PT GOTO Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) merilis laporan keuangan tahun 2023. Lantas seperti apa data pendapatan dan kerugian yang dialami GOTO dan bagaimana prospek sahamnya?

Yuk, simak selengkapnya dalam artikel berikut ini!

 

GOTO Rilis Laporan Keuangan, Capai Level Profitabilitas Setelah 14 Tahun

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) baru saja menerbitkan laporan keuangan tahun 2023.

Kabar baiknya, GOTO berhasil mencapai level profitabilitas setelah 14 tahun beroperasi. Hal ini terlihat dari EBITDA (earnings before interest, tax, depreciation, and amortization) yang disesuaikan positif Rp77 miliar pada kuartal IV 2023.

Arti dari EBITDA yang disesuaikan positif Rp77 M yakni GOTO mampu menghasilkan keuntungan Rp77 M diluar dari pengurangan item-item non-operasional atau non-reccuring (tidak berulang) seperti laba/rugi dari investasi ataupun penurunan nilai.

GOTO (7)

Potret pergerakan saham GOTO. – Bloomberg/Dimas Ardian

 

Pendapatan GOTO naik hingga 30% menjadi Rp14,8 T dibandingkan tahun 2022 Rp11,3 T di kuartal IV. Namun dikuartal IV ini, GOTO mencatat kerugian Rp90,5 T meningkat 55% dari tahun 2022 yaitu Rp40,4 T.

Peningkatan kerugian GOTO ini diakibatkan adanya pencatatan nilai goodwill sebesar Rp78,8 T. Hal tersebut diakibatkan oleh lepasnya Tokopedia dari kendali GOTO mulai 1 Feburari 2024.

Goodwill adalah aset tak berwujud yang mewakili reputasi baik, loyalitas pelanggan, dan keunggulan kompetitif perusahaan yang diperoleh melalui akuisisi perusahaan lain.

Terlepas dari kenaikan kerugian yang dialami GOTO akibat lepasnya Tokopedia, kerugian operasional GOTO turun 66% menjadi 10,2 T dari total kerugian 30,3 T di tahun 2022.

Keberhasilan GOTO dalam memangkas kerugian hingga 66% merupakan sentimen positif bagi perusahaan dalam mengelola usahanya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa GOTO mengalami:

  • Kenaikan pendapatan bersih (+6%)
  • Penuruan biaya dan beban (-40%)
  • Penurunan rugi operasional (-66%)
  • Peningkatan EBITDA yang disesuaikan (+77%)
  • Peningkatan rugi bersih (+128%)

 

Komparasi Pendapatan dan Kerugian GOTO

Berikut ini komparasi pendapatan dan kerugian GOTO per kuartal dalam 2 tahun terakhir.

GOTO (1)

Komparasi Pendapatan GOTO

 

Dari hasil tersebut, GOTO mengalami peningkatan pendapatan per kuartal sejak 2022. Berikut komparasi kerugian operasional GOTO tahun 2022-2023

GOTO (2)

Kerugian Operasional atau Usaha Tahun 2022 dan 2023 GOTO Mengalami Penurunan

 

Berikut komparasi kerugian selama periode berjalan per kuartal GOTO tahun 2022-2023:

GOTO (3)

Komparasi Kerugian GOTO

 

Setelah mengetahui komparasi keuntungan dan kerugian GOTO, apakah Anda tertarik untuk investasi di emiten ini?  Tapi perlu Anda ingat bahwa investasi membutuhkan analisa dan strategi yang tepat.

Jika Anda berencana untuk investasi dan memperoleh passive income dari investasi tersebut, Finansialku siap membantu Anda melalui Program Bookplan Finansialku.

Anda akan memperoleh strategi, rekomendasi, dan update seputar investasi. Selain itu kami juga akan membantu untuk mewujudkan tujuan keuangan Anda. Yuk, langsung klik banner di bawah ini untuk mengetahui layanannya secara lengkap!

bookplan

 

Analisa Emiten GOTO Menurut Sumber RTI Business

Selanjutnya Finansialku telah merangkum analisa emiten GOTO berdasarkan RTI Business. Berikut ini penjabaran selengkapnya:

GOTO (4)

Sumber: RTI Business

 

  • Kapitalisasi Pasar: 82,90 T
  • PER: – 0,92X
  • ROE: – 238,32%
  • ROA: – 167,10%
  • EPS: Rp – 75,24

 

Secara valuasi GOTO masih mengalami kerugian, dikarenakan GOTO juga termasuk perusahaan yang baru IPO di 2022. Namun secara kinerja GOTO bertumbuh semakin baik.

Untuk mendapatkan update informasi, Anda bisa cek artikel GOTO lainnya untuk menambah bahan riset dan analisis.

[Baca Juga: TikTok Akuisisi 75% Saham Tokopedia, Kepemilikan GOTO Susut?]

 

Pergerakan Saham GOTO Selama Bulan Ramadhan

Lantas seperti apakah pergerakan saham GOTO selama bulan Ramadhan ini? Berikut ini grafik pergerakannya!

GOTO (5)

Pergerakan Saham GoTo. Sumber: Stockbit

 

Satu minggu pertama di bulan Ramadhan, volume saham GOTO cukup meningkat. Peningkatan ini juga dipengaruhi oleh adanya berita peningkatan 30% pendapatan yang dihasilkan oleh GOTO.

Berfokus pada layanan jasa transportasi dan e-commerce serta tingginya tingkat konsumsi belanja masyarakat di bulan Ramadhan, membuat saham GOTO menjadi salah satu saham pilihan untuk dapat dipertimbangkan saat Ramadhan.

 

GOTO Bersiap Lakukan Buyback Saham

GOTO berencana untuk melakukan buyback saham senilai maksimal US% 200 Juta atau setara dengan Rp3,14 triliun. Hal tersebut dikatakan Direksi Utama GOTO, Patrick Walujo. 

Adanya peningkatan profotabilitas, GOTO terus mengoptimalkan pengelolaan alokasi modalnya. Tujuannya untuk meningkatkan kepercayaan investor dan mendorong harga saham.

Berbicara tentang investasi saham, ini kata Lo Kheng Hong!

 

 

Rekomendasi Saham GOTO, Buy atau Hold?

Menurut hasil analisis stockbit.com (per 17 Maret) 22 analis menyarankan untuk buy, sementara 12 analis menyarankan untuk hold dan 3 analis menyarankan untuk sell.

GOTO (6)

 

Berdasarkan analisa di atas, saham GOTO memiliki potensi untuk terus tumbuh di masa depan didukung dengan momen bulan Ramadhan membuat saham GOTO layak dipertimbangakan.

Hal ini didukung oleh kinerja keuangan yang solid, strategi bisnis yang tepat, dan kondisi ekonomi yang mulai pulih.

Sebagai referensi untuk Anda yang ingin cuan investasi saham, download ebook gratis dari Finansialku Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham.

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar laporan keuangan GOTO dan analisa sahamnya.

Jangan lupa untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Annisa Kurniasari Saumi & Pandu Gumilar. 19 Maret 2024. Hari Ini GOTO Terbitkan Lapkeu, Pendapatan Diproyeksi Rp15,3 Triliun. Bisnis.com – https://tinyurl.com/ycx3zzhk
  • Redaksi. 19 Maret 2024. Setelah 14 Tahun, GOTO Resmi Capai Level Profitabilitas. Cnbcindonesia.com – https://tinyurl.com/5e3nhj4a
  • Yuliana Hema. 19 Maret 2024. Makin Mantap Gelar Buyback Saham, GOTO Siapkan US$ 200 Juta. Kontan.co.id – https://tinyurl.com/4b3fpmju

 

Sumber Gambar:

  • Cover:  shutterstock.com