Jangan Bingung Saat Pilih Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2019! Ini Solusinya

Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Apakah Anda masih bingung untuk memilih asuransi pendidikan anak terbaik 2019?

Sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menyiapkan dana pendidikan untuk anak. Salah satu caranya adalah dengan mencari asuransi pendidikan anak terbaik 2019.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Pendidikan

Sudah menjadi kebiasaan dan panggilan hati orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk anaknya. Termasuk dalam hal pendidikan anak. Setiap orang tua tentu saja ingin anaknya mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Sayangnya, biaya pendidikan anak terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Sehingga orang tua perlu mengalokasikan lebih banyak dana agar anak bisa merasakan kualitas pendidikan yang terbaik.

Bahkan banyak juga orang tua yang akhirnya memilih berutang agar anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang terbaik.

 

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa orang tua lakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak tanpa harus berutang. Salah satunya adalah dengan menggunakan asuransi pendidikan anak terbaik 2019.

Saat ini, ada banyak penyedia jasa asuransi yang memiliki produk asuransi untuk pendidikan anak. Karena itu, sebagai orang tua, Anda perlu hati-hati sebelum memilih produk asuransi dari perusahaan mana yang akan Anda gunakan.

Berikut ini adalah cara memilih asuransi pendidikan anak agar investasi Anda tepat guna dan sesuai kebutuhan:

 

#1 Rencanakan Pendidikan Anak Sejak Awal

Sesuatu yang direncanakan sejak awal tentu saja akan memberikan hasil yang lebih tepat dan matang dibandingkan sesuatu yang tidak direncanakan.

Rencana yang matang juga dapat membantu Anda agar tidak bingung memilih asuransi pendidikan yang bagus. Anda bisa membuat rencana ini bersama-sama dengan pasangan.

Mulai dari sampai setinggi apa pendidikan yang akan Anda berikan pada anak, dimana anak Anda akan bersekolah dari mulai jenjang SD, sekolah menengah, hingga lanjutan.

Jangan Bingung Pilih Asuransi Pendidikan 02 Asuransi Pendidikan - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan Terbaik 2019?]

 

Di perjalanan, anak Anda mungkin akan memiliki pilihan sekolahnya sendiri, tapi merencanakannya lebih dulu juga tidak salah.

Untuk bisa mendapat informasi mengenai sekolah yang bagus, Anda bisa mulai bertanya kepada kerabat, kenalan, tetangga, atau orang yang Anda kenal dan sudah memasukkan anaknya ke sekolah tersebut.

Selain itu, Anda juga bisa datang langsung ke sekolah atau mencari info lewat internet.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#2 Hitung Biaya Pendidikan yang Dibutuhkan

Mengetahui biaya pendidikan yang perlu Anda siapkan tentu saja harus dimulai dengan mengetahui estimasi biaya pendidikan yang nantinya Anda butuhkan.

Sebagai gambaran, biaya pendidikan cenderung mengalami peningkatan sebesar 10 persen per tahun.

Jadi, jika biaya pendidikan tahun ini sebesar Rp2 juta, peningkatan yang terjadi sekitar Rp200 ribu per tahun. Sehingga, dalam waktu 10 tahun, biaya pendidikannya akan menjadi sekitar Rp4 juta.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Biaya pendidikan juga termasuk biaya-biaya lainnya yang mendukung pendidikan. Misalnya pembelian buku penunjang, dan lain-lain.

Dengan mengetahui berapa kisaran biaya pendidikan yang dibutuhkan, maka Anda akan lebih mudah mengetahui berapa nominal yang harus Anda alokasikan setiap bulannya.

Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Dana Pendidikan Itu Penting, Tapi Jangan Boros Dengan 5 Hal Berikut Ya!]

 

#3 Evaluasi Anggaran Keuangan

Setelah mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan dan berapa biaya yang harus Anda alokasikan setiap bulan, selanjutnya Anda perlu membuat evaluasi anggaran keuangan.

Apakah uang yang Anda simpan setiap bulannya sudah sesuai dengan kebutuhan biaya pendidikan anak atau belum, dan lain sebagainya. Jika Anda khawatir, Anda juga bisa menggunakan asuransi pendidikan anak sebagai solusi.

Dengan adanya asuransi, Anda akan lebih disiplin dalam menyisihkan dana pendidikan anak.

Selain itu, asuransi juga akan memberikan perlindungan atas sesuatu yang tidak diinginkan. Sehingga, jika ada hal-hal di luar rencana, anak Anda tetap bisa melanjutkan pendidikan hingga selesai.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Cari Perusahaan Asuransi Terbaik Dan Terpercaya

Saat memilih asuransi pendidikan untuk anak, kredibilitas perusahaan asuransi juga harus Anda jadikan pertimbangan. Ada banyak perusahaan asuransi yang memiliki produk asuransi pendidikan anak.

Sebagai orang tua, Anda harus lebih selektif agar anak Anda bisa mendapatkan yang terbaik. Memilih asuransi secara asal dapat merugikan Anda secara materi dan menjadikan anak Anda gagal mendapatkan pendidikan yang terbaik.

Perhatikan bagaimana keuangan perusahaan asuransi tersebut dan bagaimana rekam jejak yang mereka miliki. Tanyakan juga bagaimana testimoni atau pengalaman orang lain yang pernah menjadi nasabah jasa asuransi tersebut.

Investasi Emas Untuk Dana Pendidikan Anak 04 Dana Pendidikan Anak 3 - Finansialku

[Baca Juga: Sambut Tahun Ajaran Baru! Ini Strategi Menyiapkan Dana Pendidikan Buah Hati]

 

#5 Pilih Produk Asuransi Sesuai Kemampuan Dan Kebutuhan

Perhatikan dengan baik bagaimana produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan jasa asuransi yang sudah Anda tandai. Apakah layanan yang mereka berikan sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Ada beberapa jenis asuransi yang bisa Anda pilih, misalnya unit link, asuransi dwiguna, atau asuransi berjangka. Cari tahu lebih dulu bagaimana masing-masing produk ini dan apa saja keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Kemudian, cari polis asuransi dengan premi yang terjangkau oleh kemampuan Anda. Jangan memaksakan diri mengambil premi di luar kemampuan Anda. Karena hal ini akan membuat kebutuhan Anda lainnya jadi tidak terpenuhi dan mengacaukan keuangan Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#6 Perhatikan Biaya Lainnya

Biasanya, suatu produk asuransi memiliki biaya-biaya lain yang dikenakan dalam asuransi tersebut. Perhatikan juga biaya-biaya ini sehingga anggaran Anda tidak terganggu.

Baca dan pelajari dengan seksama setiap hal mengenai asuransi yang Anda pilih. Termasuk keunggulan dan kelemahan dari produk asuransi tersebut.

Jika Anda merasa kurang cocok, jangan ragu untuk mencari produk layanan sejenis di perusahaan yang berbeda.

 

#7 Pahami Resiko Produk Asuransi

Setelah Anda memperhatikan biaya yang dikenakan pada Anda, cari tahu juga bagaimana resiko dari produk asuransi yang Anda pilih. Misalnya, jika Anda memilih asuransi dalam bentuk unit link.

Dikatakan bahwa unit link memiliki risiko yang cenderung lebih besar dibandingkan dengan jenis asuransi lain.

Unit link memiliki dua kantong, yaitu kantong proteksi dan kantong investasi. Sehingga, nilai unit link akan dipengaruhi oleh perkembangan pasar modal. Ketika pasar modal turun, maka nilai unit link juga akan turun, dan sebaliknya.

 

Mengetahui risiko ini akan membantu Anda memahami bagaimana cara kerja produk asuransi yang Anda pilih juga kemungkinan terburuk yang akan Anda dapatkan.

Meskipun, risiko tidak hanya berarti kerugian saja, tapi juga kemungkinan keuntungan yang Anda dapatkan.

Selain itu, mengetahui risiko juga membantu Anda memilih produk asuransi sesuai dengan profil Anda.

Jika Anda lebih menyukai sesuatu yang pasti, maka cobalah mencari asuransi yang memiliki resiko lebih kecil dan cenderung lebih pasti.

 

Itulah beberapa cara mencari asuransi pendidikan anak terbaik 2019. Dalam memilih asuransi pendidikan, Anda memang tidak bisa sembarangan.

Harus disiapkan dengan matang dan sabar dalam mencari produk investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tuliskan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah dan jangan lupa bagikan artikel ini pada orang di sekitar Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Agustus 2018. 7 Cara Jitu Memilih Asuransi Pendidikan Anak Secara Tepat. Matahidup.com – https://goo.gl/BzkQg9
  • Ajeng Quamila. Yang Harus Dipahami Sebelum Memilih Asuransi Pendidikan Anak. Hellosehat.com – https://goo.gl/XYK5N4

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Pendidikan 1 – https://goo.gl/uRJovv
  • Asuransi Pendidikan 2 – https://goo.gl/2xv4Ae

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment