Memasuki masa pensiun tentunya membawa perubahan besar bagi hidup seseorang, terutama dari segi finansial. Apa solusi agar tetap memiliki pendapatan walau sudah berhenti bekerja? Anda bisa membuka usaha sampingan saat pensiun.

Mau tahu apa saja jenis usaha sampingan yang menguntungkan untuk pensiunan? Bagi Anda yang akan segera memasuki masa pensiun, simak 8 bisnis menguntungkan berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pensiun Bukan Berarti Berhenti Berkarya

Masa pensiun merupakan suatu masa yang akan dilalui setiap manusia, Anda tidak akan bisa selamanya bekerja. Ketentuan mengenai masa pensiun ini pun diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Tenaga Kerja, dimana dijelaskan bahwa usia pensiun untuk seorang pekerja adalah pada umur  55-60 tahun.

Artinya, saat menginjak usia tersebut Anda  seharusnya sudah tidak bekerja.

Bukan berarti peraturan tersebut tanpa pengecualian. Anda bisa saja berhenti bekerja, namun memulai aktivitas lain yang akan tetap mengisi waktu Anda.

Persiapan-Dana-Pensiun-02-Pensiun-Bahagia-Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Anda bisa memasuki fase ini dengan menjalani rutinitas baru selain bekerja di sektor formal, misalnya saja membuka sebuah usaha sampingan yang dapat menambah pemasukan.

Bisnis bagi para pensiunan ini memiliki beberapa kelebihan lho, antara lain:

  • Melatih otak agar tidak mudah pikun
  • Menambah pemasukan untuk masa pensiun yang lebih sejahtera
  • Mengisi waktu agar tubuh dan pikiran tidak menjadi malas

 

Bagaimana? Banyak sekali bukan benefitnya? Dengan demikian jangan ragu untuk mengisi hari tua dengan aktivitas yang bermanfaat seperti usaha sampingan atau bisnis kecil-kecilan.

Tenang saja, bisnis bukan berarti memeras tenaga dan keringat, Anda bisa memilih jenis bisnis yang hemat tenaga dan waktu.

Contohnya adalah 8 bisnis menguntungkan untuk pensiunan versi Finansialku berikut ini:

 

#1 Rumah Kost atau Kontrakan

Setelah memasuk dekade keenam dalam kehidupan, sudah sewajarnya Anda hidup dalam kebebasan finansial dan kenyamanannya.

Dengan pengaturan keuangan yang baik selagi muda, kini Anda seharusnya sudah siap menikmati buahnya.

Dengan kata lain, Anda bisa mengubah jenis investasi Anda menjadi lebih santai dan tidak terburu-buru alias jangka panjang. Misalnya saja membuat sebuah rumah kost atau kontrakan kecil-kecilan.

Selain memperoleh penghasilan setiap bulannya dari uang sewa, Anda juga memperoleh keuntungan lain berupa nilai aset yang akan terus naik. Luar biasa, bukan?

 

 

#2 Rental Kendaraan Bermotor

Serupa halnya dengan bisnis pada poin #1, Anda juga bisa menggunakan kendaraan bermotor pribadi sebagai aset yang disewakan ke publik.

Selain mudah dan sederhana, Anda hanya bermodalkan kendaraan dan bensin saja, atau menambah supir jika perlu.

Pilih-Beli-Mobil-atau-Beli-Rumah-2-Finansialku

[Baca Juga: Nyaris Terlambat, Seorang Karyawan Baru Menyiapkan Dana Pensiun di Usia 40 an. Jangan Khawatir Ini Strategi yang Dapat Anda Lakukan!]

 

Bisnis seperti ini cocok bagi para pensiunan, terutama yang tinggal di kawasan wisata seperti Bali, Lombok, dan daerah wisata lainnya. Selain dijamin banyak peminat, Anda juga tidak perlu repot mengontrol bisnis setiap hari.

 

#3 Kuliner

Siapa sih yang tidak tahu tentang bisnis kuliner? Pada dasarnya makanan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Tanpa makanan, manusia tidak akan bertahan hidup.

Oleh karena itulah bisnis yang satu ini tidak akan pernah sepi pengunjung.

Eits, jangan langsung beranggapan bisnis kuliner ini merepotkan. Anda bisa membeli waralaba sehingga sistem dan seluruh peralatan sudah siap, sehingga Anda hanya perlu menjalani operasionalnya saja.

Dengan demikian, bisnis yang satu ini juga pantas dipertimbangkan bagi para pensiunan, lho!

 

#4 Toko Kelontong

Bagi para pensiunan yang lelah bepergian ke lokasi kerja setiap hari, kini ada solusi cerdas bagi Anda.

Mengapa tidak membuka toko saja di rumah? Dengan demikian setiap hari Anda hanya perlu membuka toko di rumah. Sederhana bukan?

Toko yang dibuka bervariasi, namun bisa diawali dengan toko kelontong. Selain mudah di jalankan, bisnis ini memiliki risiko yang kecil.

Anda bisa memulai bisnis toko kelontong kecil-kecilan dengan menjual kebutuhan pokok seperti sembako. Selanjutnya Anda bisa mengembangkan bisnis tersebut secara perlahan dan menambah jenis barang yang dijual.

 

#5 Jual Beli Properti

Lagi-lagi ada hasil yang menguntungkan bagi Anda para investor pensiunan yang menghabiskan masa muda untuk membeli banyak properti. Kini Anda bisa memetik keuntungan dengan berjual beli properti.

Strategi Sukses Menjual Properti 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Jika Pensiunan Kembali Bekerja Setelah Pensiun]

 

Properti atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan primer selain makanan, sehingga pada umumnya tidak ada kerugiannya karena nilai jualnya selalu meningkat setiap tahun.

Anda dapat menjalankannya dengan santai dari rumah saja dan meminta bantuan agen properti untuk membantu pemasarannya. Sederhana sekali deh pokoknya!

 

#6 Mengajar atau Bimbingan Belajar

Apakah Anda dahulu adalah seorang pengajar atau guru les? Mengajar atau bimbingan belajar bisa jadi pekerjaan yang mengasyikkan bagi para mantan guru, juga sebagai obat kerinduan mereka ketika mengajar dulu.

Anda juga dapat memperkerjakan orang lain yang ingin mendapat penghasilan tambahan jika Anda sudah tidak mampu mengajar semua murid yang ada sendirian.

Anda bisa membukanya di rumah sendiri agar tidak membutuhkan proses bepergian. Modal yang dibutuhkan juga sedikit sekali.

 

 

#7 Reseller Produk Jadi

Apabila Anda merupakan mantan produsen berpengalaman, kini Anda bisa melanjutkan hobi tanpa perlu stress dan lelah mengelola lantai produksi. Atau mungkin Anda dahulu merupakan pedagang handal?

Anda bisa tetap berjualan dengan menjadi reseller atau penjual eceran barang jadi.

Caranya cukup mudah, Anda tinggal mencari penjual barang yang dapat Anda jual kembali, misalnya penjual tas atau pakaian dan membuat perjanjian bisnis dengannya.

Dengan risiko bisnis yang sangat kecil, Anda bisa menjalankan bisnis dengan santai. Terlebih umumnya Anda diperbolehkan menentukan harga sendiri lho, sehingga besar kecilnya keuntungan berada di tangan Anda.

 

#8 Blogger atau Penulis

Alternatif lain bagi para pensiunan yang masih menggebu-gebu jiwa kreativitasnya adalah menjadi penulis. Dalam profesi ini, usia bukanlah pembatas langkah Anda. Mengapa Anda harus berhenti berkreativitas jika Anda masih mampu melakukannya?

Usaha-Sampingan-Saat-Pensiun-1-Finansialku

[Baca Juga: Para Karyawan Coba Jawab: Umur Berapa Seharusnya Saya Mulai Menyiapkan Dana Pensiun?]

 

Bagi Anda yang hobi menulis, Anda bisa tetap melakukan pekerjaan ini sambil bersantai di kebun di rumah atau di dalam ruang baca Anda. Output-nya juga bisa menghasilkan uang lho, yaitu situs blog atau buku.

Hanya dengan bermodalkan laptop atau komputer, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Selain sebagai ajang penyaluran hobi, Anda juga bisa memperoleh uang tambahan untuk masa pensiun Anda. Luar biasa ya!

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Risiko Jika Tidak Menyiapkan Dana untuk Usaha Sampingan saat Pensiun

Masa pensiun tentu terdengar menyenangkan bagi mayoritas orang. Masa inilah di mana Anda bisa berhenti bekerja dan menikmati hasil kerja keras Anda selama ini.

Namun, sayangnya hal itu hanya bisa diperoleh jika Anda memiliki PERENCANAAN!

Pada masa pensiun, tidak ada lagi pemasukan aktif dari pekerjaan, sehingga Anda hidup dari uang yang tersisa.

Masalahnya, hanya sebagian kecil yang berhasil mempersiapkan “sisa uang” yang cukup untuk menghidupi masa pensiun. Dengan kata lain, dana pensiun yang dipersiapkan KURANG.

 

Iklan Perencanaaan Hari Tua - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dalam kondisi terburuk, Anda harus menunda pensiun sementara atau selamanya untuk bisa bertahan hidup.

Untuk melihat perbandingan mereka yang mempersiapkan dana pensiun sejak dini dan mereka yang terlambat, mari kita simak bersama ilustrasi berikut:

“Pada saat musim gugur, keluarga semut bekerja keras mengumpulkan bahan makanan untuk nanti saat musim dingin. Lain cerita dengan belalang yang kerjanya bermalas-malasan.

Ketika musim dingin tiba, semut tidak mati kelaparan, karena mereka sudah memiliki cadangan makanan. Belalang yang malas-malasan dan tidak memiliki persiapan, kesulitan mencari makanan dan akhirnya mati tak bisa bertahan hidup.”

Hal yang sama juga bisa terjadi kepada manusia, dan kepada Anda. Nah, apakah Anda memilih untuk menjadi semut atau belalang?”

 

Rencanakan Usaha Sampingan saat Pensiun Sejak Dini

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah membayangkan usaha sampingan apa yang sesuai bagi Anda? Apapun jenis bisnisnya, lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar kelak bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Nyatanya masa pensiun bukan hanya diisi dengan bersantai di rumah bukan? Anda bisa menghasilkan uang sambil tetap melatih diri agar tetap muda dan sehat!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai usaha sampingan untuk pensiunan yang dapat menambah pemasukan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Venicka Putri. 13 Usaha yang Cocok Setelah Anda Memasuki Masa Pensiun. Jadikaryawan.com – https://goo.gl/gsnp7P

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun – https://goo.gl/T1ToR5
  • Pensiun 2 -https://goo.gl/8xGKfE