Resmi dibuka, pameran otomotif IIMS 2023 akan menghadirkan sederet merek terkenal, termasuk Esemka yang mencuri perhatian.

Apa saja yang akan tampil di sana? Simak informasi lengkapnya dalam artikel berikut ini.

 

Pameran Otomotif IIMS 2023 Resmi Dibuka

Presiden Joko Widodo secara resmi membuka acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023, pada Kamis (16/2). Dalam pidato sambutannya, Jokowi sempat mendorong para pabrikan untuk meningkatkan penjualan mobilnya ke luar negeri.

Pameran otomotif ini akan berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat selama 11 hari, mulai 16 – 26 Februari 2023.

Sejumlah merek otomotif siap memeriahkan IIMS 2023 yang akan menampilkan deretan mobil dan motor keluaran terbaru, dengan membawa konsep yang belum pernah diperkenalkan.

Tak hanya pameran otomotif, acara ini juga menghadirkan konser musik dari musisi Tanah Air bertajuk Infinite Live.

Setiap hari selama berlangsungnya IIMS 2023, beberapa musisi akan mengisi panggung hiburan yang tersedia di lokasi khusus.

Line-up yang akan mengisi acara Infinite Live antara lain Yura Yunita, Yovie and Nuno, Rizky Febian, Vierratale, dan Last Child. Ada pula nama Dewa19 x Virzha, Dikta Wicaksono, God Bless, dan Ari Lasso.

 

Informasi Harga Tiket

Bicara soal harga tiket, terdapat sedikit perbedaan dari penyelenggaraan tahun lalu. Pada hari biasa (Senin – Kamis) akan mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB dengan harga tiket Rp50.000 per orang.

Sedangkan untuk akhir pekan (Jumat – Minggu) dari pukul 10.00 – 21.00 WIB harga tiketnya sebesar Rp85.000 per orang.

Harga tiket tersebut tidak termasuk tiket acara Infinite Live, namun harga yang dibayarkan untuk tiket Infinite Live sudah termasuk sebagai tiket masuk ke area IIMS.

Tiket Infinite Live untuk hari biasa harganya Rp200.000, sedangkan untuk akhir pekan harga tiket sebesar Rp250.000.

Pengunjung yang ingin menghadiri pameran ini bisa membeli tiket melalui Dyandratiket.com.

[Baca Juga: Beli Mobil Baru, Harga Berapa yang Saya Sanggup?]

 

Bocoran Mobil dan Motor Baru di IIMS 2023, Ada Esemka!

Project Manager IIMS 2023, Rudi MF, menyampaikan sudah ada 165 brand terdaftar sebagai peserta pameran. Dari jumlah itu, 45 merek di antaranya berasal dari merek kendaraan bermotor.

“Per hari ini 165 brand, 45 kendaraan bermotor dari merek mobil, motor, dan motor listrik. Ini tertinggi bahkan sebelum pandemi (jumlah peserta) di bawahnya. Total kendaraan listrik ada 15 brand, 14 motor dan 1 mobil yaitu Tesla,” tutur Rudi pada Rabu (15/2).

 

Selain itu, ada mobil Esemka yang paling mencuri perhatian. Ini merupakan satu-satunya merek mobil lokal yang siap meramaikan pameran otomotif akbar tahunan tersebut.

“Menjadi suatu kebanggaan bagi kami, bahwa Esemka akan hadir di IIMS 2023. Keikutsertaan Esemka menjadi representatif pelaku Industri otomotif Tanah Air semakin siap untuk menunjukkan eksistensinya di kancah internasional bersaing dengan brand otomotif kenamaan dunia,” kata Rudi.

 

Selain dari Esemka, berikut ini daftar merek otomotif yang akan melakukan launching di IIMS.

 

#1 Hyundai Creta Dynamic Black Edition

Hyundai Creta IIMS 2023

Hyundai Creta. Sumber : Youtube/Motor World

Pabrikan asal Korea Selatan ini akan merilis Hyundai Creta Dynamic Black Edition yang rencananya akan memberikan penyegaran pada produk SUV-nya.

Dengan harga di kisaran Rp300 – Rp370 juta, seri ini lebih murah dari Creta Prime iVT.

 

#2 Mitsubishi XFC

Mitsubishi XFC IIMS 2023

Mitsubishi XFC. Sumber : Top Gear Philipines

Mobil selanjutnya yang akan hadir di IIMS 2023 yaitu Mitsubishi XFC. Sebenarnya ini adalah mobil konsep, namun di masa mendatang tentu akan jadi mobil produksi massal.

Kemungkinan versi massalnya akan hadir di pasaran Indonesia pada 2024.

 

#3 MG 4 EV

Pabrikan Morris Garage (MG) juga membocorkan mengenai produk terbarunya untuk pagelaran otomotif ini.

Mobil pabrikan asal Inggris ini sudah diperkenalkan pada Januari lalu, lantas apakah unit ini yang akan muncul di IIMS? Anda bisa cek sendiri, ya.

 

#4 Subaru Subaru WRX

Subaru pun memiliki mobil baru di IIMS 2023. Kendaraan ini sejatinya sudah diperkenalkan secara global pada 2021. Pakai mesin 2,4 liter turbo boxer yang bisa menghasilkan torsi 350 Nm dan tenaga 271 hp.

WRX terbaru juga pakai Subaru Global Platform yang serupa dengan XV, Impreza, Levorg, dan Forester. Alhasil rasa berkendaranya diklaim semakin menyenangkan.

 

#5 DFSK Pick-Up EV dan DFSK SUV Concept

DFSK turut menjadi peserta pameran otomotif tahun ini dengan menampilkan DFSK Pick-Up EV dan DFSK SUV Concept.

Untuk mobil pick-up lisitrik ini memiliki panjang bak 2.900 mm dan bisa mengangkut beban hingga 1.280 kg untuk penyimpanan di belakang.

Sedangkan untuk SUV Concept, kabarnya mobil ini belum pernah hadir sebelumnya. Informasinya, mobil ini memiliki dimensi ringkas, mampu menampung lima penumpang, dan memiliki sumber tenaga baterai.

 

#6 Toyota Corolla Cross GR Sport

Toyota Corolla Cross IIMS 2023

Toyota Corolla Cross. Sumber : Motor1.com

Toyota pun tak mau ketinggalan menghadirkan mobil baru di pameran ini, salah satunya lewat Corolla Cross GR Sport. Mobil ini siap meluncur dalam waktu dekat di pasaran, sekaligus bisa Anda pesan dengan uang muka Rp10 juta.

Mobil ini bakal memakai teknologi hybrid yang ramah lingkungan dan Toyota menyebutnya sebagai “new ever-better car”.

 

#7 Chery Omoda 5

Mobil Chery Omoda 5 ini akan hadir untuk menyasar produk SUV ringkas dengan rival Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Omoda 5 yang sudah ada di pasar China untuk versi 1,5 liter hadir dengan fitur Cruise Control, Electronic Brake Force Distribution (EBD), Brake Assist System (BAS), Electonic Stability Program (ESP), Tire Pressure Monitoring System (TPMS), dan Anti-Skid Brake System (ABS).

Sementara itu, untuk Chery Omoda dengan mesin 1,6 TGDI fiturnya lebih komplit dengan adanya Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Detection (BSD), Front Collision Warning (FCW), dan kamera parkir 360 derajat.

 

#8 Suzuki Grand Vitara

Mobil baru di IIMS selanjutnya dari merek Suzuki lewat sebuah SUV. Berdasarkan laman Instagram Suzuki, memperlihatkan siluet mobil yang besar kemungkinan model tersebut adalah Suzuki Grand Vitara.

Kabarnya, mobil ini dijual mulai harga Rp300 – Rp400 jutaan.

 

#9 Wuling Alvez

Suzuki Grand Vitara IIMS 2023

Suzuki Grand Vitara. Sumber : Autofun

Bocoran mobil lainnya yaitu datang dari Wuling. Mobil ini berdesain SUV dan sudah banyak diketahui sedang dites di jalanan Indonesia.

Jika benar produk ini yang akan muncul, maka SUV ini akan memiliki mesin 1.500 cc. Kalau di Cina, opsinya ada turbo dan non-turbo.

 Kehadiran Alvez di Indonesia, tentu jadi penantang buat SUV lain seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V.

 

#10 Mobil Listrik Esemka

Mobil listrik Esemka

Mobil listrik Esemka. Sumber : Kompas

Terakhir, ada Esemka yang menjadi salah satu kejutan di IIMS 2023 ini. Belum pernah sebelumnya ikut serta dalam pameran otomotif, Esemka menjadi salah satu debutan paling masyarakat nantikan.

Tak main-main, Esemka kabarnya akan membawa mobil listriknya dalam pameran kali ini.

 

#11 Motor

Tak hanya mobil, produk motor pun ikut meramaikan pameran otomotif ini. Merek yang ikut serta antara lain:

  • Alva
  • Benelli
  • Gelis
  • KTM & Husqvarna
  • Namota
  • Rakata
  • Royal Alloy
  • Selis
  • Smartby
  • United Motor
  • Yadea

[Baca Juga: Daftar Harga 10 Motor Listrik di Indonesia, Cek Sebelum Beli!]

 

Siap Punya Kendaraan Baru?

Sobat Finansialku, itulah informasi seputar pameran otomotif IIMS 2023 yang akan menampilkan produk mobil dan motor terbaru yang siap bersaing di pasaran.

Sudah menentukan untuk membeli salah satunya?

Sebelum membelinya, pastikan Anda sudah mempersiapkan keuangannya, karena membeli kendaraan butuh dana yang besar.

Nah, ebook berikut ini cocok untuk Anda yang berencana membeli mobil favorit, termasuk detail penting yang perlu Anda ketahui saat akan membeli mobil. Yuk, download ebook-nya dan wujudkan mobil impian Anda.

Banner Iklan Ebook Strategi Praktis Membeli Mobil Favoritmu (Dana Beli Kendaraan) HP
Banner Iklan Ebook Strategi Praktis Membeli Mobil Favoritmu (Dana Beli Kendaraan) Web

 

Jika Anda memiliki kendala dalam merencanakan keuangannya, diskusikan bersama Perencana Keuangan Finansialku untuk mendapatkan solusi yang tepat.

Hubungi melalui Aplikasi Finansialku atau buat janji via Customer Advisory di nomor 0813-1646-8488. Semoga membantu…

 

Berencana untuk menghadiri IIMS 2023? Kira-kira mobil atau motor mana yang mencuri perhatian Anda? Yuk, bagikan pendapat Anda di kolom komentar.

Jangan lupa share juga informasi ini pada Sobat Finansialku lainnya, terima kasih.

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi:

  • Aprida Mega Nanda. 16 Februari 2023. Mulai Dibuka untuk Umum, Simak Harga Tiket IIMS 2023. Otomotif.kompas.com – http://bit.ly/3EapLYb
  • M Luthfi Andika. 16 Februari 2023. Catat! Daftar Mobil dan Motor Baru yang Melantai di IIMS 2023. Oto.detik.com – http://bit.ly/3xtqiAV
  • Tigor Sihombing. 14 Februari 2023. 11 Bocoran Mobil Baru di IIMS 2023, Ada Esemka!. Moladin.com – http://bit.ly/3S7UECH
  • Admin. 15 Februari 2023. Harga Tiket Masuk IIMS 2023. Cnnindonesia.com – http://bit.ly/3IsJe98
  • Ilham Choirul Anwar. 15 Februari 2023. Cara Beli Tiket IIMS 2023 dan Infinite Live, Cek Harganya. Tirto.id – https://bit.ly/3YAXlid