Pada Mei 2024, PT Taspen akan mencairkan dana pensiunan PNS golongan I, II, III, dan IV. Ketahui info selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Pensiunan PNS Gol. I, II, III, IV Dapat Dana 4,9 Juta dari Taspen

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani telah menyepakati besaran gaji pensiunan PNS yang akan cair pada bulan Mei mendatang.

Sesuai ketetapan, PT Taspen akan mencairkan dana kepada pensiunan PNS via transfer yang nominalnya mencapai 4,9 juta sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Adapun gaji pensiunan PNS tersebut memiliki nominal yang berbeda-beda sesuai golongan, baik golongan I, II, III, dan IV. Gaji sebesar 4,9 juta sendiri akan masuk ke rekening pensiunan PNS golongan IV e yang merupakan tingkatan tertinggi.

Sebelumnya pemerintah memberikan kenaikan dana sebesar 12% kepada pensiunan PNS. Kenaikan tersebut pun lebih tinggi daripada kenaikan gaji untuk Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, maupun anggota Polri. Ketiga aparatur negara aktif tersebut hanya mendapatkan kenaikan gaji sebesar 8% dibandingkan tahun lalu.

Meskipun telah berlaku sejak Januari 2024, pemerintah baru memberikan gaji pensiunan PNS dengan kenaikan 12% secara penuh pada bulan Maret 2024 lalu.

Kini pencairan gaji pensiunan PNS akan kembali berlaku pada bulan Mei 2024 mendatang untuk hak pensiun tiap bulan.

 

Detail Gaji Bulanan Pensiunan PNS

Dalam PP Nomor 8 Tahun 2024, Sri Mulyani telah menetapkan besaran gaji pensiunan PNS akan dicairkan oleh PT Taspen setiap bulan, tepat pada tanggal 1.

Namun, pencairan gaji bagi pensiunan PNS kemungkinan akan berlangsung pada tanggal 2 Mei 2024. Sebab tanggal 1 Mei merupakan hari libur karena bertepatan dengan Hari Buruh Internasional.

Oleh karena itu, pencairan gaji akan dilakukan pada hari kerja berikutnya, yakni pada Kamis, 2 Mei 2024.

Rincian besaran gaji bulanan pensiunan PNS dari PT Taspen selaku lembaga penyalur adalah sebagai berikut:

pensiunan pns taspen

Besaran gaji bulanan pensiunan PNS dari PT Taspen

[Baca Juga: Naik 8%, Segini Besaran Gaji Polisi 2024 dan Tunjangannya Lengkap!]

 

Tips Atur Keuangan bagi Para Pensiun

Sebagai informasi, tidak semua pensiunan PNS akan menerima gaji dengan kenaikan 12% pada bulan Mei seperti yang Presiden Jokowi umumkan.

Ada sebagian pensiunan PNS yang bakal terima gaji hanya dengan kenaikan 8%. Perbedaan ini terjadi bukan karena tingkatan golongan, melainkan waktu pensiunnya.

Pegawai Negeri Sipil yang pensiun pada tanggal 1 Januari atau setelahnya akan mendapatkan gaji dengan kenaikan 8%. Sedangkan PNS yang pensiun sebelum tanggal 1 Januari akan menerima gaji dengan kenaikan 12%.

Akan tetapi, berapapun nominal gaji pensiun yang Anda dapatkan, Anda wajib mengatur keuangan agar tetap sejahtera di masa tua.

Berikut adalah beberapa tips atur keuangan bagi para pensiun yang perlu Anda ketahui:

[Baca Juga: TOK! Gaji ASN Resmi Naik, Berapa Besarannya?]

 

#1 Buat Anggaran

Mulailah dengan membuat anggaran bulanan yang mencakup semua pengeluaran dan pendapatan pensiun Anda. Rencana ini akan menjadi membantu Anda melihat dengan jelas berapa banyak uang yang Anda punya setiap bulan dan ke mana saja aliran uang tersebut.

 

#2 Pantau Pengeluaran

Orang yang sudah pensiun seringkali harus mengelola pengeluaran mereka lebih ketat daripada saat masih bekerja.

Pantau pengeluaran Anda dengan cermat dan identifikasi area mana saja yang bisa Anda kurangi. Prioritaskan pengeluaran untuk kebutuhan dasar seperti makanan, perawatan kesehatan, dan perumahan.

 

#3 Bijak Berinvestasi

Selanjutnya, periksa kembali portofolio investasi Anda. Pasalnya, tujuan investasi Anda saat ini mungkin berbeda setelah pensiun. Pertimbangkan untuk memindahkan sebagian dari investasi risiko ke investasi yang lebih stabil, seperti obligasi atau reksadana pendapatan tetap.

Untuk memastikan produk apa yang sesuai dengan kondisi keuangan, Anda bisa diskusi dengan ahlinya. Cobalah untuk berkonsultasi dengan Perencana Keuangan Finansialku supaya investasi yang Anda lakukan tetap stabil dengan keuntungan maksimal.

Hubungi nomor WhatsApp 0851 5866 2940 untuk lakukan booking jadwal konsultasi.

konsul- INVESTASI Q3 23

 

#4 Manfaatkan Asuransi

Kemudian, tinjau kembali polis asuransi Anda, termasuk asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Anda mungkin bisa mengubah atau membatalkan beberapa polis untuk menghemat biaya premi asuransi.

 

#5 Eksplorasi Sumber Penghasilan Tambahan

Jika merasa bahwa gaji pensiun Anda tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan finansial Anda, pertimbangkan untuk mencari sumber penghasilan tambahan lainnya. Seperti bekerja paruh waktu, mengajar, atau menjalankan usaha kecil.

Hal ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan yang signifikan, serta memberikan Anda kegiatan yang bermanfaat secara sosial dan mental.

Anda bisa simak video ini untuk ketahui sumber pendapatan lainnya.

 

 

Rencanakan Dana Pensiun dari Sekarang Bersama CFP Finansialku

Itu tadi rincian besaran gaji pensiunan PNS yang akan dicairkan oleh PT Taspen pada bulan Mei nanti.

Pastikan Anda sudah melakukan otentikasi terlebih dahulu secara online melalui aplikasi Taspen Otentikasi.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan otentikasi secara offline dengan mendatangi kantor Mitra Bayar Taspen ataupun kantor pos yang menyediakan layanan otentikasi Taspen.

Finansialku juga ingin mengingatkan Anda untuk mulai membuat rencana dana pensiun dengan tepat agar masa pensiun Anda lebih aman dan nyaman.

Perencana Keuangan Finansialku siap membantu Anda merancang strategi keuangan sesuai tujuan finansial melalui konsultasi via WhatsApp. Langsung saja hubungi Customer Advisory Finansialku di nomor 0851 5866 2940.

 

Disclaimer: Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan di Indonesia yang melayani konsultasi keuangan bersama Certified Financial Planner (CFP) seputar perencanaan keuangan, rencana pensiun, dana pendidikan, review asuransi dan investasi.

Finansialku bukan platform pinjaman online dan tidak menerima layanan konsultasi di luar hal-hal yang disebutkan sebelumnya. Artikel ini dibuat hanya sebagai sarana edukasi dan informasi.

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

 

Yuk, siapkan rekening pensiun Anda sekarang untuk menampung gaji pensiunan PNS dari PT Taspen pada bulan Mei nanti.

Jangan lupa share artikel ini kepada kerabat maupun orang tua Anda yang sudah pensiun agar mereka dapat menyiapkan persyaratannya dari sekarang. Semoga informasinya bermanfaat, ya.

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi:

  • Tri Putri Nurcahyani. 15 April 2024. Pensiunan PNS Golongan I II III IV Bulan mei Nanti Akan Dapat Dana Capai 4,9 Juta dari Taspen Sudah Disetujui Sri Mulyani Cair Tanggal… Klikpendidikan.id – https://shorturl.at/bwS56
  • Erlina Aulia Putri. 14 April 2024. Uang Sebesar 4,9 Juta Bakal Masuk Rekening Pensiunan PNS Golongan IV Dari PT Taspen, Diberikan Pada Tanggal.. Klikpendidikan.id – https://shorturl.at/guXY6
  • Nur Aini. 11 April 2024. Sri Mulyani Sepakati Nominal Gaji Pensiunan PNS Golongan I, II, III dan IV yang akan Cair Mei Segini Besarannya. Klikpendidikan.id – https://shorturl.at/pBL02

 

Sumber Gambar:

  • Cover – https://shorturl.at/mIQT4