Kabar terbaru, Israel telah memulai serangan balasan terhadap Iran. Benarkah saham asia mulai rontok dan apa efek yang dikhawatirkan oleh Indonesia?

Selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Update! Israel Mulai Serang Iran

Israel dikabarkan saat ini memulai serangan balasan terhadap Iran, di mana sebelumnya Iran melakukan serangan balasan pada Sabtu 13 April 2024 lalu.

Berdasarkan laporan ABC, rudal milik Israel telah menyasar satu lokasi di wilayah Iran. Adanya serangan rudal ini membuat beberapa penerbangan di Iran akhirnya dibatalkan.

israel serang iran (1)

Sebuah rudal Israel telah menghantam Iran, kata dua pejabat Amerika Serikat kepada mitra BBC di Amerika Serikat, CBS News. Sumber: Getty Images

 

Sebagai informasi, pada Sabtu 13 April 2024 lalu, Iran meluncurkan serangan ke Israel. Hal ini dilakukan sebagai tindakan balasan setelah Israel melakukan serangan ke konsulat Iran di Damaskus, Suriah pada 1 April 2024. Akibat serangan tersebut menewaskan dua jenderal Iran.

 

Timur Tengah Memanas, Saham Asia Berguguran

Serangan Israel ke Iran semakin memperpanjang konflik regional di timur tengah. Hal tersebut berdampak signifikan terhadap pasar modal di Asia. Saham-saham dan obligasi di Asia merosot pada 19 April 2024.

Indeks MSCI Asia-Pasifik turun sebesar 2,3%, dan kontrak berjangka saham AS juga turun 1,5% setelah serangan rudal Israel ke Iran.

Yen Jepang, yang sering dianggap sebagai mata uang safe-haven, menguat sebesar 0,4% terhadap dolar AS dan 0,7% terhadap euro.

Franc Swiss juga mengalami penguatan sebesar 0,9% terhadap dolar AS. Melansir dari Reuters, Kepala Penelitian Asia ANZ, Khoon Goh mengungkapkan terjadi aksi penghindaran risiko secara besar-besaran di pasar.

Goh menambahkan bahwa pasar sangat khawatir akan adanya eskalasi balasan yang dapat meningkatkan volatilitas di Timur Tengah.

[Baca Juga: IHSG Anjlok Hingga 2%, Deretan Emiten Saham ini Makin Lesu!]

 

Emas dan Minyak Mentah Alami Kenaikan

Sementara itu aset yang dianggap sebagai pelindung nilai, seperti emas dan minyak mentah, mengalami kenaikan harga karena meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

Harga minyak Brent berjangka naik lebih dari 3% karena kekhawatiran akan gangguan pasokan dari Timur Tengah. Bitcoin, di sisi lain, turun 6,2% ke level terendah dalam satu setengah bulan di $59,590.74.

Di sisi lain, harga emas naik 1,3% menjadi $2.409 per troy ounce, mendekati rekor tertinggi minggu lalu sebesar $2.431 per troy ounce.

 

Kekhawatiran RI Terhadap Serangan Israel ke Iran

Ekonom Center of Reform Economic (CORE) Indonesia, Yusuf Rendy, mengatakan kekhawatirannya terhadap serangan Israel ke Iran. Menurutnya ketegangan tersebut dapat berdampak kepada negara-negara berkembang.

Salah satu kekhawatirannya tak lain terhadap gangguan pasokan minyak.

“Keprihatinan utamanya adalah gangguan pasokan minyak, yang bisa menyebabkan lonjakan harga minyak karena Selat Hormuz merupakan jalur perdagangan vital untuk ekspor minyak,” ujarnya melansir Cnbcindonesia (19/04).

 

Dengan harga minyak yang telah bergerak di atas asumsi makro pemerintah Indonesia sebesar US$82 per barel, ada kemungkinan bahwa harga tinggi ini akan bertahan jika konflik berlanjut.

Iran, sebagai salah satu produsen minyak global, memiliki peran penting dalam pasokan minyak, sehingga setiap gangguan dapat memicu kebutuhan penyesuaian kebijakan, terutama kebijakan fiskal, untuk merespon kenaikan harga.

[Baca Juga: Apa Dampak Serangan Iran ke Israel Bagi Perekonomian Indonesia?]

 

Berpotensi Memengaruhi Nilai Mata Uang Rupiah

Selain itu, konflik Israel-Iran dapat berdampak pada nilai tukar mata uang Indonesia, yang diperkirakan akan meningkatkan volatilitas nilai tukar rupiah.

Untuk menjaga stabilitas rupiah, Bank Indonesia mungkin perlu melakukan intervensi lebih aktif di pasar valuta asing.

Mari Elka Pangestu, ekonom senior dan mantan direktur pelaksana Bank Dunia, mengatakan bahwa risiko terbesar bagi Indonesia adalah kenaikan harga minyak global hingga $100 per barel, dan beban subsidi energi yang ditanggung Indonesia akan terjadi kemungkinan peningkatan dan menyebabkan inflasi.

Oleh karena itu, penting bagi regulator untuk memperhatikan harga minyak dan nilai tukar rupiah, terutama jika konflik terus berlanjut dan memicu pembalasan terhadap Iran oleh Israel dan sekutunya.

Untuk mengatasi dampak konflik yang sedang berlangsung ini mungkin diperlukan penyesuaian terhadap  harga minyak  dan bahan bakar dalam negeri.

 

Lakukan Antisipasi Menyikapi Konflik Global

Sobat Finansialku, dengan adanya konflik global yang terjadi saat ini sudah saatnya kita melakukan antisipasi. Baik kondisi keuangan maupun portofolio investasi.

Lantas bagaimana portofolio Anda saat ini? Sebagai langkah antisipasi, yuk, lakukan review portofolio Anda sekarang juga.

Bersama Perencana Keuangan Finansialku, Anda akan memperoleh evaluasi portofolio saat ini, alokasi investasi sesuai dengan tujuan keuangan, rekomendasi pilihan investasi, hingga penerapan strateginya.

Jadi langsung saja buat janji konsultasi dengan klik banner ini atau hubungi WhatsApp 0851 5866 2940.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Sebagai tambahan referensi seputar investasi, download ebook gratis dari Finansialku Panduan Praktis Menuju Investasi yang Sukses.

Jika Anda masih pemula dan ingin mengenal lebih dalam seputar jenis investasi, tonton juga video berikut ini.

 

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar serangan Israel ke Iran. Jangan lupa share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Danu Damarjati. 19 April 2024. Israel Serang Iran. Detik.com – https://tinyurl.com/fvckbkbe
  • Ilyas Fadilah. 19 April 2024. Israel Serang Iran, Bursa Asia Berguguran hingga Harga Minyak Melonjak. Detik.com – https://tinyurl.com/ucket4d2
  • Verda Nano Setiawa. 19 April 2024. Israel Mulai Serang Iran, Ini yang Jadi Ketakutan Buat RI. Cnbcindonesia.com – https://tinyurl.com/44b2m3uk

 

Sumber Gambar:

  • Cover: Grid.id