Belajar keuangan sulit? Engga kok! Bahkan kamu bisa belajar keuangan dari 3 Babi Kecil dan Serigala, lho.

Dongeng yang sudah kamu kenal semasa kecil ini rupanya mengandung pesan moral yang berhubungan dengan keuangan lho, guys. Yuk simak pemaparannya di artikel Finansialku berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Belajar Keuangan dari Cerita Dongeng

Halo guys! Masih ingat dengan dongeng 3 Babi Kecil dan Serigala? Ternyata dongeng ini sudah ada sejak tahun 1800-an lho.

Walaupun sudah lama, tapi cerita dongeng ini masih populer. Cerita 3 Babi Kecil dan Serigala bahkan dikembangkan dan diadaptasi menjadi versi yang lebih modern.

Dongeng ini mengandung pesan moral yang ternyata bisa membantu kamu belajar keuangan, guys.

Penasaran ‘kan apa saja pesan moral yang dapat membantu kamu belajar keuangan? Yuk kita simak dulu dongeng singkatnya berikut ini.

 

3 Babi Kecil dan Serigala

Pada suatu hari, terdapat 3 babi kecil yang tinggal bersama ibunya. Suatu ketika, ibunya menyuruh ketiga babi tersebut untuk hidup mandiri. Ibunya memberikan uang kepada mereka masing-masing untuk membangun rumah. Kemudian, ketiga babi tersebut pergi meninggalkan ibunya.

Babi pertama membangun rumah dengan menggunakan jerami. Ia membutuhkan waktu yang singkat untuk membangun rumahnya tersebut.

Kemudian, babi kedua membangun rumahnya dengan menggunakan kayu. Ia membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada babi pertama.

Sedangkan, babi ketiga membangun rumahnya dengan menggunakan batu bata. Ia berusaha membangun rumah yang kokoh sehingga ia pun membutuhkan waktu yang paling lama untuk membangun rumahnya.

Belajar-Keuangan-dari-3-Babi-Kecil-dan-Serigala-1-Finansialku

[Baca Juga: Belajar Keuangan Pribadi, Gimana Caranya?]

 

Kedua saudaranya mengejek babi ketiga karena tak kunjung selesai membangun rumah. Namun babi ketiga tak menghiraukan ejekan tersebut dan tetap bertekad untuk membangun rumah yang kokoh agar tahan dari serangan cuaca serta serangan pemangsa.

Suatu ketika, tiba-tiba seekor serigala yang lapar datang. Ia menghampiri rumah dari jerami untuk memangsa babi pertama.

Rumah babi pertama itu pun dengan mudah dihancurkan oleh sang serigala. Lalu, babi pertama melarikan diri ke rumah babi kedua.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tak berbeda jauh dengan nasib rumah dari jerami, serigala juga bisa dengan mudah menghancurkan rumah babi kedua.

Sambil berlari ketakutan, babi pertama dan kedua berlindung ke rumah babi ketiga.

Serigala pun datang menghampiri rumah babi ketiga. Tapi, karena bangunan rumah babi ketiga terbuat dari bata, serigala pun tidak berhasil menghancurkannya. Singkat cerita, ketiga babi itu pun akhirnya selamat. Babi pertama dan kedua pun meminta maaf karena telah mengejek babi ketiga. Mereka juga berterima kasih karena rumah kokoh tersebut telah menyelamatkan nyawa mereka.

 

5 Pesan Moral yang Membantu Belajar Keuangan

Dari cerita dongeng di atas, apa saja sih yang bisa dipelajari? Langsung saja simak beberapa poin di bawah ini yang dapat membantu kamu belajar keuangan dari dongeng 3 Babi Kecil dan Serigala.

 

#1 Untuk Menggapai Sesuatu Harus Kerja Keras

Seperti yang babi ketiga lakukan, untuk membangun rumah yang kokoh dibutuhkan kerja keras. Begitu juga dengan kamu, kalau ingin mencapai tujuan keuangan kamu, kamu harus kerja keras untuk mencapainya. 

Semangat Kerja Finansialku

[Baca Juga: Kerja Keras dan Kerja Cerdas]

 

Jangan seperti babi pertama dan kedua yang tidak mau bekerja keras. Mereka tidak mau bersusah payah, alhasil yang mereka dapatkan pun tidak memuaskan. Bahkan, apa yang sudah mereka bangun menjadi sia-sia.

Ingat! Hasil tidak akan mengkhianati prosesnya. Lakukan yang terbaik yang kamu bisa. Kamu harus giat bekerja untuk mewujudkan tujuan keuangan kamu. So, tunggu apa lagi guys?

 

#2 Ketekunan Membuahkan Hasil

Selain kerja keras, untuk membangun rumah yang kokoh dibutuhkan ketekunan. Waktu yang diperlukan pun cukup lama.

Karena ketekunannya, babi ketiga pun berhasil membangun rumah impiannya yang kokoh.

Walaupun ia diejek oleh babi-babi yang lain, ia tidak menghiraukannya. Ia tetap tekun membangun rumahnya. Kalau saja ia tidak tekun, ia tidak akan selesai membangun rumahnya yang kokoh.

Etos-Kerja-yang-Seharusnya-Dimiliki-4-Finansialku

[Baca Juga: Cara Melatih Ketekunan Untuk Meraih Kesuksesan]

 

Ketekunan ini juga harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.  Kamu harus tekun menabung untuk mencapai tujuan keuangan kamu. Selain menabung, kamu juga bisa berinvestasi.

Investasi membantu kamu mencapai tujuan keuangan kamu lebih cepat. Ada berbagai investasi yang bisa kamu coba. Ada saham, reksa dana, logam mulia, dan lain sebagainya.

Oh ya, kalau kamu tertarik dengan investasi saham kamu bisa coba download ebook dari Finansialku! Gratis lho!

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Selain itu kamu juga harus rajin mengevaluasi rencana keuangan kamu. Kamu harus memastikan bahwa kamu sudah di jalan yang tepat. Semangat guys!

 

#3 Berpikir Panjang

Kamu harus seperti babi ketiga yang berpikir panjang. Kalau-kalau sesuatu yang tidak diinginkan terjadi, ia sudah mempersiapkannya dengan matang.

Walaupun serigala tiba-tiba datang, karena babi ketiga sudah membangun rumah yang kokoh, ia pun bisa selamat.

Dengan berpikir panjang, kamu akan lebih visioner dan mengantisipasi risiko yang ada di kemudian hari.

Serigala diibaratkan masalah yang bisa datang kapan saja. Sama seperti saat kamu berusaha mencapai tujuan keuangamu, masalah bisa datang kapan saja.

Lesu Kerja Finansialku

[Baca Juga: Mengelola dan Merencanakan Keuangan dengan Aplikasi Finansialku]

 

Mungkin, hal ini merupakan masalah utama kids zaman now. Mereka cenderung berfoya-foya dan tidak memikirkan masa depan. Padahal, berpikir panjang itu penting lho guys. Hal ini agar kamu tidak menderita di masa depan.

Sama hal nya dengan merencanakan keuangan, kamu harus berpikir panjang. Ingat ‘kan peribahasa berikut ini?

“Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian.”

 

Ya, kadang kamu harus menderita dulu tapi, kamu akan bersenang-senang saat tujuan keuangan kamu tercapai.

Selain itu, kamu juga harus mengantisipasi masalah yang akan datang. Contohnya, ketika kamu sakit, tentu butuh biaya yang tak sedikit untuk beli obat dan ke dokter, Tapi kamu bisa mengantisipasinya menggunakan asuransi yang dapat membantumu untuk proteksi diri.

Banyak orang yang menyepelekan asuransi, padahal asuransi itu penting lho.

Setidaknya kamu punya asuransi yang dasar untuk proteksi. Kamu bisa beli asuransi jiwa atau kesehatan. Jangan sampai tujuan keuangan kamu tidak tercapai karena uang yang kamu sudah kumpulkan ludes begitu saja ya, guys!

 

#4 Memanfaatkan Apa yang Ada dengan Sebaik-baiknya

Ketiga babi kecil di dongeng tersebut diberikan uang dengan nominal yang sama oleh ibunya. Namun, masing-masing dari mereka memanfaatkan uangnya dengan cara yang berbeda-beda.

Di cerita tersebut, babi ketiga dapat menggunakan uangnya untuk membeli bahan yang paling mahal, yakni batu bata. Namun, walau ia harus mengeluarkan uang yang lebih besar dibanding kedua saudaranya, uang itu ia pergunakan dengan sebaik-baiknya.

Belajar-Keuangan-dari-3-Babi-Kecil-dan-Serigala-3-Finansialku

[Baca Juga: DIY (Do It Yourself) Perencanaan Keuangan dengan Menggunakan Aplikasi Finansialku]

 

Ia mengetahui prioritas apa yang harus dia beli, yakni membeli bahan yang bagus untuk membangun rumahnya.

Dalam perencanaan keuangan, kamu juga harus mengetahui prioritas kamu. Skala prioritas dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan kamu.

Oh ya, kamu juga bisa pakai aplikasi Finansialku untuk membantu mengatur keuangan kamu lho. Yuk segera download aplikasi Finansialku di Google Play Store.

 

#5 Perencanaan yang Baik dan Matang Akan Menghasilkan yang Baik Juga

Babi ketiga merencanakan pembangunan rumahnya dengan baik dan matang, sehingga ketika serigala datang rumahnya itu tetap berdiri kokoh.

Dengan perencanaan yang matang, hasil yang ia terima pun memuaskan.

Begitu juga dengan perencanaan keuangan. Kalau kamu merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya, tentunya hasil yang diperoleh juga baik.

Perencanaan keuangan itu penting karena bisa membantumu mencapai tujuan keuangan kamu.

Perencanaan keuangan itu layaknya GPS yang dapat menuntun kita mencapai tujuan keuangan kita.

 

Kamu Bisa Mencapai Tujuan Keuangan Kamu

Sudah tahu apa saja yang bisa dipelajari dari dongeng 3 Babi Kecil dan Serigala? Kamu bisa mencapai tujuan keuangan kamu kalau kamu mau berusaha dan bekerja keras untuk mewujudkannya.

Tentunya, belajar keuangan dari dongeng 3 Babi Kecil dan Serigala bisa membantu kamu mewujudkan tujuan keuangan kamu. So, tunggu apalagi, guys?

 

Jadi, pelajaran keuangan apa nih yang kamu pelajari dari 3 Babi Kecil dan Serigala? Yuk, langsung komentar dan kasih pendapat kamu di kolom yang sudah disediakan. Terima kasih! Semoga bermanfaat ya!

 

Sumber Referensi:

  • Samid Anarsis. 28 Oktober 2016. Dongeng Tiga Babi Kecil Jadi-jadian. Kompasiana.com – https://goo.gl/kYV13U
  • Charles Perrault. 2015. Tiga Babi Kecil dan Serigala. Rumahdongeng.com – https://goo.gl/LjpGuZ

 

Sumber Gambar:

  • Tiga Babi Kecil dan Serigala 1 – https://goo.gl/Kg8js9
  • Tiga Babi Kecil dan Serigala 2 – https://goo.gl/J9BkDK
  • Tiga Babi Kecil dan Serigala 3 – https://goo.gl/FBLxaX

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang