Masa pensiun adalah sebuah masa yang tidak dapat dihindari, setiap pegawai pasti akan menghadapi masa pensiun.

Perbedaannya, jika Anda telah siap menghadapi masa pensiun, Anda akan lebih senang melaluinya.

Artikel ini akan membahas cara-cara untuk mempersiapkan diri menuju ke masa pensiun serta tips-tips yang Anda lakukan jika telah memasuki usia pensiun.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Rencana Persiapan Memasuki Pensiun

Perubahan di rutinitas serta psikologis seseorang ketika pada masa pensiun sangat beragam; ada yang positif dan ada yang negatif.

Tentunya, setiap orang mendambakan masa pensiun yang positif dan berguna. Hal tersebut dapat dicapai dengan perencanan yang tepat.

Berikut adalah beberapa perencanaan yang dapat Anda lakukan dari sekarang untuk memasuki usia pensiun.

 

#1 Perencanaan Keuangan

Pada saat pensiun, Anda tidak akan memiliki energi yang sama untuk bekerja seperti saat Anda masih produktif. Daripada Anda harus bergantung pada orang lain, lebih baik Anda mandiri dan bergantung pada tabungan yang telah Anda sediakan dari sekarang.

Terdapat beberapa tips untuk menabung, berikut di antaranya:

 

  • Tetapkan Tujuan dan Usia Pensiun

Ada yang beranggapan, usia 65 tahun adalah usia pensiun yang pantas, tetapi ada pula yang ingin pensiun di usia 75 tahun. Masing-masing orang mempunyai usia pensiun yang berbeda, untuk itu, Anda harus menentukan usia pensiun yang Anda inginkan.

Setelah itu, tentukan jumlah yang Anda butuhkan pada usia pensiun tersebut, jumlah yang didapatkan merupakan tujuan Anda. Biaya hidup pada masa pensiun pasti lebih rendah dibandingkan saat ini karena adanya penurunan pengeluaran.

Biasanya jumlah yang dibutuhkan untuk setiap bulannya adalah 80% dari jumlah pengeluaran bulanan Anda saat ini.

 

  • Besar dan Jangka Waktu Menabung

Setelah Anda mengetahui jumlah yang Anda butuhkan serta usia pensiun Anda, maka hitunglah jarak saat ini dengan usia pensiun Anda.

Jarak tersebut merupakan maksimal jangka waktu Anda menabung. Maksimal di sini, berarti dengan jangka waktu tersebut, Anda sudah harus mencapai jumlah yang Anda butuhkan, tetapi jika Anda dapat mencapai jumlah tersebut sebelum Anda mencapai usia pensiun, maka lebih baik.

4-Cara-Memiliki-Tabungan-Pensiun-1-Finansialku

[Baca Juga: Para HR, Pahami Keuntungan Pelatihan Masa Persiapan Pensiun Untuk Karyawan]

 

Besaran jumlah tabungan juga tergantung pada jumlah dana pensiun yang Anda butuhkan. Semakin banyak dana yang dapat Anda tabung setiap bulannya, semakin cepat Anda dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan sebaliknya.

Jumlah tabungan dan jumlah dana pensiun harus diperbaharui setiap 3 atau 5 tahun karena penghasilan dan pengeluaran Anda akan berubah.

 

  • Investasi

Apapun bentuk investasinya, selagi Anda mulai berinvestasi, Anda dapat mempersiapkan masa pensiun yang lebih baik.

Carilah investasi yang sesuai dengan profil risiko serta jangka waktunya. Setiap instrumen investasi memiliki risiko dan return yang berbeda, mulai dari risiko yang paling rendah misalnya deposito atau emas hingga risiko yang tinggi seperti investasi saham.

Jika masa pensiun Anda akan dihadapi dalam jangka waktu singkat, maka carilah investasi yang memililiki jangka waktu singkat seperti reksa dana.

Jika jangka waktunya masih panjang, Anda dapat memilih properti. Yang terpenting adalah Anda berusaha untuk melakukan investasi sehingga Anda memiliki pendapatan pasif.

Sudah tahu cara berinvestasi saham? Jangan khawatir, investasi saham itu mudah dijalani asal Anda paham strateginya. Baca ebook Panduan Berinvestasi Saham untuk Pemula dari Finansialku, untuk menambah pengetahuan Anda tentang investasi saham.

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

 

  • Disiplin Mengatur Keuangan

Jangan tunggu hingga masa pensiun untuk belajar disiplin mengatur keuangan. Kebiasaan disiplin ini harus ditanam sejak dini dan dipertahankan hingga usia pensiun.

Dengan pengaturan keuangan yang disiplin, Anda akan lebih mudah menyisihkan dana untuk menabung dan investasi.

Dengan disiplin pula, Anda dapat membelanjakan dana pensiun dengan lebih baik.

 

#2 Perencanaan Tempat Tinggal

Untuk merencanakan pensiun yang damai dan tenang, Anda juga harus mempertimbangkan di mana Anda akan tinggal nantinya.

Apakah Anda akan tinggal dengan anak Anda atau tinggal sendiri? Di mana Anda akan tinggal, apartemen atau rumah?

Hal-hal seperti ini harus Anda siapkan dari sekarang karena tempat tinggal yang berbeda membutuhkan keperluan yang berbeda pula.

Para-HR,-Begini-Cara-Terbaik-Menghadapi-Masa-Pensiun-Bagi-Karyawan-2-Rumah-Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan, Siapkan Dana Untuk Usaha Sampingan Saat Pensiun. Kenali Jenis Usahanya]

 

#3 Perencanaan Perlindungan

Perlindungan adalah sesuatu yang sering diremehkan manfaatnya, padahal dengan usia yang bertambah tua, proteksi menjadi lebih penting.

Anda tentunya tidak ingin membebankan orang lain atau diri sendiri dengan pengeluaran untuk kesehatan yang jumlahnya mungkin banyak.

Dengan memiliki perlindungan seperti asuransi, Anda dapat mengurangi pengeluaran tersebut.

Asuransi juga banyak jenisnya, ada asuransi dana pensiun, asuransi kesehatan, asuransi jiwa.

Setiap asuransi ini memiliki manfaat yang berbeda dan program 1 perusahaan dengan perusahaan lainnya juga berbeda. Untuk itu, ketahuilah manfaat serta ketentuan polis dengan baik sebelum Anda memilih asuransi tersebut.

 

#4 Perencanaan Kegiatan

Untuk mengisi waktu luang yang Anda miliki pada masa pensiun, Anda harus merencanakan kegiatan yang akan dilakukan. Misalnya, Anda mulai mencari komunitas olahraga untuk warga lansia atau kegiatan sosial yang dapat Anda tekuni.

Kegiatan ini bukan melulu harus berupa kegiatan yang berkonsep hiburan. Anda dapat melakukan kegiatan berbisnis atau bahkan mempelajari keahlian baru.

Kegiatan positif seperti ini dapat membuat Anda menjadi pensiunan yang sukses.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Tips untuk Perencanaan Masa Pensiun

Setelah Anda mengetahui perencanaan yang dapat dilakukan untuk menghadapi masa pensiun dengan tenang, Anda harus mampu melakukannya agar perencanaan tersebut efektif.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:                  

  • Tetap positif. Aktivitas yang berbeda dapat membuat seseorang menjadi tidak terbiasa dan stres. Untuk itu, selalu positif dalam menghadapi usia pensiun dapat membantu Anda secara psikis

  • Hati-hati dalam menggunakan uang pensiun. Walaupun Anda telah mempersiapkan uang tersebut, Anda tetap tidak boleh membelanjakan uang pensiun dengan foya-foya.

  • Hati-hati dengan investasi abal. Tidak memiliki pendapatan tetap akan membuat Anda berusaha mencari investasi atau penghasilan tambahan. Alangkah baiknya untuk berhati-hati ketika memilih investasi karena maraknya investasi bodong yang bukannya ‘untung tetapi buntung’.

  • Pilih tempat tinggal yang murah. Jika Anda hanya tinggal berdua, Anda tidak perlu tinggal di perumahan mewah atau yang besar. Selain repot membersihkannya, biaya yang dibutuhkan pun akan lebih tinggi.

  • Perhatikan kesehatan jasmani dan rohani agar Anda tidak menyusahkan orang lain. Kurangi kebiasaan buruk seperti merokok atau minum alkohol karena hal ini dapat membahayakan Anda.

 

Hadapi Pensiun dengan Lapang Dada

Masa pensiun merupakan masa yang harusnya menyenangkan karena Anda akan memiliki waktu luang untuk menyalurkan minat dan bakat Anda.

Selain itu, Anda dapat menghabiskan waktu lebih banyak untuk keluarga Anda dan mempererat hubungan keluarga.

Dengan adanya perencanaan di atas, Anda akan memperoleh masa pensiun yang damai dan tenang.

 

Usia berapakah target pensiun Anda? Rencana apa saja yang telah Anda susun untuk menghadapi usia pensiun? Bagikan tips dan trik yang Anda lakukan agar lebih banyak orang yang dapat dengan bahagia menghadapi masa pensiun mereka.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Rencana Persiapan Memasuki Pensiun. Carajadikaya.com – https://goo.gl/whzHQ2
  • Admin. Tips Masa Persiapan Pensiun (MPP). Putra-putri-indonesia.com – https://goo.gl/kYafN1
  • 30 Januari 2017. Beberapa Tips Menghadapi Masa Pensiun yang Bahagia. Pelatihanpensiun.dtinsani.com – https://goo.gl/Etzu86

 

Sumber Gambar:

  • Persiapan pensiun – https://goo.gl/ufRQY3
  • Rumah untuk pensiunan – https://goo.gl/hr8US7

 

Summary
Para HR, Begini Cara Terbaik Menghadapi Masa Pensiun Bagi Karyawan
Article Name
Para HR, Begini Cara Terbaik Menghadapi Masa Pensiun Bagi Karyawan
Description
Masa pensiun adalah sebuah masa yang tidak dapat dihindari, setiap pegawai pasti akan menghadapi masa pensiun.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo