Dirut Bulog, Budi Waseso menjanjikan akan ada beras murah menjelang Ramadan.

Buwas memiliki siasat guna merealisasikan beras murah ini. Ia juga akan menggandeng Satgas untuk mencari mafia beras.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Janjikan Beras Murah

Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog), Budi Waseso berjanji menyediakan beras murah bagi masyarakat menjelang Ramadan. Ia mengakui telah memiliki berbagai cara dalam menyediakan beras murah itu.

“Saya sudah membuat bagaimana cara-cara saya, bagaimana beras sampai ke masyarakat dengan harga stabil dan memang murah, nanti saya tidak akan kucurkan beras itu curah tapi sudah kemasan.”

 

Buwas berjanji secepatnya menyediakan beras murah tersebut sebelum masuk Ramadan. Namun, saat ini, Bulog masih harus berkoordinasi dengan banyak pihak dalam menyediakan beras murah tersebut.

“Saya sih maunya cepat, tapi kan bukan saya yang punya kewenangan bekerja. Tapi harus bersama-sama kementerian lain seperti Mendag, Mentan, Satgas Pangan, jadi semua. Kemudian Presiden juga saya yakin menginginkan bagaimana masyarakat dapat beras yang layak dengan kualitas dan murah. Itulah tugasnya Bulog.”

 

Buwas Janji Akan Ada Beras Murah Menjelang Ramadan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Lho Waralaba Dengan Harga 3 Jutaan! Intip 8 Waralaba Makanan dan Minuman Ini]

 

Seperti dilansir dari Detik.com, rencananya, Buwas akan menyediakan beras kemasan 5-10 kilogram (kg) kepada masyarakat dengan sistem barcode.

Lalu, Ia juga bakal menyediakan beras kemasan kecil untuk masyarakat yang dinamakan beras renceng.

“Kemasan itu 5-10 kg dan itu ada sistem pengontrolan dengan sistem barcode. Kemudian saya ingin ke depannya secepatnya istilah saya ada beras renceng, itu hanya kemasan 200 gram yang harganya relatif murah, tapi terjamin kualitasnya dan itu nanti ada di warung-warung rokok, di warung kecil ada.”

 

Walau begitu, untuk sekarang Buwas masih belum bisa menyebut berapa harga beras murah tersebut. Sebab, kata dia, saat ini pihaknya sedang melakukan perhitungan.

“Saya tidak bisa menyampaikan sekarang. Sedang dihitung. Menurut saya sekarang masih relatif mahal. Sebenarnya hitung-hitungannya kalau bisa pangkas beras itu bisa murah.”

 

Buwas berjanji secepatnya menyediakan beras murah tersebut sebelum masuk puasa. Untuk saat ini, Bulog masih harus berkoordinasi dengan banyak pihak dalam menyediakan beras murah tersebut.

“Insya Allah sebelum Ramadan. Sebenarnya beberapa waktu lalu beras kemasan Bulog sudah tersebar yang murah.” 

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Gandeng Satgas Pangan

Selain itu, Buwas juga berupaya mengamankan pasokan beras terutama menjelang Ramadan. Ia juga mengaku sedang mengincar pihak-pihak yang selama ini berpengaruh dalam mempermainkan harga beras.

Katanya, distribusi beras hingga sampai ke tangan masyarakat jelang Ramadan dijamin aman. Dia mengaku bakal memiliki cara sendiri dalam mengamankan distribusi tersebut dengan mengamankan kelompok tertentu.

“Saya jamin aman, saya punya teknik sendiri, saya juga sudah bekerja sama dengan seluruhnya termasuk satgas pangan, jadi hari ini ada bocoran tapi nanti. Bocorannya itu ada kelompok-kelompok yang sudah mulai tertangkap.”

 

Buwas mengatakan dalam upayanya mengamankan pasokan beras itu, Bulog juga menggandeng Satuan Tugas (Satgas) Pangan. Dia saat ini berupaya memetakan pemain beras.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Usai acara peluncuran produk Kopi Gayo dan Jawa (Ganja) di Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018), Buwas berkata:

“Saya sudah memetakan itu, tapi karena ini sekarang yang paling penting adalah bagaimana kesediaan menjelang puasa Lebaran dan kestabilan keseluruhannya kami yakin dan percaya bahwa jaringan itu sudah saya ketahui dan akan saya lakukan langkah-langkah. Walaupun tidak secara langsung karena saya sudah tidak punya kewenangan.”

 

Kendati demikian, Buwas mengatakan, Satgas Pangan dalam mengamankan pasokan beras memiliki peran yang juga penting. Dia bilang harus ada kerja sama yang erat antara Bulog dan Satgas Pangan.

“Saya punya tim, dan ada Satgas Pangan ada kepolisian ada yang lain-lainnya. Tentu nanti akan ditertibkan. Tapi secara pemetaan karena saya bertanggung jawab atas hal itu kita akan petakan secara keseluruhan. Jadi yang utama bagaimana kita bangun sinergitas dalam membangun komitmen, kesamaan visi, baru kita jalan. Insya Allah, karena itulah pertanggungjawaban itu.”

 

Apa tanggapan Anda setelah membaca artikel tentang Beras Murah yang dijanjikan Menjelang Ramadan?

Silakan berikan pendapat Anda di kolom komentar dibawah ini!

 

Sumber Referensi:

  • Fadhly Fauzi Rachman. 8 Mei 2018. Buwas Janji Ada Beras Murah Jelang Puasa. Detik.com – https://goo.gl/pCg6Tf
  • Fadhly Fauzi Rachman. 8 Mei 2018. Gandeng Satgas Pangan, Buwas Incar Pemain Harga Beras. Detik.com – https://goo.gl/2KNQDN

 

Sumber Gambar:

  • Buwas Janji Akan Ada Beras Merah – https://goo.gl/bdvuxQ
  • Beras Merah Menjelang Lebaran – https://goo.gl/NFkZ3a