Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Jika Pensiunan Kembali Bekerja Setelah Pensiun

Apa yang Anda sebagai pensiunan bayangkan pada saat Anda memasuki masa pensiun? Apakah Anda masih akan kembali bekerja atau tidak? Kali ini kita akan membahas kelebihan dan kekurangan apabila seseorang pensiunan kembali bekerja setelah masa pensiunnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pensiunan Kembali Bekerja Setelah Pensiun

Menurut peraturan Perundang-undangan yang berkaitan dengan pensiun, Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun (“PP 45/2015”), masa pensiun tenaga kerja dimulai saat usia 56 tahun. Akan tetapi setiap perusahaan dapat memiliki peraturan masa pensiunnya sendiri, sesuai dengan perjanjian kerja atau peraturan perusahaan.

Seharusnya orang yang sudah memasuki masa pensiun, diharapkan berhenti dari pekerjaannya, tidak bekerja lagi, dan menikmati masa pensiunnya. Tetapi masih banyak pensiunan yang masih kembali bekerja setelah pensiun. Ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi.

Mengenali Kelebihan dan Kekurangan Jika Pensiunan Kembali Bekerja Setelah Pensiun 02 - Finansialku

[Baca Juga: Usia Pensiun di Indonesia Bisa Sampai 65 Tahun, Berapa Dana Pensiun yang Dibutuhkan?]

 

Salah satu faktor yang menyebabkan orang bekerja kembali adalah karena kurangnya dana pensiun yang ada untuk memasuki masa pensiun. Biasanya hal ini disebabkan karena kurangnya perencanaan pensiun yang dilakukan. Kurangnya dana pensiun menyebabkan pensiunan harus bekerja kembali untuk mendapatkan penghasilan yang mampu mencukupi kebutuhan hidup saat pensiun.

Pensiunan yang kembali bekerja tidaklah selalu dikarenakan faktor kurangnya perencanaan, tetapi ada banyak sekali faktor yang dapat melatarbelakangi mengapa seorang pensiunan bekerja kembali setelah memasuki masa pensiunnya. Faktor lainnya yang dapat membuat pensiunan bekerja kembali adalah karena keinginan mereka tetap berkontribusi terhadap lingkungan kerja mereka atau bahkan bangsa dan negara. Oleh karena itu, tidak jarang, banyak sekali pensiunan yang bekerja kembali sebagai sukarelawan.

15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Tetapi ada juga orang yang memang sudah merencanakan pensiunnya, memiliki dana pensiun yang cukup, tetap kembali bekerja setelah masa pensiun mereka. Ada yang bekerja sebagai karyawan kembali di sebuah perusahaan atau di perusahaan tempat mereka dulu bekerja, atau ada juga yang bekerja dengan membuka usaha atau bisnis yang sudah mereka rencanakan sebelumnya.

Baik apapun yang menjadi latar belakang seorang pensiunan untuk bekerja kembali, ada kelebihan dan kekurangan bagi pensiunan yang bekerja kembali setelah pensiun.

Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk merencanakan dana hari tua (atau dana pensiun). Jika Anda pengguna baru silakan daftar di sini atau download di Google Play Store.

Iklan Perencanaaan Hari Tua
Iklan Perencanaaan Hari Tua

 

Kelebihan Kembali Bekerja Setelah Pensiun

Pensiunan yang kembali bekerja setelah pensiun memiliki beberapa kelebihan. Kelebihan-kelebihan itu adalah sebagai berikut.

 

#1 Memperoleh Penghasilan Kembali

Salah satu kelebihan pensiunan yang kembali bekerja setelah pensiun adalah mereka dapat memperoleh penghasilan lagi. Penghasilan ini dapat digunakan untuk menambah dana pensiun mereka atau dapat mereka gunakan untuk menambah modal bisnis atau investasi yang mereka miliki.

Bahkan terkadang, ada beberapa yang menggunakan penghasilan yang mereka dapatkan setelah pensiun untuk disumbangkan, karena mereka sendiri telah memiliki penghasilan pasif yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka selama masa pensiun.

Cerita Dongeng Pendek Semut dan Belalang, Ajarkan Anda Perencanaan Pensiun 1 - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Dongeng Pendek Semut dan Belalang, Ajarkan Anda Perencanaan Pensiun]

 

#2 Terus Berkontribusi Terhadap Lingkungan Masyarakat Bekerja

Kelebihan lain pensiunan yang bekerja kembali adalah bahwa mereka dapat terus berkontribusi terhadap lingkungan masyarakat tempat mereka bekerja. Biasanya pensiunan yang demikian adalah pensiunan yang bekerja bukan karena ingin mendapatkan uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tetapi karena ingin menggunakan masa pensiunan untuk hal yang lebih berguna.

Ada yang bekerja bagi negara, bekerja bagi perusahaan tempat mereka bekerja, ada pula yang bekerja untuk membuat lingkungan sekitar mereka menjadi lebih baik.

 

#3 Tetap Aktif

Ada juga kelebihan pensiunan bekerja kembali adalah bahwa mereka tetap aktif menggunakan waktunya dan kepandaiannya, daripada mereka tidak pernah menggunakannya pada saat pensiun. Banyak sekali pensiunan yang tidak bekerja lagi, tetapi bermain catur atau melakukan suatu hal yang membuat pemikiran mereka terus terasah. Dengan bekerja adalah salah satu caranya.

 

Kekurangan Kembali Bekerja Setelah Pensiun

Selain ada banyaknya kelebihan yang dapat pensiunan peroleh, ada juga kekurangannya jika pensiunan bekerja kembali setelah masa pensiun. Pensiunan yang bekerja kembali pada masa pensiunnya tentunya tidak dapat bekerja seperti pada saat mereka muda dulu. Kekuatan fisik pada masa pensiun memiliki batas, sehingga mereka tidak dapat bekerja semaksimal dulu.

Pensiun Dini PNS, Apa Saja yang Harus Dilakukan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pensiun Dini PNS, Apa Saja yang Harus Dilakukan?]

 

Kekurangan lainnya ketika pensiunan bekerja kembali setelah pensiun berarti mereka akan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bekerja dibandingkan bersama keluarga atau melakukan sesuatu hal yang mereka senangi atau impikan sedari muda dulu. Karena banyak sekali pensiunan yang menikmati masa pensiunnya dengan melakukan apa yang menjadi keinginannya pada saat muda dulu tetapi belum dapat mereka lakukan.

Apabila pensiunan kembali bekerja pada bidang pekerjaan yang mereka senangi, tentu alangkah baiknya. Tetapi apabila seseorang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka sebagian besar waktu pensiunnya akan digunakan untuk bekerja, sehingga apa yang sebenarnya mereka ingin lakukan, belom dapat dilakukan karena mereka harus bekerja kembali.

 

Pentingnya Merencanakan Pensiun Anda

Jika Anda melihat penjelasan di atas, mungkin Anda berpikir bahwa di dalam kelebihan pensiunan yang kembali bekerja, terdapat kekurangannya, begitu pula sebaliknya. Memang segala kekurangan pensiunan yang bekerja kembali pada saat pensiun terdapat sisi positif atau kelebihannya, begitu pula di dalam segala kelebihannya terdapat pula kekurangannya. Tergantung dari sisi mana kita melihat dan pada situasi dan kondisi bagaimana seseorang memasuki masa pensiunnya. Oleh karena itu jauh lebih penting jika kita dapat merencanakan pensiun, bahkan dari sejak pertama kali kita bekerja.

 

Rencanakan pensiun Anda sejak pertama kali kerja. Click to Tweet

 

Apa yang ada di dalam bayangan kita pada saat pensiun nanti. Apa yang akan kita lakukan, apakah kita akan bekerja lagi, membuka bisnis, membantu dalam kegiatan sosial yang berdampak atau hal lainnya. Sangatlah penting bagi Anda untuk merencanakan pensiun Anda, sehingga pada masa pensiun Anda, Anda bahkan akan menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

 

Apakah Anda sudah merencanakan pensiun Anda? Apakah Anda akan kembali bekerja setelah pensiun?

 

Sumber Gambar:

  • Pensiunan – https://goo.gl/hQKo5S
  • Dana Pensiun – https://goo.gl/HspMqB

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By | 2017-07-12T11:47:43+00:00 July 12th, 2017|Categories: Dana Hari Tua, Tujuan Keuangan|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download