2 Jenis Asuransi Pendidikan: Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential

Studi kasus asuransi Manulife dan asuransi Prudential. Banyaknya produk asuransi pendidikan unitlink yang ditawarkan di masyarakat. Hal ini membuat persepsi masyarakat tentang asuransi pendidikan adalah sama dengan asuransi unitlink. Padahal Sebenarnya terdapat 2 jenis asuransi pendidikan yang dapat diambil oleh masyarakat, yaitu asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pendidikan unitlink. Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kita akan melakukan studi kasus antara asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi pendidikan unitlink secara benar.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

2 Jenis Asuransi Pendidikan: Endowment dan Unitlink

Ada dua jenis asuransi pendidikan, asuransi pendidikan yang pertama adalah asuransi pendidikan dwiguna (endowment). Asuransi pendidikan dwiguna termasuk salah satu jenis asuransi jiwa tradisional, artinya memang asuransi ini sudah ada terlebih dahulu sebelum asuransi jiwa unitlink.

Asuransi pendidikan dwiguna adalah asuransi jiwa yang memberikan perlindungan atau proteksi serta terdapat tabungan di dalamnya. Asuransi jiwa yang terdapat dalam asuransi pendidikan dwiguna akan memberikan perlindungan berupa uang pertanggungan apabila tertanggung (biasanya pencari nafkah) sampai meninggal dunia atau cacat tetap total dalam masa pertanggungan asuransi. Lalu manfaat tabungan yang terdapat di dalam asuransi pendidikan dwiguna ini bersifat seperti tabungan berjangka yang memiliki nilai pasti dan dijamin pada saat pencairannya. Jadi jumlah uang yang akan dicairkan dalam jangka waktu tertentu sudah pasti sesuai dengan kontrak yang tertulis.

2 Jenis Asuransi Pendidikan Studi Kasus Asuransi Manulife dan Asuransi Prudential 02 - Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan dan Tabungan Pendidikan, Apa Bedanya?]

 

Asuransi pendidikan yang kedua adalah asuransi pendidikan unitlink. Asuransi pendidikan unitlink adalah termasuk asuransi non tradisional. Asuransi pendidikan unitlink adalah asuransi jiwa yang terdapat unsur investasi di dalamnya. Asuransi jiwa yang terdapat dalam asuransi pendidikan unitlink memiliki manfaat yang sama seperti asuransi pendidikan dwiguna yaitu untuk memberikan perlindungan. Tetapi unsur investasi yang ada di asuransi pendidikan unitlink berbeda dengan tabungan yang ada di asuransi pendidikan dwiguna.

Investasi yang terdapat dalam asuransi pendidikan unitlink nilai investasinya tidak dijamin, bisa lebih besar, bisa juga lebih kecil. Jadi, apabila hasil tersebut tidak berkembang dengan baik, maka uang investasinya bisa saja tidak sesuai dengan perencanaan pendidikan yang kita inginkan. Dan terdapat biaya-biaya yang mungkin saja dapat mengurangi investasi yang ada di asuransi pendidikan unitlink tersebut.

Itu adalah dua jenis asuransi pendidikan yang ada secara umum. Kita akan membahas lebih lanjut kedua jenis asuransi pendidikan ini dengan menggunakan contoh. Asuransi pendidikan dwiguna yang ada akan menggunakan contoh produk dari perusahaan Asuransi Manulife dan asuransi pendidikan unitlink akan menggunakan contoh produk dari perusahaan Asuransi Prudential.

 

Asuransi Manulife Endowment

Salah satu produk asuransi pendidikan dwiguna dari Manulife adalah ProGraduate (PG). ProGraduate adalah suatu program asuransi yang dikhususkan untuk membantu para orangtua dalam mempersiapkan dana pendidikan bagi si buah hati sejak masuk Perguruan Tinggi sampai anak Anda berusia 23 tahun. Manfaat pembayaran tunai sebagai dana pendidikan totalnya sebesar 250% dari uang pertanggungan, dan masa pembayaran premi yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak Anda maupun kondisi keuangan Anda yaitu 5 tahun, 10 tahun dan 15 tahun.

Pahami Risiko Asuransi Pendidikan Anak Plus Investasi yang Tidak Diberitahu oleh Agen Penjual 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Risiko Asuransi Pendidikan Anak Plus Investasi yang Tidak Diberitahu oleh Agen Penjual]

 

Manfaat pertanggungan utama dari asuransi dwiguna ProGraduate adalah:

  1. Manfaat Pembayaran Tunai, yaitu manfaat dana pendidikan yang diberikan sebagai manfaat pembayaran tunai sebesar 250% (dua ratus lima puluh persen) dari uang pertanggungan, yang diberikan sesuai dengan jadwal masing-masing pada usia 18-23 tahun.
  2. Manfaat Meninggal
    • Manfaat yang didapatkan jika tertanggung meninggal dunia dalam masa pertanggungan, yaitu sebesar 150% dari uang pertanggungan atau Rp300.000.000 atau pembebasan pembayaran premi selanjutnya.
    • Manfaat tambahan apabila tertanggung meninggal akibat kecelakaan sebagai berikut:
      • Tambahan 50% uang pertanggungan yang diberikan kepada Yang Ditunjuk apabila uang pertanggungan < Rp200.000.000; atau
      • Tambahan Rp100.000.000 yang diberikan kepada Yang Ditunjuk apabila uang pertanggungan ≥ Rp200.000.000.

 

Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Anak Kembar, Bagaimana Perencanaan Dana Pendidikannya?]

 

Sedangkan manfaat pertanggungan tambahan dari ProGraduate yang dapat dipilih adalah:

  1. Accidental Death and Disability Benefit (ADDB), yaitu pertanggungan tambahan yang memberikan manfaat meninggal dan manfaat cacat total tetap atau sebagian atas diri tertanggung yang diakibatkan oleh kecelakaan.
  2. Waiver of Premium (WP), yaitu pertanggungan tambahan yang memberikan manfaat pembebasan premi hingga tertanggung mencapai usia 60 tahun atau sampai dengan akhir masa pembayaran asuransi, mana yang lebih dahulu terjadi, apabila terjadi cacat total tetap atas diri tertanggung yang disebabkan oleh penyakit atau kecelakaan.
  3. Hospital Benefit Plus (HB Plus), yaitu pertanggungan tambahan yang memberikan manfaat penggantian biaya perawatan rumah sakit atas dirawatnya tertanggung karena penyakit atau kecelakaan.
  4. Health Safe, yaitu pertanggungan tambahan yang memberikan manfaat penggantian biaya perawatan rumah sakit atas dirawatnya tertanggung karena penyakit atau kecelakaan, yang dilengkapi dengan fasilitas cashless sehingga mempermudah proses perawatan di rumah sakit tanpa perlu melakukan pembayaran tunai.

 

Premi yang dibayarkan oleh nasabah sudah termasuk biaya administrasi, biaya asuransi, komisi bank dan biaya pemasaran (bila ada). Untuk mendapatkan informasi manfaat produk dengan lebih jelas, Anda dapat melihat disini.

Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Asuransi pendidikan dwiguna ProGraduate selain memberikan jaminan perlindungan akan risiko-risiko yang dapat terjadi, asuransi ini juga memberikan kepastian dana tunai yang diberikan sesuai jadwal pada usia 18 tahun sampai 23 tahun. Karena kepastian tabungan atau dana pendidikan inilah, asuransi ini tergolong asuransi dwiguna.

 

Asuransi Prudential Unitlink

Salah satu produk asuransi pendidikan unitlink yang saya ambil dari Prudential adalah Prulink Edu Protection. Prulink Edu Protection merupakan paket produk Asuransi Jiwa yang dikaitkan dengan investasi (unitlink) dari PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Premi yang Anda bayarkan memberikan manfaat perlindungan (proteksi) dan manfaat investasi dalam bentuk nilai tunai.

Paket produk Prulink Edu Protection akan memberikan manfaat perlindungan untuk orangtua dan anak sekaligus dalam satu polis yang komprehensif, manfaat uang bulanan sampai anak Anda berusia 18 atau 25 tahun dan dapat memberikan potensi keuntungan dari hasil investasi yang ada. Hasil investasinya disebut potensi karena ada kemungkinan naik ataupun turun, dan hasil investasi ini tidak dijamin.

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-2-finansialku

[Baca Juga: Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan, untuk Biaya Pendidikan Anak?]

 

Manfaat pertanggungan utama dari Prulink Edu Protection adalah:

  1. Prulink Assurance Account (PAA) atau manfaat meninggal, yaitu manfaat uang pertanggungan yang didapat apabila tertanggung utama (sang anak) meninggal dunia atau mengalami cacat tetap total selama masa pertanggungan asuransi.
  2. Pru Saver, yaitu manfaat investasi yang hasilnya memiliki potensi keuntungan, bisa bertambah, bisa juga berkurang.
  3. Pru Parent Payor 33, yaitu manfaat pembebasan premi dan pembayaran premi berkala setiap bulannya akan dilanjutkan oleh pihak perusahaan Prudential sampai berakhirnya masa pertanggungan, apabila orangtua dari tertanggung utama (ayah dan/atau ibu) menderita salah satu dari 33 kondisi kritis (memenuhi kriteria tabel pertanggungan kondisi kritis pada polis), atau mengalami cacat tetap total atau meninggal dunia.
  4. Pru Edu Protection, yaitu manfaat pembiayaan bulanan yang akan diberikan kepada tertanggung utama sampai dengan usia tertanggung utama 18 tahun atau 25 tahun (sesuai dengan kesepakatan di dalam polis), apabila orangtua dari tertanggung utama (ayah dan/atau ibu) menderita salah satu dari 33 kondisi kritis (memenuhi kriteria tabel pertanggungan kondisi kritis pada polis), atau mengalami cacat tetap total atau meninggal dunia.

 

Untuk mengimbangi kenaikan inflasi tiap tahun, manfaat bulanan akan meningkat setiap 3 tahun sekali sebesar 15% dari manfaat bulanan di awal masa pertanggungan asuransi tambahan ini, dimana pembayaran akan diberikan jika Tertanggung Tambahan mengalami risiko seperti yang telah disebutkan sebelumnya

Asuransi Pendidikan, Apakah Solusi untuk Menyiapkan Biaya Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Asuransi Pendidikan, Apakah Solusi untuk Menyiapkan Biaya Pendidikan]

 

Sedangkan manfaat pertanggungan tambahan dari Prulink Edu Protection yang dapat dipilih adalah:

  1. Prulink Term, yaitu pertanggungan tambahan yang memberikan manfaat kepada tertanggung utama apabila orangtua (tertanggung tambahan) meninggal dunia sebelum berakhirnya masa asuransi prulink term
  2. Pru Personal Accident Death and Disablement Plus (PADD plus), yaitu pertanggungan tambahan yang memberikan manfaat uang pertanggungan apabila tertanggung utama (sang anak) meninggal dunia karena kecelakaan, menjalani rawat jalan darurat (hanya untuk kecelakaan), mengalami luka bakar, patah tulang kompleks dan cacat tetap.

 

Untuk mendapatkan informasi manfaat produk dengan lebih jelas, Anda dapat melihat disini.

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-1-finansialku

[Baca Juga: Mengenal Asuransi Haji Untuk Perlindungan Diri Saat Naik Haji]

 

Asuransi pendidikan dwiguna ProGraduate, selain memberikan jaminan perlindungan akan risiko-risiko yang dapat terjadi, asuransi ini juga memberikan kepastian dana tunai yang diberikan sesuai jadwal pada usia 18 tahun sampai 23 tahun. Karena kepastian tabungan atau dana pendidikan inilah, asuransi ini tergolong asuransi dwiguna.

Asuransi pendidikan Prulink Edu Protection adalah salah satu asuransi unitlink yang terdapat unsur proteksi dan unsur investasinya. Dalam hal perlindungan asuransi, unitlink sama seperti asuransi-asuransi lainnya, bahkan kelebihannya adalah kita dapat memilih secara fleksibel perlindungan yang kita inginkan.

Tetapi investasi atau nilai tunai yang akan digunakan sebagai dana pendidikan anak, tidaklah dijamin atau bisa saja dana tersebut tidak tersedia pada saat dibutuhkan oleh karena hasilnya sedang tidak baik. Oleh karena itu, biasanya asuransi pendidikan unitlink lebih digunakan untuk melindungi dana pendidikan yang sudah dipersiapkan daripada untuk mempersiapkan dana pendidikan itu sendiri.

 

Disclaimer: Penyebutan merek atau produk pada artikel ini, tidak bermaksud sebagai bahan promosi atau nasihat keuangan (financial advice). Penyebutan merek atau produk bertujuan untuk sarana edukasi dan pendidikan. Untuk informasi mengenai produk, Anda dapat menghubungi kantor perusahaan asuransi masing-masing atau agen perusahaan.

 

Pilih Sesuai dengan Kebutuhan dan Manfaat

Baik asuransi pendidikan dwiguna maupun asuransi pendidikan unitlink memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mempersiapkan dana pendidikan anak Anda. Jangan pernah membeli produk asuransi yang tidak sesuai dengan kebutuhan Anda apalagi jika Anda tidak mengetahui apa manfaatnya untuk Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih mengenal jenis-jenis produk asuransi pendidikan.

 

Bagikan pengalaman dan tanggapan Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Mahasiswa – https://goo.gl/H5eWWt dan https://goo.gl/BtIvAj

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment