Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Mandiri sukses mencatat rekor laba bersihnya sepanjang sejarah.

Kira-kira berapa angka kenaikannya serta bagaimana prospek BMRI dan BBRI di tahun 2024? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

 

BRI dan Mandiri Raih Laba Bersih Terbesar 

Dua bank plat merah yakni PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) berhasil cetak rekor laba bersihnya di tahun 2023.

Bahkan laba tersebut merupakan yang terbesar sejak kedua bank ini berdiri, tepatnya di tahun 1999.

Bank BRI dengan kode emiten BBRI berhasil meraih laba bersih konsolidasi sebesar Rp60,14 triliun sepanjang tahun 2023. Angka tersebut naik sebesar 17,55%, di mana periode sebelumnya BRI meraih laba bersih sebesar Rp51,41 triliun.

Sementara itu Bank Mandiri meraup laba bersih sebesar Rp55,1 triliun sepanjang tahun 2023. Perolehan tersebut naik 33,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

 

Tantangan Eksternal Tahun 2023

Direktur Utama Bank BRI, Sunaro, mengungkapkan bahwa ada banyak tantangan eksternal bagi BRI untuk meraih rekor tersebut. Mulai dari suku bunga hingga inflasi.

“Seperti yang kita rasakan bersama di tahun 2023 lalu, banyak sekali tantangan eksternal mulai dari era suku bunga dan inflasi yang tinggi, kondisi geopolitik yang penuh dengan ketidakpastian, serta beberapa bank di Amerika Serikat bahkan kolaps. Namun BRI dapat melewati semua tantangan itu dengan catatan yang sangat impresif,” ujar Sunarso, melansir Cnbcindonesia.com (31/01/2024).

 

Senada dengan BRI, Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi mengatakan bahwa kondisi ekonomi RI yang resilien, inflasi dan kenaikan konsumsi rumah tangga menjadi tanatangan mereka.

“Dari berbagai tantangan yang ada di tahun 2023, kondisi ekonomi Indonesia masih resilien didorong peningkatan konsumsi rumah tangga, investasi, dan inflasi yang masih terjaga. Di sisi lain ruang kinerja fiskal Indonesia masih besar untuk dapat terus mendukung perekonomian,” ujar Darmawan merilis Cnbcindonesia.com.

[Baca Juga: Bank Mandiri Pede Hadapi Suku Bunga 2024, Ini Strateginya!]

 

Rahasia Sukses BRI dan Mandiri Cetak Rekor Laba Bersih 2023

Di sisi lain, Direktur Utama BRI ungkapkan rahasia BBRI bisa meraih rekor laba bersih perusahaan pada tahun 2023.

Menurutnya BRI berhasil dikelola secara profesional dengan mengedepankan prinsip Good Corporate Governance (GCG) serta risk management yang memadai

Selain itu berdasarkan fungsi intermediasi, kredit BRI berhasil tumbuh 11,2% menjadi Rp1.266,4 triliun. Pertumbuhan ini di atas industri perbankan nasional yakni sebesar 10,4% yoy pada periode yang sama.

Sementara itu, Bank Mandiri mengungkapkan bahwa perusahaanya berhasil membukukan kredit sebesar Rp1.398 triliun atau naik sebesar 16,3% secara yoy.

Kemudian Bank Mandiri juga berhasil membukukan Dana Pihak Ketiga atau DPK sebesar Rp1.576 triliun, atau naik 5,78% secara yoy.

[Baca Juga: Kinerja Positif, Pembayaran Dividen BBRI Total Rp12,7 Triliun, Full Senyum!]

 

Bagaimana Proyeksi Saham BMRI dan BBRI?

Dengan pencapaian kedua bank ini, bagaimana dengan prospek emiten saham BMRI dan BBRI?

 

Proyeksi Emiten BMRI Tahun 2024

Dari emiten BMRI, kenaikan laba bersih berdampak positif terhadap aset dari Bank Mandiri. Hal tersebut memicu sentiment positif dari pasar, di mana saham BMRI tercatat tumbuh di atas IHSG yakni lebih dari 21%.

Bank Mandiri juga menjadi bank aset terbesar di Indonesia. “Aset Bank Mandiri menjadi terbesar di Indonesia,” ujar Darmawan, melansir Bisnis.com.

Untuk mengetahui pergerakan saham BMRI secara real time, Sobat Finansialku bisa cek chart di bawah ini!

 

 

Selain itu, berdasarkan Analisa dari Research Analyst Infovesta Kapital Advisori, Arjun Ajwani mengungkapkan, bank besar seperti Mandiri memiliki prospek yang cukup bagus di tahun 2024, meski di tahun politik sekalipun.

“Prospek pada 2024 juga bagus karena secara historis kalau kita lihat saat kampanye pemilu salah satu best performer adalah sektor keuangan yaitu perbankan,” ujar Arjun.

 

Proyeksi Emiten BBRI tahun 2024

Sementara itu emiten BBRI juga menjadi salah satu yang memiliki prospek cukup bagus di tahun 2024. Berdasarkan riset yang dilakukan Ciptadana Sekuritas, BBRI dinilai akan memanfaatkan proyeksi Penurunan suku bunga acuan di 2024.

Untuk mengetahui pergerakan saham BMRI secara real time, Sobat Finansialku bisa cek chart di bawah ini!

 

 

Setelah mengetahui proyeksi emiten dari BMRI dan BBRI, apakah Anda tertarik untuk mengoleksi kedua saham ini?

Untuk bisa meningkatkan peluang cuan, yuk, gali tipsnya lewat ebook gratis dari Finansialku Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham.

Selain itu Anda juga bisa simak tayangan yang tersemat berikut ini mengenai siklus harga saham biar gak sampai kehilangan modal.

 

 

Saatnya Ambil Langkah Tepat Berinvestasi

Demikian informasi seputar pencapaian Bank BRI dan Bank Mandiri yang sukses mencetak laba bersih terbesar di tahun 2023. Supaya Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam berinvestasi, yuk, rancang strategi yang tepat bersama ahlinya!

Perencana Keuangan Finansialku siap membantu Anda dalam menyusun rencana keuangan dan investasi sesuai tujuan finansial.

Yuk, buat janji konsultasi secara 1 on 1 dengan cara klik banner di bawah ini, atau hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940. Good luck!

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar perolehan laba Bank BRI dan Bank Mandiri pada tahun 2023.

Jangan lupa untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Romys Binekasri. 01 Februari 2024. Cetak Rekor! Laba Bank Mandiri Terbang 33,7%, Tembus Rp 55 Triliun. Cnbcindonesia.com –https://bit.ly/3OpJ8lt
  • Zefanya Aprilia. 31 Januari 2024. BRI Cetak Rekor Kala Bank AS Kolaps, Sunarso Ungkap Rahasianya. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3UifkuJ