Ingin investasi emas? Coba cara investasi emas batangan di Pegadaian ini! Dijamin aman! Yuk, cari tahu informasi selengkapnya di artikel Finansialku satu ini!

 

Summary

  • Untuk membuka tabungan atau rekening emas Pegadaian dapat dilakukan secara offline dan secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital.
  • Jumlah gramasi emas yang bisa dibeli di Pegadaian mulai dari 0,01 gram dengan sistem pembelian secara top up.

 

Keuntungan Investasi Emas Batangan

Bukan tanpa alasan emas memiliki sebutan safe haven. Ini tentu karena manfaat emas menjadi salah satu instrumen investasi yang bisa menyelamatkan harta kita dari gerusan inflasi.

Bukan cuma itu, emas dipercaya menjadi salah satu instrumen paling aman, karena sepanjang sejarah, belum pernah tercatat bahwa emas mengalami penurunan yang signifikan setiap tahunnya.

Malah, berbeda dengan instrumen investasi lainnya yang sempat terguncang akibat adanya pandemi, harga emas malah bertolak belakang, terus melambung naik hingga pernah mencapai angka Rp 1 juta.

Bukan cuma itu, ada beberapa keuntungan investasi emas batangan yang akan dirasakan oleh investor, di antaranya adalah:

 

#1 Likuiditas Tinggi

Keuntungan investasi emas batangan yang pertama, emas merupakan salah satu instrumen yang mudah untuk dicairkan, melebihi properti, saham, reksadana, dan investasi berbasis kertas lainnya.

 

#2 Menganut Prinsip Kelangkaan

Penurunan harga emas memang tidak bisa dihindari, mengingat prinsip investasi yang selalu ada risiko dan fluktuasi harga.

Biar begitu, untuk investasi jangka panjang, emas dinilai lebih aman karena menganut prinsip kelangkaan, di mana semakin langka emas, maka semakin tinggi pula harga emasnya.

[Baca Juga: 5 Tips Nabung Emas di Pegadaian, Biar Bisa Punya 100 Gram Pertama]

 

#3 Setara dengan Uang Tunai

Karena sifatnya yang likuid, emas sering disetarakan dengan uang tunai dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai tujuan. Emas bisa Anda manfaatkan sebagai dana darurat, karena mudah dicairkan kapan saja.

Sebagai informasi saja, keuntungan investasi emas batangan tidak hanya terbatas pada tiga hal di atas.

Jadi, kabar yang baik buat Sobat Finansialku yang ingin melakukan investasi emas batangan, karena tidak seperti jaman dulu, proses investasi emas batangan saat ini tergolong sangat mudah, cepat, dan murah.

Selain itu, saat ini, untuk bisa punya emas batangan, Sobat Finansialku tidak perlu menyiapkan modal yang cukup banyak untuk punya aset emas batangan.

Saat ini sudah banyak aplikasi atau platform yang menyediakan layanan yang memungkinkan Sobat Finansialku untuk membeli emas dengan modal yang sedikit, bahkan hanya dengan Rp 100 ribu saja.

 

Cara Investasi Emas Batangan di Pegadaian

Salah satu platform yang menyediakan fasilitas tersebut adalah Pegadaian. Sobat Finansialku bisa memanfaatkan platform ini untuk menumpuk kekayaan lewat investasi emas.

Beberapa manfaat yang diklaim dapat dirasakan oleh pemilik rekening tabungan emas di Pegadaian di antaranya adalah:

  • Fleksibel, karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja
  • Tabungan emas tidak perlu dicetak secara fisik, tapi bisa dicetak ketika nasabah membutuhkannya.
  • Proses pencairan yang mudah, hanya melalui Aplikasi Pegadaian Digital.

 

Untuk membuka tabungan atau rekening emas Pegadaian, Sobat Finansialku hanya perlu mendatangi cabang resmi Pegadaian terdekat dan mengisi formulir yang disediakan.

Bukan hanya secara offline, Pegadaian juga memberikan pilihan untuk membuat rekening secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital yang sudah tersedia di Google Play Store atau pun Apple Apps Store.

[Baca Juga: Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian, Mudah dan Aman!]

 

Terdapat biaya administrasi yang dibebankan saat kita pertama kali membuat rekening tabungan emas di Pegadaian.

Rp 10.000 untuk biaya administrasi dan Rp 30.000 untuk biaya fasilitas penitipan emas selama 12 bulan.

Adapun, jumlah gramasi emas yang bisa dibeli oleh Sobat Finansialku mulai dari 0,01 gram.

Sementara itu, sistem pembeliannya adalah dengan top up ke akun yang sudah didaftarkan sebelumnya dengan minimal nominal Rp 50 ribu.

Top up dapat dilakukan melalui internet banking, mobile banking, atau melalui mesin ATM dari bank BUMN, seperti Mandari, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Jika Sobat Finansialku ingin upgrade skill investasi emas yang mudah untuk diterapkan, kamu bisa dapatkan lewat ebook gratis di bawah ini. Download sekarang, ya.

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

6 Panduan Berinvestasi Emas Batangan/Perhiasan Untuk Pemula

 

Nah, itu dia cara investasi emas batangan di Pegadaian dengan memanfaatkan fitur tabungan emas. Apakah kamu punya pertanyaan terkait ini? Kalau ada, jangan ragu untuk sampaikan lewat kolom komentar, ya!

Kamu juga bisa membagikan informasi ini kepada teman-teman investor emas lainnya lewat pilihan platform media sosial yang ada di samping, ya!

 

Editor: Ratna SH