Tahukah kamu bahwa banyak orang yang super kaya memiliki gaya hidup sederhana? Kamu pasti ingin tahu mindset seperti apa yang mereka punya.

Apa sih yang membuat orang kaya tetap hidup sederhana? Coba cek gaya hidup Warren Buffet berikut ini. Kamu pasti geleng-geleng kepala.

 

Kaya Tapi Miskin, Penuh Harta Namun Hidup Sederhana

Banyak orang bermimpi untuk bisa punya banyak harta dan menyombongkan pada dunia atas pencapaian dan kekayaan yang dimiliki. 

Tak heran jika dunia ini memang penuh dengan gaya hidup hedonis yang ditampilkan melalui media sosial, terutama para publik figur dengan kehidupan glamor dan hingar bingar berlomba menunjukkan betapa melimpahnya kekayaan mereka. 

Rumah bak istana, mobil mewah bertandang di halaman rumah dan garasi, resort di berbagai pulau eksotis hingga jet pribadi, bisa jadi bahan tontonan publik demi meraih status sosial yang tinggi. Itulah pertunjukan kekayaan dari orang-orang yang mengaku kaya. 

[Baca Juga: Apa Kamu Pikir Hidup Sederhana Berarti Miskin? Yakin?]

Tapi tidak demikian bagi mereka yang dinobatkan menjadi orang-orang super kaya di dunia seperti Warren Buffet dan Elon Musk

Pendiri Tesla yang disebut-sebut sebagai orang terkaya di tahun 2021 ini dikabarkan menjual seluruh propertinya dan tinggal di rumah modular seluas 375 kaki (sekitar 114 meter) persegi dengan harga US$ 50 ribu (sekitar Rp 700 jutaan) saja. 

 

Kehidupan Sederhana Seorang Warren Buffet

Salah satu orang paling tajir di dunia, Warren Buffet pun menunjukkan pola hidup sederhana meski uangnya tidak akan habis untuk 12 keturunan sekalipun. 

Yuk kita intip sesederhana apa sih hidup seorang Warren Buffet? 

 

Tetap Tinggal di Rumah Lama

Tetangga sebelah rumah yang sudah sukses dengan usaha dan bisnisnya kini pindah ke perumahan elit dengan harga aset hingga miliaran. 

Tidak demikian dengan Warren Buffet si bapak dengan uang tanpa seri ini. Rumah yang ia beli tahun 1958 tetap ia tinggal meski keadaannya terlihat masih seperti dulu saat ia belum sukses dengan bisnis mega-nya di Berkshire Hathaway. 

Ia sendiri menyatakan bahwa ia tidak akan pernah menjual rumah yang ia beli tersebut, berapapun harganya. 

Kamu sebenarnya bisa mengikuti gaya Warren Buffet ini dengan merencanakan membeli rumah yang ke depannya bisa kamu gunakan bertahun-tahun lamanya.

Caranya adalah dengan melakukan perencanaan yang matang akan pembelian rumah kamu. Kamu bisa dengarkan audiobook ini yang akan membantu kamu mewujudkan rumah pertama.

banner -millennials tidak bisa beli rumah, kata siapa

 

Tidak Suka Pamer Dengan Barang Bermerek

Seorang Warren Buffet saja membeli mobil dengan harga yang sedang diskon. Menurutnya, yang penting mobil itu masih bisa berfungsi dan tak perlu pamer untuk punya mobil paling mahal. 

Pakaian yang ia kenakan saja bukanlah dari merek ternama. Ia mempercayakan pakaiannya kepada penjahit langganannya Nyonya Li. 

 

Beli Barang Baru Saat Membutuhkan

Prinsipnya, ia tidak akan beli barang yang baru jika barang yang lama masih bisa dipakai. Bahkan ia dikabarkan masih menggunakan handphone Nokia meski smartphone sudah bertebaran dimana-mana. 

Warren Buffet akhirnya mengganti hapenya menjadi Iphone 11 setelah hape Nokia jadul yang menemaninya itu hilang. 

 

Selalu Punya Cara Untuk Berhemat

Ada banyak cara untuk berhemat, inilah prinsip dari seorang pria berusia 90 tahun yang membayar makanan yang ia pesan dengan kupon yang ia kumpulkan.

Hal itu diungkapkan sendiri oleh sahabatnya yang juga orang terkaya di dunia, Bill Gates. Bahkan ia memiliki cara untuk tidak membeli tempat tidur baru untuk anaknya.

Warren Buffet mengalihfungsikan lemari di rumahnya untuk dijadikan tempat tidur bagi anaknya. 

Ternyata seorang biliuner seperti Warren Buffet kreatif banget ya!

 

Berbagi Kepada Sesama

Bersama dengan sahabatnya, Bill Gates, ia membangun sebuah gerakan untuk mendonasikan setengah harta mereka untuk kegiatan amal. 

Menjadi co-founder dari Giving Pledge, Warren Buffett bersama Bill Gates memang duo biliuner yang suka berbagi kepada sesama. 

Tak tanggung-tanggung, dikabarkan bahwa Warren Buffett menyumbangkan hartanya sebesar Rp 59 triliun dalam bentuk saham dari Berkshire Hathaway.

[Baca Juga: Tokoh Investasi Lo Kheng Hong, Sang Warren Buffett Indonesia]

 

Tips Gaya Hidup Sederhana Layaknya Orang Super Kaya

Semakin berisi semakin merunduk layaknya bulir padi, mungkin ini adalah istilah yang tepat bagi orang-orang yang memang benar-benar tidak hanya super kaya secara harta jasmani tetapi juga kaya akan berderma yang timbul dari dalam hati. 

Mau meneladani Warren Buffet atau Elon Musk? Berikut ini tips gaya hidup sederhana yang bisa kita teladani dari kehidupan mereka!

 

Mensyukuri Apa yang Dimiliki

Syukuri apa yang ada

Hidup adalah anugerah

Tetap jalani hidup ini

Melakukan yang terbaik

 

Penggalan lagu di atas tentu tak asing di telinga kita, bukan? Yup, lagu tersebut mengingatkan kita untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki karena hidup ini adalah anugerah alias pemberian dari Yang Maha Kuasa. 

Rasa syukur membuat kita menjadi merasa cukup meski sebenarnya kita tidak bergelimang harta sekalipun. 

Rasa syukur membuat kita memiliki hati yang lebih tenang. Tak peduli masalah sedang melanda dan banyaknya gelombang pasang kehidupan yang menerpa, rasa syukur memberikan ketenangan batin dan menjernihkan pikiran

Rasa syukur bahkan bisa menarik hal-hal yang positif masuk dalam pikiran dan batin kita. 

 

Tidak Berlebihan & Mengendalikan Diri 

Hidup apa adanya dan tidak berlebihan. Tidak menunjukkan dengan serta merta untuk dinilai orang lain dan mendapatkan pengakuan demi status sosial tertentu. 

Orang yang sederhana bahkan mampu mengendalikan diri untuk bisa mengatur keuangannya juga lho!

Mereka tahu kapan harus benar-benar mengeluarkan dompet dan membayar barang sesuai kebutuhan. 

Di sisi lain, mereka sebetulnya memiliki hati yang suka berderma alias suka memberi kepada yang membutuhkan. 

 

Selalu Ada Alasan untuk Bersukacita

Kehidupan sederhana juga diwarnai dengan rasa sukacita meski kondisi di luar sedang tidak menentu dan memaksa untuk mengeluh dengan keadaan.

Sukacita senantiasa timbul dan membagikannya kepada sekitar. Sukacita ini terpancar oleh karena semata-mata rasa syukur atas apa yang dimiliki. 

 

Membuat Perencanaan yang Matang dan Mendetail

Salah satu ciri orang yang sederhana adalah mereka senang membuat rencana dengan matang dan menjabarkan secara detail. Seperti salah satunya merencanakan keuangan.

Ini membuat mereka semakin fokus dengan tanggung jawab yang harus mereka selesaikan. Tidak menunda untuk melakukan tugas dan berusaha untuk mengikuti panduan yang jelas yang diterapkan dalam kehidupan. 

Anda bisa memulai melakukan perencanaan keuangan dengan mengecek kondisi kesehatan keuangan Anda.

Cek kesehatan keuangan Anda melalui aplikasi Finansialku dan konsultasikan langsung pada Financial Planner di aplikasi yang sama.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang

dan Dapatkan Akses Premium GRATIS 30 hari!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Belajar dan Mengembangkan Diri 

Orang yang sederhana senantiasa ingin mengembangkan diri agar semakin lebih baik, tidak hanya untuk dirinya tetapi juga bisa bermanfaat bagi sekitarnya. 

Mengembangkan kualitas diri dengan cara terus belajar dan terus menempa diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. 

 

Membiasakan diri dengan gaya hidup yang sederhana meski harta tak terhitung banyaknya. Ini sudah dilakukan, bahkan oleh orang-orang terkaya di dunia. 

Mereka saja yang diakui dunia sebagai manusia super kaya malah memilih untuk hidup sederhana, bagaimana dengan kamu? 

 

 

Editor: Eunice Caroline

Sumber Referensi: 

  • Tito Hilmawan Reditya. 6 Juli 2021. Jual Semua Propertinya, Elon Musk Tinggal di Rumah Mungil Sederhana. com – https://bit.ly/3iYLUP6
  • Rahmi Anjani. 20 Juli 2021. 7 Prinsip Hidup Sederhana Warren Buffet, Orang Terkaya yang Beli Mobil Diskon. detik.com – https://bit.ly/3kbcIee
  • Kabrina Rian Ferdiani. 30 Oktober 2019. 10 Tips Hidup Sederhana Bikin Bahagia. id – https://bit.ly/3mdoU0U