Pemerintah telah memutuskan untuk mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng. Lantas, berapakah daftar harga terbarunya? Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku ini.

 

Pemerintah Cabut HET Minyak Goreng

Pemerintah akhirnya memutuskan untuk mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng. Keputusan tersebut menyikapi kelangkaan minyak goreng yang kondisinya tidak kunjung membaik. 

Sehingga, melepaskan harga produk sesuai dengan mekanisme pasar diharapkan menjadi solusi terbaik. 

“Untuk harga (minyak goreng) kemasan akan menyesuaikan terhadap nilai keekonomian. Kita berharap dengan (harga) keekonomian tersebut minyak sawit akan tersedia di pasar modern maupun pasar tradisional atau pasar basah,” ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartanto, melansir dari Cnbcindonesia.com (17/03),

 

Sebelumnya, pemerintah telah menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp 14.000/liter. Penetapan HET tersebut digadang-gadang menjadi faktor utama kelangkaan yang terjadi saat ini.

Akan tetapi, penetapan Harga Eceran Tertinggi (HET) tetap diberlakukan untuk minyak goreng curah sebesar Rp 14.000 per liter.

Hal tersebut termaktub dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 11 Tahun 2022 yang ditetapkan pada 16 Maret 2022 lalu.

“Menyikapi perkembangan situasi terkait minyak goreng, Kementerian Perdagangan menerbitkan Permendag Nomor 11 Tahun 2022 yang mencabut Permendag Nomor 6 Tahun 2022 dan mulai saat diundangkan yaitu 16 Maret 2022,” ujar Menteri Perdagangan, Muhammad Luthfi, melansir dari Sindonews.com (18/03).

 

Alasan Pemerintah Cabut HET Minyak Goreng

Alasan utama dari keputusan pemerintah mencabut HET minyak goreng yakni mempertimbangkan kondisi perkembangan global

Ketidakpastian secara global menjadi faktor yang menyebabkan harga pasokan energi serta pangan menjadi naik dan langka. Hal tersebut juga berdampak pada ketersediaan bahan baku minyak sawit mentah (CPO) untuk minyak goreng.

Perlu diketahui, dalam sebulan terakhir saja harga CPO di Bursa Malaysia masih membukukan kenaikan lebih dari 8% secara point-to-point. Selama setahun ke belakang, kenaikannya tidak kurang dari 51%.

Di sisi lain, dalam ilmu ekonomi HET telah menciptakan kondisi yang disebut scarcity premium. Para pengusaha yang sudah terlanjur membeli CPO dengan harga tinggi menjadi enggan menjual minyak goreng dengan harga yang murah.

Alhasil, stok pun ditahan yang menyebabkan kelangkaan dan harga menjadi tinggi. 

 

Daftar Harga Minyak Goreng Di Gerai Ritel

Melansir dari situs Detik.com (17/03), berikut ini adalah daftar harga minyak goreng kemasan per merek yang dijual di gerai ritel Indomaret dan Alfamart. 

 

Daftar Harga Minyak Goreng Indomaret

  • Sania refill satu liter Rp 24.000
  • Sania pouch dua liter Rp 47.700
  • Bimoli refill satu liter Rp 24.000
  • Bimoli spesial refill satu liter Rp 24.400
  • Bimoli refill dua liter Rp 47.800
  • Bimoli spesial refill dua liter Rp 48.500
  • Bimoli dua liter Rp 50.900
  • Tropical refill satu liter Rp 26.100
  • Tropical botol satu liter Rp 26.100
  • Tropical refill dua liter Rp 51.400
  • Tropical botol dua liter Rp 51.400
  • Filma refill dua liter Rp 50.300
  • IDM dua liter Rp 45.900
  • Fortune refill dua liter Rp 47.500
  • Sovia pouch dua liter Rp 47.300
  • Delima refill Rp 23.900

 

Akan tetapi yang perlu diperhatikan di sini adalah harga tersebut mungkin berbeda-beda di setiap cabang Indomaret. 

[Baca Juga: Prakerja Gelombang 24 Dibuka Hari Ini! Cek Syarat dan Cara Daftarnya]

 

Harga Minyak Goreng di Alfamart

Sementara untuk ritel lainnya yakni Alfamart, menginfokan bahwa pihaknya akan menjual minyak goreng dengan kisaran Rp 23.000 ke atas.

Hal tersebut disampaikan langsung Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin. 

Hal ini merupakan harga minyak goreng yang telah disesuaikan pasar di tingkat supplier, sehingga minyak goreng disesuaikan harganya.

 

Ibu-ibu, Yuk Anggarkan Lagi Keuangannya

Nah, tentu saja kelangkaan minyak goreng ini semakin menambah masalah masyarakat Indonesia, terutama bagi para ibu rumah tangga. Sehingga, Anda perlu menganggarkan lagi nih pos-pos keuangan yang mungkin sudah ditetapkan.

Apabila masih merasa kesulitan dalam menetapkan anggaran keuangan, Anda bisa mempelajarinya melalui ebookCara Membuat Anggaran Dengan Tepat” dari Finansialku.

Di dalamnya ada banyak sekali informasi seputar cara mengatur, mencatat, dan mengevaluasi anggaran dengan baik dan benar. 

Langsung saja yuk dapatkan ebook-nya secara gratis dengan klik banner di bawah ini.

Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - PC
Banner Iklan Ebook Cara Membuat Anggaran dengan Tepat - HP

 

Itulah informasi mengenai keputusan pemerintah yang mencabut HET Minyak Goreng serta daftar harganya di gerai ritel. Lalu apa tanggapan Anda mengenai informasi ini? Jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi: 

  • Aldiansyah Nurrahman, Kholida Qothrunnada. 17 Maret 2022. Ini Daftar Harga Minyak Goreng di Indomaret dan Alfamart. Detik.com https://bit.ly/3ife1s3
  • Redaksi. 17 Maret 2022. Alasan Pemerintah Cabut HET Minyak Goreng Kemasan. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/3CS4KzQ
  • Inda Susanti. 18 Maret 2022. Aturan Lama Dicabut, HET Baru Hanya untuk Minyak Goreng Curah Rp14.000 per Liter. Sindonews.com – https://bit.ly/36rTuxU
  • Hidayat Setiaji. 17 Maret 2022. Tak Lagi Rp14.000/Liter, Berapa Harga Minyak Goreng Hari Ini?. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3qftTiZ