Inilah profil serta jumlah kekayaan suami Sandra Dewi, Harvey Moeis yang tersandung kasus korupsi timah hingga merugikan negara ratusan triliun.

Simak informasi selengkapnya berikut ini!

 

Kejaksaan Agung Tangkap Harvey Moeis

Kejaksaan Agung Republik Indonesia secara mengejutkan menetapkan seorang pengusaha bernama Harvey Moeis sebagai tersangka dalam kasus korupsi dalam tata niaga komoditas timah.

Tata niaga komoditas tersebut untuk wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk. tahun 2015-2022. Harvey Moeis sendiri merupakan suami dari selebritis ternama, Sandra Dewi.

harvey moeis (1)

Harvey Moeis. Dok. Kejaksaan Agung-Sumber: disway.id

 

Berdasarkan keterangannya, Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejagung, Kuntadi, mengungkapkan bahwa Harvey adalah perpanjangan tangan dari PT RBT.

Pada tahun 2018-2019, Harvey pernah melakukan komunikasi dengan Direktur Utama PT Timah yakni MRPT.

“Dalam rangka untuk mengakomodir kegiatan pertambangan liar di wilayah IUP PT Timah,” ujar Kuntadi, melansir Cnnindonesia.com (28/03).

“Setelah dilakukan beberapa kali pertemuan, akhirnya disepakati bahwa kegiatan akomodir pertambangan liar tersebut adanya dicover dengan sewa menyewa peralatan processing peleburan timah, yang selanjutnya tersangka HM ini menghubungi beberapa smelter, yaitu PT SIP, CV VIP, PT SPS, dan PT TIN, untuk ikut serta dalam kegiatan dimaksud,” tambahnya.

 

Akibatnya, kerugian yang dialami negara karena adanya kasus ini berkisar di angka Rp271 triliun.

 

Profil Harvey Moeis, Pengusaha Batu Bara

Kabar penangkapan Harvey tentu menjadi buah bibir publik. Pasalnya ia merupakan suami dari selebriti ternama, Sandra Dewi dan rumah tangga mereka terkenal sangat harmonis.

Harvey Moeis sendiri merupakan seorang pengusaha batu bara. Pria kelahiran 30 November 1985 ini menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Multi Harapan Utama (MHU).

Perusahaan tersebut beroperasi di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Batu bara MHU diketahui sering digunakan untuk kepentingan pembangkit listrik, pabrik, hingga perusahaan manufaktur.

Selain itu, MHU juga mengekspor batu baranya ke beberapa negara seperti Malaysia, Korea Selatan, China, Bangladesh, India, dan beberapa negara lainnya di wilayah Asia Tenggara dan Asia.

Harvey Moei menikahi artis Sandra Dewi pada tahun 2016 lalu. Pernikahan mewah tersebut sempat menuai perhatian publik karena digelar di Disneyland Jepang.

Berdasarkan catatan Luxurylaunches, biaya pernikahan Sandra Dewi dan Harvey Moeis di Disneyland Jepang mencapai US$ 96.000 atau setara dengan angka Rp1,5 miliar.

[Baca Juga: Daftar Lokasi Tambang Batu Bara Terbesar di Indonesia, Fantastis!]

 

Kekayaan yang Dimiliki Harvey Moeis

Lantas seberapa kaya seorang Harvey Moeis? Berikut ini penjelasan harta kekayaan Harvey Moeis.

 

#1 Pengusaha Batubara

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Harvey merupakan seorang pengusaha batubara. Selain di PT MHU, Harvey memiliki sebagian saham dari perusahaan pertambangan batu bara PT ABM Invesma Tbk. (ABMM).

Angka kepemilikannya sekitar Rp2 triliun dengan besaran 18,17% dari seluruh kontak.

 

#2 Kepemilikan Jet Pribadi

Dia juga diketahui memiliki satu unit jet pribadi yang ia hadiahkan kepada anaknya Raphael Moeis.

Tidak diketahui berapa harga pasti dari jet pribadi tersebut, namun harga kisaran di pasaran mulai dari US$ 4 juta.

 

#3 Berasal dari Keluarga Konglomerat

Tidak hanya kariernya yang cemerlang sebagai pebisnis, Harvey Moeis juga berasal dari keluarga konglomerat.

Kendati demikian Harvey tidak pernah mengekspos kehidupan pribadi bersama keluarganya.

 

#4 Duta Produk Ferrari Roma

Selain itu Harvey Moeis diketahui menjadi duta produk Ferrari Roma. Ia bersama putranya menjadi brand ambasador dan membintangi sebuah iklan untuk produk tersebut.

Dari penjelasan tersebut, mungkin Sobat Finansialku bisa memperkirakan kekayaan yang Harvey miliki sangatlah fantastis.

Nah, berbicara tentang kekayaan, apakah Sobat Finansialku ingin menjadi kaya di masa depan? Ternyata, untuk meningkatkan kekayaan bisa Anda lakukan dengan berinvestasi saham, lho. Kok bisa?

Cari tahu rahasianya lewat tayangan YouTube Finansialku berikut ini!

 

 

Kelola Kekayaan dengan Bijak!

Sobat Finansialku, itulah profil dan harta kekayaan Harvey Moeis yang saat ini terlibat dalam kasus korupsi timah.

Terlepas dari kasusnya, pastikan agar penghasilan yang Anda peroleh berasal dari sumber yang tidak bertentangan dengan hukum, ya.

Sehingga kekayaan yang Anda miliki bisa dikelola dengan bijak dan tepat untuk mencapai tujuan keuangan.

Jika Anda memerlukan advice dalam merencanakan keuangan, Perencana Keuangan Finansialku siap membantu. Termasuk dalam mempersiapkan dana darurat yang ideal untuk mengantisipasi kondisi tak terduga.

Yuk, buat janji konsultasi dengan klik banner di bawah ini atau hubungi WhatsApp di nomor 0851 5866 2940.

konsul - PERENCANAAN KEUANGAN Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

 

Itulah informasi seputar insiden profil & kekayaan Harvey Moeis. Jangan lupa untuk share artikel ini supaya semakin banyak orang yang mendapatkan informasinya. Semoga bermanfaat…

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Editor: Ismyuli Tri Retno

Sumber Referensi: 

  • Redaksi. 28 Maret 2024. Profil Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi Tersangka Baru Korupsi Timah. Cnnindonesia.com – https://tinyurl.com/2p9j3eja
  • Romys Binekasri. 28 Maret 2024. Suami Sandra Dewi Kena Kasus Timah, Ini Profil & Peran Harvey Moeis. Cnbcindonesia.com – https://tinyurl.com/2p8xcwuk
  • Anshary Madya Sukma & Arlina Laras. 27 Maret 2024. Intip Kekayaan Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi Jadi Tersangka Korupsi PT Timah. Bisnis.com – https://tinyurl.com/4z6j5569

 

Sumber Gambar:

  • Cover: beritaja.com