Untuk pendidikan anak, lebih baik asuransi pendidikan atau investasi emas?

Sebuah modal yang dapat diberikan oleh seorang orangtua kepada anaknya adalah pendidikan. Untuk memberikan hak tersebut kepada anak, orangtua memiliki kewajiban untuk menyediakan dana pendidikan, baik melalui asuransi pendidikan atau investasi emas.

Artikel kali ini akan memberikan informasi mengenai kelebihan keduanya dan para pembaca dapat memilih, mana yang lebih sesuai dengan tujuan keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Kelebihan Asuransi Pendidikan untuk Dana Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan sebuah kombinasi antara produk asuransi jiwa dan tabungan, bahkan ada beberapa perusahaan yang menggabungkan asuransi kesehatan sekaligus.

Ini berarti asuransi pendidikan memberikan dua keuntungan, yaitu investasi dan perlindungan.

Asuransi pendidikan memiliki perjanjian yang telah disepakati di awal dan pemilik polis wajib membayar sejumlah premi untuk menerima manfaat dari asuransi pendidikan.

Asuransi pendidikan memiliki beberapa keuntungan dibandingkan investasi lain untuk biaya pendidikan anak.

Untuk Pendidikan Anak Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sebenarnya, Asuransi Pendidikan Perlu Gak Sih untuk Si Buah Hati?]

 

#1 Perlindungan yang Diberikan

Asuransi pendidikan memiliki kelebihan pada sistem perlindungan yang ditawarkan. Yang pertama adalah biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit pada saat dibutuhkan.

Ada beberapa asuransi pendidikan yang menawarkan fasilitas asuransi kesehatan pada anak yang tertanggung dan pemilik polis.

Tentu hal tersebut dapat berguna untuk melindungi finansial Anda pada saat terjadi musibah.

Selanjutnya adalah uang pertanggungan pada saat pemilik polis meninggal. Anak tetap membutuhkan pendidikan mereka, walaupun Anda telah meninggal.

Dengan asuransi pendidikan, biaya tersebut dapat diberikan karena adanya uang pertanggungan yang akan diberikan jika terjadi sebuah kecelakaan yang mengakibatkan Anda meninggal dunia.

Jika Anda berinvestasi emas, walaupun ada investasi dalam bentuk fisik, belum tentu anak Anda mengerti cara menjualnya kembali.

 

#2 Orangtua Turut Menyusun Rencana Pendidikan Anak

Dengan menyediakan dana pendidikan melalui asuransi, orangtua telah secara tidak langsung menyusun rencana pendidikan anak.

Pada asuransi pendidikan, pemilik polis diharuskan untuk memberikan estimasi perkiraan kebutuhan anak sesuai dengan jenjangnya dan jangka waktu yang diinginkan.

Memulai Tabungan Pendidikan Anak 05 Tabungan Pendidikan Anak 5 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Perlu Paham Ini: Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan]

 

Perkiraan kebutuhan ini dipengaruhi oleh banyak hal. Mulai dari di mana anak akan mengeyam pendidikan, hingga sampai jenjang apa anak akan bersekolah.

Dengan memilih asuransi pendidikan, orangtua juga telah turut andil menyiapkan rencana pendidikan anaknya.

 

#3 Memberikan Kebiasaan Keuangan yang Lebih Baik

Pemilik polis wajib membayar premi sesuai dengan periode yang telah ditentukan baik bulanan maupun tahunan. Keharusan ini dapat mengajarkan pengaturan keuangan yang lebih baik untuk sebuah keluarga.

Berbeda dengan investasi yang mana Anda harus sekaligus mengeluarkan sebuah dana untuk membeli emas.

Tanpa pengaturan keuangan yang benar, mungkin saja uang yang telah dikumpulkan habis untuk kebutuhan lainnya.

Parahnya, ada beberapa yang gagal menabung untuk membeli emas karena uang yang tidak pernah tersisa. Dengan keharusan ini, asuransi pendidikan memberikan kepastian untuk dana pendidikan anak.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Kelebihan Investasi Emas untuk Dana Pendidikan

Salah satu cara untuk menyediakan dana pendidikan yang juga dapat Anda lakukan adalah investasi emas. Berbeda dengan asuransi pendidikan, investasi emas masih dapat dibilang konvensional atau kuno.

Emas yang disarankan di sini bukanlah emas perhiasan atau emas campuran. Sebagai guna investasi, emas yang disarankan adalah logam mulia yang bersertifikasi.

Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang dapat dirasakan dengan memilih investasi emas untuk dana pendidikan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Nilainya Terus Berkembang

Emas merupakan investasi yang terus berkembang, memang bukan dari volumenya, tetapi dari nilainya.

Emas memiliki nilai yang berkembang seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi dan mengikuti harga pasar. Hal ini berbeda dengan uang pertanggungan oleh pihak asuransi.

Investasi-Emas-Bodong-02-Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Berinvestasi Emas, Ayo Kenali Dulu Karat Emas dan Alasan Investasi Emas]

 

Pada asuransi pendidikan, jumlah yang akan diterima oleh pihak tertanggung adalah jumlah yang telah disepakati di awal perjanjian dan sudah pasti.

Nominal tersebut tidak akan berkembang walaupun kondisi ekonomi sedang baik, padahal setiap bulannya Anda harus membayar premi.

Tentu dengan jumlah uang awal yang sama, seseorang pasti akan lebih memilih perkembangan uang yang lebih besar di 10 tahun mendatang. Oleh karena itu, banyak yang lebih memilih emas dibandingkan asuransi pendidikan.

 

#2 Emas Kebal Terhadap Inflasi

Tidak hanya harga barang kebutuhan yang akan mengalami inflasi 10 tahun ke depan, tetapi juga dana pendidikan.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan instrumen yang dapat membantu Anda menyediakan dana seiring dengan inflasi yang terus meningkat, salah satunya adalah emas.

Emas adalah investasi yang kebal terhadap inflasi karena nilainya terus meningkat seiring dengan harga pasar. Emas juga merupakan sebuah logam langka di mana harganya juga ditentukan oleh permintaan pasar.

Oleh karena itu, dengan investasi emas, Anda tidak perlu lagi khawatir dengan inflasi pada biaya pendidikan.

TTS-Istilah-Emas-2-Finansialku

[Baca Juga: Kenali Biaya Kuliah Tunggal (BKT) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Sebelum Merencanakan Dana Pendidikan]

 

#3 Emas adalah Investasi yang Sangat Likuid

Pada sistem asuransi pendidikan, dana akan dicairkan sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan.

Jika Anda ingin mencairkan dana lebih cepat dari waktu yang telah disepakati, terkadang dilarang (sesuai dengan kebijakan perusahaan asuransi) atau Anda harus membayar sejumlah denda.

Hal ini tidak berlaku pada investasi emas. Dengan memiliki emas, Anda dapat menjualnya kembali kapan saja Anda membutuhkannya. Baik itu pada saat anak Anda membutuhkan dana pendidikan atau pada saat darurat.

Dengan kemudahan akses untuk mendapatkan uang tunai, Anda tidak perlu menggerus tabungan yang mungkin telah disediakan untuk dana pendidikan. Selain itu, keuangan Anda pun dapat lebih terjaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

#4 Emas adalah Milik Pribadi

Salah satu kelebihan dari investasi emas adalah kepemilikannya yang merupakan milik pribadi. Berbeda dengan asuransi pendidikan yang mana kita mempercayakan uang kita untuk dikelola orang atau perusahaan lain, kita menyimpan dan mengelola emas kita sendiri.

Dengan ini, Anda tidak perlu takut bahwa ketika anak Anda membutuhkan dana pendidikan, uang tersebut tidak dapat diberikan atau disalahgunakan oleh pihak lain.

Yuk Simak Hal Penting Sebelum Investasi Emas Mahasiswa Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Para Orangtua, Mari Kenali Untung Rugi Asuransi Pendidikan]

 

#5 Ketentuan yang Mudah Dimengerti

Pada investasi emas, langkahnya sangat mudah, Anda menabung untuk membeli emas, kemudian menjualnya pada saat Anda membutuhkan dana pendidikan.

Sedangkan pada asuransi pendidikan, terdapat beberapa ketentuan dan batasan di dalam polis yang harus Anda patuhi dan mengerti. Ketentuan dan batasan ini sering menyulitkan pengajuan klaim sehingga kurang diminati.

 

Dana Pendidikan adalah Hal yang Penting

Baik asuransi pendidikan maupun investasi emas, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk dapat mencukupi kebutuhan dana pendidikan.

Jika memang Anda tidak dapat berinvestasi di salah satu dari keduanya, Anda tetap harus mempersiapkan dana pendidikan karena hal tersebut penting untuk memastikan bahwa anak Anda akan mendapatkan pendidikan yang layak.

 

Cara manakah yang Anda pilih untuk memastikan bahwa dana pendidikan anak tercukupkan? Investasi emas atau asuransi pendidikan?

Bagikan artikel ini kepada para orangtua lainnya dan bagi yang memiliki pengalaman dan pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Pendidikan Anak: Ikut Asuransi Atau Investasi Lewat Emas? Carajadikaya.com – https://goo.gl/3yiMXH
  • Sonny B Sofjan. 7 Februari 2011. Beli Emas Lebih Baik daripada Asuransi Pendidikan. Id.Beritasatu.com – https://goo.gl/5ct7QL

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas 01 – https://goo.gl/LckyUY
  • Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas 02 – https://goo.gl/TG9sUy

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

Summary
Untuk Pendidikan Anak: Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas, Lebih Baik Mana?
Article Name
Untuk Pendidikan Anak: Asuransi Pendidikan vs Investasi Emas, Lebih Baik Mana?
Description
Untuk pendidikan anak, lebih baik asuransi pendidikan atau investasi emas? Sebuah modal yang dapat diberikan oleh seorang orangtua
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo