Siapa dari Anda yang Sering mendengar kata BAZNAS, tapi belum tahu artinya? Arti BAZNAZ selengkapnya ada di sini…

Simak sampai tuntas artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Pengertian BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) adalah badan resmi pemerintah yang berwenang mengelola zakat dan didirikan atas usulan Kementerian Agama dan sesuai Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001.

Zakat sendiri adalah ibadah pokok serta kewajiban seluruh umat muslim yang mempunyai harta cukup.

Zakat artinya menyerahkan sebagian harta seorang muslim kepada yang memiliki hak untuk menerimanya. Penerima zakat disebut mustahik. Seiring perkembangan zaman, zakat diharapkan dapat dikelola secara profesional dan produktif.

Dengan demikian dapat dimanfaatkan secara lebih luas sehingga zakat bukan lagi sebatas bentuk atau jumlah zakat, tapi juga dikembangkan di segala sektor kehidupan demi membangun kehidupan yang makmur.

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

Layanan BAZNAS yang Menyeluruh

BAZNAS memiliki tugas dan fungsi untuk menghimpun dan menyalurkan zakat, sedekah, dan infaq pada tingkat nasional. Terdapat beberapa layanan zakat yang sediakan, di antaranya adalah sebagai berikut:

 

#1 Kalkulator Zakat

Kalkulator zakat merupakan layanan yang berfungsi untuk memudahkan Anda dalam menghitung jumlah zakat yang harus Anda tunaikan sesuai ketetapan syariah.

Adanya kalkulator zakat ini akan membuat orang bisa dengan mudah menghitung berapa jumlah yang harus dikeluarkannya untuk berzakat. Keberadaan kalkulator zakat ini tentu akan sangat memudahkan orang untuk menghitung zakatnya dan segera bisa dikeluarkan.

Badan Zakat Nasional 1

[Baca Juga: Lupa Password dan EFIN Pajak Saat Lapor SPT Online? Begini Solusinya!]

 

Jika Anda ingin mengetahui seberapa besar jumlah zakat yang harus Anda tunaikan, Anda dapat menggunakan fasilitas kalkulator zakat yang terdapat di website resmi BAZNAS.

Jenis zakat yang dapat dihitung menggunakan kalkulator zakat meliputi; zakat maal, zakat profesi, zakat perdagangan, dan zakat saham.

Cara mengakses layanan Kalkulator Zakat cukup mudah, yaitu:

  • Anda harus mengakses laman resmi, di Baznas.go.id
  • Klik menu dropdown layanan
  • Pilih Kalkulator Zakat
  • Tentukan jenis zakat sesuai dengan yang ingin Anda hitung
  • Isi data-data yang diperlukan
  • Kemudian akan ditampilkan nominal besaran zakat yang harus Anda bayarkan.

 

#2 Rekening Zakat

Rekening zakat adalah layanan yang dapat Anda gunakan untuk membayar zakat via transfer. Pada website resmi BAZNAS terdapat nomor rekening tiap bank yang dapat Anda tuju sehingga kini membayar zakat menjadi lebih mudah dan cepat.

Rekening ini membuat transfer zakat ataupun sedekah dapat dengan mudah dilakukan dimanapun seseorang berada. Pada saat ingin sedekah bisa melalui ATM kemudian melakukan transfer.

Badan Zakat Nasional 2

[Baca Juga: Quiz: Pajak Penghasilan Perusahaan dan Badan yang WAJIB Dibayarkan]

 

Ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mempermudah transfer yakni dengan memanfaatkan m-banking. Dengan menggunakan layanan ini, Anda tak perlu khawatir akan dikenakan potongan biaya transfer.

Selain rekening zakat, BAZNAS juga menawarkan layanan Rekening Infak atau Sedekah pada menu tersebut.

 

#3 Channel Pembayaran

Channel pembayaran adalah layanan BAZNAS yang memudahkan Anda untuk membayar zakat dengan mengakses layanan digital pembayaran melalui beragam kanal seperti aplikasi, e-commerce, maupun media sosial.

Pada laman resmi BAZNAS telah disediakan daftar pilihan kanal yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Hal ini tentunya akan sangat mempermudah dalam melakukan pembayaran zakat.

 

#4 Jemput Zakat

Layanan jemput zakat memudahkan Anda dalam membayar zakat, karena cukup mendaftar terlebih dahulu sebagai anggota dengan mengisi data diri yang telah disediakan di laman resmi BAZNAS.

Badan Zakat Nasional 4

[Baca Juga: E-Billing Pajak: Cara Mudah Bayar Pajak Secara Online!]

 

Kemudian Anda akan memperoleh NPWZ (Nomor Pokok Wajib Zakat). NPWZ diperlukan untuk mengisi formulir penjemputan zakat. Isi data diri secara lengkap, benar, dan jelas termasuk alamat penjemputan. Selanjutnya lengkapi proses captcha dan klik submit.

 

Tunaikan Zakat di Kantor BAZNAS Terdekat

Kantor pusat BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) terletak di ibu kota negara. Member dari BAZNAS adalah 8 kategori orang dari unsur masyarakat.

Misalnya seperti ulama, tokoh masyarakat Islam, dan tenaga profesional, serta tiga orang yang mewakili pemerintah dan ditunjuk oleh kementerian atau instansi terkait pengelolaan zakat.

 

Selain bertugas menangani zakat, BAZNAS juga turut berperan dalam penanggulangan bencana di suatu wilayah. Demikian ulasan mengenai pengertian dan layanan dari BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional). 

 

Setelah membaca artikel di atas, Anda kini telah mengenali BAZNAS. Semoga apa yang baru saja Anda baca dapat memenuhi kebutuhan Anda akan informasi seputar Baznas. Jangan lupa untuk berbagi sesuatu yang baik, termasuk berbagi artikel ini kepada teman dan keluarga.

Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar baznas dan atau mengenai keuangan silakan ajukan pertanyaan Anda di kolom komentar, perencana keuangan kami akan menjawabnya untuk Anda. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2020. Badan Amil Zakat Nasional. Baznas.go.id – https://bit.ly/2yn4sE3

 

Sumber Gambar:

  • Badan Zakat Nasional 1 – https://bit.ly/34M1DZf
  • Badan Zakat Nasional 2 – https://bit.ly/3cvNMZO
  • Badan Zakat Nasional 3 – https://bit.ly/34OiACi
  • Badan Zakat Nasional 4 – https://bit.ly/3ct4ubX