Kendaraan sudah merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat kota.

Tetapi, dengan kebutuhan yang semakin meningkat, mendapatkan kredit mobil dengan cicilan murah dan DP yang ringan pun semakin sulit.

Tetapi, tenang saja, artikel ini akan memberikan Anda beberapa cara untuk mendapatkan mobil dengan kredit cicilan murah serta DP ringan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apakah Mungkin Kredit Mobil Murah dengan DP Ringan?

Jawabannya sangat mungkin. Banyak yang mengira bahwa memiliki kendaraan pribadi adalah hal yang mustahil apalagi jika gaji yang diterima sangat terbatas misalnya Rp3 juta hingga Rp5 juta sebulan.

Mungkin banyak dari Anda yang tidak percaya, tetapi dengan gaji minim tersebut pun Anda dapat memiliki kendaraan pribadi dan cicilannya masih masuk akal.

Cara Mudah Kredit Mobil 02 Cicilan Mobil 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Pengajuan Kredit Mobil? Cek Dulu Kerugian dan Keuntungan Kredit Mobil!]

 

Cara untuk Mendapatkan Kredit Mobil Murah

Di bawah ini adalah cara untuk mendapatkan kredit mobil murah dengan DP yang ringan.

 

#1 Ambil Jangka Waktu Pinjaman Terlama

Semakin panjang jangka waktu pinjaman, tentu cicilan bulanan akan semakin rendah. Alasannya, pokok pinjaman akan terbagi di jangka waktu yang lebih panjang.

Tentu hal ini harus disesuaikan dengan kebijakan masing-masing dealer mobil. Ada yang memiliki maksimum kredit selama 5 tahun saja, ada pula yang hingga 10 tahun.

Terkadang program ini disediakan pada saat promo atau hari besar di mana pihak dealer ingin mendongkrak penjualan.

 

Simulasi Kredit:

Dengan harga mobil sebesar Rp100 juta, dan dengan bunga pinjaman fixed sebesar 6% per tahun, jika Anda menggunakan Aplikasi Finansialku, maka akan diketahui data sebagai berikut.

Jika Anda memilih tenor pinjaman selama 5 tahun, setiap bulannya Anda harus membayar Rp2,2 juta atau Rp26 juta setiap tahun.

Jika Anda memilih tenor pinjaman selama 10 tahun, maka setiap bulan Anda harus membayar Rp1,3 juta atau Rp16 juta setiap tahun.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Simulasi di atas menunjukkan bahwa semakin panjang tenor pinjaman, maka semakin ringan cicilan yang harus Anda bayar setiap bulannya.

Tentu untuk mencari kendaraan dengan harga Rp100 juta sudah sangat mudah di zaman mobilisasi tinggi seperti sekarang ini.

Dengan cicilan sebesar Rp1,3 juta setiap bulannya, Anda yang memiliki gaji Rp3 juta, hanya perlu merogoh 30% pendapatan untuk memiliki mobil pribadi dan mengalokasikan sisanya untuk kebutuhan lainnya.

Selain itu, simulasi di atas tidak membutuhkan adanya DP (Down Payment), tetapi jika Anda telah menabung untuk membayar sejumlah DP, maka Anda dapat mencicil dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan dari jumlah di atas karena pokok pinjaman yang berkurang.

Pindah Asuransi Mobil 04 Asuransi 4 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Promo Kredit Mobil Paling Murah Tahun 2018 Agar Anda Untung!]

 

#2 Pilih Supplier yang Memberikan Bunga Terendah

Singkatnya, semakin rendah bunga pinjaman, pasti jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan juga akan semakin murah. Umumnya, bunga kredit mobil di bawah 10% per tahun.

Namun tingkat bunga ini sangat bersaing dan banyak juga yang menawarkan bunga di bawah 5% per tahun.

Selain itu, jenis bunga baik efektif, flat atau annuity juga dapat berpengaruh pada jumlah cicilan yang harus Anda bayarkan. Berikut adalah simulasi perbedaan jumlah cicilan dengan tingkat bunga serta jenis bunga yang berbeda.

 

Simulasi Kredit: Bunga 5% vs Bunga 10%

Jumlah pokok pinjaman Rp100 juta dengan tenor pinjaman 5 tahun, dan dengan jenis bunga sama-sama fixed, maka:

Anda harus membayar Rp2,1 juta setiap bulannya atau Rp25 juta setiap tahun untuk bunga 5% dan Rp 2,5 juta setiap bulannya atau Rp30 juta setiap tahun untuk bunga 10%.

 

Simulasi Kredit: Bunga Fixed vs. Bunga Variable

Jumlah pokok pinjaman Rp100 juta dengan tenor pinjaman 5 tahun, dan tingkat bunga 10%, maka:

Anda harus membayar Rp2,5 juta setiap bulannya selama 5 tahun untuk jenis suku bunga tetap dan Anda harus membayar antara Rp1,7juta hingga Rp2,5 juta setiap bulannya dengan suku bunga bervariasi.

Tips Menabung Dana Membeli Mobil Pasangan Muda 1 Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Dapat Mobil Dengan Kredit Mobil Bekas Tanpa DP?]

 

#3 Menggunakan Kredit Balloon Payment

Kredit Pemilikan Mobil yang konvensional memiliki jumlah cicilan yang rata atau sama dari awal kredit hingga akhir masa kredit.

Berbeda dengan sistem balloon payment, yang mana jumlah biaya cicilan di beberapa tahun awal akan sangat rendah, dan kemudian sisanya akan ditagihkan di akhir tenor pinjaman.

Dengan kata lain, pada kredit mobil umumnya, total pinjaman sama dengan DP + cicilan bulanan, sedangkan pada balloon payment, jumlah pinjaman sama dengan DP + cicilan bulanan + pelunasan.

Jumlah akhir ini berbeda, dan bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Biasanya jumlah ini dapat mencapai 50% dari harga mobil.

 

Simulasi Kredit:

Harga mobil Rp100 juta, dengan DP sebesar Rp20 juta dan kredit dengan sistem balloon payment sebesar 30% selama 3 tahun dengan bunga 6% dan di akhir tahun ketiga, 50% sisanya wajib dilunasi.

Dengan sistem simulasi kredit tersebut, maka:

Selama tenor pinjaman, Anda harus membayar cicilan sebesar Rp967 ribu setiap bulannya.

Di akhir tenor pinjaman, Anda harus membayar Rp50 juta untuk melunasi seluruh kredit Anda.

Sistem ini memiliki keuntungan di mana setiap bulannya, Anda tidak perlu membayar tagihan yang terlalu besar.

Akan tetapi Anda harus mempersiapkan dana yang cukup banyak di akhir pinjaman. Jika Anda tidak mampu menyediakannya, opsi lainnya adalah dengan over kredit.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#4 Pilih Mobil Dengan Harga Murah

Semakin canggih teknologi maka akan semakin membantu kemudahan pembuatan sebuah mobil. Oleh karena itu, sudah banyak mobil yang dijual dengan harga yang “bersahabat di kantong”.

Beberapa contoh mobil baru dengan harga murah adalah Suzuki Ertiga, Honda Brio, Toyota Avanza, Suzuki Karimun dan masih banyak lagi.

Bahkan jika mobil baru terlalu mahal untuk Anda, Anda dapat memilih mobil bekas atau mobil second.

 

Walaupun harga murah, Anda pun harus memilih mobil yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya Anda adalah sebuah keluarga dengan 4 orang anggota keluarga, mungkin 1 mobil kecil sudah cukup.

Tetapi jika Anda beranggotakan 6 orang, maka daripada Anda membeli 2 mobil kecil, alangkah baiknya untuk membeli 1 mobil MPV atau mobil keluarga.

Hubungan Ibu dan Anak Bisa Makin Rukun 02 Mobil - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Ambil Kredit Mobil, Pilih Fitur Mobil Keluarga Berikut Ini]

 

Sesuaikan Pilihan Dengan Kemampuan

Banyak yang merasa kesulitan membayar cicilan kredit mobil karena mobil yang dipilih melebihi kemampuan finansial serta tidak memenuhi kebutuhan.

Jadikan mobil sebagai sarana untuk mempermudah hidup Anda, bukan sebagai bagian dari gaya hidup atau hanya gengsi.

 

Sudahkah Anda mengerti cara untuk mendapatkan mobil dengan cicilan yang murah serta DP yang ringan?

Untuk membantu Anda menghitung dan melakukan perbandingan simulasi kredit, Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku. Bagikan artikel ini kepada keluarga dan teman terdekat Anda agar dapat membantu.

 

Sumber Referensi:

  • Ruisa Khoiriyah. 5 April 2018. Daftar Promo Mobil Murah 2018, Diskon Sampai Rp30 Juta! Halomoney.co.id – https://goo.gl/CtGF41
  • Hernando Taniko. 16 Mei 2017. Kini Semua Orang Dapat Menikmati Kredit Mobil Murah! Aturduit.com – https://goo.gl/A2L4YX

 

Sumber Gambar:

  • Cicilan Mobil 1 – https://goo.gl/wR3nBn
  • Cicilan Mobil 2 – https://goo.gl/coKXYG
Summary
Cara Mudah Mendapatkan Kredit Mobil Murah Dengan DP Ringan
Article Name
Cara Mudah Mendapatkan Kredit Mobil Murah Dengan DP Ringan
Description
Kendaraan merupakan bagian kehidupan sehari-hari masyarakat kota. Tapi mendapatkan kredit mobil cicilan murah dan DP ringan semakin sulit.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo