Tahukah kamu bahwa BBM dari sawit berjenis solar telah melewati tahap uji coba? Informasi selengkapnya di artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pertamina Siap Produksi BBM Dari Sawit

PT Pertamina (Persero) siap memproduksi bahan bakar ramah lingkungan.

Setelah sukses dengan Green Diesel (D-100) yang memakai pengolahan minyak sawit 100%, Pertamina akan memproduksi green energy lainnya seperti Green Gasoline (bensin) dan Green Avtur.

Untuk diketahui, minyak kelapa sawit tersebut diproses lebih lanjut sehingga hilang getah, impurities dan baunya, pemrosesan ini juga dikenal sebagai Refined, Bleached and Deodorized Palm Oil (RBDPO).

Investor.id mewartakan uji coba pengolahan produksi yang dilakukan pada 2-9 Juli 2020 merupakan uji coba ketiga setelah sebelumnya melakukan uji coba mengolah RBDPO melalui co-processing hingga 7.5% dan 12,5%.

Keberhasilan tersebut mendapat dukungan penuh Pemerintah melalui kunjungan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita ke Unit DHDT Refinery Unit (RU) II Dumai Rabu (15/07) sekaligus menerima contoh produk D-100 dari Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Langkah ini juga sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang menekankan pentingnya menghasilkan Bahan Bakar Nabati (BBN) dengan mendayagunakan sumber daya alam domestik untuk membangun ketahanan, kemandirian, dan kedaulatan energi nasional.

Prospek Komoditas Minyak Sawit di Tengah Ketidakpastian Perang Dagang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sejarah Hingga Aset PT Pertamina Yang Harus Kamu Ketahui]

 

Seperti diketahui sebelumnya, Presiden Joko Widodo optimistis Indonesia mampu mendorong penggunaan alternatif energi untuk menekan impor minyak dan gas bumi.

Saat ini, Indonesia telah memulai program B20 yang merupakan campuran solar dengan 20 persen biodiesel. Selanjutnya, Indonesia bergerak menuju penggunaan B30.

Jokowi optimistis penggunaan biodiesel ini akan lebih banyak pada masa mendatang. “Tapi kita bisa lebih dari itu, kita bisa membuat B100,” ujar Jokowi sebagaimana mengutip dari Kontan.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT Kilang Pertamina Internasional, Budi Santoso Syarif menerangkan, meski baru mampu mengolah minyak sawit 20% menjadi bensin, ini menjadi yang pertama di dunia.

Pengolahan minyak sawit menjadi Green Gasoline belum pernah dilakukan dalam skala operasional.

“Mengolah minyak sawit menjadi green diesel sudah dilakukan juga oleh beberapa perusahaan lain di dunia, namun mengolah minyak sawit menjadi green gasoline belum pernah dilakukan di dunia dan Pertamina adalah yang pertama karena selama ini hal tersebut masih sebatas skala laboratorium untuk riset,” ujar Budi mengutip dari Detikcom, Jumat (17/07).

Budi menambahkan, tantangan ke depan, Pertamina tidak hanya mengembangkan green energy dari sawit, tetapi juga dari sumber daya lainnya seperti algae, gandum, sorgum dan sebagainya.

Seperti diketahui, Pertamina telah menggunakan Biosolar atau fatty acid methyl ester (FAME) untuk program biodiesel sejak tahun 2006 dan hingga tahun 2017. Selama lebih dari satu dekade penyerapan FAME mencapai 9,2 juta kiloliter.

Pada tahun 2018, Pertamina menjalankan Program B20 di mana penyerapan FAME sebesar 3,2 juta KL yang pencampurannya dilakukan di 69 lokasi.

Melalui Program B30, pada tahun 2019, penyerapan FAME meningkat tajam sebesar 5,5 juta KL dan tahun 2020 ditargetkan meningkat menjadi 8,38 juta KL.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Implementasi program B20 dan B30 di tahun 2019 telah menghemat devisa negara sebesar Rp 43,8 triliun dan tahun 2020.

Pertamina menargetkan penghematan devisa sebesar Rp 63,4 triliun dengan serapan tenaga kerja sebanyak 1,2 juta orang.

Program 100% memakai sumber daya nabati untuk bahan bakar tampaknya kini menjadi kenyataan. Pertamina hari ini meresmikan uji coba produk 100% memakai sawit atau dinamakan Bahan Bakar Sawit (BBS).

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 Juli 2020. Pertamina Kembangkan Bensin dari Minyak Sawit. Oto.detik.com – https://bit.ly/2CHHLws
  • Ruly Kurniawan. 17 Juli 2020. Pertamina Siap Produksi Solar dari 100 Persen Minyak Sawit. Otomotif.kompas.com – https://bit.ly/3eK3Mbn
  • Euis Rita Hartati. 16 Juli 2020. Pertamina Berhasil Uji Coba BBM dari 100% Minyak Sawit. Investor.id – https://bit.ly/30iy9Am
  • Azis Husaini. 15 Juli 2020. Program B100 Jokowi berhasil diwujudkan, Pertamina kini punya bahan bakar 100% sawit. Industri.kontan.co.id – https://bit.ly/398Ntng