal sebagai generasi yang berani. Mereka berani mengambil risiko. Mereka juga suka tantangan.

Nah, ada kabar baik nih buat kamu yang suka dengan tantangan. Kamu bisa menjadi entrepreneur.

Untuk menjadi entrepreneur dibutuhkan mental yang cukup kuat untuk berani mengambil risiko. Kamu bisa mencapai kebebasan keuangan kamu dengan menjadi entrepreneur lho.

Apalagi sekarang ini banyak anak muda yang sudah memulai startup. Banyak juga yang sudah sukses di usia muda, bagaimana dengan kamu?

 

Kamu Bisa Mencapai Kebebasan Keuangan

Sekarang sudah tahu kan versi mencapai kebebasan keuangan untuk milenial ala Finansialku. Kamu bisa mencapai kebebasan keuangan, kalau kamu mau berusaha mewujudkannya.

Tentunya, cara mencapai kebebasan keuangan untuk milenial ini bisa membantu kamu mewujudkannya.

So , tunggu apa lagi nih guys? Kalau kamu masih menunda-nunda berarti sama saja kamu menunda kebebasan keuangan kamu lho guys. Do it now!

 

Jadi, bagaimana dengan mencapai kebebasan keuangan versi kamu? Yuk, langsung komentar dan kasih pendapat kamu di kolom yang sudah disediakan ya.

Semoga bermanfaat ya! Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Jennifer Spencer. 11 Desember 2017. How Millennials Can Reach Financial Freedom. Entrepreneur.com – https://goo.gl/rrq317
  • Muhammad Harvan. 19 Juli 2017. Gatherich: Cara Membuat Millenial Dikejar Uang. Rappler.com – https://goo.gl/Cz9LNM
  • Nurseffi Dwi Wahyuni. 14 Januari 2017. Ini Arti Sukses Finansial di Mata Generasi Milenial. Liputan6.com – https://goo.gl/Zr4CT2

 

Sumber Gambar:

  • Kebebasan Keuangan untuk Milenial 01 – https://goo.gl/vAYLzU
  • Kebebasan Keuangan untuk Milenial 02 – https://goo.gl/hRgHYt