Sobat Finansialku, macam-macam investasi emas apa yang kamu ketahui? Tahukah sobat ternyata ada banyak macam investasi emas lho…

Apa saja? Ikuti artikel ini sampai selesai ya, selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengenal Berbagai Macam Investasi Emas

Investasi emas merupakan jenis investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat, sebab dianggap lebih menguntungkan. Investasi ini ternyata tidak hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis yang berbeda.

Nah… berikut ini macam-macam investasi emas yang perlu diketahui oleh kamu.

 

#1 Emas Batangan

Investasi emas batangan, merupakan jenis investasi yang paling dikenal oleh masyarakat. Pasalnya investasi emas batangan ini dianggap lebih menguntungkan, serta memiliki proses yang lebih mudah saat hendak menjualnya kembali.

Investasi Emas Sebagai Dana Darurat Ini Caranya! (2)

[Baca Juga: Harga Emas Hari Ini 17 Maret 2020 adalah Rp801.000 per gram]

 

Untuk urusan keamanan dari investasi emas batangan, semuanya tergantung dari cara sobat menjaganya. Sebab investasi emas batangan juga memiliki risiko kehilangan.

Meski dengan risiko tersebut, investasi emas batangan tetap menjadi jenis investasi emas yang patut untuk diperhitungkan, terlebih untuk investasi jangka panjang.

 

#2 Emas Perhiasan

Selain bisa digunakan untuk menambah nilai penampilan, emas perhiasan juga bisa dijadikan untuk berinvestasi.

Hanya saja sangat tidak disarankan jika emas perhiasan dijadikan untuk investasi jangka pendek, sebab sobat Finansialku kemungkinan besar tidak akan mendapat keuntungan, malah harus menerima kerugian.

Hal ini karena saat membeli emas perhiasan, sobat Finansialku juga pasti akan membayar biaya pembuatan.

Nah… sedangkan saat hendak menjualnya kembali, pembeli tidak akan memperhitungkan biaya pembuatan tersebut. Untuk itu, emas perhiasan hanya cocok bila dijadikan sebagai investasi jangka panjang.

 

#3 Koin Emas

Jenis yang satu ini dijadikan sebagai investasi oleh mereka yang ingin naik haji, sehingga sering juga disebut sebagai koin emas Ongkos Naik Haji.

Perbedaan dari jenis koin emas ialah pada harganya yang mengikuti harga dolar Amerika serta aman dari inflasi.

 

#4 Emas Kuno

Emas kuno biasanya berbentuk koin dan telah berumur ratusan bahkan ribuan tahun. Harganya juga kerap sangat mahal, sebab mengandung nilai sejarah.

 

#5 Kontrak Emas Berjangka

Untuk yang satu ini, sobat Finansialku tidak akan memegang emas dalam bentuk fisik, melainkan hanya akan memiliki bukti administrasi untuk kepemilikan emas tersebut.

Emas tersebut dapat dibeli maupun dijual pada pasar perdagangan berjangka, dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi.

 

#6 Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Selanjutnya kamu juga dapat membeli saham perusahaan pertambangan emas. Keuntungan bisa sobat dapat apabila harga emas di pasaran sedang naik, sehingga harga saham perusahaan juga akan semakin meningkat pesat.

Namun risikonya juga tetap ada lho. Untuk itu, perlu lebih berhati-hati!

 

#7 Sertifikat Emas

Jenis investasi emas yang satu ini kurang lebih, hampir mirip dengan jenis investasi emas di poin sebelumnya, yaitu kita tidak perlu memegang emas tersebut dalam bentuk fisik, namun hanya memegang sertifikatnya saja.

Cuan Emas Berbagai Pilihan Investasi Emas di Saat Resesi 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Emas Sebagai Dana Darurat? Ini Caranya!]

 

Jadi sertifikat emas ini membuktikan bahwa kamu memiliki simpanan emas di bank. Dan selain keamanan yang lebih terjamin, jenis investasi sertifikat emas juga lebih menguntungkan. Pasalnya, sobat tidak perlu mengeluarkan biaya penyimpanan emas atau safe deposit box.

 

#8 Emas Lokal

Disebut sebagai emas lokal sebab pemurnian emas tersebut dilakukan oleh industri kecil yang ada pada daerah tertentu. Karenanya, nilai dari investasi emas jenis ini cenderung tidak stabil antar daerah yang satu dengan yang lainnya.

Hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kemurnian dari emas tersebut.

 

#9 DS/MLM Emas

Investasi emas selanjutnya dapat juga dilakukan melalui direct selling/DS ataupun melalui multilevel marketing/MLM.

Namun meski jenis ini menjanjikan keuntungan yang besar, sebaiknya sobat Finansialku harus ekstra hati-hati, sebab praktik DS maupun MLM di Indonesia banyak yang palsu.


 

#10 Dinar Emas

Ingin investasi emas dengan nilai intrinsiknya yang tidak menurun, maka dinar emas bisa menjadi jawabannya. Dinar emas merupakan jenis yang tahan terhadap inflasi. Di Indonesia, kita bisa menemukannya di PT ANTAM.

 

#11 ETF Emas

Exchange Trade Fund pada dasarnya hampir sama dengan reksa dana emas. Namun yang membedakannya ialah, ETF ini diperdagangkan di bursa efek (pasar modal).

 

Mana yang Paling Baik?

Pada dasarnya setiap jenis investasi memiliki peluang keuntungan sekaligus memiliki risiko. Jadi, semuanya tergantung dari seberapa beraninya sobat Finansialku untuk mengambil risiko.

Perlu diingat, semakin besar keuntungan maka akan semakin besar pula risikonya.

 

Nah sobat… ternyata macam-macam investasi emas itu ada banyak. Jadi mana yang akan kamu pilih?

Yuk sharingkan pilihan kamu di kolom komentar ya, dan jangan lupa untuk berbagi artikel ini kepada teman-teman kamu. Mungkin mereka membutuhkan kepastian untuk memulai investasi emas berdasarkan informasi dalam artikel ini. Terima Kasih….

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Agustus 2013. 12 Jenis Investasi Emas. Orori.com – https://bit.ly/3czaDnT