Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan hasil sengketa pilpres. Lantas apa hasil putusan tersebut dan bagaimana respon pasar modal di Indonesia?

Selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

 

Mahkamah Konstitusi Resmi Tolak Gugatan Sengketa Pilpres

Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2024 sengketa pilpres 2024.

Sidang sengketa ini menindaklanjuti tuntutan yang diajukan pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar serta Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

sengketa pilpres (1)

Mahkamah Konstitusi (MK) akan membacakan putusan sidang perselisihan hasil Pemilihan Presiden 2024 pada Senin (22/04). Sumber: Bbc.com

 

Hasil dari sidang tersebut, MK menolak permohonan yang diajukan oleh pihak Pasangan Capres dan Cawapres Anies-Cak Imin setelah membacakan pertimbangan terhadap dalil-dalil.

“Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” tegas ketua MK melansir Detik.com (22/04).

 

Di sisi lain, Mahkamah Konstitusi juga telah menolak gugatan dari pasangan Capres dan Cawapres Ganjar-Mahfud MD.

Sebagai informasi, bahwasannya MK saat ini tengah memproses dua perkara yaitu Perkara 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dengan pemohon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar serta Perkara 2/PHPU.PRES-XXII/2024 dengan pemohon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

 

Ganjar, Anies – Imin Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Dengan adanya putusan ini, pihak Anies dan Imin mengucapkan selamat kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih yakni pasangan Prabowo dan Gibran.

“Pada hari ini kami menyatakan bahwa proses Pilpres 2024 telah terlewati seluruh fasenya. Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua,” kata Anies, melansir Republika.co.id (23/04).

 

Tidak ketinggalan Ganjar Pranowo juga memberikan selamat.

“Saya dan Pak Mahfud tinggal hari ini saja, akhir dari sebuah perjalanan, maka apapun keputusannya kami sepakati untuk menerima, kami terima, dan tentu kami ucapkan selamat bekerja untuk pemenang dan mudah-mudahan PR-PR bangsa ke depan bisa segera diselesaikan,” ujar Ganjar melansir Detik.com (23/04).

[Baca Juga: 4 Poin Penting Mengatur Keuangan di Tahun Politik Agar Tetap Sehat]

 

Pertama Kali Terjadi Dissenting Opinion

Akan tetapi di balik putusan tersebut, terdapat dissenting opinion. Hal tersebut menjadi perhatian Mahfud MD. Menurutnya hal ini pertama kalinya terjadi.

“Dalam sepanjang sejarah, baru yang hari ini ada dissenting opinion, karena biasanya hakim itu berembuk, karena ini menyangkut jabatan orang, kita harus sama,” tegas Mahfud melansir Antaranews (22/04).

 

Dissenting opinion merupakan situasi di mana terjadinya perbedaan atau pemahaman yang menyangkut perbedaan pendapat antar hakim mengenai perkara yang sedang ditanganinya.

Hal ini juga bisa diartikan sebagai pendapat seorang hakim atau lebih yang menyatakan ketidaksetujuan terhadap keputusan yang telah diambil oleh mayoritas hakim dalam majelis.

 

Efek Putusan MK, Ini Pergerakan Saham Pasar Modal

Ditemui pada kesempatan terpisah, Direktur Bursa Efek Indonesia (BEI) menegaskan bahwa putusan sengketa pilpres tidak berdampak pada pasar saham di Indonesia.

“Proses politik seperti ini bukan yang pertama kali terjadi. Jadi, investor sepertinya sudah tau bagaimana mengantisipasinya,” ujarnya melansir Cnbcindonesia.com (22/04).

 

Perencana Keuangan FinansialkuLaurensia Vina Dharmawan, S.M., M.Ak.,CFP® juga telah menghimpun performa IHSG dan beberapa emiten saham satu hari setelah putusan MK. Berikut ini penjabaran selengkapnya.

 

IHSG Alami Kenaikan, Sentuh Angka 7120-an

Bagaimana kondisi pasar satu hari setelah putusan sengketa pemilu yang ditetapkan oleh Mahkamah Konstitusi? Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG menunjukkan adanya kenaikan.

Hari ini IHSG telah menyentuh angka 7.120-an padahal kemarin IHSG masih menyentuh angka 7.000. Berikut ini adalah grafik pergerakannya (data diambil pada 23/04/2024, pukul 13.38 WIB)

Grafik IHSG

Grafik IHSG, Sumber: Stockbit

 

Performa Emiten Saham Tambang dan Perbankan

Di sisi lain, beberapa emiten saham juga mengalami pergerakan satu hari setelah pengumuman sengketa pilpres oleh Mahkamah Konstitusi. Terdapat beberapa saham yang alami kenaikan. 

Berikut ini adalah rangkuman beberapa emiten yang terdiri dari ADRO, BBCA, BBRI, dan BBNI (data diambil pada 23/04/2024, pukul 13.35 WIB).

Tabel Emiten Saham

Tabel Emiten Saham, Sumber: Stockbit

Dari tabel di atas terlihat saham BBCA dan ADRO mengalami kenaikan. Sementara itu saham BBNI justru alami penurunan dan saham BBRI alami stagnan.

 

BBCA Alami Kenaikan Signifikan

Emiten saham PT Bank Central Asia alami kenaikan yang sangat signifikan satu hari pasca pengumuman hasil sengketa pemilu. Kemarin emiten ini berada di 9.375 poin, namun pada hari ini telah menyentuh angka 9.700 poin.

Ada pun grafik pergerakannya antara lain sebagai berikut (data diambil pada 23/04/2024, pukul 13.37 WIB)

Grafik BBCA

Grafik BBCA, Sumber: Stockbit

 

ADRO dan Emiten Tambang Berpotensi Cuan

Berdasarkan Grafik pergerakan harga, saham ADRO mengalami kenaikan walau tidak signifikan. Namun saham ADRO merupakan saham yang dapat berpotensi baik karena salah satu perusahan hilirisasi yang merupakan program paslon 02.

Ada pun grafik pergerakannya antara lain sebagai berikut (data diambil pada 23/04/2024, pukul 13.51 WIB).

Grafik ADRO

Grafik ADRO, Sumber: Stockbit

 

Tidak hanya ADRO, saham-saham dari emiten tambang berpotensi cuan setelah pengumuman sengketa Pilpres. Beberapa pengamat memprediksikan hal tersebut, salah satunya adalah Direktur Avere Investama, Teguh Hidayat.

Ia berpendapat bahwa investor bisa mencermati emiten saham saham-saham komoditas berbasis ekspor.

“Investor dapat mencermati saham-saham komoditas berbasis ekspor, misalnya ADRO untuk batu bara, lalu emiten nikel seperti INCO, dan emiten emas yaitu HRTA,” ujarnya melansir Bisnis.com (23/04).

 

Di sisi lain Community & Retail Equity Analyst Lead Indo Premier Sekuritas Angga Septianus juga merekomendasikan para investor untuk mencermati saham terkait hilirisasi mineral logam.

Ada pun beberapa saham dari sektor tersebut antara lain T Merdeka Copper Gold Tbk. (MDKA), PT Merdeka Battery Materials Tbk. (MBMA) dan PT Timah Tbk. (TINS).

Akan tetapi investor juga harus memperhatikan tensi geopolitik yang saat ini sedang terjadi di timur tengah. Faktor ini yang menyebabkan komoditas emas alami kenaikan signifikan.

 

Nah, dengan terpilihnya Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia, kira-kira saham apa yang akan untung? Simak tayangan berikut ini sampai akhir!

 

 

Ketuk Palu Putusan Mahkamah Konstitusi, Yuk, Monitor Investasi!

Secara sah, Mahkamah Konstitusi telah memutuskan untuk menolak semua gugatan yang diajukan terkait Perselishan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Oleh karenanya pasangan Prabowo – Gibran menjadi pemenang Pilpres 2024.

Dengan adanya keputusan ini, sebaiknya evaluasi kembali portofolio investasi Anda sebagai langkah antisipasi. Jangan ragu untuk melakukan review portofolio Anda sekarang juga.

Perencana Keuangan Finansialku siap membantu melalui layanan Review Investasi.

Anda akan memperoleh evaluasi portofolio saat ini, alokasi investasi sesuai dengan tujuan keuangan, rekomendasi pilihan investasi, hingga penerapan strateginya.

Jadi langsung saja konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp 0851 5866 2940.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Sebagai tambahan referensi seputar investasi saham, Anda bisa download ebook gratis dari Finansialku Petunjuk Praktis Dapat Keuntungan di Saham. Semoga bermanfaat…

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar putusan Mahkamah Konstitusi terkait sengketa Pilpres 2024. Apa tanggapan Anda mengenai hal ini?

Jangan lupa share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Terima kasih.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Dwi Rahmawati, Brigitta Belia Permata Sari, Anggi Muliawati. 22 April 2024. MK Tolak Gugatan Sengketa Pilpres 2024 dari Anies-Cak Imin! – Detik.com – https://tinyurl.com/3sn5n8yt
  • Rizqi Rajendra. 19 April 2024. IHSG Loyo, Saham Dekat Prabowo-Gibran Cuan jelang Putusan MK. Bisnis.com – https://tinyurl.com/4mhpdwhs
  • Redaksi. 22 April 2024. Mahfud: Sepanjang sejarah, baru hari ini ada “dissenting opinion”. Antaranews.com – https://tinyurl.com/ycy8u4tt
  • Eva Rianti. 23 April 2024. Anies-Imin Ucapkan Selamat untuk Prabowo-Gibran Sebagai Pemenang Pilpres 2024. Republika.co.id – https://tinyurl.com/2zbm63va
  • Annisa Kurniasari Saumi & Rizqi Rajendra. 23 April 2024. Proyeksi IHSG & Saham-saham Potensial Cuan usai MK Putuskan Hasil Sengketa Pilpres. Bisnis.com – https://tinyurl.com/3nbh8va4

 

 

 

Sumber Gambar:

  • Cover: Beritasatu.com