Bagaimana cara freelance membeli rumah dalam keadaan ekonomi yang tidak menentu seperti jaman sekarang ini?

Jangan khawatir! Pada artikel ini, Finansialku akan membantu Anda para freelancer untuk membeli rumah dengan tips-tips praktis yang bisa Anda lakukan sendiri!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Bagaimana Cara Membeli Rumah untuk Para Freelancer?

Membeli rumah merupakan impian semua orang, terutama seorang laki-laki yang akan menjadi penanggung jawab keluarga.

Jika Anda sudah bekerja dengan pendapatan yang tetap, tentu Anda tidak begitu memusingkan hal seperti ini.

Tapi, bagaimana jika Anda freelancer yang pendapatan setiap bulannya tidak menentu?

Dengan keuangan yang tidak menentu setiap bulan, Anda pasti masih bingung ‘kan bagaimana cara menambah pendapatan Anda selain dari gaji yang Anda terima setiap bulannya?

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa tips bagi para freelancer untuk bisa membeli rumah impian walaupun pemasukan tidak menentu!

 

#1 Rencanakan untuk membeli rumah dari beberapa tahun sebelumnya, minimal 2-3 tahun

Alangkah bijaknya Anda merencanakan berapa lama Anda akan mempersiapkan dana untuk membeli rumah.

Untuk melakukan itu, Anda perlu memproyeksikan berapa pengeluaran dan berapa pendapatan Anda setiap bulan.

Jika Anda membutuhkan rumah dengan cepat, Anda harus membuat perencanaannya minimal 2-3 tahun sebelum Anda akan membeli rumah tersebut.

Walau begitu, perencanaan yang hanya dilakukan dalam 2-3 tahun tidak akan semaksimal perencanaan yang dilakukan selama 5-10 tahun. Ya, semakin lama Anda mempersiapkannya, dana yang Anda miliki tentu akan lebih besar.

Investasi Rumah Atau Mobil 02a Rumah - Finansialku

[Baca Juga: Beli Rumah Jadi Atau Bangun Rumah, Mana yang Menguntungkan?]

 

Jangan lupa, harga rumah dan tanah terimbas oleh inflasi sehingga harga yang diproyeksikan 10 tahun lalu pastinya tidak sama dengan sekarang.

Setelah melakukan perencanaan, Anda harus disiplin melaksanakannya. Jika eksekusi tidak berjalan mulus, Anda dapat mengubah target, baik memperpanjang waktu untuk menabung, atau membeli rumah yang lebih murah.

Untuk mempermudah Anda dalam merencanakan biaya membangun rumah, Anda bisa menggunakan fitur Dana Membeli Barang di aplikasi Finansialku!

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#2 Menabung lebih banyak atau setidaknya 30% dari pendapatan yang Anda peroleh

Pendapatan yang tidak menentu mengakibatkan Anda harus lebih giat menabung dibandingkan orang yang berpendapatan sama setiap bulannya.

Jika Anda mampu secara konsisten menabung sebesar 30% per bulan, Anda tentu bisa membayar uang muka rumah yang Anda inginkan.

Anda juga bisa memperbesar persentase apabila Anda mendapatkan pemasukan lebih.

Anda dapat mulai mencari rumah di daerah yang masih berstatus kabupaten. Jika Anda memilih rumah di daerah dengan status kota atau kotamadya, tentunya harga rumah sudah lebih mahal daripada rumah yang berada di kabupaten.

 

#3 Mencari alternatif lain untuk pembayaran rumah selain menggunakan KPR

Apabila Anda khawatir terjadinya fluktuasi terhadap suku bunga KPR konvensional, Anda bisa mencari alternatif lain untuk membeli rumah dengan sistem cicilan, salah satunya KPR syariah.

Bagaimana Cara Freelance Membeli Rumah 02 Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Kenali Dulu Ciri Ciri Perumahan yang Oke!]

 

Program KPR dari bank-bank syariah ini mulai banyak dilirik karena menerapkan skema bunga tetap (flat) yang sudah ditetapkan sejak awal.

Anda dapat mencari informasi tentang KPR Syariah ini di berbagai macam situs. Tentu saja Anda juga harus mengecek apakah situs tersebut benar faktanya atau tidak.

 

#4 jika menggunakan KPR, cari promo kredit dari setiap bank

Jika ingin menggunakan KPR dari bank, Anda harus rajin melakukan survei ke beberapa bank yang menyediakan KPR dan bandingkan besaran bunganya, kemudahan, keringanan tawaran, dan sebagainya.

Setiap bank tentu menyediakan berbagai promo untuk membuat para calon pembeli rumah tertarik mengambil KPR bank. Pelajari promo tersebut apakah sesuai dengan keadaan keuangan Anda saat ini.

Jika Anda masih bingung apakah kondisi keuangan Anda sudah cukup sehat dan mampu untuk mencicil rumah, Anda dapat melakukan cek kesehatan uang Anda di bawah ini. Klik CEK SEKARANG!

Banner Financial Health Check Up Apakah Anda Sudah Sehat Secara Keuangan

 

#5 Belilah rumah pada saat pemasaran awal

Saat pemasaran awal, developer pada umumnya sedang gencar mencari calon pembeli. Jika Anda menggunakan kesempatan ini, Anda dapat berbagai macam promo dari developer.

Promo tersebut digunakan untuk menarik perhatian pembeli sebagai investor awal dalam pembuatan rumah tersebut.

Anda dapat mengunjungi pameran properti untuk melihat promo rumah yang ada.

 

#6 Jangan lupa untuk menyiapkan dana tambahan

Jangan melupakan biaya seperti notaris dan kebutuhan lainnya dalam membeli rumah. Selain itu, jangan lupa pajak yang akan dibayarkan ketika Anda membeli rumah.

Pajak yang dikenakan adalah NJOP (Nilai Jual Objek Pajak), NPOP (Nilai Perolehan Objek Pajak), PPh (Pajak Penghasilan), NPOKP (Nilai Perolehan Objek Pajak Kena Pajak), BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan), dan NPOPTKP (Nilai Perolehan Objek Pajak Tanpa Kena Pajak).

 

#7 Atur keuangan Anda dengan bantuan perencana keuangan

Alangkah baiknya jika Anda meminta bantuan perencana keuangan untuk mengatur keuangan Anda. Perencana keuangan tentu akan memberikan saran terbaik untuk membantu Anda mencapai keinginan membeli rumah.

Jika Anda masih bingung dengan penjelasan di atas dan ingin memahami perencanaan keuangan secara otodidak, Anda dapat mempelajarinya lewat Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20-an dari Finansialku! Download sekarang juga! Gratis!

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Rencanakan Rumah Impian Anda dari Sekarang

Raih tujuan Anda dalam membeli rumah impian dengan dana yang Anda miliki.

Alangkah bijaknya bila Anda mulai merencanakan dana membeli rumah sedari dini, sehingga Anda tidak akan ngos-ngosan untuk mencapai tujuan tersebut.

Mulailah perencanaan dengan mengalokasikan pendapatan Anda untuk ditabung atau diinvestasikan. Meskipun tidak banyak, setidaknya Anda sudah selangkah lebih dekat dengan rumah impian Anda.

 

Anda memiliki teman atau kenalan yang masih bingung untuk membeli rumah karena penghasilannya tidak tetap?

Bagikan artikel ini kepada mereka! Dengan demikian, Anda telah membantu teman Anda dan mendekatkan mereka dengan impiannya!

 

Sumber Referensi:

  • Reny Widya Astari. 26 September 2016. Sekarang, Freelance Tanpa Hambatan Membeli Rumah. Kreditgogo.com https://goo.gl/q44MtZ
  • Redaksi. 12 Januari 2014. Tips Buat Freelancer Yang Ingin Beli Rumah. Finance.detik.com https://goo.gl/g5m2XE
  • Umar Idris. 25 Januari 2018. Pekerja Lepas Juga Bisa Membeli Rumah, Begini Kiatnya. Halomoney.co.id https://goo.gl/9MRgpj
  • Abigail cukier. 2 Maret 2017. When It Comes To Qualifying Mortgage, Once a Bank Finds Out You’re Self-employed Just Don’t Have It Easy. News.vice.com. https://goo.gl/TDKiYS
  • Admin. 3 Desember 2015. Pajak Jual Beli Rumah: Perhitungan dan Biaya Tambahannya – https://goo.gl/fjvWua

 

Sumber Gambar:

  • Beli Rumah – https://goo.gl/eDGM6x
  • KPR Syariah – https://goo.gl/a2T8zL