Sebagai salah satu kebudayaan Indonesia, tahukah kamu di Indonesia ada beberapa batik termahal dengan harga fantastis?

Kali ini Finansialku akan membahas mengenai batik-batik termahal. Agar lebih jelas, yuk simak ulasannya berikut ini. selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Batik Indonesia

Pada 2 Oktober 2019 lalu, Indonesia tengah memperingati hari batik nasional. Pemerintah pun mengeluarkan imbauan untuk memakai batik. Apa alasannya hari batik nasional harus di peringati pada 2 Oktober 2019?

Hal ini bermula dari sidang keempat Komite Antar-pemerintah tentang Warisan Budaya NonBenda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Pada sidang tersebut batik resmi terdaftar sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO.

Sebelumnya selain batik, UNESCO juga sudah mengakui keris dan wayang sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia

Pengakuan UNESCO inilah yang kemudian mendasari pemerintah Indonesia menetapkan tanggal 2 Oktober sebagaiĀ Hari Batik Nasional.

Menurut M. Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menteri Ad-Interim Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) batik diakui secara internasional dalam sebuah sidang terbuka pada tanggal itu.

Sudah menjadi identitas negara Indonesia, kini batik banyak dikenakan oleh semua kalangan bahkan orang yang bukan berasal dari Indonesia pun bangga mengenakan batik Indonesia yang terkenal dengan desainnya yang unik.

Batik juga menjadi ikon khas Indonesia dalam setiap acara. Bahkan setiap kantor pun memiliki jadwal tersendiri kapan karyawannya wajib memakai batik.

Teknik batik ini sendiri diketahui lebih dari 1000 tahun lalu. Teknik batik ini kemudian meluas ke berbagai negara di Afrika Barat seperti Nigeria, Kamerun, dan Mali serta di Asia seperti India, Sri Lanka, Bangladesh, Iran, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

Hingga awal abad 20 batik mengalami perkembangan yaitu batik tulis, sementara cap baru dikenal setelah perang dunia I berakhir.

Batik merupakan kain atau pakaian yang menjadi kebudayaan keluarga kerajaan di Indonesia pada zaman dahulu.

Motif dan corak batik setiap daerah berbeda, biasanya masyarakat di setiap daerah mengakomodasi corak dar ragam flora dan fauna. Batik saat ini dibedakan menjadi dua. Batik tradisional dan Batik modern.

Pada batik tradisional masih menggunakan motif berfilosofis yang umumnya mencerminkan daerah pembuatan.

Sedangkan untuk motif batik modern tidak bermakna simbolik dan cenderung berwarna bebas seperti ungu, biru, kuning, dan sebagainya. Untuk batik tradisional cenderung berwarna gelap, putih, atau coklat kehitaman.

 

Inilah Batik-Batik Termahal di Indonesia

Kain batik memiliki kualitas yang beragam dan harga yang beragam pula, kain batik tidak hanya dijual ratusan ribu rupiah saja. Ada motif-motif khusus yang dibuat dan dibanderol harga cukup fantastis.

Jika kita melihat batik-batik yang dikenakan oleh para petinggi negara hingga duta besar, tentunya berbeda dengan apa yang sering kita lihat di mal atau butik desainer.

Namun ada juga motif-motif khusus yang dibuat dan dibanderol dengan harga yang cukup menjulang hingga ratusan juta rupiah.

Motif apa saja yang mematok harga mahal? Berikut batik termahal di Indonesia:

 

#1 Batik Tiga Negeri

Jenis batik Indonesia ini menunjukan proses pembuatan yang menjadi poin penting. Per meter kain batik jenis ini dibanderol dengan harga yang cukup mencengangkan, yaitu di atas Rp100 juta.

Batik Termahal Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah 02

[Baca Juga: Kisah Sukses Danar Hadi, Pebisnis Batik Sukses Di Indonesia]

 

Diberi nama Tiga Negeri karena proses penawaran kain batik ini dibuat di tiga daerah yaitu warna merah di Lasem, warna biru di Pekalongan, dan warna cokelat di Surakarta.

Untuk motifnya sendiri, merupakan perpaduan bunga, daun dan isen khas batik. Tak hanya proses penawarannya yang rumit, perjuangan menempuh dari satu daerah ke daerah lainnya juga perlu diapresiasi.

Karena pada saat itu transportasi masih sangat terbatas dan sulit di tempuh. Sehingga wajar jika sehelai kain batik ini dihargai dengan harga yang tinggi.

Diperlukan waktu hingga tiga bulan dalam proses penawaran Batik Tiga Negeri. Batik Tiga Negeri Tjoa ini pun berhenti di generasi ketiga anak Tjoa Giok Tjiam, yaitu Tjoa Siang Swie pada 2014 lalu.

 

#2 Batik Corak Belanda

Tak hanya memikat hari warga negara Indonesia, tapi batik juga mampu memikat hati warga keturunan Belanda pada zaman penjajahan dulu.

Batik Termahal Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah 03

[Baca Juga: Hari Batik Nasional 2 Oktober 2019: Ikuti Jejak 3 Pengusaha Batik Ini]

 

Mereka membuat sendiri motif batik yang digemari bangsa Eropa. Motifnya sendiri berupa bunga-bunga seperti bunga tulip atau karakter dongeng yang terkenal di sana.

Kendati demikian, batik corak Belanda ini tetap diakui milik Indonesia. Pasalnya, wanita yang membatik jenis ini adalah keturunan Indonesia Eropa.

Para keturunan campuran ini yang pertama kali menemukan warna kain batik dari pewarna sayuran.

Maka tak heran jika kain ini termasuk kedalam kategori batik termahal dengan harga sekitar Rp100 juta, karena nilai sejarahnya yang cukup kuat, maka harga tersebut bisa lebih tinggi jika sudah melewati rumah lelang.

 

#3 Batik Halus Cirebon

Batik yang satu ini pun tidak kalah mahal dengan batik yang diatas. Satu lembar kain batik halus khas Cirebon ini dijual sekitar Rp30 jutaan.

Batik Termahal Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah 04

[Baca Juga: Kisah Sukses Sally Giovanny, Pebisnis Batik Trusmi]

 

Jenis batik ini dibuat tidak melalui proses cap atau printing melainkan ditulis dengan mengutamakan kualitas dan detail motif. Gak heran kan, untuk membuat batik ini diperlukan waktu selama satu tahun. Meski lama tetapi pembelinya tetap berdatangan

 

#4 Batik Hokokai

Batik Hokokai juga merupakan salah satu batik termahal karena memiliki desain dan corak berbentuk bunga sakura, desainnya sangat kecil tetapi tetap detail dan rapi.

Batik Termahal Harganya Mencapai Ratusan Juta Rupiah 05

[Baca Juga: Kisah Sukses Dea Valencia Pemilik Batik Kultur]

 

Namanya memang ada unsur jepang-jepangan, karena sejarahnya pembuatan batik ini memang diperuntukkan kepada Kaisar Jepang.

Di Indonesia, batik ini dimiliki oleh Tumbu Ramelan dan untuk harganya sendiri diperkirakan di atas Rp100 juta. Wow!

 

Ayo Cintai Produk Dalam Negeri Dengan Mengenakan Batik

Nah itu dia, beberapa batik termahal di Indonesia yang bisa menjadi bahan referensi kamu ketika ingin membeli kain batik.

Kamu juga perlu berbangga diri dengan batik Indonesia. Karena saat ini batik Indonesia tidak hanya terkenal di dalam negeri, tetapi juga telah dikenal ke mancanegara.

Dengan mengenakan kain batik itu merupakan salah satu wujud rasa cinta terhadap tanah air.

Terlebih saat ini banyak model batik dengan tampilan yang modern dan modis sehingga anak-anak muda bisa mengenakannya dalam acara apapun.

 

Apa pendapat Anda terkait batik-batik termahal di atas? apakah Anda ingin memiliki salah satu dari batik tersebut? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Anik Sulistyowati. 2 Oktober 2019. Mengenal Kain Batik Termahal, Harganya Bisa Mencapai Rp 100 Juta. Jeda.id – https://bit.ly/31MbGLl
  • Eny Kartikawati. 2 Oktober 2019. Ini Alasannya Hari Batik Nasional Setiap 2 Oktober. Detik.com – https://bit.ly/2McDnXd

 

Sumber Gambar:

  • Batik Termahal – http://bit.ly/2M9F5IW
  • Batik Tiga Negeri – http://bit.ly/31NAmDl
  • Batik Corak Belanda – http://bit.ly/2VaXHME
  • Batik Halus Cirebon – http://bit.ly/2VdHtCo
  • Batik Hokokai – http://bit.ly/333gQmE