Selain bank konvensional, di Indonesia juga terdapat bank syariah. Apakah kamu tertarik untuk menjadi nasabahnya?

Jika ya, ayo simak artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Tren Ekonomi Syariah Sebagai Pilihan Para Nasabah

Bank syariah merupakan sebuah lembaga keuangan yang menerapkan prinsip pengelolaan keuangan secara Islami pada setiap layanan yang diberikannya.

Bank seperti ini menarik minat para nasabah karena berbagai manfaat yang diberikan. Efisiensi menjadi salah satu alasan para nasabah memilih bank islami ini.

 

Apa Itu Bank Syariah?

Semakin hari, bank ini mengalami pertumbuhan yang pesat di indonesia. Banyak orang yang mau menjadi nasabah bank berbasis islami ini karena banyaknya kelebihan yang diberikan. Kamu bisa merasakan manfaat bank ini jika menjadi nasabahnya.

Bank syariah merupakan bank yang menggunakan tata cara secara islami sehingga tidak merugikan pihak nasabah. Prinsip syariah ini selalu berdasarkan hukum Islam yang berlaku.

Karena sesuai dengan hukum Islam, bank ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas Islam.

Yakin Bank Syariah Anti Riba Cari Tahu Kebenarannya Sekarang! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Sakti Menabung Uang Receh Koin Supaya Lebih Bermanfaat]

 

Apa Saja Prinsip yang Menarik untuk Nasabah?

Bank syariah memakai tata cara secara Islami dalam mengatur keuangannya sehingga dapat dinilai lebih aman. Pada dasarnya, prinsip bank ini adalah menghindari riba.

Umat Islam pasti tahu bahwa riba adalah suatu dosa berat yang harus dihindari. Dengan hadirnya bank ini, para nasabah dapat menghindarkan diri dari beratnya dosa riba.

Selain itu, prinsip syariah yang dipakai adalah Wadiah (titipan), Mudharabah, Al Murabahah (jual beli), Ijarah (sewa) dan bagi hasil atau nisbah.

 

Macam-Macam Bank Syariah Terbaik yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, keberadaan bank yang berbasis islami ada banyak macamnya. Kehadiran bank islami ini sangat membantu pertumbuhan perekonomian masyarakat Indonesia.

Lalu apa saja bank dengan prinsip Islami yang ada di Indonesia? Berikut beberapa diantaranya.

 

#1 Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia merupakan bank yang pertama kali hadir sebagai lembaga keuangan syariah di Indonesia. Bank ini mempunyai status sebagai bank syariah murni karena tidak memiliki cabang sebagai bank konvensional lain seperti layaknya bank lainnya.

Berdiri pertama kali pada tahun 1991 dan resmi beroperasi untuk umum pada 1992, Bank Muamalat langsung hadir dengan konsep murni syariah.

Sejak saat itu hingga kini, bank Muamalat terus berkomitmen untuk tetap menerapkan syariat Islam dalam kegiatan operasionalnya.

Bahkan bank ini berhasil mendapatkan penghargaan sebagai bank syariah terbaik versi Global Finance pada tahun 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2017 dan 2018 berturut-turut.

10 Bank Syariah Terbaik di Indonesia, Apa Kamu Nasabah Salah Satunya 04 - Finansialku

[Baca Juga: 3+ Cara Memilih Bank Terbaik yang Sesuai Kebutuhan]

 

#2 Bank Syariah Mandiri (BSM)

Selain sukses dengan bank konvensionalnya, Bank Mandiri juga sukses dengan prinsip bank syariahnya. Memutuskan beroperasi dalam syariah Islam pada tahun 1999, Bank Syariah Mandiri dapat terus bertahan hingga sekarang ini.

Layanan yang dihadirkan oleh BSM dapat dibilang lebih unggul dari bank lain karena sudah memiliki sejumlah 737 kantor dan lebih dari 196.000 akses jaringan ATM di seluruh Indonesia.

Bahkan layanan BSM juga lebih lengkap. Pada tahun 2019, BSM dinobatkan sebagai mitra distribusi SBSN Ritel Terbaik.

 

#3 Bank BRI Syariah (BRIS)

Pada awalnya, BRIS adalah Bank Jasa Arta yang berdiri pada tahun 1969. Hingga pada tahun 2008, pihak BRI mengambil alih dan merubahnya menjadi BRI Syariah.

Meski fasilitas pelayanan yang diberikan oleh BRIS masih kalah dari bank lain, nasabah BRIS tetap mendapat banyak keuntungan.

Ada banyak jaringan ATM yang tersedia, termasuk mendapat akses memakai mesin ATM BRI konvensional. Ada juga layanan banking yang mempermudah kebutuhan para nasabah.

 

#4 Bank BNI Syariah

Sejalan dengan BRI yang meluncurkan BRI Syariah, BNI juga mnghadirkan BNI syariah. Berdiri pada tahun 2010, BNI Syariah terus berkembang sampai saat ini.

BNI dapat lolos pengujian DPS (Dewan Pengawas Syariah) sehingga pembukaan kantor cabang BNI Syariah pun terus berkembang hingga saat ini.

Gebrakan Anyar! Bank Syariah Bakal Digabung Erick Thohir!

[Baca Juga: Lembaga Keuangan Syariah Non Bank di Indonesia]

 

#5 Bank Mega Syariah

Bank Mega Syariah Indonesia berdiri pada tahun 2004 dan berubah menjadi Bank Mega Syariah pada tahun 2010.

Bank ini layak diperhitungkan karena sudah mendapat izin dari Kemenag RI sebagai Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) sejak tahun 2009.

Dengan produk unggulan tabungan haji, bank ini berhasil menarik banyak nasabah.

 

#6 Bank BCA Syariah

Sebagai bank swasta terbesar di Indonesia, BCA juga menghadirkan layanan Bank BCA Syariah untuk seluruh masyarakat muslim di Indonesia. BCA Syariah resmi beroperasi pada tahun 2010.

Dengan bergabung di BCA Syariah, para nasabah bisa memakai jaringan cabang BCA untuk tarik tunai, debit ATM dan mesin EDC (Electronic Data Capture) bebas biaya.

Jaringan cabang BCA Syariah hadir di seluruh Indonesia dengan produk unggulannya yang mempunyai banyak manfaat.

10 Bank Syariah Terbaik di Indonesia, Apa Kamu Nasabah Salah Satunya 02 - Finansialku

[Baca Juga: WOW! Bank Bukopin Bakal Gaet BTS Sebagai Brand Ambassador]

 

#7 Bank Panin Syariah

Bank Panin Syariah pada awalnya bernama Bank Harta yang berpusat di Surabaya. Bank ini diambil alih oleh Bank Panin dan beroperasi sebagai Bank Panin pada tahun 2009.

Meski nasabahnya tidak sebanyak bank lain, namun bank ini mendapat bantuan modal dari Dubai Islamic Bank pada tahun 2017 dan berubah menjadi Panin Dubai Syariah.

 

#8 Bank Syariah Bukopin

Bank Syariah Bukopin berawal dari Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Gunung Sindoro dan BPR Gunung Kendeng yang ada di Kalimantan Timur. Pada tahun 1990, bank ini bersatu menjadi Bank Swansarindo.

Pada tahun 2002, Muhammadiyah mengambil alih Swansarindo dan mengubahnya menjadi Bank Persyarikatan Indonesia. Namun pada akhirnya bank ini dapat berhasil berdiri secara mandiri pada tahun 2008.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#9 BTPN Syariah

Anak perusahaan BTPN ini terbentuk dari peleburan antara Bank Sahabat Purba Danarta (BSP) dan UUS BTPN. BTPN Syariah baru terbentuk secara mandiri pada tahun 2014.

Bank ini fokus pada pengembangan kelompok masyarakat menengah ke bawah demi kemajuan keluarga pra sejahtera di Indonesia.

 

#10 BJB Syariah

BJB (Bank Jabar dan Banten) Syariah terbentuk pada tahun 2010. Bank ini termasuk dalam bank lokal dan sudah mempunyai fasilitas yang mumpuni.

Kantor cabangnya sudah banyak berdiri dan memberikan pelayanan yang memadai bagi semua nasabah yang ada.

10 Bank Syariah Terbaik di Indonesia, Apa Kamu Nasabah Salah Satunya 03 - Finansialku

[Baca Juga: Alasan Kenapa Cicilan Bank Syariah Lebih Mahal, Ini Jawabannya]

 

Jenis dan Layanannya

Menemukan macam-macam bank yang ada di Indonesia bukanlah sesuatu yang sulit karena ada banyak lembaga keuangan syariah yang menjamur di Indonesia.

Meski semua bank Islami pada awalnya tidak berdiri langsung, namun semua berkembang hingga besar seperti sekarang ini.

Dengan semakin meningkatnya kehadiran bank ini di Indonesia, masyarakat bisa semakin leluasa untuk menjalankan roda perekonomian.

 

Jadi, Mau Pilih Jadi Nasabah Bank yang Mana?

Indonesia yang mayoritas bermasyarakat muslim mempunyai berbagai macam bentuk lembaga keuangan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup para keluarga.

Hadirnya bank ini di masyarakat bukanlah sesuatu yang salah mengingat tingginya minat masyarakat pada konsep syariah.

Bank dengan konsep syariah dinilai lebih menguntungkan para nasabah karena tidak ada unsur riba di dalamnya. Dari tahun ke tahun, bank ini di Indonesia semakin bertambah jumlahnya.

Hal ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi masyarakat juga semakin meningkat. Tentunya, kamu pun bisa menjadi salah satu nasabahnya dengan memilih layanan yang paling sesuai.

 

Tertarik untuk gabung jadi nasabah? Ayo ajak lebih banyak orang menikmati layanan keuangan syariah yang menguntungkan dengan berbagi artikel di atas, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Arai Amelya. Inilah 10 Bank S yariah Terbaik dan Paling Menguntungkan di Indonesia. Folderbisnis.com – https://bit.ly/3i3vilO

 

Sumber Gambar:

  • Bank 1 – https://bit.ly/362IhSe
  • Bank 2 – https://bit.ly/3cASnex
  • Bank 3 – https://bit.ly/3hZXEgu
  • Bank 4 – https://bit.ly/32T8UHl