Pilih Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan, untuk Biaya Pendidikan Anak ?

Untuk membiayai pendidikan anak, lebih baik tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan? Sekilas keduanya sama, tetapi sebenarnya berbeda jauh. Anda sebagai orang tua harus bijak dalam menyiapkan biaya pendidikan anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Biaya Pendidikan Anak, Pilih : Tabungan Pendidikan atau Asuransi Pendidikan?

Banyak orang tua yang mungkin menanggap tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan adalah produk keuangan yang penting. Apakah Anda juga memiliki anggapan yang sama? Jika ya, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan memberikan solusi untuk biaya pendidikan anak?

pilih-tabungan-pendidikan-atau-asuransi-pendidikan-untuk-biaya-pendidikan-anak-2-finansialku

[Baca Juga : Jangan Terlambat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak]

 

Pendidikan adalah hal yang paling penting untuk masa depan buah hati tercinta, oleh sebab itu Anda harus memprioritaskannya. Orang tua wajib memberikan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa biaya pendidikan tidak murah. Jangan sampai Anda mengajukan utang untuk membiayai pendidikan anak. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah segera membuat rencana dana pendidikan anak (education plan). Silakan daftar dan gunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu Anda membuat rencana pendidikan anak. Lihat contoh perhitungan perencanaan dana pendidikan anak.

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Setelah Menyiapkan Rencana Pendidikan Anak

Setelah Anda mengetahui kebutuhan biaya pendidikan anak, langkah selanjutnya adalah persiapakan strategi untuk investasinya. Dua jenis produk yang paling sering ditawarkan oleh bank atau perusahaan asuransi adalah : tabungan pendidikan dan asuransi pendidikan (tradisional maupun unit link). Dalam artikel kali ini Finansialku.com akan memperkenalkan kepada Anda mengenai produk tabungan pendidikan anak dan asuransi pendidikan.

Kesimpulan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, berada di tangan Anda. Yuk kita kenali lebih dalam kedua produk ini.

 

Tabungan Pendidikan Anak

Tabungan pendidikan adalah produk keuangan yang dikeluarkan oleh bank, untuk membantu orang tua menyiapkan biaya pendidikan anak. Skema yang sering ditawarkan adalah:

  1. Anda para orang tua diminta menabung secara rutin (beberapa bank bisa mulai dari Rp 100 ribu) sesuai dengan pilihan jumlah dan periode waktu tertentu.
  2. Tabungan tersebut akan di-lock (dikunci oleh bank) dan akan dicairkan pada periode tertentu. Biasanya periode pencairan disesuaikan dengan waktu anak masuk sekolah.
  3. Bunga yang ditawarkan lebih tinggi dari bunga tabungan biasa. Umumnya bunga tabungan pendidikan bersaing dengan bunga deposito. Hati-hati saat menghitung bunga tabungan pendidikan, karena dikenai pajak final atas bunga sebesar 20%.

Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan]

 

Kelebihan Produk Tabungan Pendidikan Anak

Produk tabungan pendidikan anak sangat populer dikalangan ibu rumah tangga, karena tabungan dianggap aman. Banyak orang tua zaman sekarang yang meminta nasehat keuangan pada ibunya. Pada zaman dahulu ibu-ibu menggunakan tabungan pendidikan anak, untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak.  Penjelasan bahwa bunga tinggi, seperti bunga deposito.

 

Kelemahan Produk Tabungan Pendidikan Anak

Permasalahan utama dari produk tabungan pendidikan anak adalah bunga yang ditawarkan tidak setinggi dengan kenaikan biaya pendidikan anak. Apakah Anda tahu berapa kenaikan biaya pendidikan setiap tahunnya? Setidaknya kenaikan biaya pendidikan anak mencapai lebih dari 10% per tahun. Sedangkan tabungan pendidikan anak menawarkan bunga 5% – 6% per tahun (sebelum pajak).

 

Asuransi Pendidikan Anak

Asuransi pendidikan anak ada dua jenis yaitu : asuransi pendidikan anak dwiguna (endowment) dan asuransi pendidikan anak unitlink. Keduanya serupa tetapi tidak sama, khususnya dalam bunga atau hasil investasi. Baik asuransi pendidikan anak jenis endowment dan unitlink berfungsi sebagai pemberian proteksi jiwa kepada tulang punggung keluarga. Seharusnya orang tua yang membeli asuransi pendidikan anak, memiliki pemikiran :

Jika terjadi sesuatu dengan saya (sebagai tulang punggung keluarga), anak-anak tetap bisa sekolah dan lulus kuliah.

 

Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan itu Berbeda - Perencanaan Dana Pendidikan Anak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Asuransi Pendidikan Anak, Apa Manfaatnya dan Berapa Biayanya]

 

Perbedaan asuransi pendidikan endowment dan asuransi pendidikan unitlink adalah:

  • Asuransi pendidikan endowment gabungan asuransi jiwa tradisional ditambah dengan tabungan (deposito).
  • Asuransi pendidikan unitlink gabungan asuransi jiwa tradisional ditambah dengan investasi (mirip dengan reksa dana).

 

Kelebihan Produk Asuransi Penddikan Anak

Jika saat ini Anda sebagai tulang punggung keluarga belum memiliki asuransi jiwa, ada baiknya pertimbangkan asuransi pendidikan anak. Anda dapat membeli satu produk yang memiliki dua fungsi. Anda harus memastikan uang pertanggungan (UP) asuransi jiwa dapat membiayai pendidikan anak sampai lulus kuliah.

 

Kelemahan Produk Asuransi Pendidikan Anak

Banyak orang tua yang kurang memahami asuransi pendidikan anak, sehingga salah menentukan nama tertanggung dan penanggung. Selain itu hasil investasi di asuransi pendidikan anak, tidak dijamin. Hasil investasi pada produk pendidikan anak mengikuti kinerja investasi (bisa naik, bisa turun dan bisa tetap). Jadi bisa saja, tiba saatnya anak masuk sekolah uang hasil investasi masih kurang mencukupi.

 

Jadi Lebih Baik Asuransi Pendidikan Anak atau Tabungan Pendidikan Anak?

Jawabannya tergantung dengan kondisi keuangan Anda, kebutuhan Anda dan kemampuan finansial Anda. Satu hal yang perlu kami pertegas, tidak ada satu buah produk keuangan yang paling bagus dan paling hebat. Masing-masing produk keuangan, baik asuransi pendidikan maupun tabungan pendidikan memiliki plus minusnya. Jadi sesuaikan produknya dengan kebutuhan Anda.

 

Apakah Anda mengalami kesulitan dalam menentukan asuransi pendidikan anak atau tabungan pendidikan anak? Silakan tulis pertanyaan Anda di kolom komentar dan perencana keuangan kami akan membantu menjawab.

 

Sumber Gambar :

  • Education Plan – https://goo.gl/CjBa74 dan https://goo.gl/yVFr38

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By | 2016-12-13T12:44:37+00:00 December 13th, 2016|Categories: Asuransi Pendidikan, Dana Pendidikan, Tujuan Keuangan|Tags: , |2 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

2 Comments

  1. Mega Astuty 21 October 2017 at 06:13 - Reply

    Saya ingin berkonsultasi, lebih baik tabungan atau asuransi pendidikan untuk adik saya yang ingin kuliah tiga tahun lagi. Yang sesuai dengan keuangan saya. Terima kasih

    • Finansialku
      Finansialku 8 November 2017 at 12:18 - Reply

      Hi Bu Mega
      Terima kasih telah menghubungi Finansialku.com
      Menjawab pertanyaan Anda:
      Untuk menjawab pertanyaan Ibu, kami sarankan Ibu tanya secara personal (melalui Aplikasi Finansialku, fitur tanya jawab).
      Semoga jawaban kami dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download