Yuk, ketahui cara menabung emas di Pegadaian dengan cepat dan mudah dilakukan. Kamu bisa investasi emas dengan modal yang terjangkau.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Menabung Emas

Sekarang ada berbagai instrumen investasi yang dapat kamu pilih. Ada investasi saham, reksa dana, P2P lending, emas, dan lain sebagainya.

Salah satu investasi yang sudah ada dari zaman dahulu dan masih ada sampai sekarang adalah investasi emas.

Bahkan, investasi emas masih tinggi peminatnya hingga sekarang, lho. Nilai emas yang cenderung selalu naik membuat banyak orang memilih untuk berinvestasi emas. Hingga saat ini, emas masih mengalami kenaikan harga.

Harga emas per tanggal 2 april 2020 bahkan sudah mencapai Rp 918 ribu per gramnya. Harga emas per gramnya memang relatif kurang terjangkau bagi beberapa kalangan seperti mahasiswa.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, guys. Kalian tetap bisa berinvestasi emas dengan modal yang jauh lebih terjangkau. Bagaimana caranya? Kamu bisa berinvestasi emas melalui menabung emas.

Menabung emas ini bisa kamu lakukan di Pegadaian melalui program tabungan emas Pegadaian. Tabungan emas Pegadaian merupakan layanan penitipan saldo emas yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi emas.

 

Keunggulan Dari Tabungan Emas

Sebelum mengetahui cara membuat tabungan emas di Pegadaian, yuk ketahui dulu keunggulan-keunggulannya. Berikut beberapa keunggulan dari tabungan emas.

  1. Tabungan emas tersedia di seluruh outlet Pegadaian dan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, dan Marketplace
  2. Order cetak emas bisa dilakukan mulai dari kepingan 1 gram
  3. Harga jual dan harga buyback yang kompetitif
  4. Biaya administrasi dan pengelolaan yang ringan
  5. Dijamin 24 karat
  6. Nasabah bisa melakukan buyback mulai dari 1 gram
  7. Nasabah bisa melakukan transfer ke rekening tabungan emas mulai dari 0,1 gram saja
  8. Dikelola secara profesional dan transparan
  9. Nasabah bisa melakukan pembelian tabungan emas (Top Up) mulai dari 0,01 gram

Guys, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian, Simpel dan Cepat! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Batangan adalah Sarana untuk Hedging dan Diversifikasi Portofolio Investasi]

 

Persyaratan Membuka Tabungan Emas

Untuk bisa memiliki atau membuka tabungan emas maka, terdapat beberapa syarat yang perlu kamu penuhi ya. beberapa persyaratan yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut:

  1. Memiliki identitas yang masih berlaku (KTP/Paspor)
  2. Mengisi formulir pembukaan rekening tabungan emas
  3. Biaya transaksi tabungan emas

 

Cara Memiliki Tabungan Emas

Setelah mempersiapkan beberapa persyaratan yang harus kamu lengkapi, maka kamu bisa memulai untuk membuka tabungan emas di Pegadaian. Berikut cara yang mudah dan simpel membuka tabungan emas.

Pendaftaran untuk mendaftar pembukaan tabungan emas dapat dilakukan melalui 2 cara yakni secara offline dan online.

Untuk secara offline maka kamu bisa langsung datang ke outlet Pegadaian atau ke agen Pegadaian. Sedangkan untuk secara online, kamu bisa mendaftar secara online melalui aplikasi Pegadaian digital.

Kali ini, rubrik Finansialku akan berbagi cara membuka tabungan emas di Pegadaian secara online, ya.

Berikut langkah-langkah membuka tabungan emas secara online.

 

#1 Download Aplikasi Pegadaian Digital

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi pegadaian digital. Aplikasi pegadaian tersebut bisa kamu download di Playstore atau Appstore.

 

#2 Mengisi Data Pribadi

Setelah mendaftar secara online untuk membuka tabungan emas, maka kamu perlu mengisi formulir permohonan pembukaan rekening tabungan emas. Selain itu, kamu juga perlu melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor).

Beberapa data yang diminta adalah:

  1. Data pribadi:
    • Nama
    • KTP
    • Tempat, tanggal lahir
    • Nomor telepon
    • Nama ibu kandung, dan lain-lain
  1. Melampirkan atau Upload KTP

 

Guys, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian, Simpel dan Cepat! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Risiko dari Investasi]

 

#3 Memilih Unit Pegadaian

Apabila kamu mendaftar secara online maka kamu perlu memilih unit Pegadaian. Unit Pegadaian yang dimaksud adalah cabang Pegadaian yang nanti akan kamu datangi untuk menyelesaikan proses pembukaan tabungan emas.

Jadi, Pegadaian tetap membutuhkan kehadiran kamu secara fisik ke cabang untuk memastikan bahwa yang mendaftar benar-benar kamu, ya.

Apabila kamu sudah mendaftar, batas waktu untuk melakukan proses KYC (Know Your Customer) adalah maksimal 6 bulan semenjak tanggal pendaftaran.

Jika kamu belum melakukan proses KYC sampai dengan maksimal jangka waktu maka, Pegadaian akan membekukan rekening tabungan emas kamu sampai dengan 18 bulan sejak tanggal pembukaan rekening tabungan emas.

Jadi, jangan lupa untuk melakukan proses KYC nya ya, guys.

Guys, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian, Simpel dan Cepat! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Investor Pemula, Ketahui Cara Memulai Investasi Emas Agar Tidak Salah!]

 

#4 Membayar Biaya Pembukaan Tabungan Emas

Setelah selesai memilih cabang, maka Pegadaian akan menunjukkan rincian biaya pembukaan rekening tabungan emas. Biaya tersebut terdiri dari fasilitas titipan emas sebesar Rp 30 ribu, serta Rp 70 ribu untuk pembelian saldo awal.

Sehingga, total biaya pembukaan yang harus dibayar adalah sebesar Rp 100 ribu. Oh ya, fyi biaya pembukaan rekening tabungan emas ini wajib dibayar ya.

Pegadaian memberikan beberapa pilihan cara pembayaran. Salah satu cara pembayarannya dapat dilakukan melalui transfer ke rekening virtual account Pegadaian yang sudah tersedia.

Perlu kamu ketahui bahwa nomor virtual account memiliki masa kedaluwarsa, jadi wajib kamu bayar sebelum masa itu berakhir, ya.

Setelah melakukan pembayaran dan terkonfirmasi, maka akan ada pemberitahuan melalui e-mail bahwa tabungan emas kamu sudah aktif.

Walaupun di aplikasi tabungan emas sudah dibuka, namun kamu belum langsung bisa menggunakannya untuk investasi emas, ya.

 

#5 Mengambil Buku dan KYC ke Unit Pegadaian

Sesuai dengan ketentuan Pegadaian, kamu tetap harus datang ke cabang atau unit Pegadaian untuk mengambil buku tabungan emas serta verifikasi nasabah KYC.

Unit Pegadaian yang harus kamu datangi adalah unit yang sudah kamu pilih sebelumnya. Ketika mendatangi unit Pegadaian, terdapat beberapa hal yang kamu lakukan.

  1. Verifikasi KTP serta pengecekan aplikasi tabungan emas Pegadaian oleh petugas untuk memastikan sudah siap untuk pembukaan tabungan
  2. Pembuatan buku tabungan emas. Buku tabungan emas ini seperti buku tabungan di bank yang berisi saldo dan mutasi Kamu bisa update saldo buku tabungan emas di unit atau melihat saldo di tabungan emas melalui aplikasi Pegadaian digital
  3. Pendaftaran verifikasi rekening bank nasabah yang digunakan untuk pencairan dana saat melakukan penjualan emas atau gadai emas. Pendaftaran rekening bank ini harus dilakukan di unit. Petugas unit Pegadaian nantinya akan melakukan verifikasi OTP melalui pengiriman SMS ke ponsel kamu, dan kamu harus menyebutkan kode OTP tersebut.

 

Apabila pendaftaran rekening bank tidak dilakukan, kamu tetap bisa membeli emas secara online, kok.

Namun, apabila kamu melakukan penjualan emas (buy-back) maka harus dilakukan di unit Pegadaian untuk menerima dana secara tunai. Hal ini dikarenakan belum ada rekening bank untuk mentransfer hasil penjualan emas.

Guys, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian, Simpel dan Cepat! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Cara Menabung Emas

Setelah berhasil membuka tabungan emas maka, sekarang kamu sudah bisa memulai untuk menabung emas. Berikut langkah-langkah menabung emas dengan membeli emas di Pegadaian secara online melalui aplikasi Pegadaian.

  1. Membuka aplikasi Pegadaian
  2. Memilih fitur beli emas
  3. Masuk ke bagian beli emas, menentukan sumber dana top-up yang bisa rekening sendiri atau rekening lain
  4. Mengisi jumlah pembelian dalam rupiah yang kemudian dikonversikan ke gram emas sesuai harga beli emas yang berlaku saat itu
  5. Setelah mengisi jumlah pembelian emas, kamu akan menerima konfirmasi soal jumlah uang yang harus dibayar serta cara pembayarannya.
  6. Kamu dapat membayar dengan cara transfer ke rekening virtual account yang sudah ditentukan di mana terdapat pilihan beberapa bank virtual account. Oh iya, ada biaya administrasi untuk pembayaran ke virtual account sebesar Rp 2.500 per transaksi ya.
  7. Setelah memilih bank serta setuju untuk membayar administrasi maka kamu akan menerima detail nomor rekening dan cara pembayaran ke bank tersebut. Ingat ya, bahwa ada batas waktu pembayaran. Jadi, selesaikan pembayaran sebelum waktunya habis.

Guys, Begini Cara Menabung Emas di Pegadaian, Simpel dan Cepat! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk! Kenalan dengan Investasi]

 

Untung dengan Menabung Emas

Sebelum kamu memutuskan untuk menabung emas di Pegadaian, kamu harus tahu jenis layanan investasi emas di Pegadaian. Untuk lebih lengkapnya, yuk cek video di bawah ini.

 

Setelah mengetahui apa itu tabungan emas Pegadaian, cara membuka rekening, serta cara menabung emas maka, kamu sudah semakin mengerti kan bagaimana cara menabung emas dengan mudah.

Dengan nilai emas yang cenderung naik setiap tahunnya, maka dengan menabung emas kamu memiliki peluang yang besar untuk bisa memperoleh keuntungan dari menabung emas di masa yang akan datang.

Dengan menabung emas, sekarang kamu sudah bisa berinvestasi emas dengan lebih mudah, deh. Selamat menabung emas, guys!

 

Jadi, apakah kamu mau memulai menabung emas? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang sudah tersedia. Semoga artikel ini bermanfaat. Thank you guys!

 

Sumber Referensi:

  • Pegadaian. 2020. Tabungan Emas. Pegadaian.co.id – https://bit.ly/3bRq6P7
  • Rio. 14 Juli 2019. Pengalaman Tabungan Emas Pegadaian 2019 (Bunga, Gadai & Resiko). Duwitmu.com – https://bit.ly/39EwYhb

 

Sumber Gambar:

  • Menabung Emas 1 – https://bit.ly/2zHIg8f
  • Menabung Emas 2 – https://bit.ly/3aOW51w
  • Menabung Emas 3 – https://bit.ly/2ySgYvu
  • Menabung Emas 4 – https://bit.ly/2YdfGpr
  • Menabung Emas 5 – https://bit.ly/3aI90SM