Saham-saham emiten komunikasi di Indonesia sedang mengalami pergerakan yang bervariatif. Tren kenaikan ini tak terkecuali oleh saham TLKM yang menguat di awal tahun 2024.

Cek selengkapnya mengenai pergerakan dan faktor kenaikan harga saham komunikasi dalam ulasan berikut ini.

 

Harga Saham Komunikasi Merangkak Naik

Melansir data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (10/01/2024), sejumlah saham komunikasi terpantau mulai bergerak atraktif. Hal ini seiring dengan meningkatnya prospek profitabilitas lantaran kenaikan harga paket data dan peningkatan trafik saat momentum liburan natal dan tahun baru.

Hingga akhir perdagangan sesi 1 terpantau saham PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) naik tertinggi hingga 4% ke harga Rp52 per saham.

Kemudian, PT Indosat Tbk. (ISAT) menyusul penguatan harga saham sebesar 2,16% dan PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) yang menguat 1,77%. Lalu saham PT XL Axiata Tbk. (EXCL) yang menguat 1,42%.

 

Pergerakan Saham Komunikasi

Pergerakan harga saham komunikasi per sesi 1 pada 10 Januari 2024 bisa Sobat Finansialku lihat seperti di bawah ini:

Pergerakan Saham Komunikasi

Pergerakan Saham Komunikasi per sesi 1 pada 10 Januari 2024. Sumber: CNBC Indonesia

 

Faktor Naiknya Harga Saham Komunikasi

Tren harga saham yang semakin membaik dari emiten telekomunikasi disinyalir berkat prospek peningkatan profitabilitas.

Hal ini karena operator telekomunikasi sudah menaikkan harga paket data sejak November 2023 guna memanfaatkan momentum liburan natal dan tahun baru.

[Baca Juga: Ini Emiten Saham yang Untung Jika Paslon 1 “AMIN” Menang!]

 

Harga Paket Data Naik

Telkomsel tercatat sudah meningkatkan yield data efektif dengan mengurangi sejumlah bonus, terutama untuk paket internet Max. Baik dari kuota lokal dan bonus lainnya (YouTube, Vidio, dll).

Kemudian, pada November 2023 emiten berkode saham TLKM ini juga sudah menaikkan harga paket data sekitar 7-12%. Sehingga yield data kumulatif naik sebesar 11,4% secara bulanan (MoM) menjadi Rp5,24 per Megabyte (MB).

ISAT dan EXCL pada periode November 2023 juga terpantau menaikkan harga paket data mereka. Harga paket Freedom dari ISAT mulai naik dari 5% sampai 17% MoM. Kenaikan ini membuat yield data secara akumulatif meningkat 6% MoM menjadi Rp3,44 per MB.

Sementara EXCL menaikkan paket data 30 hari (XTRA Combo Mini) kurang lebih sebesar 10%. Sehingga, yield data efektif secara keseluruhan naik 2,8% MoM menjadi Rp4,02 per MB.

Berikutnya untuk FREN pada periode yang sama telah menyesuaikan pemberian pada paket Unlimited Non-Stop 6CB dengan penambahan bonus Vidip Premier Gold.

[Baca Juga: Jika Prabowo Gibran Menang, Apa Emiten Saham yang Bakal Untung?]

 

Dengan berbagai hal tersebut, naiknya harga paket data kemungkinan akan berdampak pada peningkatan ARPU (Average Revenue per User) pada operator telekomunikasi dalam negeri.

Berdasarkan data historis, selama lima tahun terakhir (2018-2022) dari laporan tahunan, tiga operator telekomunikasi Tanah Air mengalami tren kenaikan ARPU. Tiga operator tersebut antara lain Telkomsel, Indosat Ooredoo Hutchison, dan XL Axiata.

Sedangkan, Smartfren jadi yang paling kontras karena ARPU selalu turun, sekaligus nilainya paling rendah di antara operator yang lain.

Perbandingan ARPU Operator Telco RI

Perbandingan ARPU Operator Telco RI. Sumber: CNBC Indonesia

 

Berdasarkan laporan terbaru hingga sembilan bulan berjalan 2023, Telkomsel sudah mencatatkan ARPU senilai Rp49.700. Kemudian EXCL dan ISAT masing-masing sebesar Rp42.000 dan Rp34.700.

Sementara untuk FREN masih belum diketahui ARPU tetapi potensi akan ada peningkatan walaupun nilainya masih cenderung lebih rendah dari tiga operator lainnya.

 

Kenaikan Trafik di Tahun Baru

Selain karena harga paket data yang naik, data ARPU yang berpotensi meningkat juga terjadi karena ada peningkatan trafik data akibat momentum nataru.

EXCL misalnya, dari periode 24 Desember 2023 hingga 02 Januari 2024 mencatatkan kenaikan trafik layanan sebesar 15% dibandingkan hari normal. Jika kita bandingkan periode yang sama tahun lalu, trafik data berhasil meningkat 19%. Sementara pada puncak tahun baru, trafik data EXCL berhasil naik 90% daripada hari normal.

Selanjutnya dari TLKM melalui operator seluler-nya yakni Telkomsel berhasil mencatatkan lonjakan trafik akses broadband hingga 14,08% daripada rata-rata hari biasa sepanjang 2023.

ISAT juga terpantau mencatatkan kenaikan trafik data harian sebesar 8,4% pada 24 Desember 2023 dan 8,9% pada 31 Desember 2023.

Selain berita kenaikan di atas, sebagai investor juga penting untuk tetap menambah pengetahuan supaya keuntungan makin didapatkan. Salah satunya Anda bisa ikuti sosok ini, yang sudah malang melintang di dunia investasi.

 

 

Prospek Cerah Sektor Komunikasi

Berbagai sekuritas hingga kini masih menilai positif terkait prospek cerah sektor komunikasi. Melansir dari CNBC Indonesia, ada tiga emiten komunikasi yang masih mendapat rating BUY oleh 10 sekuritas.

Menggunakan nilai median, saham TLKM mendapatkan target price di harga Rp4.600 per lembar. Kemudian EXCL targetnya mencapai Rp2.975 per lembar, sedangkan ISAT mendapatkan target harga di angka Rp11.100 per lembar.

Sejalan dengan itu, salah satu Perencana Keuangan Finansialku Ngurah Mustakawarman CFP® berpendapat untuk manfaatkan teknikal untuk buy saham TLKM sambil menunggu laporan keuangan dipublikasikan.

TLKM adalah saham yang defensif, namun 5 tahun terakhir tidak ke mana-mana. Manfaatkan teknikal untuk buy saham ini karena belum ada katalis positif sambil menunggu laporan keuangan dipbulikasikan.” katanya.

Akan tetapi, sebelum membeli saham komunikasi, pastikan Anda sudah melakukan riset dan memahami emiten tersebut.

Jangan sampai Anda membeli saham hanya karena tren kenaikan tanpa melihat pertimbangan lainnya.

Anda bisa cek artikel TLKM lainnya untuk menambah bahan riset dan analisis.

Selain itu, tak ada salahnya untuk meminta bantuan ahli untuk membantu Anda melakukan perencanaan keuangan untuk investasi.

Anda bisa berkonsultasi secara 1 on 1 dengan Perencana Keuangan Finansialku dengan buat janji temu konsultasi di nomor 0851 5866 2940 dan buat janji temu konsultasi.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News.

 

Demikian informasi mengenai peningkatan saham komunikasi di awal tahun 2024. Tuliskan komentar kamu di bawah ini, dan bagikan artikelnya ke rekan-rekan investor lainnya. Semoga bermanfaat!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Tasya Natalia. 12 Januari 2024. Saham Telekomunikasi Mulai Menanjak Naik, Cek Analisisnya. Cnbcindonesia.com – https://shorturl.at/qrCFK

 

Sumber Gambar:

  • Cover – Freepik