Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan Indonesia memiliki harta karun 2 miliar ton emas. Di manakah lokasinya? Temukan jawaban selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Harta Karun 2 Miliar Ton Emas & Tembaga Ditemukan 

Pemerintah melalui Badan Geologi Kementerian ESDM menyatakan bahwa Indonesia memiliki harta karun 2 miliar ton emas yang berhasil ditemukan. 

Harta karun tersebut berasal dari potensi sumber daya tembaga dan emas Onto yang berlokasi di kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. 

Penemuan harta karun tersebut terdiri dari 1,1 miliar ton tembaga dan emas untuk sumber daya mineral tertunjuk dengan kadar 0,96% tembaga dan 0,58

Sementara 1 miliar ton lainnya adalah untuk sumber daya mineral Tereka dengan kadar 0,7% tembaga dan 0,4 g/t emas.

“Jadi tipe endapan ini memiliki volume yang luas, sehingga memungkinkan memiliki total sumber daya mineral emas dan tembaga yang cukup besar sebesar sekitar 2 miliar ton. Sumber daya apa saja, yang 1,5 miliar ton sumber daya tertunjuk terdiri dari tembaga 0,96 persen dan emas 0,58 gram per total,” ujar Kepala Badan Geologi, Eko Budi Lelono melansir cnbcindonesia.com (10/06).

 

Jika dijumlahkan, maka total potensi sumber daya tersebut kurang lebih 2 miliar ton. Angka ini jauh lebih besar jika dibandingkan penemuan pada Desember 2019 lalu.

 

Temuan Jauh Lebih Besar Dari Sebelumnya

Sebagai informasi, pada tahun 2019 lalu, PT Sumbawa Timur Mining berhasil menemukan potensi sumber daya tembaga-emas Onto yang mencapai 1,72 miliar ton.

Sehingga potensi sumber daya Onto pada Desember 2021 lalu meningkat sekitar 0,4 miliar ton atau sebesar 20% jika dibandingkan tahun 2019 lalu.

[Baca Juga: Krisis Ekonomi AS Semakin Dekat! Seperti Apa Kondisinya?]

 

Eksplorasi Sejak Tahun 2010

Eksplorasi pencarian potensi sumber daya di wilayah Nusa Tenggara Barat sudah dilakukan sejak tahun 2010 lalu oleh PT STM.

Perkiraan mengenai potensi sumber daya mineral tersebut diumumkan setelah PT STM melakukan 74 lubang pengeboran, dengan total kedalaman 74.130 meter.

Hingga saat ini PT STM masih terus melakukan pengeboran. Total mereka sudah memiliki 108 lubang bor dengan total kedalaman mencapai 115.591 meter.

 

Mekanisme Penambangan Onto

Dengan informasi mengenai temuan harta karun ini, tentu saja pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana mekanisme penambangan sumber daya tersebut?

Eko menjelaskan bahwa mekanisme penambangan bergantung kepada perusahaan yang saat ini tengah melakukan eksplorasi. 

Akan tetapi, yang juga tak kalah pentingnya adalah perlu dilakukan kajian lanjutan dalam menentukan pemetaan cadangan yang terdapat di lokasi tersebut.

“Ya tentu nanti perusahaan yang punya pertimbangan tersendiri dari sisi keekonomian dari tipe apa namanya endapan emas seperti itu secara luas pembentukannya kira-kira apa masih ada kajian lanjutan ini kan indikasi harus ditindaklanjuti lebih detail lagi untuk mengetahui terkait data cadangan di sana,” imbuhnya.

 

Mengenal PT Sumbawa Timur Mining (STM)

Perlu diketahui bahwa PT Sumbawa Timur Mining (STM) merupakan perusahaan yang saat ini tengah melakukan eksplorasi potensi sumber daya di wilayah Hu’u.

Perusahaan ini telah mengantongi Kontrak Karya (KK) generasi ke-7 yang telah ditandatangani Pemerintah Indonesia pada 19 Februari 1998 lalu. Itu artinya STM telah melakukan eksplorasi selama 24 tahun.

Proses pengeboran masih akan berlanjut hingga tahun 2022 dan seterusnya untuk mendukung studi lebih lanjut dalam menentukan ukuran, luas, hingga karakteristik potensi sumber daya.

Tidak hanya itu, eksplorasi tersebut bertujuan untuk memperkaya data yang akan digunakan dalam studi teknik proyek Hu’u.

Di sisi lain, saham PT STM mayoritas dimiliki oleh Vale S.A. (80%), melalui Eastern Star Resources Pty Ltd, dan sisanya dimiliki oleh PT Antam Tbk. (20%).

 

Sobat Finansialku, berbicara mengenai penemuan harta karun emas, apakah kamu tertarik untuk melakukan perdagangan emas berjangka?

Tentu saja untuk menjalankan instrumen trading yang satu ini, ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan dan pelajari supaya memperoleh keuntungan yang maksimal. 

Jika kamu tertarik untuk mempelajarinya, yuk ikuti kelas Traders Lab dari Finansialku. 

Kamu akan mendapatkan pelajaran melalui coaching dan training selama 3 bulan bersama para profesional trader.

Penasaran? Lihat informasi selengkapnya dengan klik banner di bawah ini!

Banner Traders Lab - Desktop
Banner Traders Lab - Mobile

 

Itulah informasi mengenai penemuan harta karun 2 miliar ton emas dan tembaga di wilayah Hu’u, Nusa Tenggara Barat. Lalu apa tanggapanmu mengenai informasi ini? Jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Redaksi. 10 Juni 2022. Top! RI Temukan Harta Karun 2 Miliar Ton Emas, Lokasi di Sini. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/39lc3FR
  • Ruth Meliana Dwi Indriani. 24 April 2022. 5 Fakta Penemuan Harta Karun 2 Miliar Ton Emas di NTB, RI Untung Berapa?. Suara.com – https://bit.ly/3xzf3Yy
  • Fadhly Fauzi Rachman. 4 Mei 2022. Ada Harta Karun Baru di RI! 2 Miliar Ton Emas dan Tembaga Dekat Mandalika. Detik.com – https://bit.ly/3tuI19E