Kerja kantoran biasanya identik dengan busana formal. Batik adalah satu-satunya. Simak 10 OOTD baju batik kerja yang bisa kamu tiru dalam artikel berikut ini.

Dijamin, ke kantor dengan batik bakalan lebih fashionable.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Baju Batik Kerja, Item Fashion yang Wajib Dimiliki

Di beberapa perusahaan atau lembaga pemerintah biasanya ada aturan memakai baju batik. Karena itu, baju batik merupakan item fashion yang wajib dimiliki untuk kamu yang sudah bekerja.

Zaman sekarang, baju batik lebih beragam. Selain motifnya, model bajunya pun semakin variatif.

Jadi, kamu salah besar kalau masih menganggap memakai baju batik itu ketinggalan zaman.

Agar tidak bingung untuk mix and match baju batikmu, berikut ini beberapa OOTD baju batik untuk kerja yang bisa kamu tiru!

 

#1 Blouse Batik dan Celana Hitam

Bagi kamu yang anti-ribet, memakai blouse batik dan celana hitam adalah hal yang paling mudah dilakukan.

Banyak sekali model blouse yang bisa kamu pilih. Pilihlah blouse yang cocok dengan seleramu. Supaya menambah kesan fashionable, kamu bisa menggunakan sepatu hak tinggi. Namun, kamu juga bisa menggunakan flat shoes.

 

#2 Dress Batik

Kalau kamu suka menggunakan dress, model baju batik ini bisa jadi pilihanmu. Dress batik bisa membuatmu nyaman bekerja. Untuk menambah kesan modern, kamu bisa menambahkan aksesoris berupa kalung.

Dengan memakai dress batik, kamu tidak perlu bingung dengan alas kaki. Memakai sepatu hak tinggi atau flatshoes sah-sah saja.

 

#3 Dress dan Outer Batik

Jika memiliki dress berwarna polos, kamu juga bisa memadupadankannya dengan outer bermotif batik. Penampilan ini justru membuatmu lebih fashionable. Kesannya pun tidak berlebihan.

 

#4 Blouse Polos dan Celana Batik

Kamu tak selalu harus menggunakan atasan bermotif batik saja. Atasan polos pun bisa kamu pakai. Tentunya, dengan celana bermotif batik.

Jangan lupa untuk menyesuaikan warnanya.

10 OOTD Baju Batik Untuk Kerja Ini Patut Kamu Tiru 02

[Baca Juga: 6 Model Gamis Batik Keren dan Elegan, Pasti Suka!]

 

Sebetulnya, kamu bisa menggunakan atasan polos warna apa saja asalkan matching dengan celana batiknya. Warna yang netral seperti hitam atau putih bisa jadi pilihanmu.

 

#5 Outer Batik

Outer batik cocok digunakan dengan baju dalaman polos. Warna hitam atau putih bisa jadi pilihan supaya masuk ke semua warna.

Untuk bawahannya, kamu bisa menggunakan celana berwarna netral. Nah, untuk kamu yang menggunakan hijab, kamu bisa memilih outer batik lengan panjang. Outer batik tanpa lengan pun cocok dipakai dengan baju inner.

 

#6 Dress Brukat Aksen Ruffle

Bahan brukat kini tengah naik daun. Material brukat bisa Anda padukan dengan batik. Ini akan menghasilkan kesan feminin dan elegan. Bahkan, kamu bisa menggunakannya di acara semi formal.

 

#7 Atasan Batik Bell Sleeves

Atasan batik model Bell Sleeves cocok untuk Anda yang tak mau terlalu bergaya heboh. Pasalnya, baju batik dengan model seperti ini sudah memberikan kesan chic.

10 OOTD Baju Batik Untuk Kerja Ini Patut Kamu Tiru 03

[Baca Juga: Batik Termahal Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah]

 

Dengan aksen lengan yang mengembang, bell sleves memberikan kesan feminin dan manis. Apalagi jika di bagian lengannya tersemat pita.

Kamu bisa memadukannya dengan rok atau celana dengan warna senada. Yang penting, sesuaikan dengan kepribadianmu.

 

#8 Dress Batik Kerah Tinggi

Model dress batik kerah tinggi alias tutrleneck sangat elegan. Apalagi, jika motifnya batik. Cocok sekali untuk busana kerja formal.

Model dress ini bisa digunakan oleh para hijabers juga, lho. Jika modelnya A-Line yang melebar di bagian bawah, akan cocok sekali untuk Anda yang ingin tampak jenjang.

 

#9 Atasan Wrap

Baju batik dengan model ini termasuk fashion yang sedang kekinian. Sejak tahun lalu, model baju seperti ini sedang tren.

Biasanya, model batik kerja wrap memiliki detail ikat pada bagian samping. Hal ini justru mempermanis penampilanmu.

 

#10 Vest

Model vest batik cocok untuk Anda yang bosan dengan baju batik yang itu-itu saja, namun ingin yang simple. Baju luaran tanpa lengan ini bisa kamu padu-padankan dengan berbagai gaya.

10 OOTD Baju Batik Untuk Kerja Ini Patut Kamu Tiru 04

[Baca Juga: Tips untuk Para Wanita dalam Memilih Model Baju Batik]

 

Coba padukan vest batik dengan dress, tank top sebagai dalaman, atau dengan kemeja yang warnanya cocok.

Belakangan ini, vest batik dihadirkan dalam model yang panjang. Ada juga yang modelnya pendek. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan seleramu.

 

Fashion Batik Yang Mendunia

Jangan salah, batik sangat diminati di mancanegara. Apalagi, zaman sekarang fashion yang satu ini sangat diminati. Model baju batik kian beragam. Belum lagi, beberapa motif khas dari beberapa wilayah di Indonesia berhasil mendunia.

Maka, berbanggalah kita sebagai orang Indonesia. Batik adalah sesuatu yang harus kita jaga. Dengan memakai baju batik, kamu secara tak langsung menghargai budaya Indonesia.

Oya, jangan lupa untuk selalu mengatur keuanganmu, ya. Memiliki budget tersendiri untuk membeli baju batik bisa kamu lakukan. Kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk mengelola keuanganmu. Aplikasinya dapat kamu unduh di Google Play dan App Store

 

Itu dia beberapa OOTD baju batik yang bisa kamu tiru. Sudah mendapat inspirasi? Kamu mau coba yang mana? Bagi komentarmu di bawah ini, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Desy Prameswari. 28 February 2019. Mau Tampil Fashionable ke Kantor? 5 Model Baju Batik Cantik Ini Bisa Kamu Pakai. Beautynesia.id – https://bit.ly/3c8PK2G
  • Nur Luthfiana Hardian. 16 Juli 2019. 15 Inspirasi Padu Padan Batik Dengan Hijab, Simpel Dan Elegan. Brilio.net – https://bit.ly/38aatjs
  • Audi Fristya. 25 Februari 2019. 13 Rekomendasi Batik Kerja untuk Tampilan Stylish dan Profesional. Bukalapak.com – https://bit.ly/2weZtny

 

Sumber Gambar:

  • Batik 01 – https://go.aws/2IkSJrc
  • Batik 02 – https://bit.ly/3c8PK2G
  • Batik 03 – https://bit.ly/2weZtny
  • Batik 04 – https://bit.ly/2weZtny