Kapan waktu yang tepat memulai asuransi pendidikan anak?

Merencanakan dan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak adalah hal yang penting dilakukan setiap orangtua.

Artikel ini akan membahas faktor-faktor di balik pertimbangan asuransi pendidikan dan waktu yang tepat untuk memulai asuransi pendidikan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Asuransi Pendidikan

Banyak faktor yang menyebabkan kenaikan biaya pendidikan, mulai dari inflasi hingga faktor ekonomi lainnya.

Kenaikan harga ini dapat menjadi beban finansial bagi orangtua. Oleh karena itu, perencanaan biaya pendidikan sangat penting bagi orangtua agar dapat mencukupi pendidikan anak.

Salah satu produk yang dapat membantu ketersediaan dana pendidikan adalah asuransi pendidikan.

Berbeda dengan tabungan pendidikan, asuransi pendidikan merupakan produk dari perusahaan asuransi yang memiliki gabungan antara tabungan dengan asuransi. Asuransi pendidikan sendiri dibagi menjadi 2 jenis.

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

 

Jenis Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan dapat dibagi menjadi 2 jenis, konvensional dan berbasis unitlink.

Asuransi pendidikan konvensional adalah asuransi jiwa dwiguna (endowment) yang menggabungkan tabungan dengan proteksi. Sebagai pemilik polis, Anda dapat memilih untuk menjadi bagian dari proteksi atau tidak.

Jika ya, maka Anda memiliki sebagian hak perlindungan dan jika tidak, maka uang pertanggungan yang dikumpulkan menjadi hak penerima (anak Anda).

Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Manfaat Asuransi Pendidikan Anak yang Menguntungkan Bagi Nasabah]

 

Jenis kedua adalah asuransi pendidikan anak unitlink. Untuk asuransi pendidikan anak unitlink dibagi lagi menjadi 2, yaitu:

  1. Dana pertanggungan diberikan dari hasil performa bisnis perusahaan asuransi melalui investasi. Ini berarti tidak ada jaminan bahwa hasil investasi akan positif.
  2. Jika terjadi musibah yang menimpa pemilik polis (orangtua), maka ahli waris akan mendapatkan uang pertanggungan ditambah dengan hasil investasi dan dana pendidikan yang akan diberikan sesuai dengan tingkatan pendidikan.

 

Ada beberapa produk asuransi pendidikan unitlink yang memberikan keleluasaan untuk klien untuk dapat meningkatkan premi yang dibayar dengan tujuan investasi.

Sebagai pemilik polis, Anda pun berhak memilih kemana Anda ingin investasi dilakukan.

Untuk tingkat premi asuransi pendidikan konvensional dan asuransi pendidikan unitlink tentu berbeda.

Pada umumnya, asuransi pendidikan unitlink memiliki premi yang lebih tinggi. Setelah Anda mengetahui pengertian asuransi pendidikan, kemudian Anda harus mengetahui saat yang tepat memulai asuransi pendidikan.

 

Kapan Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan?

Memulai asuransi pendidikan membutuhkan waktu yang tepat. Jika memiliki asuransi pendidikan terlalu cepat, memang premi lebih murah, tetapi belum tentu menguntungkan karena Anda dapat menggunakan dana tersebut untuk investasi dengan return yang lebih tinggi.

Jika jaraknya terlalu dekat, maka Anda harus membayar premi yang terlalu mahal. Oleh karena itu, patut dimengerti bahwa waktu yang tepat untuk memulai asuransi pendidikan dapat dipengaruhi banyak faktor.

Quiz Kini Saatnya Anda Mengetahui Tentang Pinjaman Pendidikan (Student Loan) 01 Siswa Sekolah - Finansialku

[Baca Juga: 2 Jenis Asuransi Pendidikan: Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential]

 

Untuk memudahkan ilustrasi, mari kita anggap penggunaan asuransi untuk pendanaan biaya kuliah dan berikut adalah beberapa faktor tersebut.

 

Berapa Jumlah Biaya yang Dibutuhkan?

Uang pertanggungan adalah salah satu faktor utama di dalam asuransi pendidikan.

Untuk mengetahui jumlah biaya yang Anda harapkan, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal, contohnya:

  • Lokasi atau tempat: Di dalam atau di luar negeri. Jika di luar negeri, di mana dan berapa rata-rata biaya hidup di tempat tersebut?
  • Tingkat pendidikan: Diploma, sarjana atau master?
  • Pilihan universitas: Universitas bergengsi biasanya membutuhkan biaya lebih tinggi
  • Jurusan: Terdapat beberapa jurusan yang membutuhkan biaya lebih mahal, seperti kedokteran atau jurusan teknik.
  • Lama pendidikan

 

Jumlah dana pendidikan yang dibutuhkan tidak lepas dari pengaruh kondisi ekonomi Anda saat ini.

Untuk itu, Anda pun harus mengecek kondisi finansial Anda. Apakah Anda memiliki ekstra dana yang dapat dialokasikan untuk asuransi pendidikan? Sudahkah Anda menerapkan kebiasaan keuangan yang baik?

Anda bisa menghitung jumlah uang pertanggungan yang Anda perlukan dengan menggunakan Aplikasi Finansialku. Jika Anda pengguna baru, Anda bisa download aplikasinya di Google Play Store atau daftar di Aplikasi.Finansialku.com.

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Setelah Anda mengetahui jumlah dana yang Anda butuhkan dan situasi ekonomi Anda yang sekarang, maka selanjutnya Anda dapat mencari produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak dan kemampuan finansial Anda.

 

Berapa Jauh Anda akan Membutuhkan Dana Tersebut?

Jangka waktu dapat memengaruhi saat yang tepat Anda membutuhkan asuransi pendidikan.

Jika Anda ingin menyediakan dana untuk kuliah anak, dan anak Anda masih berusia 5 tahun, maka Anda masih memiliki waktu 13 tahun. Anda harus mengetahui jangka waktu ini untuk mempertimbangkan premi yang harus Anda bayarkan.

 

Apakah Anda Telah Terlindungi?

Mungkin Anda bertanya mengapa perlindungan Anda memengaruhi kapan seharusnya Anda memiliki asuransi pendidikan. Jawabannya adalah karena Anda merupakan sumber pemasukan untuk pembiayaan dana pendidikan.

Jika sebuah musibah terjadi pada Anda, sudahkah Anda memiliki perlindungan yang dapat berfungsi sebagai proteksi keuangan?

Apakah Anda dapat memastikan bahwa anak Anda akan mendapatkan perlindungan atas dana pendidikan mereka?

Jika Anda belum memiliki asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, maka asuransi pendidikan dapat menjadi paket yang tepat untuk Anda. Semakin dini Anda memulai, semakin cepat pula Anda akan terlindungi.

Asuransi Pendidikan atau Reksadana 07 Asuransi Pendidikan 7 - Finansialku

[Baca Juga: Baca Informasi Ini Sebelum Beli Asuransi Pendidikan Anak]

 

Setelah Anda memikirkan beberapa faktor di atas, kemudian, Anda dapat memberikan data tersebut kepada agen asuransi. Dari sini, agen asuransi akan memberikan ilustrasi pembayaran premi dengan uang pertanggungan yang Anda butuhkan serta jangka waktu yang Anda miliki.

Anda dapat menanyakan ilustrasi dengan jangka waktu yang lebih singkat, uang pertanggungan yang lebih tinggi, atau premi yang lebih murah.

Kemudian, dari beberapa ilustrasi tersebut, Anda dapat memilih 1 yang paling sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

Dengan cara ini, Anda akan mengetahui dengan jelas kapan seharusnya Anda memulai asuransi pendidikan beserta biaya dan uang pertanggungan yang Anda dapatkan.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak

Setelah Anda mengetahui faktor yang memengaruhi waktu yang tepat untuk memulai asuransi pendidikan, selanjutnya Anda harus mengetahui cara mendapatkan asuransi pendidikan yang paling baik.

Sebenarnya, Asuransi Pendidikan Perlu Gak Sih untuk Si Buah Hati 01 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Cara Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat!]

 

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Perbanyak informasi. Informasi merupakan kunci Anda dapat memaksimalkan keuntungan asuransi. Jangan malas berkonsultasi dengan agen atau membaca polis.
  • Sesuaikan premi dengan kemampuan. Banyak orangtua yang terlalu memaksakan premi tinggi agar anak dapat bersekolah/berkuliah di tempat bergengsi. Padahal seharusnya premi disesuaikan dengan kemampuan agar kondisi keuangan Anda dapat terjaga.
  • Jangan memilih asuransi hanya karena janji. Perhatikan biaya dan ketentuan serta fasilitas yang diperoleh di balik produk asuransi agar Anda dapat terhindar dari asuransi pendidikan yang menipu.

 

Pilih Masa Depan Anak yang Terbaik

Masa depan anak Anda akan bergantung pada pendidikan yang akan mereka tempuh. Keputusan tersebut berada di tangan Anda.

Oleh karena itu, pertimbangkan beberapa faktor di atas agar dapat memperoleh asuransi pendidikan yang terbaik.

 

Apakah Anda memiliki asuransi pendidikan untuk anak? Berapa premi yang Anda bayar serta kapan Anda memulai asuransi tersebut?

Berikan komentar Anda di kolom di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Selamat membaca!

 

Sumber Referensi:

  • Reny Widya Astari. 21 Desember 2015. Kapankah Waktu yang Tepat Mengajukan Asuransi Pendidikan? Kreditgogo.com – https://goo.gl/bDhGSb

 

Sumber Gambar:

  • Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan – https://goo.gl/zaAGUH
  • Memulai Asuransi Pendidikan – https://goo.gl/izWPA9
Summary
Anda Perlu Paham Ini: Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan
Article Name
Anda Perlu Paham Ini: Waktu yang Tepat Memulai Asuransi Pendidikan
Description
Kapan waktu yang tepat memulai asuransi pendidikan anak? Merencanakan dan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak adalah hal yang penting.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo