Asuransi Properti, sering dianggap tidak penting, sebenarnya justru kebalikkannya. Penting! Lalu apa alasannya itu penting?

Pada artikel ini, Anda akan mengetahui beberapa alasan logis mengapa sebaiknya rumah Anda dilengkapi dengan asuransi properti.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Properti

Asuransi properti merupakan asuransi yang memberikan perlindungan atas bangunan dari risiko yang mungkin terjadi pada bangunan tersebut. Hal ini dapat diberikan untuk bangunan tempat tinggal, pabrik, usaha atau bangunan umum.

Secara garis besar, risiko yang ditanggung adalah:

  • Gempa bumi, letusan gunung berapi, kebakaran dan ledakan
  • Angin topan, badai, banjir, tsunami, kerusakan karena air
  • Aksi mogok, kerusuhan dan huru hara
  • Tanah turun atau tanah longsor
  • Accidental damage
  • Pencurian dengan dan/atau tanpa kekerasan

 

Risiko yang ditanggung juga dapat diperluas dengan turut membeli perluasan asuransi. Perlindungan yang menyeluruh ini membuat asuransi properti semakin dicari dan diminati oleh masyarakat.

Inilah Pentingnya Asuransi Aset Demi Melindungi Properti dan Aset Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Asuransi Properti All Risk Dengan Benar, Agar Tidak Ketipu!]

 

Tentu semakin banyak risiko yang ditanggung, semakin tinggi pula premi yang harus Anda bayarkan. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan kemampuan Anda. Jangan sampai membeli produk yang memberatkan keuangan Anda.

 

Alasan Pentingnya Asuransi Properti

Umumnya tujuan asuransi properti untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda, atas perlindungan yang diberikan untuk rumah tempat tinggal Anda. Juga memberikan perlindungan finansial.

Di bawah ini adalah beberapa alasan lain mengapa rumah Anda sebaiknya disempurnakan dengan asuransi properti.

 

#1 Melindungi Bangunan dan Isinya

Tergantung pada jenis asuransinya, sebenarnya asuransi properti juga ada yang memberikan perlindungan atas isi di dalam bangunan. Ini termasuk perabotan rumah tangga, barang berharga dan seluruh isi di dalam rumah.

Perlindungan ini diberikan atas berbagai risiko, seperti pencurian, kebakaran dan bencana banjir. Dengan adanya asuransi properti, Anda tidak perlu khawatir dengan dana untuk membeli barang-barang tersebut.

 

#2 Melindungi Baik Anda di Dalam Maupun Luar Negeri

Setiap orang pasti ingin berlibur dan menikmati waktu bersama keluarga. Namun setiap Anda berlibur, rumah pasti akan ditinggalkan. Anda dapat tenang meninggalkan rumah karena asuransi properti juga memberikan perlindungan atas rumah Anda walaupun Anda sedang tidak menghuninya.

 

#3 Siaga Aksi Pencurian

Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah Anda dapat melindungi rumah dari tindak perampokan atau pencurian. Pihak asuransi akan mengganti seluruh benda yang hilang sesuai dengan kerugian nilai harta yang hilang.

 

#4 Nilai Rumah Tetap Terjaga

Nilai rumah Anda dapat terjaga dengan adanya asuransi properti. Dalam hal ini segala kerusakan yang terjadi yang dikarenakan risiko tertulis pada polis akan ditanggung seluruhnya oleh penyedia asuransi.

Dengan perbaikan yang dilakukan serta biaya renovasi yang ditanggung oleh pihak asuransi, tidak heran bila nilai rumah akan selalu meningkat.

 

#5 Aman dari Bencana Alam

Baru-baru, kota Jakarta baru saja dilanda bencana banjir. Tentu bencana alam tersebut tidak dapat diprediksi dan dapat datang kapan saja. Dapat Anda bayangkan kerusakan yang terjadi jika rumah dilanda banjir.

Alasan Logis Kenapa Rumah Anda Perlu Disempurnakan Dengan Asuransi Properti 3 Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Hitung! Ketahui Besaran Premi Asuransi Properti Yang Harus Dibayarkan!]

 

Jika risiko yang terjadi cukup parah, mungkin bencana alam dapat merusak struktur bangunan rumah. Jika risiko yang terjadi minimal, maka kerusakan kecil seperti cat terkelupas atau kusam juga mungkin terjadi.

Oleh karena itu, diperlukan asuransi yang dapat memberikan perlindungan atas risiko kerusakan baik besar maupun kecil tersebut. Dengan adanya asuransi properti, Anda tidak perlu khawatir dengan biaya perbaikan rumah akibat bencana alam.

 

#6 Aman dari Kebakaran

Selain bencana alam, risiko yang juga ditakuti dan sering terjadi kepada rumah tempat tinggal adalah kebakaran. Kebakaran dapat terjadi karena berbagai hal, mulai dari ledakan tabung gas, aliran listrik dan sebagainya.

cermati-4-hal-penting-ini-sebelum-membeli-asuransi-properti-1-finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Jenis-jenis Asuransi Properti di Indonesia?]

 

Dengan adanya asuransi properti, rumah Anda akan selalu terlindungi. Selain biaya pembangunan ulang yang di-cover seluruhnya oleh penyedia asuransi, Anda pun dapat memilih tempat tinggal sementara selama perbaikan rumah dilakukan.

 

#7 Salah Satu Syarat Pengajuan Pinjaman

Terdapat beberapa perusahaan penyedia pinjaman yang mengharuskan kliennya untuk memiliki asuransi properti. Hal ini bertujuan agar lembaga keuangan dapat memastikan bahwa jaminan yaitu rumah Anda akan selalu aman dan Anda mampu membayar kembali pinjaman tersebut.

 

#8 Menghindari Risiko Tuntutan Hukum

Melindungi rumah dari risiko atas kecelakaan di dalam rumah. Perlindungan ini diberikan atas risiko tuntutan hukum apabila ada orang lain yang mengalami luka akibat bencana atau kebakaran yang terjadi di dalam rumah.

 

#9 Memberikan Perlindungan untuk Diri Sendiri

Alasan lain, memberikan perlindungan untuk anggota rumah. Misalnya santunan kematian yang diberikan atas tertanggung yang meninggal akibat risiko yang terjadi kepada rumah tempat tinggal.

Selain itu juga dapat melindungi risiko kehilangan dokumen serta uang dan kartu kredit. Hal ini tentunya dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah yang mungkin terjadi.

 

Selamatkan Hunian Anda

Rumah merupakan tempat berlindung dan berkumpulnya keluarga. Selain itu, rumah juga dapat dijadikan sebagai sarana investasi.

Oleh karena rumah sangatlah penting, sebaiknya Anda melindungi rumah Anda dengan memiliki asuransi properti dan meminta perluasan sesuai dengan kebutuhan.

 

Semoga artikel di atas bermanfaat dan membuat Anda lebih peduli dengan hunian Anda. Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda di kolom bawah ini. 

 

Sumber Referensi:

  • Sudiyanti. 23 Agustus 2017. Mengapa Rumah Anda Harus Dilengkapi Asuransi Properti?. Kreditgogo.com – https://bit.ly/3agrTMV