Jangan Terlambat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Kapan waktu yang tepat untuk orang tua mulai menyiapkan dana pendidikan anak? Kali ini perencana keuangan independen Finansialku akan membahas waktu yang tepat untuk menyiapkan dana pendidikan anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Waktu yang Tepat untuk Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

Tentunya Anda setuju kan, jika orang tua harus berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak? Pendidikan adalah hal yang paling penting bagi seseorang, agar dapat hidup lebih baik.

Jangan Terlambat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pendidikan adalah Bekal Terbaik untuk Masa Depan Anak]

 

Tantangan yang dihadapi oleh orang tua adalah mahalnya biaya pendidikan di Indonesia. Saat ini biaya masuk SD bisa mencapai lebih dari Rp 5 juta dan uang sekolah SD bisa mencapai Rp 400.000 – Rp 500.000. Banyak masyarakat Indonesia yang kurang mampu, mengalami kesulitan untuk mengakses pendidikan, karena biaya yang mahal. Untungnya pemerintah tanggap dan memberikan bantuan dengan dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah).

 

Menurut Anda, kira-kira kapan waktu yang tepat untuk mulai menyiapkan dana pendidikan anak? Apakah saat anak mau masuk sekolah? Apakah saat Anak masih bayi? atau Apakah saat berencana memiliki anak?

[Baca Juga: Masih Zaman, Banyak Anak Banyak Rezeki?]

 

Menurut kami, setiap orang tua perlu mempertimbangkan jumlah anak dan biaya pendidikan anak. Jika memang orang tua merasa mampu, maka tidak masalah memiliki 3 orang anak atau lebih. Jika orang tua masih merasa ragu, saran kami 1 atau 2 anak. Tidak ada salahnya kita dukung program keluarga berencana (KB) yang dicanangkan oleh pemerintah.

Sebagai perencana keuangan, kami sempat bertemu dengan beberapa orang klien yang mengaku berat memenuhi kebutuhan dana pendidikan anak. Coba Anda bayangkan berapa dana pendidikan yang dibutuhkan oleh seorang anak, mulai dari masuk TK, uang masuk sekolah, uang sekolah bulanan, biaya kursus atau les, uang kuliah dan lain sebagainya.

Jika Orang Tua Berencana Memiliki Anak, Maka

Menjawab pertanyaan di atas: Kapan waktu yang tepat untuk menyiapkan biaya pendidikan anak? Jawaban yang paling tepat adalah saat berencana memiliki anak. Sebagai orang tua, Anda perlu menghitung kebutuhan pendidikan anak dan segera mulai menyiapkan.

[Baca Juga: Jenis Produk Investasi untuk Kebutuhan Dana Pendidikan Anak]

 

Biaya pendidikan anak yang besar, tentu saja bisa disiapkan jika orang tua sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari. Berikut ini sebuah simulasi sederhana, mengenai dana pendidikan anak.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

  • Usia anak saat ini 0 tahun (bayi)
  • Kenaikan biaya pendidikan 15% per tahun
  • Rata-rata hasil investasi 20% per tahun

Jangan Terlambat Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Ilustrasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Ternyata biaya pendidikan yang saat ini total Rp 290 juta bisa menjadi Rp 2,3M. Jika Anda mulai menyiapkan dari sekarang, ternyata biaya pendidikan tersebut masih dapat terpenuhi. Kami sarankan sebelum Anda berinvestasi apapun, pastikan Anda sudah memiliki rencana keuangan dan strategi berinvestasi yang tepat.  

 

Sudahkah Anda merencankan biaya pendidikan anak?

 

Sumber Gambar:

  • Parents savings – https://goo.gl/usLpyI

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment