Pensiun Dini PNS, Apa Saja yang Harus Dilakukan?

Apa yang harus saya lakukan untuk pensiun dini PNS saya? Pensiun dini PNS bisa dikatakan sebagai langkah untuk berhenti bekerja sebagai abdi negara (PNS) sebelum mencapai batas usia pensiun. Apa saja yang harus dilakukan apabila mengalami pensiun dini sebagai PNS? Tim Finansialku akan membahasnya dalam artikel kali ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pensiun Dini PNS

Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, tidak mengatur tentang pensiun dini, termasuk juga tidak mengatur batas usia pensiun (BUP) dan kapan masa pensiun. Meskipun demikian, ada juga peraturan UU yang mengatur BUP, termasuk mengatur program pensiun dini. Misalnya, BUP pada jabatan profesi atau yang bekerja di institusi negara, contohnya pegawai negeri sipil (PNS), tentara, polisi, hakim dan lain-lain.

Keputusan untuk pensiun dini PNS, tentunya membutuhkan pertimbangan yang matang dan alasan yang kuat. Karena untuk masuk ataupun keluar (secara resmi) sebagai abdi negara bukanlah hal yang mudah, tentunya membutuhkan proses yang tidak mudah pula.

Pensiun Dini PNS, Apa Saja yang Harus Dilakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pajak Pensiunan: Apakah perlu Melaporkan SPT Tahunan dan Membayar Pajak?]

 

Apa Alasan Melakukan Pensiun Dini?

Tentu saja alasan untuk pensiun dini tidak sama antara satu PNS dengan yang lainnya. Alasan yang sering diajukan adalah karena ingin buka usaha sendiri, sedang sakit, jenuh bekerja, atau bahkan karena menikah dengan teman sekantor.

Tetapi ada juga motivasi PNS yang ingin melakukan pensiun dini adalah karena ingin mengerjakan apa yang disenanginya sesuai dengan kemampuan dan personalitasnya. Atau ada alasan lain untuk pensiun dini adalah memang karena perusahaan ingin merumahkan karyawan mereka secara sukarela tanpa harus melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK. Hal ini biasa disebut golden handshake.

 

Apakah Perusahaan Negara Dapat Membuat PNS Pensiun Dini?

Perusahaan negara dapat saja membuat PNS untuk melakukan pensiun dini. Apalagi bila masalah pensiun dini ini diatur dalam peraturan perusahaan atau kontrak kerja yang sudah Anda tandatangani.

Salah satu contohnya adalah program pensiun dini yang dilakukan di lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan. Sebagai kompensasinya, PNS akan menerima semacam pesangon yang dihitung dari gaji sisa waktu sampai PNS pensiun, ditambah dengan tunjangan kinerja, tunjangan pensiun, dan lainnya.

Dengan melakukan program pensiun dini, maka setiap tahunnya perusahaan negara dapat menerima calon PNS dengan kualitas lebih baik. Tidak heran pensiun dini jadi solusi untuk merumahkan karyawan secara sukarela tanpa harus melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tetapi, sebenarnya program pensiun dini PNS ini bersifat sukarela. Siapapun PNS yang ingin melakukan pensiun dini, selama memenuhi persyaratannya dapat mengajukan pensiun dini.

15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

Persyaratan, Tata Cara Dan Prosedur Pensiun Dini Bagi PNS

Aturan dan prosedur yang mengacu pada Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Penanganan Administrasi Pemberhentian dengan Hak Pensiun Pegawai Negeri Sipil yang dikeluarkan oleh Sekretariat Negara, yaitu apabila seorang PNS telah mencapai usia setengah abad (50 tahun) dan ia telah bekerja sekurang-kurangnya selama 20 tahun terhitung sejak menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.

Persyaratan jika seorang PNS ingin mengajukan permohonan pensiun dini adalah sebagai berikut:

  • Usia telah mencapai lima puluh (50) tahun dan memiliki masa kerja sekurang-kurangnya selama 20 tahun jika ingin pensiun dini dengan hak pensiun. Jika syarat umur dan masa kerja tersebut tidak terpenuhi maka tidak memperoleh hak pensiun.
  • Jika memenuhi persyaratan diatas maka untuk administrasinya, PNS harus mengajukan permohonan pensiun dini kepada Menteri Sekretaris Negara, u.p. Deputi Menteri Sekretaris Negara Bidang Sumber Daya Negara. Setelah berkas permohonan masuk, maka dilakukan penelitian, pemeriksaan dan pemilahan berkas kelengkapan administrasi pensiun dini oleh staf Biro Kepegawaian.

 

Cerita Dongeng Pendek Semut dan Belalang, Ajarkan Anda Perencanaan Pensiun 1 - Finansialku

[Baca Juga: Cerita Dongeng Pendek Semut dan Belalang, Ajarkan Anda Perencanaan Pensiun]

 

Permohonan yang diajukan kepada Menteri Sekretaris Negara, harus dilengkapi dengan dokumen administrasi lengkap dengan rincian sebagai berikut:

  • Daftar susunan keluarga (asli rangkap 6)
  • SK Pengangkatan sebagai CPNS dan PNS (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • SK Kenaikan Pangkat terakhir (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • SK Kenaikan Gaji Berkala terakhir (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • Karpeg (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • Surat Nikah (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • KTP (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • Akte Kelahiran Anak (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • Surat keterangan kuliah, bagi anak yang masih menjadi tanggungan keluarga (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • Rekening bank (fotokopi, dilegalisir, rangkap 6)
  • Pas foto terbaru hitam putih ukuran 3×4 sebanyak 10 lembar
  • Pas foto terbaru hitam putih istri/suami ukuran 3×4 sebanyak 4 lembar

 

Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Saat Pensiun Dini PNS?

Meskipun memang pensiun dini PNS menggiurkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat pensiun dini PNS, antara lain:

  1. Target usia pensiunnya. Sebelum memutuskan untuk mengambil pensiun dini PNS, pastikan Anda sudah mengetahui dengan jelas target usia yang ingin dicapai. Apakah Anda ingin pensiun dini di usia 40 atau 45 tahun. Dengan begini, Anda bisa merencanakan dengan jelas persiapan finansial yang dibutuhkan sebelum usia tersebut datang.
  2. Biaya hidup yang dibutuhkan. Selain menentukan target usia, Anda juga harus menghitung biaya hidup yang diperlukan di masa yang akan datang. Jangan lupa untuk menyesuaikan biaya tersebut dengan tingkat inflasi yang ada.
  3. Tabungan masa pensiun. Setelah memiliki jangka waktu dan target biaya hidup, sekarang saatnya untuk menabung dengan ekstra. Biasakan dengan gaya hidup sederhana, dan kurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Uang sisa yang dimiliki dapat disalurkan untuk tabungan masa pensiun.
  4. Pendapatan pengganti selama pensiun. Hal satu ini juga cukup penting. Setelah Anda pensiun dini, bukan berarti Anda tinggal menikmati dana segar yang Anda dapatkan. Anda juga tetap harus memikirkan dari mana sumber penghasilan yang akan didapat di masa yang akan datang. Penghasilan ini bisa datang dari investasi yang Anda buat, atau mungkin Anda mengumpulkan uang dari bisnis yang dijalankan.
  5. Rencanakan penggunaan dana pensiun dengan bijak. Beberapa perusahaan menawarkan uang pesangon yang akan diberikan bagi mereka yang ingin mengambil pensiun dini. Walau membantu, Anda juga harus bisa menggunakan uang tersebut secara bijak. Akan sangat baik apabila Anda membuat rencana terlebih dahulu akan penggunaan uang pensiun.

 

Usia Pensiun di Indonesia Bisa Sampai 65 Tahun, Berapa Dana Pensiun yang Dibutuhkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Usia Pensiun di Indonesia Bisa Sampai 65 Tahun, Berapa Dana Pensiun yang Dibutuhkan?]

 

Persiapan Masa Pensiun

Persiapkan masa pensiun dengan bijak apabila Anda berniat untuk mengambil pensiun dini karena akan sangat mempengaruhi kehidupan masa pensiun Anda. Dalam merencanakan keuangan, tim Finansialku bersedia membantu Anda dalam merencanakan segala kebutuhan yang diperlukan dalam masa pensiun.

 

Bagikan pengalaman dan tanggapan Anda atas artikel di atas melalui kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Pedi Alkbar. 7 Maret 2016. Inilah Prosedur Pengajuan Pensiun Dini Bagi PNS. Pidipedia.com – https://goo.gl/fWZ6YV
  • Fiki Ariyanti. 7 September 2016. Pensiun Dini, PNS KKP Bisa Dapat Pesangon Ratusan Juta. Liputan6.com – https://goo.gl/pQ7r8K
  • Admin. 2016. 5 Hal yang Sering Ditanyakan Seputar Pensiun Dini. Qerja.com – https://goo.gl/nsa4Ki
  • Vina A Muliana. 12 Januari 2017. Mau Pensiun Dini? Persiapkan Dulu 5 Hal Ini. Liputan6.com – https://goo.gl/UDkQpB

 

Sumber Gambar:

  • Retirement – https://goo.gl/d6pLBg
  • Seniors Living – https://goo.gl/wEokyB

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

About the Author:

Ricky Susanto Joeng CFP®
Ricky Susanto Joeng S.Si. S.Kom. CFP® adalah seorang perencana keuangan independen bersertifikasi (FPSB ID: 1300 0406). Memiliki background pendidikan S1 di jurusan Matematika dan Ilmu Komputer, Universitas Bina Nusantara. Memiliki pengalaman di bidang personal finance dan manajemen risiko, personal cashflow, asuransi unitlink dan investasi.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download