Salah satu hal wajib bagi Anda yang memiliki anak yaitu menyediakan dana pendidikan. Apakah Anda tahu cara mendapatkan asuransi pendidikan terbaik 2019?

Artikel ini akan memberikan Anda cara untuk menyediakan dana pendidikan dengan maksimal melalui asuransi pendidikan dan cara untuk memilih asuransi pendidikan terbaik.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan anak adalah salah satu cara untuk menyediakan dana pendidikan untuk anak Anda.

Produk ini khusus diciptakan untuk memberikan perlindungan dana pendidikan bahkan ketika orang tua meninggal dunia atau cacat dan tidak dapat menanggung kebutuhan pendidikan anak.

Selain dana pendidikan anak terjamin, asuransi pendidikan juga memberikan manfaat lain yaitu memberikan keuntungan hasil investasi. Premi yang Anda setor akan diolah ke berbagai instrumen investasi oleh perusahaan asuransi.

Hasil investasi ini akan diberikan kepada nasabah sebagai keuntungan tambahan.

Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan 02 Asuransi Pendidikan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Pahami Dulu Cara Kerja Asuransi Pendidikan Sebelum Membeli]

 

Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan Terbaik

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk mendapatkan asuransi pendidikan terbaik. Pertimbangan ini harus Anda lakukan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk asuransi tertentu.

Kriteria Asuransi Pendidikan Terbaik 02 Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Pelajari Kriteria Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Buah Hati Anda]

 

#1 Susun Rencana Pendidikan Anak

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan asuransi terbaik adalah dengan menyusun rencana pendidikan anak.

Tanpa adanya rencana pendidikan yang jelas, Anda tidak akan tahu produk asuransi mana yang sesuai untuk Anda.

Rencana pendidikan ini akan berfungsi sebagai panduan dalam memilih asuransi. Di dalam rencana pendidikan terdapat berbagai faktor yang harus dipertimbangkan, sebagai berikut:

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jenjang Pendidikan

Setinggi apakah jenjang pendidikan yang tepat untuk anak Anda? Apakah hingga kuliah sarjana atau doktoral atau hanya sampai sekolah menengah saja?

 

Tujuan Pendidikan

Ke mana anak Anda akan bersekolah? Apakah anak akan menyambung pendidikan ke luar negeri? Susun daftar sekolah atau perguruan tinggi yang sesuai dengan anak Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Biaya Pendidikan

Berapa biaya pendidikan yang sesuai dengan kemampuan finansial Anda? Anda dapat melakukan riset biaya pendidikan dengan bertanya langsung kepada instansi pendidikan yang Anda inginkan.

Jangan lupa untuk menambah 10%-15% (kenaikan biaya pendidikan pada umumnya) untuk perhitungan biaya pendidikan di masa yang akan datang.

 

Minat dan Bakat Anak

Hal ini adalah salah satu faktor yang paling penting karena tanpa memperhatikan minat anak, manfaat dari pendidikan tersebut tidak akan diresap dengan baik.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#2 Sesuai Dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Ukur kemampuan finansial Anda, dan pilih produk asuransi yang sesuai dengan batas kemampuan Anda.

Jika Anda memilih produk yang melebihi kemampuan finansial Anda, biaya pendidikan anak akan terancam karena ketidaksanggupan Anda membayar premi asuransi.

Sebaliknya, apabila premi terlalu rendah, maka Anda akan menghilangkan kesempatan anak Anda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Selain kemampuan finansial, Anda pun harus memastikan bahwa produk asuransi sesuai dengan kebutuhan anak.

Jangan memaksakan kehendak Anda kepada anak. Ingatlah bahwa asuransi bertujuan untuk memberikan masa depan yang lebih baik untuk anak. Jika tidak sesuai dengan keinginan anak, maka usaha Anda akan sia-sia.

Untuk Pendidikan Anak Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Pendidikan Anak: Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas, Lebih Baik Mana?]

 

#3 Mendapatkan Fasilitas Tambahan

Salah satu fasilitas tambahan yang paling umum yang ditawarkan beserta asuransi pendidikan adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini berlaku untuk anak.

Jadi, jika terjadi sebuah peristiwa yang membutuhkan anak mendapatkan perawatan rumah sakit, biayanya akan terjamin oleh asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan ini harus menjadi asuransi tambahan bukan prioritas.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan bahwa fasilitas tambahan tersebut tidak memotong investasi pada pendidikan anak dan tidak terlalu menambah beban premi asuransi.

 

#4 Polis Fleksibel

Salah satu hal yang harus diperhatikan pada asuransi pendidikan adalah dana dari premi yang Anda setor tidak dapat ditarik sewaktu-waktu. Asuransi pendidikan adalah jenis asuransi jangka panjang.

Karena jangka waktunya yang lama, perubahan dapat terjadi sewaktu-waktu, oleh karena itu, Anda membutuhkan polis yang fleksibel.

Misalnya, Anda dapat meningkatkan investasi sewaktu-waktu yang sangat berguna jika Anda menerima pendapatan tambahan.

Anda pun dapat memilih polis yang memberikan pilihan pergantian mata uang, ke US dollar atau Euro jika tiba-tiba Anda memutuskan untuk menyekolahkan anak Anda ke luar negeri.

Sebenarnya, Asuransi Pendidikan Perlu Gak Sih untuk Si Buah Hati 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Perlu Paham Ini: Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan]

 

#5 Pilih Perusahaan Asuransi yang Terpercaya

Memilih perusahaan asuransi yang tepat sama pentingnya dengan memilih produk mana yang sesuai untuk anak Anda.

Jika diumpamakan seperti berlayar, perusahaan asuransi adalah kapal yang membawa anak Anda ke tempat yang akan dituju.

Setiap perusahaan asuransi pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Produk yang mereka tawarkan pun berbeda satu sama lainnya.

Untuk memilih perusahaan asuransi yang baik, pertama, Anda harus mengetahui keuangan mereka.

 

Data ini dapat dilihat melalui neraca keuangan pada situs resmi mereka serta aset, liabilitas dan kualitas sumber daya mereka. Sumber daya yang langsung berkomunikasi dengan Anda adalah agen asuransi.

Selanjutnya, Anda dapat mencari tahu track record klaim mereka. Apakah klaim dapat dengan mudah diajukan dan diterima? Track record ini dapat diketahui melalui informasi dari teman atau keluarga.

 

Tips Menggunakan Asuransi Pendidikan dengan Benar

Jika Anda telah berusaha untuk memilih asuransi yang paling baik untuk anak Anda, maka Anda pun harus memperhatikan hal di bawah ini agar dapat memaksimalkan asuransi tersebut.

 

#1 Mengenali Polis Dengan Detail

Mengetahui isi polis dengan baik dan mengenali produk Anda secara jelas adalah hal yang tidak boleh terlewatkan ketika Anda memiliki produk asuransi.

Dengan mengenal produk dengan jelas, Anda akan tahu perlindungan apa saja yang Anda dapatkan dan apakah Anda peru menambah perlindungan tertentu.

 

#2 Mengetahui Risiko yang Ada

Di dalam sebuah produk asuransi, pasti terdapat risiko yang akan Anda terima. Beberapa contohnya adalah klaim yang tidak diterima, peningkatan biaya premi, berhentinya agen asuransi dan lain sebagainya.

Untuk itu, jangan ragu untuk bertanya dan mengetahui dengan jelas bagaimana asuransi akan berjalan jika risiko terjadi.

Anda dapat bertanya dengan memberikan contoh kasus, seperti apa saja yang dapat membuat klaim Anda tidak lolos dan lain sebagainya.

Untung-Rugi-Asuransi-Pendidikan-01-Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Mari Kenali Untung Rugi Asuransi Pendidikan]

 

#3 Mengetahui Biaya yang Akan Dikenakan

Terdapat biaya lain yang harus Anda bayar ketika Anda memiliki produk asuransi atau melakukan klaim, misalnya biaya administrasi, biaya premi, denda keterlambatan, biaya investasi dan lainnya.

Mengetahui biaya ini dapat dijadikan sebagai antisipasi awal.

 

Mulai Asuransi Sejak Dini

Jika Anda memulai asuransi sejak dini, Anda akan membayar premi yang lebih murah. Selain itu, pendidikan anak Anda akan terlindungi sejak dini.

 

Tuliskan pertanyaan dan tanggapan Anda pada kolom yang sudah disediakan di bawah. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk mendapatkan asuransi pendidikan terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Merna Arini Nurizzati. 12 Juli 2018. 5 Asuransi Pendidikan Terbaik untuk Anak dan Tips Memilihnya!¬†Halomoney.co.id – https://goo.gl/FKQm75
  • Asome Mutiah. 24 November 2018. Asuransi Pendidikan Anak Terbaik 2019.¬†Monasterioelpaular.com – https://goo.gl/ctY7hU
  • Made Ari Yuliati. 6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak Yang Tepat.¬†Duniakaryawan.com – https://goo.gl/QdcRzu

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Pendidikan 1 – https://goo.gl/sogZRF
  • Asuransi Pendidikan 2 – https://goo.gl/RQ8284