Sudah tahu layanan pinjam uang online yang lagi marak belakangan ini? Bagaimana perhitungan pinjam uang online? Apa bedanya dengan KTA?

Simak pembahasannya berikut ini!

 

Pinjam Uang Online?

Tahukah Anda? Saat ini pemberian fasilitas kredit sudah semakin canggih dan dipermudah dengan adanya teknologi internet.

Pengajuan kredit tak hanya dapat kita lakukan secara konvensional di bank, tapi juga secara online.

Apabila Anda butuh pinjaman uang tunai dalam waktu singkat dengan pelayanan yang cepat dan proses yang mudah, dan Anda tidak atau belum memiliki jaminan, pinjaman uang online adalah solusi tepat yang dapat Anda lakukan!

Namun, di samping segala kemudahan itu, mari kita coba amati beberapa tips meminjam uang secara online dan bagaimana perhitungan pinjaman uang online.

Apakah sebenarnya pinjaman uang online cukup worthed? Ataukah sebenarnya pinjaman uang online merugikan Anda?

Jangan sampai Anda merasa dirugikan karena tidak tahu cara perhitungannya.

 

Tips Pinjam Uang Online

#1 Hitung Sedari Awal Jumlah yang Anda Butuhkan

Sebaiknya, Anda meminjam sesuai dengan nominal yang Anda butuhkan dan tidak menambah nominal pinjaman terlalu banyak.

Anda perlu mengingat bahwa semakin besar nominal yang Anda pinjam, semakin besar pula angsuran dan bunga yang harus Anda bayarkan nantinya.

 

#2 Lakukan Benchmarking

Sebelum Anda memutuskan untuk meminjam uang di satu situs atau perusahaan, Anda perlu untuk melakukan benchmarking atau survei pasar terlebih dahulu.

Anda bisa membuat perbandingan fasilitas pinjaman di beberapa situs, kemudian memilih fasilitas pinjaman uang online yang paling pas dengan Anda.

Misalnya, Anda membutuhkan pinjaman sebesar Rp2 juta, di situs A disediakan pilihan pinjaman sebesar Rp3 juta dengan bunga 15%, sedangkan situs B menyediakan fasilitas pinjaman sebesar Rp2,5 juta dengan bunga 13%.

Kirakira tawaran mana yang akan Anda pilih?

Sebaiknya Anda memilih situs B, karena nominal yang Anda butuhkan lebih mendekati nominal fasilitas dan bunga yang diwajibkan lebih kecil.

8 Metode Online Ini Dapat Membuat Bisnis Waralaba Sukses 01 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Bingung Mau Menggunakan Pinjaman Online untuk Modal Bisnis? 7 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan]

 

#3 Pastikan Pemberi Layanan Pinjaman Uang Dapat Dipercaya

Salah satu hal penting dalam melakukan pinjaman uang online adalah Anda dapat mempercayai pemberi layanan pinjaman uang.

Caranya adalah dengan memastikan bahwa situs pemberi layanan pinjaman uang tersebut diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dengan adanya pengawasan dari OJK, Anda terjamin lebih aman dan tidak perlu khawatir mengenai kredibilitas pemberi layanan pinjaman uang yang Anda pilih.

 

#4 Lakukan Simulasi Pinjaman Uang Online

Sebelum Anda benar-benar mengajukan pinjaman uang online, Anda dapat melakukan simulasi pinjaman uang online di situs-situs penyedia fasilitas pinjaman uang online.

Dengan melakukan simulasi, Anda dapat memperkirakan berapa besar uang yang perlu Anda siapkan untuk membayar kembali pinjaman Anda.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Pinjaman Uang Online atau KTA?

Pinjaman uang online dan KTA tidak membutuhkan jaminan atau agunan dalam pengajuannya, dan memliki tenor pinjaman yang cukup singkat.

Mari kita bandingkan kedua fasilitas pinjaman uang ini dengan menyimak satu contoh kasus berikut ini.

Misalkan, Bu Dina, seorang ibu beranak satu sedang membutuhkan dana sebesar Rp5 juta untuk keperluan biaya sekolah anaknya.

Bu Dina bekerja di PT XY dengan penghasilan sebesar Rp3 juta per bulan. Ia berniat untuk mengajukan pinjaman uang secara online di situs ABC dengan tenor 12 bulan dengan angsuran setiap bulan. Namun di saat yang sama beliau juga menerima tawaran KTA dari Bank DEF.

Mari kita coba bandingkan antara pinjaman uang secara online di situs ABC dan tawaran KTA di Bank DEF.

 

Pinjaman Uang Online

Nominal pinjaman pokok: Rp5.000.000

Tenor: 12 bulan

Berdasarkan kalkulator simulasi situs ABC, cicilan yang harus dibayar Bu Dina perbulan menjadi Rp606.478.

Jadi, jumlah pembayaran total (pokok dan bunga) = Rp606.478 x 12 = Rp7.277.736.

Dapat kita hitung bahwa total bunga yang dibayar adalah sebesar Rp2.277.736 atau sebesar 45% dari pokok pinjaman, atau setara dengan 3,75% per angsuran.

Dapat dilihat, bahwa semakin lama tenor yang Ibu Dina ajukan, semakin besar pula jumlah bunga yang harus dibayarkan.

 

Fasilitas KTA Perbankan

Nominal pinjaman pokok: Rp5.000.000

Tenor: 12 bulan

Berdasarkan kalkulator simulasi Bank DEF, cicilan perbulan yang harus dibayarkan oleh Bu Dina adalah sebesar Rp504.167.

Sehingga, dapat dihitung bahwa jumlah pembayaran total (pokok + bunga) = 504.167 x 12 = Rp6.050.004.

Artinya total bunga yang dibayar sebesar Rp1.050.004 atau sebesar 21% dari pokok pinjaman, yaitu setara dengan 1,75% per angsuran.

Apabila kita bandingkan berdasarkan informasi di atas, jelas bahwa mengajukan fasilitas KTA perbankan adalah solusi yang terbaik untuk Bu Dina.

Karena tenor yang cukup panjang (12 bulan), bunga yang harus dibayarkan menjadi semakin besar. Dengan fasilitas KTA, Bu Dina akan dikenakan biaya bunga yang lebih kecil dibandingkan dengan fasilitas pinjaman uang online.

Maka dari itu, Bu Dina tentu akan rugi apabila melakukan pinjaman uang online dengan bunga yang begitu besar.

Begini-Lho-Perhitungan-Pinjam-Uang-Online-2-Finansialku

[Baca juga: Bagaimana Jika Melunasi KTA Sebelum Jatuh Tempo? Simak Penjelasannya]

 

Namun, berbeda halnya bila kita lihat dari sisi tenor pinjaman. Apabila kebutuhan dana Bu Dina terbilang sangat mendesak tetapi ia pada kenyataannya dapat melakukan pembalian dana dalam waktu yang sangat singkat (pelunasan dipercepat), maka KTA bukanlah solusi yang menguntungkan.

Pasalnya, apabila ibu Dina ingin melunasi pinjaman lebih cepat ia akan dikenakan biaya penalti yang cukup besar sesuai dengan ketentuan bank.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Pendidikan Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Teliti Lebih Dahulu Sebelum Meminjam

Pada dasarnya, semakin besar nominal dan semakin panjang tenor pinjaman yang Anda ambil, bunga yang diwajibkan akan semakin tinggi.

Jika Anda terjebak dalam situasi yang memaksa Anda untuk menggunakan fasilitas pinjaman uang, maka Anda pelu memahami dengan teliti ketentuan yang berlaku pada pinjaman uang tersebut.

Anda dapat melakukan simulasi terlebih dahulu dan melakukan perbandingan keuntungan dan kerugian antara fasilitas KTA dan pinjaman uang online yang akan Anda rasakan.

Hal ini dapat menolong Anda untuk mengetahui apakah pinjaman uang yang Anda ambil akan berpotensi merugikan Anda nantinya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang ingin mengajukan pinjaman uang.

 

Apabila ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pertanyaan Anda di kolom komentar di bawah. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada rekan dan kerabat Anda yang sedang membutuhkan pinjaman.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 27 Maret 2018. 4 Trik Cerdas Pinjam Uang Online Tanpa Jaminan Biar Gak Ketipu. Blog.duitpintar.com – https://goo.gl/rdAr5t
  • Tifanny. 4 September 2017. Pinjam Uang Online dengan Jaminan KTP Doang: Gampang Ajuinnya, Tekor Bayarnya! Blog.duitpintar.com – https://goo.gl/MNQbJW

 

Sumber Gambar:

  • Pinjam Uang Online – https://goo.gl/sv7LG8
  • KTA atau P2P – https://goo.gl/P5oKDZ

 

Summary
Begini Lho Perhitungan Pinjam Uang Online! Pertimbangkan Lagi Ya!
Article Name
Begini Lho Perhitungan Pinjam Uang Online! Pertimbangkan Lagi Ya!
Description
Sudah tahu layanan pinjam uang online yang lagi marak belakangan ini? Bagaimana perhitungan pinjam uang online? Apa bedanya dengan KTA?
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo