Apakah Anda sudah memilih deposito yang terbaik untuk Anda? Apakah Anda  masih bingung bagaimana cara memilih deposito terbaik?

Mari, simak artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Memilih Deposito

Gaji Rp3 juta memang merupakan gaji yang tidak besar. Bahkan, bisa dikatakan gaji Rp3 juta merupakan gaji yang minim. Apalagi, jika tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya.

Tentunya gaji tersebut hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari secara sederhana.

Namun, jangan berkecil hati dulu. Dengan gaji Rp3 juta bukan berarti Anda tidak bisa berinvestasi ya. Ada berbagai macam investasi yang bisa Anda pilih. Salah satu investasinya adalah deposito.

Mungkin kata deposito sudah tidak asing lagi didengar. Namun, apakah Anda sudah mengetahui apa itu deposito? Sebenarnya, apa itu deposito?

Jurus Jitu Memilih Deposito 02 Deposito 2 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito]

 

Deposito adalah sebuah produk penyimpanan uang di bank dengan sistem penyetoran, yang penarikannya hanya bisa dilakukan setelah melewati jangka waktu tertentu.

Perbedaan deposito dengan rekening tabungan biasa adalah besarnya bunga yang diberikan. Bunga pada rekening deposito lebih besar dari pada bunga rekening tabungan biasa.

Selain itu, rekening tabungan bisa ditarik kapan saja. Sedangkan deposito tidak demikian. Penarikan saldo deposito hanya bisa dilakukan setelah melewati jangka waktu tertentu.

Sebelum Investasi Deposito, Kenali Cara Kerja Deposito, Strategi Investasi Deposito dan Cara Menghitung Bunga Deposito 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Cara Memulai Investasi Emas Agar Tidak Salah!]

 

Jika Anda mengambil saldo deposito Anda sebelum jangka waktu yang ditentukan, maka biasanya Anda akan dikenakan sanksi seperti sejumlah pemotongan.

Namun, sepertinya masih banyak orang yang bingung bagaimana cara memilih deposito terbaik. Oleh karena itu, Anda bisa melihat jurus jitu memilih deposito terbaik pada artikel ini.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

3 Jurus Jitu Memilih Deposito Terbaik untuk Karyawan Gaji Rp3 Juta

Dengan adanya begitu banyak pilihan deposito di Indonesia, kali ini rubrik Finansialku akan berbagi jurus jitu memilih deposito terbaik di Indonesia untuk karyawan gaji Rp3 juta. Berikut 3 jurus jitu memilih deposito terbaik.

 

#1 Menentukan Jangka Waktu (Tenor) Deposito

Pada umumnya, jangka waktu deposito ada yang 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, dan 24 bulan.

Jika Anda memilih jangka waktu 6 bulan, maka setelah Anda menyetorkan uang di deposito maka uang tersebut akan terkunci dan tidak dapat dicairkan sebelum 6 bulan berlalu.

Anda dapat memilih jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya, semakin lama jangka waktu depositonya maka semakin besar bunga depositonya.

 

Jika sudah jatuh tempo, namun Anda belum memerlukan uang tersebut maka deposito tersebut bisa diperpanjang secara otomatis dengan sendirinya. Sistem perpanjangan otomatis tersebut disebut sistem ARO (Automatic Roll Over).

Namun, sebelum Anda menentukan jangka waktu deposito Anda sebaiknya Anda sudah memiliki tujuan keuangan dulu.

Jangan lupa untuk membuat tujuan keuangan yang SMART (Specific, Measurable, Attainable, Relevant, and Timely). Dengan begitu, maka Anda dapat lebih mudah memilih deposito yang sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

Pilih Mana Menabung di Deposito Bank atau Menabung di Saham Bank 01 - Finansialku

[Baca Juga: Membuat Tujuan Keuangan yang SMART (benar-benar SMART)]

 

#2 Memilih Jenis Deposito (Konvensional atau Syariah)

Banyak orang yang bingung mau memilih deposito konvensional atau syariah. Namun, sudahkah Anda mengetahui perbedaan keduanya?

Perbedaan deposito konvensional dan syariah terletak pada cara deposito tersebut memperoleh atau mengelola keuntungan.

Keuntungan deposito syariah menggunakan mekanisme bagi hasil (nisbah) yang telah ditentukan pada awal perjanjian. Misalnya, ketika akad disepakati bahwa rasio yang digunakan adalah 70:30.

 

Hal tersebut berarti Anda akan mendapatkan bagi hasil sebesar 70% dan bank mendapatkan 30%.

Terdapat beberapa deposito yang dapat Anda jadikan referensi untuk memilih deposito yang tepat untuk Anda. Berikut beberapa deposito yang bisa Anda pertimbangkan.

Perbandingan Deposito vs Sukuk Ritel 03 Sukuk Ritel 3 - Finansialku

[Baca Juga: Produk Investasi Apa yang Cocok untuk Saya?]

 

#1 BNI Syariah Deposito iB Hasanah

Deposito ini tidak mengharuskan Anda memiliki rekening tabungan di Bank BNI. Minimum setoran hanya Rp1 juta.

Tenor deposito ini maksimal 12 bulan. Anda bisa memilih deposito Anda mau diperpanjang otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over) atau tidak.

 

#2 Deposito Bank Syariah Mandiri

Anda harus memiliki rekening tabungan di Bank Syariah Mandiri jika Anda mau memiliki depositonya.

Minimum setoran sebesar Rp2 juta. Tenor deposito ini maksimal 12 bulan. Deposito ini juga tersedia sistem ARO (Automatic Roll Over).

 

#3 Bank BRI Deposito Rupiah (Konvensional)

Minimum setoran sebesar Rp2,5 juta. Tenor maksimal 24 bulan. Suku bunga yang ditawarkan mencapai 7,75%. Dan tidak ada biaya administrasi.

 

#4 Mandiri Deposito E-Banking

Deposito ini mengharuskan Anda untuk memiliki rekening di Bank Mandiri terlebih dahulu. Minimum setoran sebesar Rp1 juta. Suku bunga yang ditawarkan mencapai 7,5%.

Terdapat beberapa cara untuk melakukan setoran deposito. Seperti, melalui Mandiri SMS, Mandiri Internet, atau Mandiri Call.

 

#3 Menghitung Keuntungan Deposito

Jika Anda bingung dan mengalami kesulitan untuk menghitung keuntungan deposito Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku.

Pada Aplikasi Finansialku terdapat fitur yang akan membantu Anda  menghitung keuntungan dari deposito Anda.

Deposito dan Dana Pendidikan Anak 2 Finansialku

[Baca Juga: Saat Tepat Masuk Produk Deposito]

 

Misalnya, Anda mau memiliki deposito Bank BRI Deposito Rupiah dengan bunga 7,75% dan tenor 24 bulan. Berikut langkah-langkah menghitung keuntungan deposito menggunakan Aplikasi Finansialku.

  1. Buka menu Aplikasi Finansialku dan pilih menu “Investasi”.
Jurus Jitu Memilih Deposito 03 Aplikasi 1 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku Kalkulator Investasi

 

  1. Pilih “Deposito”, kemudian masukan data yang diperlukan, misalkan dana yang diperlukan yaitu sebesar Rp2.500.000, untuk periode selama 24 bulan, dan bunga deposito (sebelum pajak) sebesar 7,75% per tahun.
Jurus Jitu Memilih Deposito 04 Aplikasi 2 - Finansialku

Tampilan Aplikasi Finansialku Investasi Deposito

 

  1. Kemudian setelah semua data terisi maka tekan tombol “Hitung”. Anda akan dapat melihat hasil perhitungan dimana bunga yang akan Anda dapat dari hasil deposito adalah sebesar Rp382.192.
Jurus Jitu Memilih Deposito 05 Aplikasi 3 - Finansialku

Hasil Kalkulasi Keuntungan Investasi Deposito

 

Bagaimana? Sangat mudah kan? Selain itu, Finansialku juga memiliki fitur-fitur lainnya yang dapat membantu Anda dalam hal keuangan. Oleh karena itu, langsung saja download Aplikasi Finansialku di Google Play Store secara gratis.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Sukses Memilih Deposito untuk Karyawan Gaji Rp3 Juta

Setelah mengetahui 3 jurus jitu diatas tentunya akan membantu Anda dalam memilih deposito yang terbaik dan tepat untuk Anda.

Tentunya, sebelum memilih deposito Anda juga perlu memperhatikan beberapa hal lainnya. Misalnya, reputasi bank, suku bunga yang ditawarkan, setoran awal, fitur-fiturnya dan lain-lain.

 

Jadi deposito mana yang akan menjadi pilihan Anda? Atau Apakah Anda memiliki jurus jitu lainnya dalam memilih deposito terbaik? Silahkan berikan komentar dan pendapat Anda di kolom yang telah tersedia.

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda yang membutuhkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, terima kasih.

 

*Disclaimer: artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi. Semua pilihan ada di tangan Anda. Anda bisa memilih deposito yang paling sesuai dengan Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 10 Desember 2015. Memilih Deposito yang Terbaik di Indonesia yang Cocok Buat Gaji Rp3 juta. Moneysmart.id – https://goo.gl/rLeBXh

 

Sumber Gambar:

  • Deposito 1 – https://goo.gl/UdBB43
  • Deposito 2 – https://goo.gl/c64rqY